Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juli 03, 2022, 12:18:35 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 75
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 39
Total: 39

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Naik sepeda kok bisa ga jatuh?

Dimulai oleh pinokio, November 19, 2006, 11:55:12 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

pinokio

Kalo diem sepeda pasti jatuh, pas lagi gerak kok bisa sih ga jatuh?  ???

reborn

Hmm... ga setiap sepeda yg bergerak pasti ga jatuh sih, kalo ga bisa jaga keseimbangan ya jatuh juga hehe...

Tapi harusnya ada peranan gravitasi di sini. Persisnya seperti apa, gw juga ga tau nih... ada yang tau ga?

Btw, jadi inget quote Einstein :

"Life is like riding a bicycle. To keep your balance you must keep moving"

arie_ds

Kayaknya ada hubungannya ama gaya potensial n gaya kinetik deh..

advisor

Hmm... permasalahannya itu sepeda bisa jatuh ke samping kiri atau kanan. Ketika dia bergerak ke depan, tiba2 sepeda bisa tertahan oleh satu gaya sehingga ngga jatuh ke kiri atau kanan....

nah, trus gimana  ???

sandoko

mungkin karena waktu kita gak ngayuh..otak kita cenderung berpikir bahwa kita sedang duduk di sebuah dudukan yang apabila tidak diseimbangin dengan baik,maka kita bakalan jatuh....sehingga kita cenderung berpikir akan jatuh...hal ini mungkin akan menyebabkan kita jadi gak seimbang..


sorri kalo jadi gak nyambung dan salah tempat....lagipula gak tentu bener...kalo salah dibenerin ya... ;D

Davidhutasoit

Ini ada hubungannya dengan momentum sudut dan torsi. Sepeda yang bergerak (rodanya berputar) memiliki momentum sudut. Misalkan sepedanya agak miring, maka ada torsi yang disebabkan oleh gravitasi. Pengendara sepeda biasanya membelokkan rodanya sedemikian sehingga ada torsi efektif yang mengimbangi torsi dari gravitasi (ingat bahwa perubahan momentum sudut = torsi). Saya persilahkan para peserta forum untuk menjelaskan ini secara detail dan menuliskan post-nya di sini.

masterdaniel

bentar...... by the way any way bus way...

pernah liat dong orang naik sepeda diem aja? engga jatuh tuh.... ;D
ato para pemain sirkus itu juga naik sepeda 1 roda, or para pemain sepeda BMX juga suka atraksi gitu kan... memang mereka ga diem.. tapi ga jalan juga... cuma gerak-gerak dikit... ;D ;D

gimana dong??

DeJoko

Waktu ku kecil...
Aku naik sepeda roda tiga...
Kata mami supaya nggak jatuh-jatuh...
Diam nggak jatuh, jalan juga nggak jatuh... ;D

Ehhh ini sepeda roda 2 atau 1 ya? ???

:-*
DeJoko

reborn

Kutip dari: masterdaniel pada Februari 03, 2007, 07:49:11 PM
bentar...... by the way any way bus way...

pernah liat dong orang naik sepeda diem aja? engga jatuh tuh.... ;D
ato para pemain sirkus itu juga naik sepeda 1 roda, or para pemain sepeda BMX juga suka atraksi gitu kan... memang mereka ga diem.. tapi ga jalan juga... cuma gerak-gerak dikit... ;D ;D

gimana dong??

Gerak2 dikitnya itu tujuannya sama dengan kenapa sepeda harus bergerak. Waktu sepeda mau jatuh ke kiri atau ke kanan, dia mengubah posisi tubuhnya agar titik pusat massanya berubah sedemikian sehingga seimbang, demikian seterusnya. Tapi ini juga menarik lho... coba dikotret2... gmn caranya dia ubah titik pusat massanya sampe gak jadi jatuh  ;D
i.
Kutip dari: DeJoko pada Februari 04, 2007, 06:16:12 AM
Waktu ku kecil...
Aku naik sepeda roda tiga...
Kata mami supaya nggak jatuh-jatuh...
Diam nggak jatuh, jalan juga nggak jatuh... ;D

Ehhh ini sepeda roda 2 atau 1 ya? ???

:-*
DeJoko

Ada juga roda dua yang gak bisa jatuh, kursi roda  ;D

DeJoko

KutipAda juga roda dua yang gak bisa jatuh, kursi roda   ;D
Bukannya kursi roda punya 4 roda, Nick?  ???

:-*
DeJoko

reborn

Kutip dari: DeJoko pada Februari 21, 2007, 07:33:47 AM
KutipAda juga roda dua yang gak bisa jatuh, kursi roda   ;D
Bukannya kursi roda punya 4 roda, Nick?  ???

:-*
DeJoko

Eh, iya yahh, 4 yah, yg dua lagi kecil2... hehe maap salah James ;)

syneth d aark

yakan kalau kecepatan bertambah  maka pengaruh gravitasi akan berkurang...

selain itukan manusia dilengkapi otak kecil yang mengandung dan bertugas untuk mengatur keseimbangan...

ya gag...

klo roda 4 mah....lewat hehehe

Karno Giyantono

wah nih pertanyaan oke juga...

namun saya pernah liat motor dalam kelajuan sangat aneh sekali tidak jatuh-jatuh walaupun pengendaranya sudah loncat dari motor, dan bergerak terus sampai bensinnya habis. atau yang saya lihat di roda gila di sirkus.

jawabannya sebenarnya saya tahu sedikit, tapi masih ragu sedikit mungkin saya mau lihat pendapat yang lain dulu.
"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

[move]caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

humaam dz.

harusnya memang ada hubungannya dengan gaya dan kecepatan....
sama kasusnya dengan sebuah roda (roda saja), yang digelindingkan juga tidak jatuh.

selama beberapa saat pengaruh gaya yang di berikan akan membuat roda terus bergerak dan tetap menjaga keseimbangan roda tersebut.

maka dari itu, jika kita bersepeda kita mengayuh pedal untuk memberikan gaya pada roda-roda sepeda kita agar terus bergerak dan menjaga keseimbangannya sehingga sepeda kita tidak terjatuh...

semakin kuat kita mengayuh pedal, maka akan semakin lama sepeda tetap terjaga keseimbangannya dan juga semakin cepat perputaran rodanya, sehingga kecepatan sepeda pun bertambah...
[move]akan ada pengorbanan di setiap mimpi yang kita perjuangkan.[/move]

humaam dz.

[move]akan ada pengorbanan di setiap mimpi yang kita perjuangkan.[/move]