Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 06, 2020, 12:01:09 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26686
  • Latest: mkrxxi
Stats
  • Total Tulisan: 139608
  • Total Topik: 10377
  • Online Today: 46
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 33
Total: 33

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: mengapa magnet jika dibelah langsung dapat mempunyai 2 kutub kembali?  (Dibaca 21329 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Muztank

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 410
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • biotek...^^
mengapa magnet jika dibelah langsung dapat mempunyai 2 kutub kembali?

misalnya pada magnet batang..
mempunyai kutub utara dan selatan...
apabila dibelah di tengah, maka pada masing2 belahan langsung mempunyai 2 kutub kembali...
mengapa hal itu bisa terjadi?

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: mengapa magnet jika dibelah langsung dapat mempunyai 2 kutub kembali?
« Jawab #1 pada: Oktober 25, 2009, 11:25:32 PM »
penjelasan sederhananya karena medan magnit dihasilkan oleh magneton-magneton (skala atomik) yang disejajarkan



jadi jika terpotong, sepanjang magneton-magneton nya tetap sejajar, 2 kutub akan terentuk kembali
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline Muztank

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 410
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • biotek...^^
Re: mengapa magnet jika dibelah langsung dapat mempunyai 2 kutub kembali?
« Jawab #2 pada: Oktober 26, 2009, 02:31:47 AM »
wduwhh.. nda ngerti maksudnya.. tlg jlzin lbih sedrhana lg bhsnya y..heheee..

magneton tuw apa? truz mksdnya sejajar gmn? hubungannya magneton sama dua kutub ap? ::)

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: mengapa magnet jika dibelah langsung dapat mempunyai 2 kutub kembali?
« Jawab #3 pada: Oktober 27, 2009, 11:55:19 AM »
kira-kira kayak gini lah,



muatan-muatan membentuk momen magnet,
dikatakan magnet jika momen-momen magnet nya secara netto sejajar, sehingga membentuk kutub
dari gambar di atas, kalau dibelah menjadi dua, tetap saja sejajar maka terbentuk kembali pasangan kutub

Offline dynamic

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 30
  • IQ: 7
Re: mengapa magnet jika dibelah langsung dapat mempunyai 2 kutub kembali?
« Jawab #4 pada: Oktober 28, 2009, 03:03:55 AM »
 :kribo:

magnet itu sendiri kan merupakan magnet2 kecil yang bersatu mebentuk magnet lebih besar.

makanya tu, si magnet tersebut selalu bersifat sama walaupun dipecah semakin kecil.


Offline cignus

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 211
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • nobitaaaaaaaa
Re: mengapa magnet jika dibelah langsung dapat mempunyai 2 kutub kembali?
« Jawab #5 pada: Oktober 28, 2009, 08:37:25 AM »
mas kBh nanya lagi menurut sumber yg aku baca sifat kemagnetan berhubungan dengan bahan dari benda itu dikarenakan oleh elektron pada kulit2 tertentu itu maksudnya paa yaa?

Offline si anak gajah

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 232
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
Re: mengapa magnet jika dibelah langsung dapat mempunyai 2 kutub kembali?
« Jawab #6 pada: November 13, 2009, 04:42:21 AM »
mas kBh nanya lagi menurut sumber yg aku baca sifat kemagnetan berhubungan dengan bahan dari benda itu dikarenakan oleh elektron pada kulit2 tertentu itu maksudnya paa yaa?
saya coba jawab ya..
sifat kemagnetan itu disebabkan oleh bilangan kuantum spin pada elektron yang ada pada atom atau molekul...
spin elektron memiliki nilai 1/2 atau -1/2, atau spin atas dan spin bawah... jika pada orbital terluar ada elektron yang tidak berpasangan, maka jumlah netto dari spin ini bukan 0, sehingga memiliki momen magnet sebesar \sqrt{n(n+2)}, dengan n adalah jumlah elektron yang tidak berpasangan...
atom atau molekul yang memiliki momen magnet ini disebut paramagnetik dan yang tidak, diamagnetik.

lihat misalnya atom 27X, konfigurasinya: 27X= [Ar]4s2 3d7
ada 3 elektron yang tidak berpasangan di subkulit d, sehingga atom ini memiliki sifat paramegnetik..

maaf, kalau ada yang salah mohon dikoreksi ya...
Keep Moving Forward!!!

