Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Agustus 09, 2022, 06:17:13 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,760
  • Latest: Hormide
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 88
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 38
Total: 38

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penyebab warna api???

Dimulai oleh muhmus88, April 11, 2009, 08:16:30 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

muhmus88

ada yang tau ga kenapa warna api ada yang merah, kuning, orange, hijau, biru, dll??

penyebabnya apa ya??
Surga Itu bukan tentang tempat yang indah, Melaikan Tentang Rasa yang sempurna.

HyawehHoshikawa

1. suhu (sifat fisika)
contoh bintang tu macem-macem warnanya ada yang biru dsb itu karena perbedaan suhu (emm...jarak pengaruh ga' ya, lupa gw)
2. bahan yang dibakar (sifat kimia)
kembang api(misal Mg itu warnanya putih terang, laena gw lupa), api kompor tu biru dsb


Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

muhmus88

bukannya masalah bintang yang warna warni tu masalah dia sedang mendekat atau menjauh yah????
kalo awalnya warna merah dan kemudian menjadi warna hijau dya berarti mendekat bukan???
tu masalah panjang gelombang ja bukan kalo yang bintang???ga da masalah fisik..

ya ga??

salah ga ya??
Surga Itu bukan tentang tempat yang indah, Melaikan Tentang Rasa yang sempurna.

utusan langit

@muhmus88
kira-kira seperti itu,..

1. perbedaan suhu
hal ini terlihat pada warna api pada pembakaran biasa, dari bawah sampai atas umumnya berbeda karena derajat suhu yang berbeda
2. jenis subtrat yang di bakar!
pada logam golongan I dan II umumnya memiliki nyala warna yang berbeda!
3. gravitasi,
gravitasi juga memiliki pengaruh dalam perubahan warna nyala api

HyawehHoshikawa

@muhmus
yang lu bilang tu nyangkutnya ke efek dopler, kalo' ada sumber mendekati pengamat maka frequensinya bakalan lebih tinggi, nah gel. EM itu kan perbedaan freq. ditunjukan oleh warnanya (untuk cahaya tampak)

Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

muhmus88

Kutip dari: utusan langit pada April 11, 2009, 08:42:40 PM
@muhmus88
kira-kira seperti itu,..

1. perbedaan suhu
hal ini terlihat pada warna api pada pembakaran biasa, dari bawah sampai atas umumnya berbeda karena derajat suhu yang berbeda
2. jenis subtrat yang di bakar!
pada logam golongan I dan II umumnya memiliki nyala warna yang berbeda!
3. gravitasi,
gravitasi juga memiliki pengaruh dalam perubahan warna nyala api

buat mas yang tadi ngingetin saya thanks yah..

kalo menurut mas utusan langit,,,,kok bisa pengaruh gravitasi??gimana ceritanya???

pada logam golongan I dan II umumnya memiliki nyala warna yang berbeda!..gimana???bisa lebih dijabarin..
tertarik tuh..
Surga Itu bukan tentang tempat yang indah, Melaikan Tentang Rasa yang sempurna.

utusan langit

Li : Merah tua
K : Ungu
Ca :Jungga Merah
Na : Kuning
Ba : Hijau
Rb : Merah-biru
Sr : merah bata
Cs : Biru

unsur-unsur ini sering digunakan untuk pembuatan kembang api, dan itu yang membuat nyala kembang api bisa warna warni!

mengenai gravitasi, bahwa grafitasi juga mempengaruhi
ingat arah flame api bergantung pada gravitasi juga
seperti pada gambar dibawah ini bandingkan


beberapa garam juga mempunyai nyala warna yang unik!


HyawehHoshikawa

intinya ketika cahaya melepaskan suatu bintang(katakanlah matahari)
sbagaimana energi cahaya dinyatakan oleh E=hf (h=konstanta ; f = frequensi)
energi cahaya slalu dikurangi oleh energi gravitasi dari bintang tsb,  sehingga freq-nya b'kurang

dan sebaliknya ketika mencapai(bumi) energi cahayanya ketambahan energi gravitasi yang mengakibatkan meningkatnya freq.

Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

manusiarender

owh gitu yak... ::)

kalo dulu bapak gwe pernah bilang kalo api paling panas tih warnanya putih, bukan biru,,,
apa bener?
will.i.believe.the.sun

muhmus88

terus kalo ga da gravitasi api ga bisa nyala donk???
Surga Itu bukan tentang tempat yang indah, Melaikan Tentang Rasa yang sempurna.

superstring39

Kutip dari: muhmus88 pada April 11, 2009, 08:16:30 PM
ada yang tau ga kenapa warna api ada yang merah, kuning, orange, hijau, biru, dll??

penyebabnya apa ya??
gampangnya gini aja. berdasarkan teori atom bohr bahwa elektron beredar di sekitar inti memiliki level energi tertentu. elektron bisa berpindah dari satu level energi satu ke level energi yang lain atau gampangnya pindah lintasan, dengan menyerap atau melepaskan energi. saat elektron berpindah dari lintasan terluar ke lintasan terdalam maka dilepaskan energi dalam bentuk radiasi elektromagnetik jika frekuensi E.M sesuai dengan cahaya tampak maka kita dapat melihat cahaya dengan warna tertentu. nah setiap unsur memiliki level-level energi yang khas. seperti deret yang dimasukkan oleh UL, unsur-unsur tersebut akan memancarkan warna yang khas karena memiliki level-level energi yang bersesuaian dengan warna cahaya tampak yang mereka pancarkan.

NB: secara sederhana level-level energi bisa disebut sebagai orbit elektron (walau sebenarnya kurang tepat).


utusan langit

Kutip dari: muhmus88 pada April 13, 2009, 09:12:32 AM
terus kalo ga da gravitasi api ga bisa nyala donk???

Api kan cuma butuh Oksigen dan sesuatu yang dibakar!

superstring39

Kutip dari: utusan langit pada April 14, 2009, 08:56:44 PM
Api kan cuma butuh Oksigen dan sesuatu yang dibakar!
kalo enggak ada gravitasi juga oksigen enggak bisa ngumpul.

muhmus88

Kutip dari: superstring39 pada April 15, 2009, 07:15:15 AM
kalo enggak ada gravitasi juga oksigen enggak bisa ngumpul.

dibulan ada gravitasi bukan2 knapa ga ada oksigen???

terus di black hole banyak oksigennya donk???
Surga Itu bukan tentang tempat yang indah, Melaikan Tentang Rasa yang sempurna.

superstring39

Kutip dari: muhmus88 pada April 16, 2009, 01:23:24 PM
dibulan ada gravitasi bukan2 knapa ga ada oksigen???

terus di black hole banyak oksigennya donk???
kalo gravitasinya doank tapi enggak ada oksigennya sama aja boong. dibulan enggak ada oksigen karena enggak ada atmosfernya.