Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juli 03, 2022, 10:22:22 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 60
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 58
Total: 58

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Naik sepeda kok bisa ga jatuh?

Dimulai oleh pinokio, November 19, 2006, 11:55:12 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

utusan langit

keseimbangan pengendara sebenarnya yang menentukan buat saya,..
kalau roda digelindingkan, nggak jatuh karena memang sudah seimbang, lalu kecepatan berkurang, dan mulai ada gaya luar yang berpengaruh dan akhirnya jatuh!

berapa banyak orang yang bisa menggunakan sepeda dalam keadaan diam (sepeda diam), so buat saya keseimbangan pengontrol adalah kuncinya!

ada yang lain?

humaam dz.

iya..

ya semuanya itu saling berkaitan kan..

iya gak mr. utusan langit?
[move]akan ada pengorbanan di setiap mimpi yang kita perjuangkan.[/move]

utusan langit


humaam dz.

ada pendapat yang lain gak?

kok kayaknya masih relatif gitu ya..
[move]akan ada pengorbanan di setiap mimpi yang kita perjuangkan.[/move]

Pi-One

Singkat kata, ada keseimbangan gaya. Saat sepeda melaju, gaya cenderung berpindah ke depan, sementara saat sepeda berhenti, gaya cenderugn mencari titik keseimbangan ke kiri atau kanan.

humaam dz.

kenapa kok waktu sepeda melaju gaya cenderung ke depan? apa yang meyebabkan gaya pindah ke depan? kalo berhenti juga, kenapa kok gaya cenderung cari titik seimbang ke kanan atau ke kiri? apa yang menyebabkan?
[move]akan ada pengorbanan di setiap mimpi yang kita perjuangkan.[/move]

Pi-One

Kutip dari: humaam dz. pada Mei 15, 2009, 03:12:44 PM
kenapa kok waktu sepeda melaju gaya cenderung ke depan? apa yang meyebabkan gaya pindah ke depan? kalo berhenti juga, kenapa kok gaya cenderung cari titik seimbang ke kanan atau ke kiri? apa yang menyebabkan?
Kan seiring dengan pergerakan sepeda ke depan. Sepeda kan rodanya dua, dengan roda di depan dan belakang kan seimbang untuk gaya ke depan-belakang. Sementara untuk gaya ke kiri-kanan tidak bisa ditopang oleh sepasang roda - beda dengan mobil atau bajaj yang rodanya tiga.

ksatriabajuhitam

Kutip dari: humaam dz. pada Mei 15, 2009, 03:12:44 PM
kenapa kok waktu sepeda melaju gaya cenderung ke depan? apa yang meyebabkan gaya pindah ke depan?
...
karena sepedanya dikayuh,
roda sepeda mendorong tanah ke belakang (karena gesekan), hasilnya tanah memberi reaksi mendorong roda (sistem sepeda) ke depat,
coba kalo lantainya licin maka roda tidak bisa "menggesek" tanah, hasilnya tanah tidak memberi reaksi

Kutip dari: humaam dz. pada Mei 15, 2009, 03:12:44 PM
...
kalo berhenti juga, kenapa kok gaya cenderung cari titik seimbang ke kanan atau ke kiri? apa yang menyebabkan?
itu namanya jatuh :D

kalo vektor gaya berat nya tidak segaris (walaupun sejajar) dengan gaya normal yang diterima dari tanah, maka muncul kopel gaya yang akan memutar sistem sepeda (alias jatuh ke kanan atau ke kiri)
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Pi-One

Pada intinya, itu masalah perpindahan titik berat. Dulu waktu kecil aku suka membuat mainan dari lidi dan kelereng. 4 batang lidi dibentuk seperti segitiga dengan satu batang diantaranya membelah titik tengah, dan di dua sisi segitiga diberi kelereng sebagai pemberat. hasilnya karena titik keseimbangan ada di tengah, bertumpu pada ujung lidi di tengah, kita bisa mengerakkan benda tadi tanpa membaut bendanya robih...

