Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 20, 2021, 05:11:13 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 64
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 36
Total: 36

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Pasir dan Lumpur hisap  (Dibaca 19519 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Pasir dan Lumpur hisap
« pada: Januari 07, 2010, 03:53:50 PM »
Sebenarnya pasir dan lumpur hisap itu apa sih, dan gimana kerjanya, kok bisa ngisap gitu setiap kali orang bergerak?  ???
Best Regards,


Astrawinata G

Offline Rosyid

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 21
  • IQ: 6
  • Gender: Pria
  • Mengumpulkan hal2 kecil untuk ciptakan hal besar
Re: Pasir dan Lumpur hisap
« Jawab #1 pada: Februari 18, 2010, 09:53:28 AM »
wah... ane jadi tertarik juga nich ama fenomena kayak beginian...

Setau ane pasir hisap tuh fenomena alam dimana tanah yang padat berubah karena dipenuhi air. Dalam bahasa Inggris disebut Quicksand, dimana quick diartikan cepatnya berubah ketinggian pasir saat berada dalam kondisi semi basah. Pada dasarnya pasir isap tuh pasir biasa yang udah tercampur ama air sehingga gesekan antar partikel pasirpun berkurang. Hasilnya pasir tu akan jadi campuran gembur antara pasir n air yang ngga lagi mampu menahan beban di atasnya.
fenomena ini pernah diteliti oleh Seorang ilmuwan dari Universitas Amsterdam, Belanda yakni Daniel Bonn. Di dalam laboratoriumnya, Bonn mencampurkan pasir, tanah liat dan air garam, membentuk sebuah maket pasir hidup dalam ruangan kecil untuk diteliti. Setelah percobaan secara berulang-ulang, personel peneliti yang dipimpin Bonn mendapati, bahwa perlu waktu beberapa hari untuk membuat pasir menjadi lengket. 
Sebaliknya sangat mudah kalau hendak menghilangkan viskositasnya (sifat merekat), yakni cukup diberi tekanan yang pas di permukaannya. Permukaannya akan segera "larut" dengan cepat jika mendapat gangguan gerak, pasir di permukaan akan menjadi gembur (lembek), dan pasir di lapisan yang dangkal juga akan merosot ke bawah dengan cepat.
Gerakan perpindahan ini membuat benda yang bergerak di permukaan pasir tenggelam ke bawah, kemudian seiring dengan meningkatnya kedalaman penenggelaman tersebut, pasir yang jatuh ke bawah melalui gerakan perpindahan dari lapisan atas perlahan-lahan akan menyatu, lalu akan menciptakan endapan yang tebal, sehingga viskositas atau sifat merekat pasir bertambah cepat, mencegah obyek terperosok lebih jauh.
Kesimpulannya bahwa lapisan pasir di bawahnya lebih rapat sedangkan air lebih banyak di lapisan atas. Lapisan pasir yang sangat pekat di bawah sangat sedikit mengandung air sehingga sulit melepas kaki yang terperosok ke dalamnya. Salah satu cara agar tidak terisap yaitu tetaplah tenang dan biasanya Anda akan terapung. Luruskan punggung Anda untuk memperluas area yang bebas dan tunggu hingga kaki bebas dari pasir.

itu aja yang ane tau, kalo ada salahnya tolong di benerin ya.... untuk yang lainnya.

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
Re: Pasir dan Lumpur hisap
« Jawab #2 pada: Februari 18, 2010, 12:51:57 PM »
kok ada 2 y ???
perasaan dah pernah ditanya di sini.... ???

http://www.forumsains.com/kimia/pasir-dan-lumpur-hisap-5694/

Offline Scorpion

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 125
  • IQ: 1
Re: Pasir dan Lumpur hisap
« Jawab #3 pada: Maret 14, 2010, 04:28:09 AM »
pasir hisap ntu merupakan suatu golngan koloid yg terdiri atas air dan pasir, shingga jrak antara molekul pasir tak terlalau jauh atau dekat, jd  dgn mudah molekul pasir terpisah dan menyatu kmbali mnjadi seprti semula, biasanya pasir tak mngerikan seperti yang d film2, melainkan hnya sbatas lutut saja, oh ya pada sistem pasir hisap air disyaratkan harus mengalir dgn kcptn yg konstan

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Pasir dan Lumpur hisap
« Jawab #4 pada: Maret 14, 2010, 08:17:44 AM »
Brarti harus ada air dan pasir..?
Kalo kayak di pantai2 itu..?
Kan ada air dan pasir..
Kok gak ngisap..?
OOT OOT OOT..!!!

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Pasir dan Lumpur hisap
« Jawab #5 pada: Maret 14, 2010, 08:21:53 AM »
Oh... Lumpur hisap..
Sering liat. Terutama di daerah pegunungan kalo habis hujan lebat.
Bisa ngisap kaki dan susah keluar.
Kayak gitu ya..?

Offline Scorpion

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 125
  • IQ: 1
Re: Pasir dan Lumpur hisap
« Jawab #6 pada: Maret 14, 2010, 10:17:29 AM »
yah tuan huriah, kata guru saya airnya harus mempunyai velosity yg konstan, atau harus terjadi sistem koloid seprti diatas. contoh yang tuan berikan boleh juga, itu merpakan koloid. kaki kita mudah masuk, tapi sulit kluar karna di bawah lumpur kaki kita mngalami kedap(vakum)

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:Pasir dan Lumpur hisap
« Jawab #7 pada: November 27, 2015, 03:45:11 PM »
Oh... Lumpur hisap..
Sering liat. Terutama di daerah pegunungan kalo habis hujan lebat.
Bisa ngisap kaki dan susah keluar.
Kayak gitu ya..?

Loh? Di Indonesia ada toh? Huriah pernah kena?
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
14 Jawaban
41441 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 29, 2015, 11:23:40 AM
oleh Monox D. I-Fly
13 Jawaban
12222 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 20, 2009, 09:44:54 AM
oleh Nabih
1 Jawaban
172082 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 04, 2016, 02:40:56 AM
oleh Monox D. I-Fly
5 Jawaban
6761 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 16, 2010, 10:09:46 AM
oleh nandaz
10 Jawaban
5752 Dilihat
Tulisan terakhir April 20, 2010, 11:15:24 AM
oleh nandaz