Offline cignus

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 211
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • nobitaaaaaaaa
Re: mengapa magnet jika dibelah langsung dapat mempunyai 2 kutub kembali?
« Jawab #7 pada: November 13, 2009, 09:35:30 AM »
mantap

baca dimana? trus hubungannya sama kelistrikan apa?
jelasinnya pake gambar bisa gak (hehehe udah minta tolong nawar lagi)

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: mengapa magnet jika dibelah langsung dapat mempunyai 2 kutub kembali?
« Jawab #8 pada: November 13, 2009, 10:03:10 AM »
@ anak gajah..
mantaf.. plajaran ttg kuantum o... ^^"

@cignus..
itu bisa dibaca di buku plajaran kimia kls 2 SMA.. tapi kadang kurang lengkap..

di buku kuliahan yang nama bukunya kimia dasar ada tuch.. penerbit erlangga..
~ You are what you eat ~

Offline si anak gajah

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 232
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
Re: mengapa magnet jika dibelah langsung dapat mempunyai 2 kutub kembali?
« Jawab #9 pada: November 15, 2009, 02:00:30 AM »
coba lihat ini aja deh:


di buku Chemistry 5Ed, penulisnya James E. Brady ada keterangannya kalau gak salah. ini buku anak tingkat pertama, makanya saya bisa ingat sedikit... hehehehehe....

Offline faiqhr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 264
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • gnothi se afton
    • faiqhr
Re: mengapa magnet jika dibelah langsung dapat mempunyai 2 kutub kembali?
« Jawab #10 pada: November 15, 2009, 12:35:09 PM »
@ sisca : ada ya di sma? ak koq ga' dapet?

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: mengapa magnet jika dibelah langsung dapat mempunyai 2 kutub kembali?
« Jawab #11 pada: November 15, 2009, 03:10:01 PM »
di SMA mah ga ada penjelasan kayak begitu..
di SMA kls 11 cuma crita ttg mekanika kuatum spin doank...

baca di buku kuliahan ajah...
^^"

ada penjelasan yg lebih ttg ke-4 mekanika kuantum...
di semester pertama... BAB 7...
kalo ga beda yach...
silahkan dicari2... ^^
« Edit Terakhir: November 15, 2009, 03:13:30 PM oleh sisca, chemistry »

Offline faiqhr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 264
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • gnothi se afton
    • faiqhr
Re: mengapa magnet jika dibelah langsung dapat mempunyai 2 kutub kembali?
« Jawab #12 pada: November 16, 2009, 02:58:45 AM »
 :-\ hha iya deh

Offline si anak gajah

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 232
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
Re: mengapa magnet jika dibelah langsung dapat mempunyai 2 kutub kembali?
« Jawab #13 pada: November 17, 2009, 02:12:26 AM »
@faiqhr: ada koq di buku sma yang tentang bilangan-bilangan kuantum. ada 4: n,l,m,s(lupa apa artinya masing-masing), yang jelas s melambangkan bilangan kuantum spin: +1/2 untuk spin atas, dan -1/2 untuk spin bawah...

bahkan kalau gak salah, tentang besar momen magnet yang \sqrt{n(n+2} juga ada.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: mengapa magnet jika dibelah langsung dapat mempunyai 2 kutub kembali?
« Jawab #14 pada: November 17, 2009, 12:08:04 PM »
wah,,wah,,
ga ada tuch rumus besar momen magnet...

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
5 Jawaban
7502 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 20, 2009, 12:31:44 PM
oleh Haryanto
0 Jawaban
2271 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 04, 2010, 11:25:07 PM
oleh raisuien
13 Jawaban
7843 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 14, 2015, 02:08:12 PM
oleh Fariz Abdullah
17 Jawaban
11321 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 16, 2014, 06:32:42 AM
oleh zecklawdark
0 Jawaban
137001 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 15, 2017, 05:34:07 AM
oleh Herna silvia