Rosyid

Kalo pendapat gue, hal itu berhubungan dengan pusat massa sepeda dan keseimbangan, konsepnya mudah. Saat sepeda bergerak maka roda menjadi pusat massanya, dimana roda yang berputar ia ibarat benda yang dipindah, sama seperti tongkat berdiri atau gasing yang bisa terus tegak apabila digerakkan. Setahu saya setiap benda akan bisa memiliki keseimbangan sempurna jika diputar dan benda yang diputar dapat melawan gravitasi, ini mengacu pada konsep giroscop. Contohnya adalah sepeda pada tong setan, cakram yang dilempar, baling-baling helicopter, dll

Sky

Sebenernya masterdavy udah ngasih petunjuk kalo ini berhubungan dengen torsi.
Gaya yang dimaksud disini adalah gaya presesi.
Gaya presesi ini diakibatkan oleh perubahan momentum sudut.
Analogi dengan sepeda ini adalah gasing.
Gasing kalo muter-muter bisa berdiri tapi kalo diam langsung jatuh.
Prinsip ini juga dipakai untuk Giroskop dan sistem navigasi.

ksatriabajuhitam

ada demo prinsip kesetimbangan sepeda, silakan diunduh dan ditonton,

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Mars

berarti ketika si pengendara sepeda jatuh, keseimbangan itu sudah tidak ada ya ???? dn bagaimana dengan ketidak jatuhan pengendara motor ?

ks@tri@

#28
tau khan gb di bawah, itu adlh gb percobaan yg berkaitan dengan gerak giroskop, dlm percobaan ini semakin cepat roda diputar maka roda tersebut semakin stabil sesuai kondisinya semula, itulah makanya ketika kita naik sepeda semakin cepat kita maka kita akan semakin stabil karena efek gerak giroskop pada roda tersebut, itulah sebabnya ketika kita bergerak sangat cepat kita bahkan dapat lepas stang, atau bahkan dapat berdiri di atas sepeda ketika sepeda tersebut sangat atau lebih cepat lagi seperti pada pembalap sepeda motor ato moto gp yang berdiri di atas sepedanya, lha kalau kita lambat kita akan membelak-belokkan stang sepeda guna menyeimbangkan posisi kita agar tidak jatuh, begitupun sepeda roda satu pada pemain sirkus, dia akan bergerak maju mundur atau kanan kiri untuk menyeimbangkan tubuhnya, yah kalau roda kita berputar dengan cepat yah kita tidak perlu melakukan gerakan-gerakan yang merepotkan itu ;)

Mars

Kutip dari: ks@tri@ pada Juli 30, 2009, 04:16:32 PM
tau khan gb di bawah, itu adlh gb percobaan yg berkaitan dengan gerak giroskop, dlm percobaan ini semakin cepat roda diputar maka roda tersebut semakin stabil sesuai kondisinya semula, itulah makanya ketika kita naik sepeda semakin cepat kita maka kita akan semakin stabil karena efek gerak giroskop pada roda tersebut, itulah sebabnya ketika kita bergerak sangat cepat kita bahkan dapat lepas stang, atau bahkan dapat berdiri di atas sepeda ketika sepeda tersebut sangat atau lebih cepat lagi seperti pada pembalap sepeda motor ato moto gp yang berdiri di atas sepedanya, lha kalau kita lambat kita akan membelak-belokkan stang sepeda guna menyeimbangkan posisi kita agar tidak jatuh, begitupun sepeda roda satu pada pemain sirkus, dia akan bergerak maju mundur atau kanan kiri untuk menyeimbangkan tubuhnya, yah kalau roda kita berputar dengan cepat yah kita tidak perlu melakukan gerakan-gerakan yang merepotkan itu ;)

jadi, t brgantung dari geral kecpatan si roda speda t ya.... ok.......