Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Juli 30, 2021, 12:59:55 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139657
  • Total Topik: 10399
  • Online Today: 50
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 54
Total: 54

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: mengatasi banjir dan jalan raya di Jakarta  (Dibaca 7812 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
mengatasi banjir dan jalan raya di Jakarta
« pada: Juni 19, 2009, 08:03:51 AM »
dunia sebentar lagi akan mengalami krisis karena minyak bumi makin hari makin menipis dan peak oil akan terjadi diperkirakan puncaknya 10 tahun lagi dari sekarang dan akan habis kurang lebih 20tahun lagi dari yang saya search di google.

nah aspal di Indonesia itu sering bolong2 dan di jakarta sering banjir....

menurut saya baiknya jangan memakai aspal atau ter tapi baiknya adalah coneblok atau pressblok.

keuntungannya murah, gak gampang rusak, kalo rusak mudah diperbaiki, menyerap air hujan jadi tidak banjir dan kekeringan.

plus tambah satu lagi baiknya selokan jangan di semen atau di cor, baiknya dibiarkan saja lapis tanah sehingga saat hujan air cepat terserap...

dan hal ini bisa diterapkan pula di bagian dari indonesia yg belum ada jalan yah atau di daerah pelosok, sehingga pembangunan di daerah itu bisa berkembang dengan pesat
"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: mengatasi banjir dan jalan raya di Jakarta
« Jawab #1 pada: Juni 20, 2009, 03:12:24 AM »
Percuma semua itu, jika masyarakat kita gak diupdate dulu pemikiran dan pola perilakunya...

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: mengatasi banjir dan jalan raya di Jakarta
« Jawab #2 pada: Juni 20, 2009, 03:23:25 AM »
Sbenarnya saya punya angan2, entah bisa berhasil ato ga... yakni got/selokan diletakkan bukan di kanan-kiri jalan raya, melainkan di bawah jalan/...jadi jalannya berlubang, di bawahnya itu ada got yang besar...tidak usah disalurkan kemana2, nanti waktu kemarau, air itu akan menguap.
"The pen is mightier than the sword"

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
Re: mengatasi banjir dan jalan raya di Jakarta
« Jawab #3 pada: Juni 20, 2009, 07:06:44 AM »
bisa juga ide yang brilian...

pi kalo enggak salah kalo di jalan raya yang besar emang seperti itu kan?
pi kalo di perumahan biasanya di kanan dan kiri jalan,
gimana kalo di gabung?

tapi semoga aja lobang yah gak semakin lebar yah?

pi kalo bisa jangan nunggu kalo kemarau baru menguap, kalo bisa di alirkan atau diserap ke dalam tanah sehingga menjadi cadangan air saat musim kemarau atau di alirkan ke pam dan di daur ulang.

tapi perlu di inget juga biaya yah gimana, yg memungkinkan dan sangat efektif... kalian pasti tau lah yang mana kan.
« Edit Terakhir: Juni 20, 2009, 07:09:07 AM oleh Karno Giyantono »

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.585
  • IQ: 59
  • Gender: Pria
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re: mengatasi banjir dan jalan raya di Jakarta
« Jawab #4 pada: Juni 21, 2009, 09:14:32 AM »
Perlu diperhatikan bahwa daerah serapan yang harus diperbaikai terutama daerah hulu sungai, demikian juga penampungan air/kolam hendaknya dibangun di daerah hulu. Daerah hilir perlu juga dibuat penampungan air, sedangkan serapan air pengaruhnya kecil.
Untuk mengatasi genangan di jalan raya perlu memperbaiki sistem drainase/ sistem pembuangan air.
HouwLiong

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
Re: mengatasi banjir dan jalan raya di Jakarta
« Jawab #5 pada: Juni 21, 2009, 09:30:01 AM »
wah berarti ini beda dengan pola pikir saya dong...

jakarta kan beberapa daerahnya kan dibawah permukaan laut, jadi kalo di buang ke laut susah juga. dan jakarta itu seperti bak air karena hampir semua bagiannya terlapis oleh semen, namun jika hujan bisa diserap oleh tanah seefektif mungkin maka tidak perlu di tampung lagi.

