Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Oktober 02, 2022, 08:20:28 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 37
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 20
Total: 20

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Mengapa kapasitas kapasitor meningkat ketika disisipi dielektrik??

Dimulai oleh Muztank, Oktober 09, 2009, 10:37:49 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Muztank

Mengapa kapasitas kapasitor meningkat ketika disisipi dielektrik??
Ada yg tau ga knapa?

ksatriabajuhitam

umumnya konstanta dielektriknya lebih besar dari udara, jadi kapasitan nya membesar

Dielectric constants of some materials
(at room temperature)
material    dielectric constant
vacuum    1.0
air    1.0006
oil    2.2
polyethylene    2.26
beeswax    2.8
fused quartz    3.78
water    80
calcium titanate    168
barium titanate    1,250

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Muztank

umm,
logikanya gimna?
itu aku baru ngerti klo di hub in ma rumusnya kan, tinggal masukin konstantanya..
tapi aku bingung logikanya knapa..
tulung jlasin dunk.. ::)

superstring39

Jika anda sudah tau kapasitor terdiri atas dua kutub, atau setidaknya akan terpolarisasi(pengkutuban) di dalam rangkaian. Saat kapasitor dalam rangkaian telah terhubung dengan sumber tegangan searah maka beda potensial saat itu juga langsung muncul antara kedua keping kapasitor. elektron2 pada keping kapasitor yang terhubung dengan kutub positif batrei akan mengalir menuju kutub positif batrei*) menyebabkan keping kapasitor tersebut menjadi kekurangan elektron dan membuatnya lebih positif dari sebelumnya. sedangkan pada keping kapasitor yang terhubung dengan kutub negatif batrei akan mendapat suplai elektron dari kutub negatif batrei*) menyebabkan sisi keping kapasitor ini menjadi lebih negatif. aliran ini akan terhenti dalam waktu yang sangat singkat karena kapasitor sudah penuh. kapasitor dikatakan sudah penuh saat muatan pada kedua sisi keping sudah jenuh atau tidak dapat lagi menerima atau melepaskan elektron, disebabkan karena terbatasnya elektron yang bisa dilepas atau diterima oleh keping kapasitor.


saat diantara kedua keping kapasitor "disisipi" bahan dielektrik dikatakan mampu meningkakan kapasitas kapasitor. kapasitas disini maksudnya semakin banyak jumlah muatan yang dapat ditampung oleh kapasitor dengan kata lain makin banyak elektron yang bisa dilepas atau diterima. bahan dielektrik yang digunakan haruslah bahan yang mudah terpolarisasi (terkutub) semakin mudah terpolarisasi maka dikatakan konstanta dielektriknya semakin besar. cara kerjanya seperti ini; saat kapasitor dengan bahan dielktrik disambungkan ke batrei maka medan listrik diantara kedua keping kapasitor akan menyebabkan bahan dielektrik menjadi terpolarisasi(sehingga molekul2nya memiliki 2 kutub), kutub positif molekul akan mendekati kutub negatif dari keping kapasitor dan sebaliknya kutub negatif dari molekul2 akan mendekati sisi keping positif kapasitor. jadi saat keping-keping kapasitor melepas elektron maka kutub molekul negatif akan menyuplai elektron sebaliknya jika keping kapasitor menerima elektron maka kutub molekul positif akan menerimanya. jadi semakin banyak elektron yang bisa dilepas maupun diterima oleh kapasitor berkat bantuan bahan dielektrik dengan kata lain kapasitas kapasitor meningkat.


Semoga bisa membantu.

Muztank


Alan adhityo

Hm , ikt y? Jd kl ada 2 plat kapasitor diberi di elektrik, medan listrik dr kedua plat berkurang akibat dr permitivitas dielektrik, sehingga jika kita hitung salah satu plat kapasitor dg hukum gauss,beda potensial jg berkurang.. Nah, jd krn C = q/v .. Nilai permitivitas dr dielektrik menambah nilai kapasitansi kapasitor . ;)