Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Maret 29, 2024, 04:33:12 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 207
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 235
Total: 235

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

how boomerang works?

Dimulai oleh nandaz, Juli 19, 2009, 07:51:14 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

nandaz

...

mau tanya dalam segi fisika, bagaimana bumerang bisa kembali berbalik arah ketika dilemparkan kedepan?....dalam film2 kan sering seperti itu cara kerja  bumerang tersebut...thanks
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

ksatriabajuhitam

#1
sejauh yang saya pahami dari beberapa bacaan, kira-kira begini:

prinsipnya ialah:
- Hukum Bernaulli, bahwa  \frac{1}{2}\, \rho\, v^2\, +\, \rho\, g\, z\, +\, p\, =\, \text{constant}\,
  (untuk ketinggian yang sama pada fluida yang sama --> makin cepat laju fluida maka makin kecil tekanannya)
- Hukum Gerak ke-3 Newton yang diadaptasi untuk rotasi, torsi reaksi = - torsi aksi

disain boomerang dibuat sedemikian rupa sehingga ketika bergerak di udara, boomerang membelokkan aliran udara ke atas (kecepatan aliran makin cepat (*1) ), dengan begitu menciptakan "efek gaya angkat kapal terbang", yakni sesuai Prinsip Bernaulli, karena aliran udara di atas boomerang lebih cepat dari di bawah boomerang, maka perbedaan tekanan ini menghasilkan gaya angkat. dengan begitu boomerang bertahan lebih lama di udara

(*1): gunakan hukum kekekalan momentum linear untuk mendapatkan kesimpulan ini





aspek kedua ialah (yang paling menarik) apa yang membuat boomerang dapat kembali ke pelempar
lihat: (megandung animasi) [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
ketika boomerang berotasi, karena bentuk boomerang yang mirip sirip kipas angin, maka terjadi perbedaan tekanan udara antara sisi +z dan sisi -z (lihat gambar), namun karena (asumsi tidak ada angin kencang) kecepatan relatif 'sirip yang sedang di atas' lebih besar dari 'sirip yang sedang di bawah', yakni menyebabkan perbedaan tekanan yang lebih besar, maka akan muncul "gaya angkat" netto (dalam arah +z) pada 'sirip yang sedang di atas' (sebetulnya pada kedua sirip, tetapi gaya pada sirip atas > gaya pada sirip bawah)
gaya ini memutar boomerang ke arah y-z, maka selisih kecepatan sudut boomerang (secara parsial) ialah ke arah -y (lihat gambar 2)
Hukum Newton ke-3 versi rotasi : torsi reaksi = - torsi aksi
maka akan muncul torsi reaksi (yang searah dengan -(selisih kecepatan sudut)), yakni memutar/membelokkan boomerang ke arah z-x
demikian seterusnya sehingga gerak boomerang ialah melingkar (kombinasi kecepatan akibat gaya lemparan + akibat torsi reaksi)



ini menggunakan prinsip yang sama dengan tendangan pisang pada sepak bola
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.


sumber:
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]


begitu sepemahaman saya, yang lain silahkan tambahkan atau koreksi kalo salah
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Idad


hm.., klo tendangan pisang q paham konsepnya..,
ternyata sama thoh sama boomerang..,
m.., bru tw saya..,

tq bgt lhoh y om KBH..,

nandaz

starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

ksatriabajuhitam

sorry ada yang salah dikit,

itu arah perputaran sama arah vektor kecepatan sudutnya salah (mestinya ke kanan / arah -z),
jadi kesimpulan arah beloknya juga terbalik arahnya.

:kribo:
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

nandaz

..kurasa prinsip seperti ini juga berlaku pada pesawat helikopter untuk menyeimbangkan posisinya, dalam heli kan digunakan tuas penyeimbang dikaki dan ditangan, keduanya memgerakkan seperti istilah diatas "leading edge" di baling2..sebab orang yang naik ukuran beratnya berbeda khan ngga mungkin posisi penyeimbangnya selalu sama, tergantung feelnya si pilot...
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl