Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juli 06, 2022, 04:53:18 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 67
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 29
Total: 29

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

materi terbuat dari cahaya

Dimulai oleh superstring39, Desember 04, 2009, 11:19:37 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

superstring39

Kutip dari: cassle pada Desember 07, 2009, 08:39:50 PM
Mungkin sih.. tapi sampai saat ini bukannya masih gak ada yang bisa mencapai kecepatan cahaya? termasuk cahaya itu sendiri? cmiiw.
:) disebut kecepatan cahaya karena cahaya memiliki kecepatan seperti itu. ada partikel yang secara teori dapat melebihi kecepatan cahaya disebut partikel tachyon. coba cari di topik lain di room fisika ini saya lupa naro di mana.

si anak gajah

tachyon propertinya apa aja?
mass, charge, spin atau apalah...
kalau photon yang massless aja bisanya cuma sampai kecepatan c, berarti tachyon punya massa imajiner mungkin ya?
[mode ngaco: on]
[move]Keep Moving Forward!!![/move]

HyawehHoshikawa

@bleduk:
lah emang tachyon tu massrestnya imajiner
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

superstring39

ya karena keterbatasan ilmu kita saat ini tentang tachyon bisa dikatakan memiliki massa imajiner.
btw bleduk itu siapa????

si anak gajah

Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

jadi massa imajiner gak ngaco ya?
banyak banget ya, misteri alam...

trus, secara matematis tachyon bermassa imajiner darimana?
apa karena faktor \gamma dalam \gamma m_o c^2 ?
karena jika v>c, maka  \gamma = \frac{1}{\sqrt{1- \frac{v^2}{c^2}}} bernilai imajiner ya?
[move]Keep Moving Forward!!![/move]

superstring39


Haryanto

Dalam kerangka pikiran kita, materi umumnya kita kaitkan dengan massa.. Tiap orang tahu apa itu massa, bahkan anak SD sekalipun.. Jujur, saya dengan ijazah sarjana fisika dengan keahlian teoretis, jika ditanya oleh salah seorang murid (SMP) saya: "Pa, apa itu massa?", saya bingung mau jawab apa. Hukum Newton II menuliskan F=ma, tapi tidak serta merta berarti m=F/a, atau Rumus Einstein E=mcc, apakah berarti juga m=E/cc?? Ternyata kebingungan saya ini beralasan, bahkan seorang Wilczek pun masih mempertanyakan apa itu massa (cek tulisan beliau terkait massa di halaman web brkt: [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.])..
Kita masih belum mengerti dengan baik konsep massa ini, dan tentunya berujung pada materi.. Mungkin ada sesuatu yang bisa dikerjakan dalam masalah ini, terkesan sederhana, tapi sangat fundamental...
We must know — we will know!
-David Hilbert -

Mat Dillom

Kutip dari: Haryanto pada Desember 20, 2009, 09:11:24 AM
Dalam kerangka pikiran kita, materi umumnya kita kaitkan dengan massa.. Tiap orang tahu apa itu massa, bahkan anak SD sekalipun.. Jujur, saya dengan ijazah sarjana fisika dengan keahlian teoretis, jika ditanya oleh salah seorang murid (SMP) saya: "Pa, apa itu massa?", saya bingung mau jawab apa. Hukum Newton II menuliskan F=ma, tapi tidak serta merta berarti m=F/a, atau Rumus Einstein E=mcc, apakah berarti juga m=E/cc?? Ternyata kebingungan saya ini beralasan, bahkan seorang Wilczek pun masih mempertanyakan apa itu massa (cek tulisan beliau terkait massa di halaman web brkt: [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.])..
Kita masih belum mengerti dengan baik konsep massa ini, dan tentunya berujung pada materi.. Mungkin ada sesuatu yang bisa dikerjakan dalam masalah ini, terkesan sederhana, tapi sangat fundamental...

Jangan brenti sampe disitu mas, gali terus, kali aja dapet teori baru tentang masa. Bravo.

The Houw Liong

#23
Kutip dari: si anak gajah pada Desember 08, 2009, 12:46:36 PM
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

jadi massa imajiner gak ngaco ya?
banyak banget ya, misteri alam...

trus, secara matematis tachyon bermassa imajiner darimana?
apa karena faktor \gamma dalam \gamma m_o c^2 ?
karena jika v>c, maka  \gamma = \frac{1}{\sqrt{1- \frac{v^2}{c^2}}} bernilai imajiner ya?
Massa yang teramati selalu harus real (tidak bisa imaginer). Ini berarti massa diam tachion mo harus imaginer dan kecepatan tachion harus selalu lebih besar dari kecepatan cahaya.
HouwLiong

Haryanto

Kutip dari: Mat Dillom pada Desember 21, 2009, 02:04:45 AM
Kutip dari: Haryanto pada Desember 20, 2009, 09:11:24 AM
Dalam kerangka pikiran kita, materi umumnya kita kaitkan dengan massa.. Tiap orang tahu apa itu massa, bahkan anak SD sekalipun.. Jujur, saya dengan ijazah sarjana fisika dengan keahlian teoretis, jika ditanya oleh salah seorang murid (SMP) saya: "Pa, apa itu massa?", saya bingung mau jawab apa. Hukum Newton II menuliskan F=ma, tapi tidak serta merta berarti m=F/a, atau Rumus Einstein E=mcc, apakah berarti juga m=E/cc?? Ternyata kebingungan saya ini beralasan, bahkan seorang Wilczek pun masih mempertanyakan apa itu massa (cek tulisan beliau terkait massa di halaman web brkt: [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.])..
Kita masih belum mengerti dengan baik konsep massa ini, dan tentunya berujung pada materi.. Mungkin ada sesuatu yang bisa dikerjakan dalam masalah ini, terkesan sederhana, tapi sangat fundamental...

Jangan brenti sampe disitu mas, gali terus, kali aja dapet teori baru tentang masa. Bravo.

Yaa.. biarkan problemnya mengendap di benak, suatu saat bisa saja ada ide kemana masalah ini bisa dibawa untuk dipecahkan.. thx bwt Mas Mat Dillom..
We must know — we will know!
-David Hilbert -

Mat Dillom

Kutip dari: Haryanto pada Desember 21, 2009, 10:24:58 PM
Kutip dari: Mat Dillom pada Desember 21, 2009, 02:04:45 AM
Kutip dari: Haryanto pada Desember 20, 2009, 09:11:24 AM
Dalam kerangka pikiran kita, materi umumnya kita kaitkan dengan massa.. Tiap orang tahu apa itu massa, bahkan anak SD sekalipun.. Jujur, saya dengan ijazah sarjana fisika dengan keahlian teoretis, jika ditanya oleh salah seorang murid (SMP) saya: "Pa, apa itu massa?", saya bingung mau jawab apa. Hukum Newton II menuliskan F=ma, tapi tidak serta merta berarti m=F/a, atau Rumus Einstein E=mcc, apakah berarti juga m=E/cc?? Ternyata kebingungan saya ini beralasan, bahkan seorang Wilczek pun masih mempertanyakan apa itu massa (cek tulisan beliau terkait massa di halaman web brkt: [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.])..
Kita masih belum mengerti dengan baik konsep massa ini, dan tentunya berujung pada materi.. Mungkin ada sesuatu yang bisa dikerjakan dalam masalah ini, terkesan sederhana, tapi sangat fundamental...

Jangan brenti sampe disitu mas, gali terus, kali aja dapet teori baru tentang masa. Bravo.

Yaa.. biarkan problemnya mengendap di benak, suatu saat bisa saja ada ide kemana masalah ini bisa dibawa untuk dipecahkan.. thx bwt Mas Mat Dillom..

Iya, saya ingat ketika ingin membuat komputer bisa menjawab pertanyaan dalam bahasa Indonesia, tidak ada orang di Indonesia yang bisa bimbing saya. Akhirnya karena berusaha gigih hampir 1 tahun, ketemu juga caranya hasil oprek-oprek sendiri. Padahal saat itu masih sangat minim tentang pemrograman komputer.

