Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Januari 23, 2022, 12:49:24 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 23
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 16
Total: 16

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: materi terbuat dari cahaya  (Dibaca 27063 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • Berbagi pengetahuan bermanfaat
materi terbuat dari cahaya
« pada: Desember 05, 2009, 02:19:37 AM »
Telah diajukan teori fisika yang menyatakan bahwa materi adalah terbuat dari gelombang atau cahaya itu sendiri. Teori ini disasari oleh beberapa teori mutakhir sebelumnya yang sebagian telah teramati dengan eksperimen dan sebagian berlaku untuk keadaan khusus. Teori-teori yang mendasarinya adalah relativisas khusus einstein, teori kuantum planck, teori atom bhor dan rutherford, dualisme cahaya, produksi berpasangan dll.

dengan ditemukannya teori ini maka hubungan antara cahaya dan materi telah selangkah lebih jelas. jika teori ini dapat teramati (atau mungkin sudah) melalui eksperimen maka mungkin suatu saat kita bisa membuat suatu kendaraan yang dapat bergerak dengan atau melebihi kecepatan cahaya. karena pada dasarnya teori ini menunjukan hubungan kemiripan antara cahaya dan materi.

bukannya tidak mungkin bahwa seluruh materi yang ada di alam semesta ini adalah terbuat dari cahaya pada awalnya.

Offline dynamic

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 30
  • IQ: 7
Re: materi terbuat dari cahaya
« Jawab #1 pada: Desember 05, 2009, 10:09:05 AM »
loh...bukannya cahaya tidak bermassa, sedangkan materi (benda) ber massa,

jadi ada massa= tidak ada massa  ?

aneh... ???

tapi seru sih..artinya ini bisa jadi refrensi juga ya buat fisika ke depannya.. :o

Offline Sir Ferdy

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
Re: materi terbuat dari cahaya
« Jawab #2 pada: Desember 05, 2009, 12:55:59 PM »
Suara berasal dari resonansi suatu benda.setelah suara dihasilkan,bagaimana mekanisme gelombang suara tadi merambat lepas hingga hilang di udara bebas.

Offline r.a.n

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 312
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Tebak saya yang mana..????
Re: materi terbuat dari cahaya
« Jawab #3 pada: Desember 05, 2009, 09:50:17 PM »
@om superstring...
Waduh balik lagi ke konsepnya schrodinger donk om...
"stem..cell apa BTKV..aduh bingung..???"

Offline cassle

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 89
  • IQ: 5
  • Gender: Wanita
Re: materi terbuat dari cahaya
« Jawab #4 pada: Desember 05, 2009, 11:25:32 PM »
apa di dalam file yang ter-attach kita dapat menemukan mekanismenya ya?

mungkin mengenai persoalan bermassa dan tidak bermassa, ini sepertinya berhubungan dengan teori relativitas khusus yang benda bergerak massanya memadat. Mungkin seperti itu ya hubungannya...

Offline si anak gajah

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 232
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
Re: materi terbuat dari cahaya
« Jawab #5 pada: Desember 06, 2009, 02:20:17 AM »
Kutip
It has been known for many years that an electron and a positron annihilate each
other to create photons.(page 6)
iya juga ya, saya baru sadar, energi hasil anihilasi materi dan antimateri berupa foton...
karena massa dan energi setara, mungkin prosesnya bisa dibalikkan ya...
hm... menarik juga..
@om superstring...
Waduh balik lagi ke konsepnya schrodinger donk om...

konsep schrodinger maksudnya yang mana?

Suara berasal dari resonansi suatu benda.setelah suara dihasilkan,bagaimana mekanisme gelombang suara tadi merambat lepas hingga hilang di udara bebas.
kok tiba-tiba bahas gelombang bunyi? bikin thread baru aja tentang yang ini om...
Keep Moving Forward!!!

Offline faiqhr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 264
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • gnothi se afton
    • faiqhr
Re: materi terbuat dari cahaya
« Jawab #6 pada: Desember 06, 2009, 04:54:23 AM »
cahaya = partikel & gelombang,
partikel ≠ gelombang,
partikel = gelombang (?)
partikel = cahaya (?)

saya download pdfnya tapi ga' bisa kebuka, ;D ;D ;D

Offline r.a.n

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 312
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Tebak saya yang mana..????
Re: materi terbuat dari cahaya
« Jawab #7 pada: Desember 06, 2009, 05:01:00 AM »
@si anak gajah

Maaf terus terang saya bukan orang fisika..saya cuma suka aja..Jadi ingatan yang dipake adalah ingatan SMA.. ;D ;D
Kutip
materi adalah terbuat dari gelombang atau cahaya itu sendiri

Dulu waktu SMA khan..di alam ini ada partikel trus ada gelombang..ternyata cahaya..didefinisikan..sebagai..gelombang..sama Huygens..trus sama Einstein..cahaya sebagi materi.. Saya agak lupa..waktu itu Schrodinger..sempet bilang kalo semua bisa digambarkan..dengan gelombang...Tapi Heissenberg..pernah ngebantah..akhirnya dijelaskan sama lupa namanya..Salah satu Pangeran Prancis..(ini dari buku mekanika quantum for beginers dulu waktu SMA)

Tapi jika materi..merupakan gelombang..berarti asumsi awal beliau bener donk..Maaf masih pake ingatan SMA..He..he..Kalo ada yang salah tolong diluruskan..Ini murni ingatan SMA..

