Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 22, 2021, 02:12:59 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 31
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 26
Total: 26

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Nanya tentang Ekonofisika  (Dibaca 17809 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Nanya tentang Ekonofisika
« pada: Februari 19, 2007, 05:22:52 PM »
Mau tanya soal ekonofisika. Mungkin ada yang fokus di bidang ekonofisika. Kalo di ITB mungkin Pak The Houw Liong  pakarnya yahh?? Di bidang apa sih dia gak pakar  :P. Tapi bukan spt waktu orang nyebut Roy Suryo pakar IT lho yahh, pakar beneran ini  ;D jadi OOT

Oke, balik lagi. Mau tanya dong :  Apa itu ekonofisika, ilmu fisika apa aja yang digunakan/mendasari ekonofisika, performa dan prestasinya sekarang bagaimana?

Thanks ya  :)


Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Nanya tentang Ekonofisika
« Jawab #1 pada: Februari 22, 2007, 10:43:09 AM »
Aneh, kok Yohanes Surya  bikin tulisan tentang ekonofisika yahh  ???

PDFnya di attach.

Mempelajari Ekonofisika
Oleh Yun Hariadi & Yohanes Surya
 
Daftar Isi
0. Pendahuluan

1. proses stokastik
1.1 unsur stokastik
1.2 pengertian stokastik
1.3 martingaless
1.4 proses Markov
1.5 Kalkulus Ito

2. Jalan Acak
2.1 gerak Brown
2.2 gerak Brown sebagian
3. distribusi non-Gauss
3.1 teorema limit pusat
3.2 distribusi Levy

4. otokorelasi
4.1 otokorelasi biasa
4.2 analisa R/S
4.3 ARCH dan GARCH

5. model pasar keuangan atau saham
5.1 Black Scholes
5.2 model Turbulensi
5.3 model Difusi

stargazer

  • Pengunjung
Re: Nanya tentang Ekonofisika
« Jawab #2 pada: Juli 01, 2007, 08:14:32 AM »
dimana saya bisa mendownload bahan seperti ini, mas atau kang reborn ...?

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Nanya tentang Ekonofisika
« Jawab #3 pada: Oktober 27, 2007, 06:05:50 PM »
Halo mas atau kang stargazer, itu filenya di attachment, atau :

http://www.forumsains.com/index.php?action=dlattach;topic=401.0;attach=46

Tapi ga tau isinya bener apa ga.

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: Nanya tentang Ekonofisika
« Jawab #4 pada: November 22, 2007, 11:56:08 PM »
Ngomong-ngomong tulisan yang di-attach itu dah dibaca belom mas reborn? kalo bener belom tau apa itu ekonofisika saya coba menjelaskan sedikit, kebetulan dosen saya dulu menjelaskan sedit tentang hal ini. pada dasarnya ekonofisika merupakan cabang ilmu ekonomi yang menggunakan perangkat-perangkat yang ada dalam ilmu fisika sebagai penunjang. biasanya ilmu yang dipelajari dalam ekonofisika digunakan untuk memprediksi keadaan ekonomi atau keuangan secara global (sangat banyak yang mempengaruhi dan yang terlibat). Misalnya untuk memprediksi fluktuasi saham, harga valuta asing atau harga emas dunia dll. dalam pendekatan ilmu matematika sudah banyak model yang dipercaya untuk menganalisis fluktuasi pasar tetapi tetap memiliki banyak kekurangan.karena itu para ilmuan fisika (yang lagi kurang kerjaan  ::)) mencoba untuk mengatasi masalah tersebut dengan membuat model baru yang mengguanakan teori-teori dalam ilmu fisika khususnya mengenai fisika statistik. ilmu ini dalam fisika digunakan untuk mempediksi keadaan fisik (gerak, tekanan, suhu, volume dll) dari suatu distribusi partikel yang sangat banyak dan selalu berfluktuasi misalnya partikel-partikel gas pada udara dlsb. dengan model ini keadaan fluktuasi pasar diidentikan dengan kondisi partikel-partikel tersebut yang bergerak secara acak dan tidak teratur. dengan teori chaotik (chaoz) keadaan gerak yang acak dapat diprediksi polanya. Sehingga dengan model yang dianggap lebih sempurna ini diharapkan kondisi fluktuasi pasar dapat diprediksi dan memberi keuntungan yang sangat besar bagi penggunanya. bayangkan kita dapat memprediksi harga dolar bulan depan atau tahun depan kita dapat menentukan langkah untuk memperoleh keuntungan.  ;D

Offline Melnick

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 381
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Melnick
Re: Nanya tentang Ekonofisika
« Jawab #5 pada: November 23, 2007, 08:20:42 AM »
Aneh, kok Yohanes Surya  bikin tulisan tentang ekonofisika yahh  ???

Yohanes Surya kan fisikawan.
kan "ekonofisika" ada kata "fisika"nya juga. ahahaha..  ;D
“Crystals are like people, it is the defects in them which tend to make them interesting!” -Colin Humphreys.

@melissaniken ;D

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: Nanya tentang Ekonofisika
« Jawab #6 pada: November 23, 2007, 10:23:08 PM »
Yohanes Surya juga manusia yang suka duit.
di Amerika Serikat ilmuan-ilmuan fisika yang terjun ke bidang ekonomi dengan Ekonofisika-nya disebut "ilmuan roket" dan mereka memang berhasil menjadi kaya raya dengannya.

Offline Melnick

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 381
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Melnick
Re: Nanya tentang Ekonofisika
« Jawab #7 pada: November 24, 2007, 07:03:49 AM »
ini kak. tadi nemu..  ;D

http://www.ekonofisika.com/

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
Re: Nanya tentang Ekonofisika
« Jawab #8 pada: November 24, 2007, 06:11:19 PM »
 ??? ga ngerti ... bukannya ekonomi, fisika, dan segala macam pemodelan, sama2 basisnya matematika? lha itu ada yg nyebut "fisika statistik", nah lho ... mestinya namanya bukan ekonofisika tapi ekonomatika dong  ;D ;D ;D hehhehhe

oya, jejaring sosial termasuk ga di sini?

Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: Nanya tentang Ekonofisika
« Jawab #9 pada: November 26, 2007, 10:04:20 PM »
Dari dulu hampir semua ilmu eksak dan sosial menggunakan matematika sebagai ilmu jadi matematika bukan sesuatu yang bersifat khusus tetapi sangat umum. begitu juga dalam fisika, matematika sebagai 'tools' dalam menggambarkan fenomena fisika. nah ekonofisika itu diadaptasi dari fenomena fisika yang telah "digambarkan" dalam bentuk matematis.

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
Re: Nanya tentang Ekonofisika
« Jawab #10 pada: November 27, 2007, 08:01:51 PM »
mungkin bisa dikasih contoh sederhana ttg fenomena fisika yg digunakan utk menganalisa keadaan ekonomi? saya masih rada bingung krn ga tahu detilnya ... keknya trend satu fenomena fisika dan trend ekonomi jauuuh banget korelasinya  ;D ... makanya tadi ngusulin ekonomatika aja namanya  ;D krn toh dari dua fenomena itu, kesamaannya adalah di basisnya (modelnya), yi. matematikanya

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: Nanya tentang Ekonofisika
« Jawab #11 pada: November 28, 2007, 12:17:12 AM »
contoh yang sangat sederhana :
dalam ilmu fisika kita mengenal momentum : P=m x v
dimana p (momentum), m (massa) dan v(kecepatan).
analogi dengan ilmu ekonomi :
Keuntungan = (modal) x (usaha).
sebenarnya contoh ini gak pernah dipake dalam ekonofisika  :P, tapi sebagai contoh analogi lumayan lah  :D. soalnya yang dipelajari dalam ekonofisika, fisikanya bagian yang rumit-rumit (ya iya lha, yang menemukannya aja para profesor doktor gitu dech). :)
kalo pengen lebih jelas lagi contoh yang sederhana juga bisa dilihat di buku pelajaran sma, coba liat grafik permintaan-penawaran (di ekonomi) mirip kayak grafik persamaan gerak lurus (di fisika), yah kira-kira kayak gitu deh (cuma aplikasinya lebih rumit)

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Nanya tentang Ekonofisika
« Jawab #12 pada: November 28, 2007, 12:07:30 PM »
@superstring39

Tadinya saya juga berpikir sama, alasannya krn pemodelannya menggunakan analogi fenomena fisis. Nah, trus si mbak peregrin ini ngotot (hehe..), katanya yang sama kan model matematisnya, fenomenanya sendiri jauh berbeda.

Saya kalah tuh kemaren, ga bisa jawab  :-[ (musti coba diskusi sama si mbak, dijamin mikir lho haha..).
Ayo om, lanjutkan perjuanganku ya  ;D
« Edit Terakhir: November 28, 2007, 12:09:38 PM oleh reborn »

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
Re: Nanya tentang Ekonofisika
« Jawab #13 pada: November 29, 2007, 02:12:54 PM »
wakakakka.... om reborn nyindiirrrr....  ;D ;D ;D


viadella

  • Pengunjung
Re: Nanya tentang Ekonofisika
« Jawab #14 pada: Februari 09, 2008, 01:43:41 AM »
ekonofisika ..??

apaan tu bang??
jelasin donk..
maklum..via bru klz 1 SMA..
otang masi cetek..

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
9 Jawaban
13043 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 03, 2012, 01:19:32 AM
oleh Monox D. I-Fly
3 Jawaban
4598 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 15, 2008, 06:18:19 AM
oleh bluesky
2 Jawaban
4902 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 28, 2009, 05:29:15 AM
oleh washnez
1 Jawaban
3124 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 04, 2009, 06:13:52 AM
oleh ndy_88
3 Jawaban
6451 Dilihat
Tulisan terakhir September 18, 2009, 10:26:34 AM
oleh sisca, chemistry