Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 23, 2021, 08:03:14 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 46
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 42
Total: 42

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Melebihi kecepatan cahaya  (Dibaca 15561 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Melebihi kecepatan cahaya
« pada: November 12, 2008, 09:58:28 PM »
Pernah dengar teori partikel "tachyon" sebuah partikel hipotesis yang diajukan karena melihat fenomena yang terjadi pada skala kosmik yakni tumbukan kosmik. saat partikel-partikel kosmik yang bergerak dengan kecepatan yang luar biasa cepatnya (konon ada yang mencapai 99.99% kecepatan cahaya) bertumbukan akan menghasilkan partikel tachyon yang bergerak melebihi kecepatan cahaya sejak awal terbentuknya. berdasarkan para ilmuan kehadiran partikel ini dizinkan oleh (secara matematis) teori relativitas khusus. sifat-sifatnya mungkin kurang bisa diterima oleh orang awam, yakni partikel tersebut memiliki massa diam (rest mass) bernilai imajener, saat ia melepaskan energi dalam bentuk radiasi kosmik maka kecepatannya bertambah besar, partikel tersebut tidak pernah memiliki kecepatan sama atau dibawah kecepatan cahaya, dan ia bisa mundur ke massa lampau (berdasarkan TRK).

Untuk visualisasi yang lebih jelas bisa lihat:
http://www.forumsains.com/fisika/kecepatan-cahaya/msg14939/#msg14939


Offline Didobi

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 32
  • IQ: 4
Re: Melebihi kecepatan cahaya
« Jawab #1 pada: November 25, 2008, 07:20:09 AM »
apakah semua itu telah stabil????
mungkinkah suatu saat bisa diaplikasikan dengan manusia untuk perjalanan waktu (time travel)??? :(

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: Melebihi kecepatan cahaya
« Jawab #2 pada: November 25, 2008, 09:36:16 PM »
Ini masih sebuah teori atau gagasan berdasarkan tumbukan kosmik, bisa benar bisa juga salah namanya juga teori. tapi kalo teori ini terbukti maka teori relativitas khusus perlu dikoreksi.

Offline h4ry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 541
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • Sweet
Re: Melebihi kecepatan cahaya
« Jawab #3 pada: November 26, 2008, 01:45:11 AM »
berarti kita bisa pergi ke planet atau galaksi laen dngn menggunakan kecepatan tachyon donkz , ,,



kan udah ada tuh planet yang mirip dngn bumi yang mempunyai gas karbon dioksida jga ?



di kompas , ,, ^^



wahh asykkkk



pndah2  ;D ;D ;D ;D
_Don't Be Affraid_

Offline Didobi

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 32
  • IQ: 4
Re: Melebihi kecepatan cahaya
« Jawab #4 pada: November 27, 2008, 02:50:49 AM »
pindah keplanet lain selain bumi makasih deh saya masih cinta planet bumi  ;D

klo itu benar bisa terjadi kita bisa menjelajahi tata surya dengan dipersingkat waktunya dong ??? :-\

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Melebihi kecepatan cahaya
« Jawab #5 pada: Desember 18, 2008, 02:16:23 AM »
....manusia penemunya pertama kali mungkin Flash....temennya superman.... ;D.... bercanda .......
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Melebihi kecepatan cahaya
« Jawab #6 pada: Desember 19, 2008, 04:44:33 PM »
klo itu benar bisa terjadi kita bisa menjelajahi tata surya dengan dipersingkat waktunya dong ?
dipersingkat si bisa...tapi yg jelas gak singkat...cb liat,dgn kcepatan cahaya aja msh byk tmpt yg dijangkau dlm beberapa juta tahun kok?
"The pen is mightier than the sword"

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.585
  • IQ: 59
  • Gender: Pria
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re: Melebihi kecepatan cahaya
« Jawab #7 pada: Desember 24, 2008, 01:19:40 AM »
Secara teoritis, kecepatan tachion melebihi kecepatan cahaya dengan masa diam imaginer, berarti partikel ini harus selalu berkecepatan melebihi kecepatan cahaya. Konfermasi keberadaan tachion secara eksperimen juga belum disepakati oleh fisikawan.
Sebaliknya partikel lain seperti elektron, proton, ........ kecepatannya selalu lebih kecil dari kecepatan cahaya.
Mareri yang terbentuk dari elektron, proton dan neutron tidak dapat melebihi kecepatan cahaya (termasuk manusia).
HouwLiong

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: Melebihi kecepatan cahaya
« Jawab #8 pada: Desember 24, 2008, 02:15:49 AM »
Hubungan momentum energi biasa diberikan
E=\frac{mc^2}{\sqrt{1-\frac{v^2}{c^2}}}
Kalau v > c berarti penyebutnya, yaitu \sqrt{1-\frac{v^2}{c^2}} bernilai imaginer, karena \1-\frac{v^2}{c^2} negatif.
Sedangkan energi harus real, sehingga massa tachyon mestinya imaginer, misalkan m=i*z, dengan i=sqrt{-1}, maka diperoleh
E=\frac{zc^2}{\sqrt{\frac{v^2}{c^2}-1}}.
Lho, bagaimana ini membayangkan massa imaginer?