Offline si anak gajah

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 232
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
Re: materi terbuat dari cahaya
« Jawab #8 pada: Desember 06, 2009, 06:29:25 AM »
@r.a.n
saya juga bukan orang fisika, masih anak tingkat pertama, bukan MIPA lagi...

tapi, setahu saya, gelombang dapat berlaku materi itu hipotesis Planck, kemudian einstein membuktikan cahaya bukan spektrum kontinyu, melainkan diskrit (istilahnya terkuantisasi) yang disebut foton...
kemudian DeBroglie menghipotesiskan bahwa gelombang juga berlaku materi...
hal ini kemudian disebut dualisme partikel...

Offline cassle

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 89
  • IQ: 5
  • Gender: Wanita
Re: materi terbuat dari cahaya
« Jawab #9 pada: Desember 06, 2009, 07:26:30 AM »
saya sudah coba unduh filenya dan bisa dibuka kok.  ;D

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: materi terbuat dari cahaya
« Jawab #10 pada: Desember 06, 2009, 04:47:10 PM »
Kalau benar cahaya bisa membentuk menjadi partikel/materi, teteportasi kayak film startrek akan terwujud donk. ;D. Saya sendiri meyakini cahaya bukan pastikel/materi. Tatepi kalau berfikir secara sederhana, sesuatu yang terlihat pasti tersusun dari partikel-partikel. Bagaimana bisa sesuatu yang terlihat tanpa partikel pembentuknya?. Itu pertanyaan kontradiktif dengan keyakinan saya sendiri terhadap cahaya.

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • Berbagi pengetahuan bermanfaat
Re: materi terbuat dari cahaya
« Jawab #11 pada: Desember 07, 2009, 09:42:30 PM »
Teori ini diajukan berdasarkan teori-teori sebelumnya atau bisa dibilang merangkum dan mengambil kesimpulan. jadi sepertinya bukan hal yang baru hanya saja lebih diperjelas hubungan antara massa dan energi atau dalam hal ini partikel dan gelombang elektromagnetik.

persamaan schrodinger sepertinya menunjukkan hubungan antara energi(potensial) dan persamaan gelombang dalam bentuk diferensial. kebanyakan digunakan untuk mengkalkulasikan energi/potensial ambang/penghalang dalam suatu inti atom.

menurut hemat saya, teori ini bisa membantu kita untuk menduga asal muasal alam semesta dan mungkin bisa digunakan untuk memprediksi akhir dari alam semesta ini >:D

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.585
  • IQ: 59
  • Gender: Pria
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re: materi terbuat dari cahaya
« Jawab #12 pada: Desember 07, 2009, 10:58:33 PM »
Kalau benar cahaya bisa membentuk menjadi partikel/materi, teteportasi kayak film startrek akan terwujud donk. ;D. Saya sendiri meyakini cahaya bukan pastikel/materi. Tatepi kalau berfikir secara sederhana, sesuatu yang terlihat pasti tersusun dari partikel-partikel. Bagaimana bisa sesuatu yang terlihat tanpa partikel pembentuknya?. Itu pertanyaan kontradiktif dengan keyakinan saya sendiri terhadap cahaya.
Betul, gelombang elekromagnetik yang berenergi tinggi lewat dekat inti atom bisa tercipta elektron dan positron. Ingat kesetaraan energi dan massa E=m.c2
HouwLiong

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: materi terbuat dari cahaya
« Jawab #13 pada: Desember 07, 2009, 11:00:28 PM »
Kalau benar cahaya bisa membentuk menjadi partikel/materi, teteportasi kayak film startrek akan terwujud donk. ;D. Saya sendiri meyakini cahaya bukan pastikel/materi. Tatepi kalau berfikir secara sederhana, sesuatu yang terlihat pasti tersusun dari partikel-partikel. Bagaimana bisa sesuatu yang terlihat tanpa partikel pembentuknya?. Itu pertanyaan kontradiktif dengan keyakinan saya sendiri terhadap cahaya.
Betul, gelombang elekromagnetik yang berenergi tinggi lewat dekat inti atom bisa tercipta elektron dan positron. Ingat kesetaraan energi dan massa E=m.c2

Waw, gitu yah. Artinya partikel bisa tercipta dari gelombang (termasuk cahaya) donk?. Kalau benar demikian, memungkinkan kita membuat materi.

Offline cassle

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 89
  • IQ: 5
  • Gender: Wanita
Re: materi terbuat dari cahaya
« Jawab #14 pada: Desember 08, 2009, 11:39:50 AM »
Mungkin sih.. tapi sampai saat ini bukannya masih gak ada yang bisa mencapai kecepatan cahaya? termasuk cahaya itu sendiri? cmiiw.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
9 Jawaban
18561 Dilihat
Tulisan terakhir September 18, 2008, 08:58:51 AM
oleh syx
20 Jawaban
13932 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 07, 2009, 11:05:14 PM
oleh The Houw Liong
0 Jawaban
3139 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 24, 2009, 02:20:54 AM
oleh raisuien
1 Jawaban
5858 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 03, 2011, 06:27:18 AM
oleh The Houw Liong
9 Jawaban
9687 Dilihat
Tulisan terakhir September 16, 2011, 07:36:10 AM
oleh MonDay