Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juni 26, 2022, 06:28:56 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 62
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 52
Total: 52

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

melihat cahaya???

Dimulai oleh fisikawanindonesia, Juli 18, 2008, 01:09:42 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

fisikawanindonesia

saya sering berpikir... ??? ??? ???
klo misalkan cahaya itu sangat cepat, truz knapa kita dapat melihat cahaya tersebut???
pertanyaan saya aneh ya, tapi maklum saja, saya masih SMP  ;D

humaam dz.

bukankah kita itu bisa melihat karena ada cahaya..  bener gak..?? 

kalau di tanya kenapa cahaya terlihat padahal cahaya itu bergerak sangat cepat, maka sebenarnya yg tak terlihat itu gerakannya bukan wujudnya. wujud cahaya sendiri akan tetap kelihatan. ya kan?

kalau ada salah mohon dikoreksi
thankz.
;D

[move]akan ada pengorbanan di setiap mimpi yang kita perjuangkan.[/move]

fisikawanindonesia

wujud cahaya itu seperti apa sich???
maaf, baru mencintai fisika
hidup fisika!!!!!!

humaam dz.

ya...

waduh...

gimana ya? seperti yang kita lihat itu...

sebenarnya cahaya itu berupa sebuah partikel yang di sebut partikel cahaya atau foton...

jadi wujudnya ya yang terlihat itu.

tapi nanti dulu...

sebenarnya yang sering kita lihat itu kan sebuah benda yang memeancarkan cahaya daripada cahaya itu sendiri...

ya gak...??
[move]akan ada pengorbanan di setiap mimpi yang kita perjuangkan.[/move]

reborn

pertanyaan yang unik ;D
Boleh nanya ulang ya, bagaimana kita (manusia) bisa melihat?

reborn

Maksud gw begini, pertanyaannya kan :
klo misalkan cahaya itu sangat cepat, truz knapa kita dapat melihat cahaya tersebut???

Nah, sebelum menjawab itu, kita harus tau dulu :
bagaimana kita bisa melihat?
Setelah menjawab pertanyaan itu, selanjutnya :
Apakah kalo cepat bisa tidak terlihat?
Kalo jawabannya iya, kita tanya lagi
kenapa ga terlihat?
Kalo jawabannya ngga, ya... selesai masalah.

notwelldefined

orang bisa melihat karena ada cahaya yang dipantulkan oleh benda yang kita lihat. cahaya tersebut membentuk citra di mata kita. singkatnya seperti itu.

mungkinkah kita bisa melihat cahaya? apakah cahaya dapat memantulkan cahaya?
sepertinya tidak.

pertanyaan lain, kabarnya semua yang bergerak mengalami hambatan (gesekan), nah, apakah cahaya juga mengalami perlambatan? apakah pada saatnya cahaya juga berhenti (karena gesekan itu)? kalau cahaya berhenti, wujudnya seperti apa ya?
???
:'( jadi lieur euy...  ??? :'(

reborn

yang nanya itu smp lho, jawabannya kok rumit ???
he eh, lieur. gw malah jadi mikir nih

Kutip dari: notwelldefined pada Juli 21, 2008, 07:55:31 PM
mungkinkah kita bisa melihat cahaya? apakah cahaya dapat memantulkan cahaya?
sepertinya tidak.

misalnya cahaya dari senter, yang kita liat apanya dong kalo bukan cahayanya? partikel2 di udara yang mantulin? Tapi kan cahaya gelombang EM, bisa merambat tanpa media (ruang hampa) dan ini bisa kita liat.
Ikutan lieur gw  ???

syx

di sini, jika disederhanakan, ada dua macam benda: sumber cahaya dan non-sumber cahaya. sumber cahaya adalah benda yg bisa mengeluarkan cahaya sendiri, baik dengan sendirinya atau setelah mengalami 'reaksi'. misalnya bintang, lampu, bahan yang bisa berfluoresensi dan berfosforesensi, hasil reaksi luciferin pada binatang yg memancarkan cahaya. kita bisa langsung melihatnya dari sinar yang dihasilkan.
benda non-sumber cahaya baru bisa kita lihat kalo ada cahaya yang diterima dan dipantulkannya. warna benda ditentukan dari panjang gelombang cahaya yg diserap dan dipantulkan. kita bisa ngeliat bulan kalo sinar matahari jatuh mengenai bulan dan dipantulkan ke mata kita. kalo ga ada sinar, seperti kondisi saat bulan mati, ya kita ga bisa ngeliat bulan.


cadab

cahaya adalah partikel dan gelombang. Ini adalah teori modern yang menjelaskan sifat-sifat cahaya, dan bahkan sifat-sifat partikel secara umum. Teori ini pertama kali dijelaskan oleh Albert Einstein pada awal abad 20, berdasarkan dari karya tulisnya tentang efek fotolistrik, dan hasil penelitian Planck. Einstein menunjukkan bahwa energi sebuah foton sebanding dengan frekuensinya. Lebih umum lagi, teori tersebut menjelaskan bahwa semua benda mempunyai sifat partikel dan gelombang, dan berbagai macam eksperimen dapat di lakukan untuk membuktikannya. Sifat partikel dapat lebih mudah dilihat apabila sebuah objek mempunyai massa yang besar.

gitu..??? ;)

reborn

@cadab
wah, keren ;D tepat sekali.