Offline aries.aria

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 0
Re: Melebihi kecepatan cahaya
« Jawab #9 pada: Januari 06, 2009, 02:10:31 AM »
secara teoritis kita dapat memberikan kesimpulan tentang 'techion' yaitu benda yang memiliki secepatan v > c, sehingga massa diamnya bernilai imajiner (hitung dengan rumus kesetaraan enstein). dan katanya dapat menerobos waktu.. tapi sesuatu yang dekat dengan konteks kebenaran adalah sesuatu yang punya fakta, dan bukti yang disusun secara sistematis melalui eksperimen. nah.. apakah ada bukti tntang itu?? bukankah  yang bermassa imajiner berarti massa itu tidak 'real'?  jadi sekali lagi saya ragu tentang keberadaan benda tersebut. juga tentang menerobos waktu. kalau anda orang islam pasti kenal surat al-Ashr. disana disimpulkan bahwa waktu itu tidak dapat kembali. jadi apakah teori ini benar?

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.585
  • IQ: 59
  • Gender: Pria
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re: Melebihi kecepatan cahaya
« Jawab #10 pada: Januari 06, 2009, 03:40:16 AM »
Secara teoritis kecepatan tachion selalu harus lebih besar dari kecepatan cahaya, sehingga massanya tidak imaginer.
Ini berarti bahwa realitas partikel tsb. hanya dalam keadaan lebih cepat dari cahaya.
Namun, secara eksperimen/observasi  keberadaan tachion belum terbukti.

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: Melebihi kecepatan cahaya
« Jawab #11 pada: Januari 06, 2009, 12:22:57 PM »
Secara teoritis kecepatan tachion selalu harus lebih besar dari kecepatan cahaya, sehingga massanya tidak imaginer.
Apakah maksud dari saudara The Houw Liong bahwa perumusan Enstein gugur dalam hal ini jika terbukti adanya tachyon?

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: Melebihi kecepatan cahaya
« Jawab #12 pada: Januari 06, 2009, 10:00:39 PM »
mengenai berapa kecepatan maksimum yang bisa di capai di jagad ini, ...
trims
Sedikit meluruskan, kecepatan cahaya bukan kecepatan maksimum di jagad raya dan tidak ada seorang ahli fisikapun yang mengatakannya termasuk Einstein.


Keberadaan dari tachyon ini justru didukung persamaan Relativitas Khusus Einstein. namun sampai saat ini penelitian terhadap tachyon belum membuahkan hasil yang memuaskan

Tachyon pertama diajukan dalam tabloid ilmiah "pre-relativistic" oleh Fisikawan Arnold Sommerfeld dan dinamakan oleh Gerald Feinberg (pada 1067) yakni berasal dari bahasa yunani tachys artinya cepat (swift). Berdasarkan terminologi seperti ini objek yang bergerak dengan kecepatan dibawah kecepatan cahaya disebut tardyon atau bardyon, objek yang bergerak dengan kecepatan cahaya seperti foton disebut luxon. keberadaan tachyon bisa diijinkan oleh persamaan matematika relativitas khusus

 E = m /√(1 - v2/c2)

Dimana E adalah massa-energi dari pertikel, m adalah massa "diam", dan v adalah v adalah kecepatan, dan c adalahkecepatan cahaya. Persamaan tersebut menunjukan bahwa untuk tardyon, E naik saat v naik dan menjadi tak berhingga saat v = c, hal ini berlaku untuk objek yang memiliki kecepatan awal dibawah kecepatan cahaya dan dipercepat sampai kecepatan cahaya. namun bagaimana dengan objek yang selalu melebihi kecepatan cahaya? dalam kasus ini  v2/c2 > 1, seperti yang telah di sebutkan di atas akan muncul bilangan imajener. Tachyon selalu diatas kecepatan cahaya. Secara fisika massa imajener lebih bisa diterima karena objek tidak pernah berhenti sehingga tidak dapat secara langsung diukur seperti halnya menghitung massa foton.

Untuk bilangan imajener nampaknya Mtk mataram cukup mengerti namun untuk fisika nampaknya tidak semudah itu. Arti fisis dari massa imajener sangat sulit divisualisasikan. mungkin bisa buka topik tentang bilangan imajener atau bilnagn kompleks di Matematika.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
28 Jawaban
21567 Dilihat
Tulisan terakhir April 23, 2009, 01:51:26 PM
oleh Sakuranboaoi
kecepatan cahaya

Dimulai oleh dewa ruci « 1 2 3 4 5 » Fisika

60 Jawaban
54005 Dilihat
Tulisan terakhir November 25, 2011, 06:30:29 AM
oleh mhyworld
37 Jawaban
23368 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 02, 2011, 04:34:43 PM
oleh eka jaya harsono
6 Jawaban
6696 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 29, 2012, 05:53:42 PM
oleh mhyworld
2 Jawaban
54632 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 27, 2017, 09:43:29 PM
oleh The Houw Liong