Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Mei 16, 2021, 06:36:29 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139631
  • Total Topik: 10391
  • Online Today: 50
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 40
Total: 40

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: nyang pandai bahasa masuk sini  (Dibaca 8780 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

sandoko

  • Pengunjung
nyang pandai bahasa masuk sini
« pada: Desember 04, 2006, 12:33:51 AM »
menurut pendapat anda berat benda di dalam air sama berat benda di udara sama ato lebih kecil???/Kalo menurut gua sih sama aja....tapi klo menurut pegangan buku erlangga katanya beda....yang di dalam air lebih kecil beratnya..

Offline Davidhutasoit

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 14
  • IQ: 0
  • ForSa!
Re: nyang pandai bahasa masuk sini
« Jawab #1 pada: Desember 08, 2006, 07:24:21 AM »
Kalau yang dimaksud berat adalah gaya gravitasi, maka berat benda di dalam air adalah lebih kecil daripada beratnya di udara. Gaya berat efektif adalah gaya berat setelah dikurangi oleh gaya Archimedes (gaya angkat ke atas atau sering disebut buoyancy), yang lebih besar di dalam air daripada di dalam udara, karena gaya Archimedes sebanding dengan rapat jenis fluida.

sandoko

  • Pengunjung
Re: nyang pandai bahasa masuk sini
« Jawab #2 pada: Desember 10, 2006, 07:01:45 AM »
jadi jawabannya apa??beda ato sama????kalo menurut saya sih sama....soalnya kan gaya berat mg

krigjsman

  • Pengunjung
Re: nyang pandai bahasa masuk sini
« Jawab #3 pada: Desember 27, 2006, 05:00:09 PM »
beda, air kan punya gaya archimedes arahnya berlawanan sama gaya berat. jadi berat dalam air besarnya = mg-Farchimedes

advisor

  • Pengunjung
Re: nyang pandai bahasa masuk sini
« Jawab #4 pada: Januari 02, 2007, 02:53:22 AM »
jadi jawabannya apa??beda ato sama????kalo menurut saya sih sama....soalnya kan gaya berat mg

yang jelas, massa benda itu yang tetap. Berat efektif/ berat total benda di dalam air lebih kecil karena ada gaya archimedes.

Di situ kali yg bikin bingung soal bahasanya yahh

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: nyang pandai bahasa masuk sini
« Jawab #5 pada: Desember 10, 2008, 06:16:45 AM »
Beda!!!

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: nyang pandai bahasa masuk sini
« Jawab #6 pada: Desember 11, 2008, 04:42:19 AM »
yasudah setengah koma lima saja bagaimana?

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: nyang pandai bahasa masuk sini
« Jawab #7 pada: Desember 11, 2008, 08:52:31 AM »
1. saya bingung dengan nama tread-nya, hehehehe
2. kalo menurutku berat didalam air lebih kecil daripada dalam air,
   berat dalam air : berat di udara bebas
     mg/F.archimedes : mg aja
hehehe, rumusnya bener- nggak ya?hohohohohohoh

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: nyang pandai bahasa masuk sini
« Jawab #8 pada: Desember 11, 2008, 11:01:02 AM »
nampaknya sandoko terkacaukan oleh pengertian "berat" dalam arti "gaya gravitasi" dan "berat" dalam arti "gaya yang terukur oleh timbangan"

memang "gaya gravitasi"nya sama saja, tapi yang terukur oleh timbangan berbeda

gini lah, ambil balok batu, gantung di neraca pegas,
di udara, baca "berat"nya, misal X
celupin ke air, baca "berat"nya, misal Y

X = m \times g - F_{arc,udara} \approx m \times g
Y = m \times g - F_{arc,air}
karena gaya archimedes tergantung massa jenis medium, m.j. udara << m.j. air
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: nyang pandai bahasa masuk sini
« Jawab #9 pada: Desember 11, 2008, 09:47:43 PM »
seratus buat kesatriabajahitam

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
6 Jawaban
6680 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 31, 2008, 09:04:35 AM
oleh reborn
1 Jawaban
2386 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 01, 2009, 03:33:39 AM
oleh alvin pratama
3 Jawaban
5462 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 29, 2011, 10:07:51 AM
oleh muhsatrio
54 Jawaban
18328 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 11, 2010, 08:14:54 AM
oleh almufaqat
0 Jawaban
18241 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 29, 2020, 01:45:14 PM
oleh Ihsanzm3