Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Juni 25, 2021, 11:28:50 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139653
  • Total Topik: 10396
  • Online Today: 79
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 34
Total: 34

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Energi  (Dibaca 8506 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline ChanChan

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 9
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
  • "Setiap orang memiliki keindahan"
Energi
« pada: Desember 19, 2009, 09:58:52 AM »
Kk2 aya mau nanya nih.... :-[ :-[ :-[
Apa sih hakikat dari yg namanya energi  ??? ::) ??? ::) ???
"Kalau anda memenuhi hati anda dengan penyesalan hari kemarin dan kekuatiran hari esok, maka anda tidak mempunyai hari ini untuk disyukuri."

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Energi
« Jawab #1 pada: Desember 19, 2009, 10:16:45 AM »
energi itu,, kemampuan untuk melakukan usaha...
hahaha~

ane ga ngarti apa yg ditanyain chan chan...
hahhhaa~
jadi OOT dech...
;D ;D ;D maap dah.,,,, ^^v
~ You are what you eat ~

Offline Haryanto

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 272
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • What do you care what other people think
    • my_papers
Re: Energi
« Jawab #2 pada: Desember 23, 2009, 09:18:05 AM »
Yaa.. yg disampaikan Kakak Sisca, chemistry, tadi benar.. tapi mungkin kalau kita terkurung pada konsep usaha (gaya x jarak), dalam fisika (hehehe.., saya org fisika nih.. bukan 'hanya' sarjana fisika lho.. ehhmmm) yg lebih fundamental (kuantum), kita ga tau apa itu gaya.. dalam kuantum kita kenal konsep keadaan, keadaan partikel tiap saat tentu saja berbeda.. misalkan keadaan saya, ini sudah mau akhir bulan, maka saya rada kurusan, maklum dompet tipis.. ntar klo udah gajian, keadaan saya berubah, lebih segar.. nah, uang gaji saya bisa dianalgikan dengan energi (dan memang dalam ekonofisika, ilmu fisika yg diterapkan dalam ekonomi, uang dianalogikan sebagai energi..).. dalam kuantum, energi menyebabkan perubahan pada sitem/partikel.. bisa posisi, bisa orientasi, dsb.. nah, klo kita bawa ke fisika klasik (Newtonian), usaha , menyebabkan perindahan, nah ini perubahan, ya kan, yaitu posisi.. gitu.. ehmmm (sori, pengen batuk)..

btw kakak sisca orang siantar ya.. kampung ortu saya juga di sana lho.. salam kenal deh.. :)
We must know — we will know!
-David Hilbert -

Offline khenstein

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 171
  • IQ: 16
  • Gender: Pria
Re: Energi
« Jawab #3 pada: Juli 23, 2011, 05:41:32 PM »
geometri kelengkungan
hampa itu isi dan isi itu hampa

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 553
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
Re: Energi
« Jawab #4 pada: Juli 30, 2011, 07:27:31 AM »
@Khenstein,,,

kayanya banyak banget definisi dari energi ini...
minta penjelasan lagi dong tentang geometri kelengkungan?
kenapa bisa ngelengkung2 gitu?

modal saya kalau untuk memahami fisika ketika dibukunya menyebutin energi cuma "energi = sesuatu yang tidak bermassa dan bukan materi"
tapi kayanya masih ada yang kurang sehingga ketika saya membaca artikel, soal, atau buku fisika saya masih meraba2 apa itu arti energi...
minta bantuannya..
:)
aku akan mengenalkan pendahulu ku lagi pada dunia dan akan mengikuti mereka.

Offline khenstein

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 171
  • IQ: 16
  • Gender: Pria
Re: Energi
« Jawab #5 pada: Juli 30, 2011, 03:30:32 PM »
HEM @pak haryanto mungkin lebih paham......

Offline 12

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 10
Re: Energi
« Jawab #6 pada: Juli 31, 2011, 11:57:09 PM »
energi diperlukan untuk melakukan usaha (w=F*s). industri perlu energi, transportasi perlu energi, makan dan minum adalah sumber energi bagi manusia. manusia dan mahluk biologis adalah mesin yg selalu membutuhkan energi (respirasi adalah proses menghasilkan energi). matahari adalah sumber energi. energi diperlukan supaya ada kehidupan  :-X

energi dalam,
energi mekanik,
energi diam,
energi ikat (nuklir),
energi kimia,

setiap jenis energi bisa dikonversi menjadi energi yg lain

katanya quark itu terbuat dari energi melalui symmetry breaking, bener ga sih?
energi melengkungkan geometri ruang dan waktu? mengapa?
geometri ruang dan waktu itu riil atau imaginer (matematis)?
« Edit Terakhir: Agustus 01, 2011, 12:10:43 AM oleh 12 »
#12

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 553
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
Re: Energi
« Jawab #7 pada: Agustus 01, 2011, 12:21:11 AM »
Kutip
katanya quark itu terbuat dari energi, bener ga sih?
energi melengkungkan geometri ruang dan waktu? mengapa?
geometri ruang dan waktu itu riil atau imaginer (matematis)?

makin bingung ??? makin penasaran juga,
:D

sebelumnya mengenai ruang dan waktu itu apa sih?
saya sebatas memahami kalo waktu itu "bergerak sesuai perputaran bumi yang memutari (evolusi ya namanya?) matahari, nah kalau putarannya cepat, berarti makin cepat dong waktunya."
pemahaman saya sperti itu tapi benarkah?
mengenai ruang ini saya benar2 belum paham, apa lagi hubungan ruang dan waktu, benar2 nol...

minta tolong penjelasannya juga mengenai ruang dan waktu...

Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • (belum ada isinya)
Re: Energi
« Jawab #8 pada: Agustus 01, 2011, 01:32:03 AM »
Waktu, defenisi dari saya:

Waktu = jarak antara kejadian satu dengan kejadian lainnya.

Waktu itu imajiner, hanya dalam teori saja adanya... Sampai sekarang belum ada orang yang bisa membuktikan secara fisik tentang adanya "waktu"...
BSJS...
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 553
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
Re: Energi
« Jawab #9 pada: Agustus 01, 2011, 02:23:16 AM »
Kutip
Waktu = jarak antara kejadian satu dengan kejadian lainnya.
sip.
^-^

Offline 12

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 10
Re: Energi
« Jawab #10 pada: Agustus 01, 2011, 09:05:12 AM »
katanya benda itu menempati koordinat ruang dan waktu. ketika benda itu di lepas dari ketinggian tertentu dia akan meluncur menuju bumi. hal itu terjadi karena bumi, yg juga menempati geometri ruang dan waktu, memiliki energi negatif atau yg dikenal sebagai gravitasi. energi negatif itu menarik geometri ruang dan waktu/wadah dari si benda tadi. makanya benda tadi jatuh ke bumi. bener ga sich?

terus jika energi membentuk massa, setelah terbentuk massa kemudian massa itu memiliki energi negatif (gravitasi), nah gimana itu? :angel:

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
8 Jawaban
11471 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 25, 2008, 05:36:22 AM
oleh Vinchemz
Energi

Dimulai oleh MonDay « 1 2 » Fisika

29 Jawaban
15835 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 08, 2009, 10:56:08 PM
oleh humaam dz.
17 Jawaban
10312 Dilihat
Tulisan terakhir April 06, 2010, 09:20:29 AM
oleh Haryanto
32 Jawaban
243285 Dilihat
Tulisan terakhir November 25, 2016, 12:03:23 AM
oleh The Houw Liong
5 Jawaban
5183 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 05, 2011, 12:21:56 PM
oleh zxcvb