Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juni 28, 2022, 03:27:12 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 75
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 65
Total: 65

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Materi dan Anti Materi

Dimulai oleh humaam dz., April 26, 2009, 03:04:28 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

humaam dz.

Saya pernah membaca sebuah artikel..

bahwa dalam sebuah materi itu terdapat anti-materinya..

dan jika materi dipertemukan dengan anti-materinya, maka materi tersebut akan menjadi seberkas sinar gama.

benerkah?

terus, anti-materi itu kita dapat dari mana?

contohnnya apa?
[move]akan ada pengorbanan di setiap mimpi yang kita perjuangkan.[/move]

ksatriabajuhitam

ya, ada, dan jika partikel bertumbukan dengan anti-partiken akan melebur/anihilasi menjadi sinar gamma.
lihat: [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

dari mana? secara alamiah terdapat di alam.
secara buatan, foton (dgn energi tertentu) yang 'bertumbukan' dengan inti berat akan pecah menjadi pasangan partikel-antipartikel
lihat: [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.] (tp ga ngerti :p, bukan anak fisika teori)

contohnya? yang paling populer (dan yang pertama kali diprediksi oleh Paul A. Dirac) ialah positron, elektron bermuatan positif.
lihat: [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

p.s.: he he, wiki semua...
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

The Houw Liong

Contoh antimateri : positron(anti-electron), anti-proton, anti-neutron, ....

Jikas bisa terkumpul dalam jumlah yang cukup, maka bisa menjadi bom atau sumber energi yang dahsyat.
HouwLiong

Sky

Hah!
Kutip dari: The Houw Liong pada April 27, 2009, 06:45:01 AM
Jikas bisa terkumpul dalam jumlah yang cukup, maka bisa menjadi bom atau sumber energi yang dahsyat.

Enak dong, sumber energi baru.
Iseng aja, kalo gitu kan katanya ada partikel penyebab gravitasi (graviton), apakah ada anti-gravitonnya?
Apakah menyebabkan anti-gravity?
Apakah menyebabkan gaya tolak menolak gravitasi?
Berarti ada white-hole gitu?
he......

humaam dz.

dari mana kita bisa dapet yang namanya positron itu?

trus..

kalo bisa ngumpulin semua itu katanya tadi bisa menjadi sumber energi yang dashyat..

dari mana energi itu bisa muncul..

di konversi atau diciptakan?

kalau dikonversi dari energi apa? kalo diciptakan penyebabnya apa?

trus knapa bisa jadi bom?

kalo untuk graviton itu...

bukannya yang saya tanyakan itu materi yang bertumbukan dengan anti-materinya akan jadi sinar gamma atau mengalami proses annihilasi..

tapi kalo memang ada graviton itu jika dipertemukan dengan anti graviton.

apakah hasilnya akan menyebabkan gaya menolak gravitasi?

[move]akan ada pengorbanan di setiap mimpi yang kita perjuangkan.[/move]

Flor1n4da

Saya jga punya unegh2 nihh..

Klo materi ketemu anti-materi bisa berubah jadi sinar gamma. sinar gamma ini khan mengandung energi, lalu ke mana energi yang dikandung sinar gamma ini... bukankah energi bersifat kekal, seprti halnya materi ato massa.
Klo materi bisa berubah jadi sinar gamma dengan energi tertentu, bisa ga energi tersebut diubah jadi massa (Einstein bilang "Ada kesetaraan massa dan energi".)

Gimana tuh..ya?... ??? ???

fitrie

kalo yang pernah fitrie denger sih ada syarat dimana pembentukan energi secara spontan dapat terjadi, yaitu dengan pemberian energi yang setara dengan energi ikat (binding energi) inti atom sehingga membentuk nukelon2 yang juga memliki resultan energi yang sama.
menurut fitrie sih energi yang terbentuk di sinar gamma itu merupakan energi aktivitas pelepasan inti atom menjadi nukleon. selain energi yang berubah menjadi panas.

bener gak sih..... mohon koreksinya ya...
semua itu hanya karena kasih dan sayang...........tidakkah engkau pahami itu.........

skuler

@ Flor1n4da: energi bersifat kekal apabila hipotesa bang karno salah...
coba baca paper karno di: http://www.forumsains.com/fisika/paper-karno/
"Who controls the present now controls the past. Who controls the past now controls the future."-- RATM, 1999.

ojan

Kutip dari: humaam dz. pada April 26, 2009, 03:04:28 PM
Saya pernah membaca sebuah artikel..

bahwa dalam sebuah materi itu terdapat anti-materinya..

dan jika materi dipertemukan dengan anti-materinya, maka materi tersebut akan menjadi seberkas sinar gama.

benerkah?

terus, anti-materi itu kita dapat dari mana?

contohnnya apa?

itu bisa jadi benar, meskipun saya sendiri belum mendapat keterangan dari hasil riset para ilmuan.
cuma saya masih cenderung menggunakan terminologi immateri untuk sesuatu yang anda sebut anti materi itu.
manusia saja berdimensi materi dan immateri.
materinya adalah semua organ tubuhnya (jasadnya), sedangkan yang immateri adalah ruhnya.
jika jasad berpisah dari ruh, maka jasad itu persis sama seperti materi-materi lainnya seperti dengan batu, tidak bisa berbuat apa-apa.
jadi sangat mungkin bahwa materi bertemu dengan immateri (anti materi dalam istilah anda) akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa.
ini hanya komparasi umum.
terima kasih informasinya, insyaAllah saya akan cari literaturnya yang lengkap.