Artinya, ketika kita mendapatkan satu "pertanyaan" terhadap sesuatu yang "mungkin" disitu pula kita sudah masuk "tangga pertama" untuk sebuah penemuan. Tinggal diselusuri "tanga-tangga" selanjutnya.

si anak gajah

Kutip dari: The Houw Liong pada Desember 21, 2009, 02:43:52 PM
Kutip dari: si anak gajah pada Desember 08, 2009, 12:46:36 PM
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

jadi massa imajiner gak ngaco ya?
banyak banget ya, misteri alam...

trus, secara matematis tachyon bermassa imajiner darimana?
apa karena faktor \gamma dalam \gamma m_o c^2 ?
karena jika v>c, maka  \gamma = \frac{1}{\sqrt{1- \frac{v^2}{c^2}}} bernilai imajiner ya?
Massa yang teramati selalu harus real (tidak bisa imaginer). Ini berarti massa diam tachion mo harus imaginer dan kecepatan tachion harus selalu lebih besar dari kecepatan cahaya.
oo, karena Mo imajiner dan faktor gamma juga imajiner, jadi yang teramati jadi real ya?
tapi kok jadi negatif?
[move]Keep Moving Forward!!![/move]

Haryanto

Kutip dari: si anak gajah pada Desember 22, 2009, 01:29:55 PM
Kutip dari: The Houw Liong pada Desember 21, 2009, 02:43:52 PM
Kutip dari: si anak gajah pada Desember 08, 2009, 12:46:36 PM
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

jadi massa imajiner gak ngaco ya?
banyak banget ya, misteri alam...

trus, secara matematis tachyon bermassa imajiner darimana?
apa karena faktor \gamma dalam \gamma m_o c^2 ?
karena jika v>c, maka  \gamma = \frac{1}{\sqrt{1- \frac{v^2}{c^2}}} bernilai imajiner ya?
Massa yang teramati selalu harus real (tidak bisa imaginer). Ini berarti massa diam tachion mo harus imaginer dan kecepatan tachion harus selalu lebih besar dari kecepatan cahaya.
oo, karena Mo imajiner dan faktor gamma juga imajiner, jadi yang teramati jadi real ya?
tapi kok jadi negatif?

Coba cek: [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

Massa murni (bukan kompleks scr umum, bagian real = nol) imajiner 'dituliskan' (saya tekankan di sini bhw ini adalah ide manusia, alam belum menunjukkan sifat ini sejauh yg saya tahu) agar kalau dibagi dengan gamma yg imajiner murni menghasilkan bilangan real.. tapi massa ini tidak negatif, kita tidak tahu itu apa massa negatif, kalau energi negatif ada, misalkan penciptaan pasangan partikel dan antipartikel dari vakum (E=0).. namun juga antipartikel tidaklah bermassa imajiner, karena ia memiliki sifat yang persis sama dengan pasangan partikelnya, kecuali dalam muatan (muatannya lawan dari muatan pasangannya) dan propagasinya dalam ruang waktu adalah mundur terhadap waktu (sifat fungsi Green terkait presamaan dinamika). Sekali lagi, tachyon, partikel dengan kecepatan lebih dari kecepatan cahaya dan massa imajiner adalah HIPOTETIK sejauh ini, belum tentu alam demikian.. tapi kalau antipartikel sudah terbukti di laboratorium, nah ini sebagian sifat alam..
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
We must know — we will know!
-David Hilbert -

The Houw Liong

Secara teori keberadaan tachion logis, namun masih  harus dibuktikan secara eksperimen/observasi.

Partikel seperti elektron dan proton  bermasa mo real, dan kecepatannya tidak bisa melebihi kecepatan cahaya c.
Foton bermassa mo = 0, kecepatannya selalu sama dengan c.
Tachion bermassa mo imaginer, kecepatannya selalu lebih besar dari c.
HouwLiong

si anak gajah

@om Haryanto:
penciptaan partikel dan antipartikel dari vakum itu yang disebut Efek Cashmir ya? (saya kurang jelas namanya)
ini udah terbukti secara eksperimenkah?
trus, energi negatif penjelasannya kira-kira seperti apa? apakah pada kondisi ini hukum kekekalan energi berlaku juga?
[move]Keep Moving Forward!!![/move]