Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

September 25, 2020, 12:51:27 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139599
  • Total Topik: 10375
  • Online Today: 30
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 22
Total: 22

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Penulis Topik: Mungkin gak Mengebor bumi sampai tembus???  (Dibaca 16403 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Mungkin gak Mengebor bumi sampai tembus???
« Jawab #30 pada: September 02, 2009, 06:38:14 AM »
Ya, meski bumi gak berputar, kita tetap akan nginjak bumi. Gravitasi lebih dikaitkan dengan massa bumi. Perputaran inti bumi menyebabkan medan magnet.

Offline M101A

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 238
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • Let's do iT
Re: Mungkin gak Mengebor bumi sampai tembus???
« Jawab #31 pada: September 02, 2009, 02:57:09 PM »
wah,,?? jangan kan bumi berhenti berputar. kecepatan berotasi bumi berkurang sedikit saja, kita sudah terlempar dari tanah.. karena bumi dengan kecepatannya sekarang sudah sangat pas, jika kurang atau lebih maka segalanya akan hancur.

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Mungkin gak Mengebor bumi sampai tembus???
« Jawab #32 pada: September 02, 2009, 10:31:00 PM »
wah,,?? jangan kan bumi berhenti berputar. kecepatan berotasi bumi berkurang sedikit saja, kita sudah terlempar dari tanah.. karena bumi dengan kecepatannya sekarang sudah sangat pas, jika kurang atau lebih maka segalanya akan hancur.
Dari mana anda dapat kesimpulan itu? Ada artikel ilmiah pendukung?

Apa anda tahu bahwa tebal atmosfer kita berkurang dari waktu ke waktu?
Apa anda tahu bahwa Bulan dulu lebih dekat dari posisi saat ini?
Apa anda tahu bahwa bumi sendiri sudah mengalami proses ekstrim untuk menjadi bumi yang sekarang?

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: Mungkin gak Mengebor bumi sampai tembus???
« Jawab #33 pada: September 03, 2009, 03:45:18 AM »
Perputaran inti bumi menyebabkan medan magnet.
ilmuan yang bertahun-tahun menyelediki asl-usul magnet bumi saja belum tau secara pasti penyebab munculnya magnet bumi. anda hebat sekali sudah tau lebih dulu.
Mau Les Privat Online untuk Matematika, Fisika, Kimia Murah. 24 Jam sehari. 7 hari seminggu. Kunjungi: www.lesprivatonline1.blogspot.com

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
Re: Mungkin gak Mengebor bumi sampai tembus???
« Jawab #34 pada: September 03, 2009, 11:51:24 AM »
ngarang aja ah atasnya superstring nih,
kalo' kecepatan rotasi skarang tu yang bener-bener pas kita bakalan ga punya berat kali....
dengan kata lain gaya oleh kecepatan rotasi masih lebih kecil daripada gaya gravitasi
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: Mungkin gak Mengebor bumi sampai tembus???
« Jawab #35 pada: September 04, 2009, 12:03:51 AM »
kalo ngomongin masalah efek berhentinya rotasi bumi terhadap berat kita, lebih baik coba kita itung-itungan. perhatikan data berikut:

diameter of earth = 12 756.2 kilometers
radius of earth = 6378100 m
circumference of earth = 40053840 meters
angular velocity of rotation = 1rotation/24H
linear velocity on the surface = 40053840 meters/24H = 463.6 m/s
Centrifugal force = 0.03369 N

perhatikan bahwa gaya centrifugal (disebabkan oleh rotasi bumi) yang melawan gaya gravitasi efeknya sangat kecil sekali. jadi jika walaupun bumu berhenti berrotasi tidak akan berpengaruh banyak terhadap berat badan kita, kira-kira kita hanya merasakan sekitar 3 gram lebih berat dari biasanya.

namun mungkin efek yang terjadi bukan hanya itu saja, karena kalian juga pasti pernah tau efek-efek yang terjadi akibat rotasi bumi. misalkan pembelokan arah angin, pergantian siang dan malam, arus laut, ketinggian air laut, pergeseran lempeng dll. nah efek lainnya inilah yang mungkin akan menjadi kacau. saya enggak tau pasti sih tapi yang jelas aliran angin pasti berubah, arus laut berubah akibatnya perlayaran dan penerbangan akan menjadi kacau. jika setengah bumi mengalami siang terus menerus dan bagian yang lainnya malam terus menerus. maka satu bagian akan menjadi gersang dan yang bagian lain akan dingin sekali dan gelap. bagian satu akan mati kepanasan dan yang lainnya mati kedinginan. secara tidak langsungpun mengakibatkan kerusakan diseluruh dunia.