Tapi gw jadi bingung, fisikawanindonesia sebenernya pertanyaannya apa nih? Dah terjawab blum sih ???

syx

kita bisa melihat karena ada cahaya yg masuk dan ditangkap oleh retina kita. cahaya sangat cepat sehingga apa yg kita lihat dari benda-benda sekitar kita adalah pada kondisi terkini. beda dengan cahaya bintang. cahaya bintang yg kita lihat adalah sinar yg dipancarkan berjuta tahun yg lalu, melalui perjalanan panjang dan melelahkan hingga akhirnya sampe di mata kita barusan.

maac

pertanyaan itu lumayan jenius.
:'(jangan minder. terus emangnya cahaya yang loe liat itu beneran cahaya gak?????????

kalo cahaya!! gerakan cepat !!!! itu semua tergantung loe sendiri. kalo lo bilang cahaya itu gak basa di liat, jadi deh teori yg baru!!!!!!!!!!!!!! 8) 8)

reborn

Weleh weleh, replynya jadi melebar semua, kesian yang nanya nih.
Nih, diulang ya. Untuk ngejawab pertanyaan itu, cara berpikirnya seperti ini :

Kutip dari: reborn pada Juli 18, 2008, 02:41:41 PM
bagaimana kita bisa melihat?
Setelah menjawab pertanyaan itu, selanjutnya :
Apakah kalo cepat bisa tidak terlihat?
Kalo jawabannya iya, kita tanya lagi
kenapa ga terlihat?
Kalo jawabannya ngga, ya... selesai masalah.

Ok, yang pertama kita harus tau dulu bagaimana caranya kita melihat. Ini dah dijawab sama notwelldefined n syx :

Kutip dari: syx pada Juli 25, 2008, 03:47:10 PM
kita bisa melihat karena ada cahaya yg masuk dan ditangkap oleh retina kita. cahaya sangat cepat sehingga apa yg kita lihat dari benda-benda sekitar kita adalah pada kondisi terkini. beda dengan cahaya bintang. cahaya bintang yg kita lihat adalah sinar yg dipancarkan berjuta tahun yg lalu, melalui perjalanan panjang dan melelahkan hingga akhirnya sampe di mata kita barusan.

Kutip dari: notwelldefined pada Juli 21, 2008, 07:55:31 PM
orang bisa melihat karena ada cahaya yang dipantulkan oleh benda yang kita lihat. cahaya tersebut membentuk citra di mata kita. singkatnya seperti itu.

mungkinkah kita bisa melihat cahaya? apakah cahaya dapat memantulkan cahaya?
sepertinya tidak.

Jadi jelas, bahwa kita melihat karena benda memantulkan  cahaya dan ditangkap oleh retina mata kita.
Pertanyaan selanjutnya : Apakah kalo cepat bisa tidak terlihat?
Bisa, buktinya kita bisa melihat (pantulan cahaya dari benda) itu. Misal kita nyalain senter dan arahin ke langit, kan keliatan tuh berkas sinarnya. Nah kenapa ini bisa terlihat? Karena ada partikel-partikel kecil di udara yang memantulkan cahaya ini dan akhirnya sampai ke mata kita. Ini yang terlihat oleh kita.
Mungkin awalnya muncul pertanyaan ini dari pengalaman sehari-hari, misalnya "wah, kejadiannya begitu cepat, gw jadi ga bisa ngeliat." Nah, utk kasus ini bisa ada beberapa alasan seperti :
1. Tidak ada cahaya yang masuk ke retina (krn hanya cahaya yg masuk ke retina yg bisa diolah otak).
2. Keterbatasan indera penglihatan manusia utk mengolah informasi yang terlalu cepat. Untuk ini harus belajar biologi nantinya. Gak cuma mata, indera peraba kita juga kurang peka kalo mau mengukur sesuatu dengan akurat. Percobaan di smp mungkin soal bagaimana kita ga bisa suhu panas dan dingin. Makanya dibuat alat-alat ukur biar bisa mengukur sesuatu dengan lebih akurat.

Mudah-mudahan sekarang jelas ya. Kalo belum, silahkan tanya lagi aja.

syx

Kutip dari: reborn pada Juli 28, 2008, 08:10:03 PM
orang bisa melihat karena ada cahaya yang dipantulkan oleh benda yang kita lihat.
ada dua macam benda di sini: sumber cahaya dan bukan sumber cahaya. kalo sumber cahaya dilihat karena memancarkan sinar sendiri, sedangkan bukan sumber cahaya baru dapat dilihat setelah ada sinar dari sumber cahaya dan sebagian atau seluruhnya dipantulkan ke mata kita. benda hitam sempurna tidak dapat kita lihat karena menyerap seluruh sinar yang diterimanya.