Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juli 01, 2022, 06:44:33 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 76
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 53
Total: 53

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

nanya bro: kenapa air tidak tumpah

Dimulai oleh boga, Juli 16, 2009, 07:19:04 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

boga

gini bro, saya punya kasus nih,
misalnya kita ngisi air di ember, ya ngisinya gak harus banyak, tp secukupnya
trus embernya diikatkan tali, lalu diputar-putar dari bawah keatas, dengan kecepatan tertentu (pokoknya gak lambat)
trus air di ember itu tidak tumpah ketika ember berada diatas, padahal kan moncong ember yang kebuka itu menghadap kebawah..

nah kira menjelaskannya gimana ya??
makasi

M

karena gaya sentripetal sama dengan gaya berat air

Idad

Kutip dari: M pada Juli 16, 2009, 09:29:55 AM
karena gaya sentripetal sama dengan gaya berat air

Yup.., singkatnya bener sperti yang dibilang M

Untuk posisi wadah 90 derajat keatas (vertikal) berlaku
Fs=W

untuk kosinusnya saya agak lupa...

ksatriabajuhitam

Kutip dari: M pada Juli 16, 2009, 09:29:55 AM
karena gaya sentripetal sama dengan gaya berat air

m*v^2/r > m*g, jadi v^2 > g \cdot r

kalo kurang kenceng muternya maka tumpah lah
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

utusan langit

Kutip dari: ksatriabajuhitam pada Juli 16, 2009, 07:47:49 PM

m*v^2/r > m*g, jadi v^2 > g \cdot r

kalo kurang kenceng muternya maka tumpah lah

bukannya mesti memenuhi aksi = reaksi,..
gaya yang sentripetal mesti sama dengan gaya pembaliknya (gaya berat?)

nandaz

...aku mau nambah nanya, tentang kenapa airnya ngga tumpah...kaya' dulu ada sulap dalam segi sains dapat di buktikan, tapi belum kuketahui si, bila kita taruh air dalam gelas penuh dan menutupnya dengan karton sebagai tutupnya lalu gelas dibalik, wow...tau khan apa yang akan terjadi, kira2 ada yang bisa jelaskan kenapa demikian?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

ksatriabajuhitam

Kutip dari: utusan langit pada Juli 16, 2009, 07:51:23 PM
bukannya mesti memenuhi aksi = reaksi,..
gaya yang sentripetal mesti sama dengan gaya pembaliknya (gaya berat?)
yups...
itu terjadi antara air dan dinding ember,

ada alat menarik yg menggunakan prinsip ini, "pembuat gravitasi buatan",
yakni pesawat luar angkasa yang menyerupai donat dan berputar, jadi manusia yang tinggal di pesawat itu merasakan gravitasi buatan akibat putaran, makin kenceng putarannya, makin besar "percepatan gravitasi buatan"nya

Kutip dari: nandaz pada Juli 16, 2009, 07:52:46 PM
...aku mau nambah nanya, tentang kenapa airnya ngga tumpah...kaya' dulu ada sulap dalam segi sains dapat di buktikan, tapi belum kuketahui si, bila kita taruh air dalam gelas penuh dan menutupnya dengan karton sebagai tutupnya lalu gelas dibalik, wow...tau khan apa yang akan terjadi, kira2 ada yang bisa jelaskan kenapa demikian?

karena gaya tekan udara yang mendorong karton (yang menopang air) sama dengan berat air
(karton sebagai ganti 'tegangan permukaan', karena tegangan permukaan ga cukup kuat untuk menahan air dalam jumlah "banyak")
tentu saja ada batasnya, coba aja itung
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

nandaz

...apa itu yang disebut gaya adhesi atau kohesi?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

utusan langit

karena tekanan di dalam gelas sama dengan tekanan diluar gelas,..

itu sama kasusnya dengan jika melubangi botol air mineral sebesar jarumlah,.. isi botol dengan air  sampai penuh (memasukkan botol kedalam air),.. lalu tutup rapat-rapat,.. maka air tidak akan keluar lewat lubang sebesar jarum yang dibuat di dinding botol!

ksatriabajuhitam

Kutip dari: utusan langit pada Juli 16, 2009, 08:01:57 PM
karena tekanan di dalam gelas sama dengan tekanan diluar gelas,..

...
(tekanan atmosfer)x(luas karton yg menutupi gelas) > ((berat air) = (massa jenis air)*g*(luas karton yg menutupi gelas)*(tinggi air) )

jadi ada batas ketinggian juga, jenis cairan juga pengaruh


Kutip dari: utusan langit pada Juli 16, 2009, 08:01:57 PM
...
itu sama kasusnya dengan jika melubangi botol air mineral sebesar jarumlah,.. isi botol dengan air  sampai penuh (memasukkan botol kedalam air),.. lalu tutup rapat-rapat,.. maka air tidak akan keluar lewat lubang sebesar jarum yang dibuat di dinding botol!
dalam kasus ini baru tegangan permukaan yang menahan
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

nandaz

Kutip dari: utusan langit pada Juli 16, 2009, 08:01:57 PM
karena tekanan di dalam gelas sama dengan tekanan diluar gelas,..

itu sama kasusnya dengan jika melubangi botol air mineral sebesar jarumlah,.. isi botol dengan air  sampai penuh (memasukkan botol kedalam air),.. lalu tutup rapat-rapat,.. maka air tidak akan keluar lewat lubang sebesar jarum yang dibuat di dinding botol!
aha, ini yang disebut kohesikan gaya tarik menarik antara benda sesama jenis lebih kuat dibanding berbeda jenis...
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

utusan langit

bukannya sama-sama tidak ada udara yang menggantikan air untuk tumpah ya?

Sky

Kutip dari: nandaz pada Juli 16, 2009, 08:08:18 PM
Kutip dari: utusan langit pada Juli 16, 2009, 08:01:57 PM
karena tekanan di dalam gelas sama dengan tekanan diluar gelas,..

itu sama kasusnya dengan jika melubangi botol air mineral sebesar jarumlah,.. isi botol dengan air  sampai penuh (memasukkan botol kedalam air),.. lalu tutup rapat-rapat,.. maka air tidak akan keluar lewat lubang sebesar jarum yang dibuat di dinding botol!
aha, ini yang disebut kohesikan gaya tarik menarik antara benda sesama jenis lebih kuat dibanding berbeda jenis...
kurang tepat, ini karena tegangan permukaan, seperti kata KBH dan tambahan tekanan udara luar seperti kata ul.
Udara luar tidak bisa masuk ke dalam pori sebesar lubang jarum.
Jika udara luar masuk, maka tekanan tidak berimbang, dan botol bocor....

Karena, untuk air, adhesinya lebih kuat daripada kohesi.

boga

wah terima kasih nih bro atas diskusinya...gw dpt masukan yang bagus ;D

nandaz

Kutip dari: Sky pada Juli 16, 2009, 10:24:27 PM



kurang tepat, ini karena tegangan permukaan, seperti kata KBH dan tambahan tekanan udara luar seperti kata ul.
Udara luar tidak bisa masuk ke dalam pori sebesar lubang jarum.
Jika udara luar masuk, maka tekanan tidak berimbang, dan botol bocor....

Karena, untuk air, adhesinya lebih kuat daripada kohesi.
btw contoh dari kohesi itu apa sih dalam fisika?... kupikir ada masalah tertentu dalam molekul air yang lebih menarik sesamanya dalam bidang 180 derajat ketimbang terpisah menjadi tetesan air..
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl