Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Fisika => Topik dimulai oleh: bayu220686 pada Januari 10, 2014, 05:28:07 PM

Judul: Means of time
Ditulis oleh: bayu220686 pada Januari 10, 2014, 05:28:07 PM
Gan,, mohon ijin menambahi gan,, entah pendapat saya ini masuk ke ranah Filsafat atau Sain,, agan2 sendiri aja deh yang menanggapi.. Hehe,,,

Ane mw tanya ni sekarang, dimana agan bisa menjumpai ruang tanpa waktu? hehe, ini pertanyaan retoris gan,, jawabannya adalah.....

Agan bisa menjumpai ruang tanpa waktu di mana di dalam ruang itu tidak ada aktifitas, atau ada aktifitas tp agan gak menganggap itu aktifitas.

Istilah waktu muncul ketika agan ingin mengukur proses aktifitas di dalam ruang, apakah itu awal, akhir, pertengahan, jam, tahun dll

Nah, karena waktu itu sebenarnya tidak ada, berarti sebenarnya dahulu, kemaren, besok, lusa itu jg tidak ada,, yang ada adalah sekarang yang kekal..


Yahh,,,, lanjutkan pernyataan saya ini gan,,,, coba kaitkan dengan sain,,,,  masih panjaaaaaaaaanggg
Judul: Re:Means of time
Ditulis oleh: mefer pada Januari 20, 2014, 03:24:51 AM
yap perubahan sama dengan rentang waktu hanya saja belum kita kethui benar apa itu waktu
Judul: Re:Means of time
Ditulis oleh: Dr.F pada September 29, 2014, 11:25:45 PM
waktu menurut kamus fisika, adalah urutan pengamatan terhadap suatu peristiwa. jadi misalnya ada pengamat (sesuatu yang bisa mengamati) sedang mengamati suatu peristiwa, meski pada peristiwatersebut sebenarnya tidak terjadi suatu perubahan apapun misalnya atom dalam suhu nol kelvin maka waktu itu menjadi ada.
waktu itu ada jika ada pengamat, pengamatan dan suatu peristiwa.
(jangan sebut proses pengamatan tersebut adalah suatu peristiwa...nanti bingung   ;D ;D ;D)
Judul: Re:Means of time
Ditulis oleh: avidkucing pada Oktober 08, 2014, 02:00:30 PM
apa tubuh bisa berhenti menua kalo tidak kita amati? :3
Judul: Re:Means of time
Ditulis oleh: Dr.F pada Oktober 08, 2014, 10:19:10 PM
apa tubuh bisa berhenti menua kalo tidak kita amati? :3
setiap sel-sel tubuh bisa jadi pengamat mas.. tubuh menua itu proses, selalu ada pengamat sehingga ada waktu juga.
Judul: Re:Means of time
Ditulis oleh: Sandy_dkk pada Oktober 08, 2014, 11:28:39 PM
filsafat nih, belum masuk sains.

"yang ada hanyalah kekinian yang kekal".
kekal itu sendiri maksudnya apa ya? apa definisi yang membedakan kekal dengan bukan kekal?



OOT, tapi pengen tahu. kalo jarak itu apa definisinya?
Judul: Re:Means of time
Ditulis oleh: Pi-One pada Oktober 15, 2014, 12:55:30 AM
Ane mw tanya ni sekarang, dimana agan bisa menjumpai ruang tanpa waktu? hehe, ini pertanyaan retoris gan,, jawabannya adalah.....

Agan bisa menjumpai ruang tanpa waktu di mana di dalam ruang itu tidak ada aktifitas, atau ada aktifitas tp agan gak menganggap itu aktifitas.

Istilah waktu muncul ketika agan ingin mengukur proses aktifitas di dalam ruang, apakah itu awal, akhir, pertengahan, jam, tahun dll
Sayangnya di semesta ini kita gak akan menemukan ruang manapun dimana tidak ada aktivitas. bahkan di 'ruang hampa' sekalipun, selalu ada aktivitas, selalu ada perubahan. Sementara waktu menyangkut perubahan, bahkan perubahan terkecil sekalipun

Satu-satunya kondisi dimana kita gak menemukan waktu adalah saat waktu masih berfungsi sebagai dimensi ruang di awal alam semesta (hipotesis hawking)
Judul: Re:Means of time
Ditulis oleh: bingnyata pada Desember 27, 2014, 05:56:14 AM
Bukan di awal alam semesta saja kiranya. Tetapi untuk ini kita harus mengandaikan alam semesta ini sebagai benda (yang sedang mengembang). Bisa dilihat perumpamaannya saat orang bikin martabak. :)
Dari itu kita ketahui bahwa ada jarak yang ditempuh oleh materi apapun juga yang berada di alam semesta ini, yang tentunya mempunyai kecepatan tertentu. Disitu kita dapati komponen-komponen penyusun dari konsep Newtonian yang terkenal, S=v . t
Kita bicara mengenai waktu. Dari rumus itu kita dapatkan, bahwa waktu adalah sesuatu yang dihasilkan oleh sebuah benda yang melintas pada jarak dan kecepatan tertentu (ini kita tengok dari proses aksi reaksi dan jangan dihubungkan dengan persamaan matematis dimana kedua ruas dapat dipertukarkan begitu saja).

Bila kita mempersepsikan alam semesta ini sebagai sebuah benda, bila ada sesuatu melintas di dalamnya ... maka ada volume yang terpindahkan disebabkan aksi benda itu.
Nah, sekarang kita umpamakan sebuah perahu yang sedang melintas di sebuah danau atau lautan, dan perhatikan bagaimana air yang tersibak ... di depan dan disamping perahu itu. Yang mana jumlah air yang "dipindahkan" akan mempunyai volume tertentu pula.

Volume yang terpindahkan itulah besaran waktu. Atau dapat dikata ... waktu adalah ruang pula. Namun bila ada benda yang bergerak tanpa adanya volume yang terpindahkan, maka pada saat itulah waktu akan sama dengan nol (bukan tidak ada)
Judul: Re:Means of time
Ditulis oleh: bingnyata pada Desember 27, 2014, 09:13:03 AM
Kutip
Volume yang terpindahkan itulah besaran waktu. Atau dapat dikata ... waktu adalah ruang pula. Namun bila ada benda yang bergerak tanpa adanya volume yang terpindahkan, maka pada saat itulah waktu akan sama dengan nol (bukan tidak ada).
Sedikit tambahan ...
Jika bendanya kecil ... maka volume yang terpindahkan akan sedikit pula. Itu sebabnya partikel cahaya dapat menempuh jarak jauh dengan waktu yang sedikit.

Peeeace