ksatriabajuhitam

Kutip dari: Sky pada April 27, 2009, 10:33:52 AM
...
Iseng aja, kalo gitu kan katanya ada partikel penyebab gravitasi (graviton), apakah ada anti-gravitonnya?
...
graviton nya aja belum berhasil dideteksi

Kutip dari: Flor1n4da pada April 27, 2009, 05:00:45 PM
Saya jga punya unegh2 nihh..

Klo materi ketemu anti-materi bisa berubah jadi sinar gamma. sinar gamma ini khan mengandung energi, lalu ke mana energi yang dikandung sinar gamma ini... bukankah energi bersifat kekal, seprti halnya materi ato massa.
Klo materi bisa berubah jadi sinar gamma dengan energi tertentu, bisa ga energi tersebut diubah jadi massa (Einstein bilang "Ada kesetaraan massa dan energi".)

Gimana tuh..ya?... ??? ???
kekekalan energi tetap berlaku, baik pada pair production (pembentukan materi anti-materi dari foton) atau anihilasi (meleburnya materi anti-materi menjadi foton), mengikuti relasi E=m.c^2

Kutip dari: fitrie pada April 27, 2009, 05:51:57 PM
kalo yang pernah fitrie denger sih ada syarat dimana pembentukan energi secara spontan dapat terjadi, yaitu dengan pemberian energi yang setara dengan energi ikat (binding energi) inti atom sehingga membentuk nukelon2 yang juga memliki resultan energi yang sama.
menurut fitrie sih energi yang terbentuk di sinar gamma itu merupakan energi aktivitas pelepasan inti atom menjadi nukleon. selain energi yang berubah menjadi panas.

bener gak sih..... mohon koreksinya ya...
ini bukan lagi ngomongin eksitasi, bu. ini ngomongin partikel bebas.
(eh kok nyebut ibu, nyebut mba aja deh :p)
ini bukan lagi ngomongin eksitasi, mba.


@humaam:
lagi demam Angel&Demon -nya Dan Brown ya? :D nanyain anti-materi
udah ada belum pelm nya?
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

HyawehHoshikawa

Kutip dari: ojan pada April 27, 2009, 06:39:33 PM
itu bisa jadi benar, meskipun saya sendiri belum mendapat keterangan dari hasil riset para ilmuan.
cuma saya masih cenderung menggunakan terminologi immateri untuk sesuatu yang anda sebut anti materi itu.
manusia saja berdimensi materi dan immateri.
materinya adalah semua organ tubuhnya (jasadnya), sedangkan yang immateri adalah ruhnya.
jika jasad berpisah dari ruh, maka jasad itu persis sama seperti materi-materi lainnya seperti dengan batu, tidak bisa berbuat apa-apa.
jadi sangat mungkin bahwa materi bertemu dengan immateri (anti materi dalam istilah anda) akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa.
ini hanya komparasi umum.
terima kasih informasinya, insyaAllah saya akan cari literaturnya yang lengkap.

oi,oi,...analoginya kayaknya kejauhan deh,....saya dari golongan anti-religi nih... :P
ato kalo' itu bukan analogi kayaknya ruh itu bukan anti-materi deh.

KutipSaya pernah membaca sebuah artikel..

bahwa dalam sebuah materi itu terdapat anti-materinya..

dan jika materi dipertemukan dengan anti-materinya, maka materi tersebut akan menjadi seberkas sinar gama.

benerkah?

terus, anti-materi itu kita dapat dari mana?

contohnnya apa?
dari "pair production" jadi energi foton berubah kedalam wujud antimater gitu...
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

The Houw Liong

If gravity does affect antimatter differently, it will tell us something not just about antimatter but also about the fundamental theories that underpin modern physics. Einstein's general relativity, the currently favoured theory of gravity, tells us that the force should work identically on any type of matter. Equally, the standard model predicts that matter and antimatter are identical to all intents and purposes. "If we find that either of these things differ," says Landua, "then we have found something extremely important."

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
HouwLiong

humaam dz.

wah....

malahan blum baca tuh angels and demon..

ada ya disitu tentang materi dan anti-materi...



dari energi foton?

kok bisa?

knapa foton bisa jadi anti-materi??
[move]akan ada pengorbanan di setiap mimpi yang kita perjuangkan.[/move]

HyawehHoshikawa

@atas
hmm...namanya juga reaksi nuklir.
yah...bukan fotonnya yang jadi anti-materi,tapi energinya(E=hf)=>(E=mC2)...

analogi buat perubahannya yah kayak dari HCl + NaOH ->NaCl +H20
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

humaam dz.

ooww...

jadi gitu..

lalu?

gimana penjelasannya atas anti materi yang bisa meledak atau menimbulkan energi yang besar?
[move]akan ada pengorbanan di setiap mimpi yang kita perjuangkan.[/move]