Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Agustus 09, 2022, 05:37:28 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,760
  • Latest: Hormide
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 71
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 48
Total: 48

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Dimention part II

Dimulai oleh Alan adhityo, Februari 06, 2010, 03:53:53 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Alan adhityo

hello all , everyone here ... :)

di thread ini saya coba menggambarkan object berdimensi 4 yang dpt kita gambarkan kedalam dimensi 3.

setelah lama tak kunjung saya ada pemikiran akan keberadaan 2 'dimensi 0' (nol) atau titik yang dipisahkan oleh jarak dan dihubungkan satu sama lain akan membentuk dimensi 1 atau garis. begitu juga dengan 2 'dimensi 1' atau garis (posisikan sejajar dan ambil asumsi sama panjang untuk memudahkan) yang dipisahkan oleh jarak dan dihubungkan tiap kesatuan titik dari garis tsb akan membentuk dimensi 2 atau bidang. lakukan hal yang sama pada 2 'dimensi 2' hingga membentuk dimensi 3 atau ruang.
bagaimana dengan 'dimensi 3' atau ruang ke dimensi 4??
coba gambar 2 dimensi ruang yang simetri (misal dengan persegi ABCDEFGH dan PQRSTUVW) dengan warna garis berbeda dan warna dasar yang berbeda, maka hubungkan titik yang seposisi dan buatlah garis (misal A dg P, B dg Q, dst) . simpulkan apa itu garis2 yang berada di antara 2 dimensi ruang tsb???
gambaran dimensi 4 , bukan begitu??

lalu coba bayangkan 2 dimensi 4 yang, akankah muncul gambaran dimensi diatasnya atau dimensi 5?
dari relativitas yang ada, asumsikan jika perpindahan posisi terhadap waktu adalah sama besar dan sama arah, dan asumsikan sama besar dan berbeda arah??

mungkin dari tulisan di atas hipotesis yang ada adalah keberadaan dimensi 5 ada pada antara dimensi 4 atau dimensi kita ini.. lalu apa kah itu?? dan dimensi paling tingi pun berada di antara kita?

nah kawan2 semua , mohon saran dan kritiknya . :)


to be continued.. (untuk bagian yang masih signifikan akan saya buat thread part 3)


Haryanto

This is nonsense.. You still need the higher dimensional (not dimention, use 's', not 't') space to depict your picture, right.. what color? we speak about 'space' dimension, not degree of freedom.. even Ed Witten from IAS Princeton (the most brilliant living theorist) can't imagine the extra dimension(s) so far.. Note: indeed string or braneworld theories (I am working on these right now) contain extra dimension(s), they exist only on papers right now..

My advise: if you think that you are 'good enough', read more advanced physics/math textbooks.. many links provide them, e.g. , [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
{in the case you seek books on Einstein theory}
or just write another keywords..
Learn them by yourself, create your sophisticated theory, and publish.. Physics is not as simple as you know in high school (high school physics is just very basic, and boring..)
Reading pre-print in [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.] (which are accepted in refereed journals) is exciting..
We must know — we will know!
-David Hilbert -

Scorpion

dugaan saya dimensi k 5 adalah dimensi relativ, yang bilamana dipandang dari perspektif yang berbeda maka akan menghasilkan nilai besaran yang berbeda pula.. ini mnurut pandangan saya lho,meski terbaca tak mempunyai dasar teori, sbenarnya ada dasar teorinya, tapi karena belum ada yg bisa mbuktiin teori tersebut maka saya tak berani mngatakannya

Haryanto

exra (spatial) dimension tidak seperti itu.. yg kita bahas khan spatial, sama saja dengan ruang spasial yg lain.. teori Kaluza Klein mengatakan yg berlebih ini tergulung dalam ukuran yg sangat sangat sangat kecil, jadi dalam kehidupan sehari-hari tidak teramati...
{sori, banyak komen yg ga bisa saya balas.. lagi sibuk nih. :) }
We must know — we will know!
-David Hilbert -

Scorpion

Kutip dari: Haryanto pada Maret 18, 2010, 03:20:48 PM

{sori, banyak komen yg ga bisa saya balas.. lagi sibuk nih. :) }
iya bung kayaknya komen saya blum di bahas