Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

April 16, 2021, 05:42:09 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26703
  • Latest: VIVA98
Stats
  • Total Tulisan: 139627
  • Total Topik: 10388
  • Online Today: 44
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 54
Total: 54

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Paradoks Kembar  (Dibaca 12674 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline phice

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 414
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
    • ExtraordinaryAnggik
Paradoks Kembar
« pada: Juli 19, 2009, 12:53:30 AM »
Kemaren aku baca buku pelajaran Fisika. Ada teori Paradoks kembar. tapi aku mggak ngeh sama penjelasannya, ada mau bantu?
Mau Belajal Yang Pintel Bial Jadi Doktel Hewan Yang Ashoi

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: Paradoks Kembar
« Jawab #1 pada: Juli 19, 2009, 03:08:32 AM »
menjadi paradox ketika hanya menggunakan teori relativitas khusus saja

misal si A dan si B umurnya 20 tahun, si A pergi ke luar angkasa dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya dan si B tetap tinggal di bumi

maka menurut si B, lama t_B yang dirasakan si B, maka si B mengamati bahwa si A hanya merasakan lama t_A dengan t_A = t_B / (1 - v_A^2/c^2)^(1/2)
jadi A mengalami waktu lebih pendek dari B, dan ketika kembali, A lebih muda dari B, karena t_A < t_B

yang jadi paradok ialah ketika kondisinya dibalik, yakni pengukuran dilakukan relatif trehadap A (jadi B bergerak bersama bumi mendekati kecepatan cahaya)
maka sebaliknyalah yang terjadi t_B = t_A / (1 - v_B^2/c^2)^(1/2)
justru  yang lebih muda dari A

kayaknya ada topik lain yang juga ngbahas ini deh....


ternyata untuk menjawab paradoks ini, perlu relativitas umum



silahkan yang lain nambahin...
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline phice

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 414
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
    • ExtraordinaryAnggik
Re: Paradoks Kembar
« Jawab #2 pada: Juli 19, 2009, 10:15:38 PM »
Susah banget penjelasannya, bisa di sederhanakan?

Offline Sky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 473
  • IQ: 36
  • Gender: Pria
Re: Paradoks Kembar
« Jawab #3 pada: Juli 21, 2009, 03:07:41 AM »
Misal, ada 2 orang yang kembar.
Misal, namanya Phice dan KBH.

Pada tanggal 20 Juli 2009.

Phice naik pesawat luar angkasa dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya, sedangkan KBH tetap diam di bumi.

Berdasarkan fenomena Dilasi waktu (teori relativitas khusus/ TRK), menurut KBH, waktu di pesawat Phice berjalan lebih lambat, sehingga saat Phice pulang ke bumi, harusnya Phice lebih muda.
Tapi kebalikannya juga bisa terjadi.
Menurut Phice, waktu di bumi berjalan lebih lambat (karena kecepatan relatif bumi mendekati kecepatan cahaya), sehingga saat Phice pulang ke bumi, seharusnya KBH lebih muda.

Jadi, yang mana yang benar?
Untuk menyelesaikan paradoks ini, diperlukan Teori Relativitas Umum (seperti kata mas KBH)

Offline phice

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 414
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
    • ExtraordinaryAnggik
Re: Paradoks Kembar
« Jawab #4 pada: Juli 21, 2009, 09:30:06 AM »
Kecepatan cahaya itu seberapa sih?

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: Paradoks Kembar
« Jawab #5 pada: Juli 21, 2009, 10:09:24 AM »
Kecepatan cahaya itu seberapa sih?

speed of light in vacuum = 299 792 458 m/s

sumber: http://physics.nist.gov/cgi-bin/cuu/Value?c

Offline phice

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 414
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
    • ExtraordinaryAnggik
Re: Paradoks Kembar
« Jawab #6 pada: Juli 21, 2009, 10:11:19 AM »
Apakah karena saking cepetnya sampai bisa awet muda?