inilah kesalahan pemerintah seperti membangun banjir kanal yang anggaran yah sangat besar, sedangkan ada cara yang jauh lebih murah, efektif dan efisien...

nanti ada deh kapan2 saya kasih tau caranya mengefektifkan penyerapan air hujan ini agar tidak banjir lagi... kalo emang bener2 udah krisis bgt dan butuh bantuan dari saya

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: mengatasi banjir dan jalan raya di Jakarta
« Jawab #6 pada: Juni 23, 2009, 02:23:49 PM »
ada yang punya peta geologi jakarta ga?
maksudnya mencakup 'peta ketinggian' dan 'peta tanah'
mungkin dari informasi peta tersebut bisa dirancang seperti apa

untuk ide ditampung di bawah jalan, akan cocok untuk jalan kecil
kalo untuk jalan besar, kasian engineer2 teknik sipil mikirin gimana ngdisain jalan yang bawahnya ada penampungan aer, padahal di atasnya akan dilewati mobil2 besar (tebel aspalnya harus segimana, konstruksinya )

yang jelas kali ciliwung harus dibikin "mengalir" (ga tersumbat)

Pak The, punya model komputasi nya ga mengenai banjir Jakarta? bagi-bagi dong :D :kribo:
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: mengatasi banjir dan jalan raya di Jakarta
« Jawab #7 pada: Juni 24, 2009, 11:18:44 AM »
nanti ada deh kapan2 saya kasih tau caranya mengefektifkan penyerapan air hujan ini agar tidak banjir lagi... kalo emang bener2 udah krisis bgt dan butuh bantuan dari saya
belagu bener sih... beberin saja sekarang... ato jangan2 seperti bantahan teori nya joule lagi...weleh2...

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
Re: mengatasi banjir dan jalan raya di Jakarta
« Jawab #8 pada: Juni 24, 2009, 01:11:55 PM »
.

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
Re: mengatasi banjir dan jalan raya di Jakarta
« Jawab #9 pada: Juni 24, 2009, 04:17:10 PM »
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.


Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

Offline marshall

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 162
  • IQ: 11
  • Gender: Pria
Re: mengatasi banjir dan jalan raya di Jakarta
« Jawab #10 pada: Juni 24, 2009, 07:37:51 PM »
sepertinya di pusat kota2 besar luar negeri juga jarang ada tanah deh. kebanyakan tertutup (dicor atau semacamnya).

belum pernah ngeliat langsung sih..tapi pasti kita sering lihat di film2, di bawah jalan raya selalu ada terowongan. dan disitu ada jalan air.

kalau memang permukaan tanah di jakarta lebih rendah dari air laut, kan bisa menerapkan konsep seperti danau buatan (seperti di sunter), misalnya. bedanya penampungan air ini dikeruk lebih dalam.(di film juga sering nampilin penampungan air yg seperti ini). nantinya bisa juga kan dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik..

kalo untuk masalah dana yang besar, selama mempunyai manfaat yang lebih besar..kenapa tidak..?!
".............

Offline sith lord

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 194
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: mengatasi banjir dan jalan raya di Jakarta
« Jawab #11 pada: Juni 29, 2009, 10:22:21 AM »
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.



yah..membantu sih membantu bung.. tapi kan anda dengan PDnya mengatakan teori yg udah well-established salah....kita perlu bukti dong...

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
Re: mengatasi banjir dan jalan raya di Jakarta
« Jawab #12 pada: Juni 29, 2009, 12:37:12 PM »
nanti lah, sabar aja dulu

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: mengatasi banjir dan jalan raya di Jakarta
« Jawab #13 pada: Juli 10, 2009, 08:14:08 AM »
nanti lah, sabar aja dulu
malas deh suruh sabar terus...

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
36 Jawaban
26035 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 01, 2008, 01:48:54 AM
oleh skuler
0 Jawaban
3963 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 30, 2008, 06:07:18 AM
oleh peregrin
25 Jawaban
20801 Dilihat
Tulisan terakhir April 20, 2009, 07:34:04 AM
oleh Alicha
3 Jawaban
175102 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 04, 2016, 02:36:26 AM
oleh Monox D. I-Fly
5 Jawaban
3660 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 21, 2010, 03:04:04 PM
oleh laZr