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: Mungkin gak Mengebor bumi sampai tembus???
« Jawab #36 pada: September 04, 2009, 01:53:54 AM »
back to topic, apa yang akan dimuntahkan oleh bumi jika itu terjadi, lumpur, magma, mending dibikin film "armageddon indonesia" dulu ntar kita bahas di psedeu science
Website Matematika Terapan => http://nabihbawazir.com

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Mungkin gak Mengebor bumi sampai tembus???
« Jawab #37 pada: September 04, 2009, 02:08:11 AM »
ilmuan yang bertahun-tahun menyelediki asl-usul magnet bumi saja belum tau secara pasti penyebab munculnya magnet bumi. anda hebat sekali sudah tau lebih dulu.
Ini kesimpulan ilmuwan yang menyelidiki asal medan magnet kok. :)

Dan tentu saja karena sains tidak mengenal kebenaran mutlak, kesimpulan ini bukan hal yang pasti benar. Tapi sejauh ini masih sesuai fakta.

*Bisa dilihat di channel national geographic.

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: Mungkin gak Mengebor bumi sampai tembus???
« Jawab #38 pada: September 04, 2009, 02:27:20 AM »
ilmuan yang bertahun-tahun menyelediki asl-usul magnet bumi saja belum tau secara pasti penyebab munculnya magnet bumi. anda hebat sekali sudah tau lebih dulu.
Ini kesimpulan ilmuwan yang menyelidiki asal medan magnet kok. :)

Dan tentu saja karena sains tidak mengenal kebenaran mutlak, kesimpulan ini bukan hal yang pasti benar. Tapi sejauh ini masih sesuai fakta.
ya ya.. saya juga pernah posting tentang penyebab medan magnet bumi di forum ini namanya "dynamo theory". teori ini mencoba menjelaskan penyebab munculnya medan magnet bumi, namun masih sangat banyak kekurangan dan kesalahannya karena penyebab medan magnet sangat rumit dan kompleks. sehingga penyebab sebenarnya masih jauh dari misteri. kalo dibilang sesuai fakta (dalam kasus ini) saya kurang setuju ya, mungkin lebih tepat dibilang sesuai dengan apa yang para ilmuan duga.

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Mungkin gak Mengebor bumi sampai tembus???
« Jawab #39 pada: September 04, 2009, 06:12:36 AM »
Aku bilang fakta untuk saat ini. Dalam sains, fakta bukanlah kebenaran mutlak.

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: Mungkin gak Mengebor bumi sampai tembus???
« Jawab #40 pada: September 06, 2009, 10:10:34 PM »
bikin topik baru aja, misal "Prediksi seandainya Bumi berhenti* berotasi"

*) berhenti terhadap apa?

belajar dari perjalanan sains, memang sains "hanyalah" prediksi, manusia mencoba memodelkan (mencari pola) hasil observasinya dengan "imajinasi"nya
"imajinasi lebih berharga dari ilmu pengetahuan" - Albert Einstein


kesimpulan:
Mungkin gak Mengebor bumi sampai tembus???
--> silakan lihat page-1 dan page-2 :P :kribo:
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
6 Jawaban
6272 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 31, 2008, 05:17:55 AM
oleh ksatriabajuhitam
11 Jawaban
13820 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 20, 2009, 01:08:07 AM
oleh superstring39
7 Jawaban
4796 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 04, 2009, 01:49:59 AM
oleh nandaz
2 Jawaban
5993 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 04, 2016, 09:28:14 AM
oleh fnukennedy
0 Jawaban
250 Dilihat
Tulisan terakhir September 15, 2020, 03:25:47 AM
oleh Muhammad Habib Annajar