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
Re: Paradoks Kembar
« Jawab #7 pada: Juli 22, 2009, 02:44:45 AM »
hmm...
kliatannya begitu, soalnya definisi waktu secara fisika itu kan ada hubungannya dengan gerakan molekul atom etc.etc.
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Paradoks Kembar
« Jawab #8 pada: Juli 22, 2009, 04:29:53 AM »
Apakah karena saking cepetnya sampai bisa awet muda?
Awet mudanya karena dia menjalani waktu yang relatif lebih singkat.

Offline phice

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 414
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
    • ExtraordinaryAnggik
Re: Paradoks Kembar
« Jawab #9 pada: Juli 22, 2009, 07:30:38 AM »
Bisa berpengaruh ya?

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.585
  • IQ: 59
  • Gender: Pria
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re: Paradoks Kembar
« Jawab #10 pada: Juli 22, 2009, 07:59:22 AM »
Dalam teori relativitas kita harus sadar betul siapa pengamatnya dan dari kerangka koordinat yang mana.Misal A dan A' saudara kembar, &nbsp;A yang mengamati A' yang bergerak dalam kerangka koordinat X' yang bergerak dengan kecepatan v terhadap X, maka A akan mengamati bahwa detak waktu dalam kerangka X' kan lebih lambat daripada detak waktu dalam kerangka X, demikian juga segala proses yang terjadi dalam kerangka X' akan lebih lambat terhadap proses yang sama yang terjadi dalam kerangka X, sehingga akan melihat A' lebih muda, namun jika A ingin mengejar A', maka perlu percepatan (sehingga berlaku relativitas umum) dan ketika bertemu dengan A', umurnya akan sama, demikian juga jika A' kembali ke koordinat X, diperlukan percepatan (sehingga berlaku relativitas umum) sehingga ketika bertemu kembali dengan A umurnya sama.
Menurut relativitas umum kerangka koordinat manapun juga harus setara.
Lihat :

http://www.phys.unsw.edu.au/einsteinlight/jw/module4_twin_paradox.htm

http://math.ucr.edu/home/baez/physics/Relativity/SR/TwinParadox/twin_vase.html
« Edit Terakhir: Juli 22, 2009, 08:43:18 AM oleh The Houw Liong »
HouwLiong

Offline phice

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 414
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
    • ExtraordinaryAnggik
Re: Paradoks Kembar
« Jawab #11 pada: Juli 22, 2009, 08:02:22 AM »
@ Om Houw Liong...........
Nggak mudeng!

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Paradoks Kembar
« Jawab #12 pada: Juli 22, 2009, 11:46:43 AM »
Singkat kata: waktu itu relatif.

Offline phice

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 414
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
    • ExtraordinaryAnggik
Re: Paradoks Kembar
« Jawab #13 pada: Juli 23, 2009, 08:09:38 AM »
@ Pi-One:
Oh............
Makasi, berarti tergantung di sudut pandang mana yang diliat ya?

Offline mekanik_gagal

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 47
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • bersama selalu menyenangkan
Re: Paradoks Kembar
« Jawab #14 pada: Juli 23, 2009, 12:54:30 PM »
kyana gw prnah baca artikel kya gitu deh.klo g salah yg nmuin einstein...
di forsa kyanya ad juga pembahasannya..coba cari deh
menuntut ilmu hukumnya wajib

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
10 Jawaban
9956 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 19, 2010, 10:25:00 PM
oleh qarrobin
4 Jawaban
6353 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 23, 2011, 02:10:49 AM
oleh herrutama
1 Jawaban
3078 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 09, 2011, 03:39:18 AM
oleh Im
1 Jawaban
5111 Dilihat
Tulisan terakhir April 11, 2011, 04:08:40 AM
oleh Haryanto
2 Jawaban
4774 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 22, 2015, 11:28:57 PM
oleh Sandy_dkk