Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Agustus 09, 2022, 05:55:38 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,760
  • Latest: Hormide
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 88
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 53
Total: 53

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penyebab warna api???

Dimulai oleh muhmus88, April 11, 2009, 08:16:30 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

muhmus88

terus kalopun ada atmosfer suplay oksigennya darimana???
Surga Itu bukan tentang tempat yang indah, Melaikan Tentang Rasa yang sempurna.

superstring39

kan salah satu komponen atmosfer itu sekitar 20% adalah oksigen.

muhmus88

oksigen tu disusun oleh salah satunya oksigen kan???

bukan oksigen terkumpul karena ada atmosfer???

ya ga bos???

jadi ada atau enggaknya atmosfer karena salah satunya oksigen kan??

bukan ada enggaknya oksigen karena atmosfer???
Surga Itu bukan tentang tempat yang indah, Melaikan Tentang Rasa yang sempurna.

superstring39

ya seperti ayam dan telur lha...

muhmus88

kalo ada atmosfer udah pasti ada oksigen kan??

mank nya kalo ada oksigen dah pasti ada atmosfer po????

ga kayak ayam dan telur donk???
Surga Itu bukan tentang tempat yang indah, Melaikan Tentang Rasa yang sempurna.

utusan langit

bayangin aja kalau Oksigen tidak ada gravitasi, dengan kadar 20% Oksigen yang menyebar ke seluruh atmosfer, maka api sulit menyala! untungnya ada grafitasi maka oksigen bisa mengumpul di dasar atmosfer kan, jadi mudah menemukan oksigen,

HyawehHoshikawa

umm...
sori numpang nanya, menurut muhmus definisi atmosfer tu apa yah?
kalo' untuk bintang, ada atmosfernya apa kagak?
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

muhmus88

yo mboh kalo ga salah atmosfer tu selubung yang menyelimuti planet seperti bumi yang tersusun dari unsur2 seperti oksigen, nitrogen, hidrogen, dll gt kan...
ya ga????

kalo diplanet laen yo mboh da pa ga...
Surga Itu bukan tentang tempat yang indah, Melaikan Tentang Rasa yang sempurna.

Sakuranboaoi

Sdikit tmbhan sm0ga dpat m'bntu...


warna api sngt brgam.api dri kayu d prapian mnari dgn wrna kning,oranye,mrah,pth,n biru.wrna2 api t'gntung pda 2 hal:suhu api n bhn apa yg dbkar.

tuk mliat gmana wrna trgntung pda suhu,byangkan burner(spiral besi) d tngku lstrik.sblum dnyalakan,burner yg mlingkar ntu dingin n item.
Kini byangkan lw gi manasin sup.lw mnyalakan tungku itu.burner nya memanas n mule bersinar merah kusam.ktika b'tmbah pnas,wrna smakin merah.akhirnya,saat burner itu mncpai shu t'tinggi,spiral besinya menjadi oranye kmerahan terang.(kalo maw dcoba,monggo...)

tentu aja,burner itu tdk bnar2 trbkar.hanya menjadi sngat pnas.jika bsa lbih pnas lgi,wrnanya akan brubah lbih dramatis.bukannya brhenti pda oranye merah,itu akan mnjdi kuning,lalu putih,n kmudian biru.biru brarti itu trpanas dri yg panas.

nah,ssuatu hal yg menarik serupa trjadi dalam api.mis,api lilin nih.api lilin berkedip dlam beberapa wrna berbeda saat smbunya trbkar spanjang lilin yg meleleh.
Api memerlukan O2(jika lw mletakkan stoples d atas lilin,apinya bkal padam).coba dperhatikan ktika lilin trbakar,bgian tngah api,dkat dasarnya,tdak mendpatkan bnyak O2.jdi tmpak lbih gelap.
Tapi bagian luar n puncak api mendapatkan bnyak udara.d sana,api menyala terang.saat smbu t'bakar,n lilin meleleh,serpihan kcil karbon-srpihan lilin yg trbkar hngus-beterbngan.serpihan kecil karbon ini bgitu pnas,shingga mreka menyala sperti burner.kenyataannya,itu lbih panas dri pada burner.

dan lebih menarik lagi di perapian ataw api unggun,qta mngkin bkal meliat lbih bnyak wrna lagi.api kayu trbakar pda suhu yg lbih rndah dri pda lilin.jadi biasanya lbih oranye dri pda kuning.
Wrna2 lain di api dtang dri brbgai unsur kimia d kayu yg trbkar.mungkin aja ada sodium di api misalnya.ktika sodium dpanaskan,ia mengeluarkan wrna kuning crah.n mungkin juga ada kalsium maka akan ada chaya merah tua.ataw jika ada fosfor maka akan trlihat wrna kehijauan.smua unsur ni dpat trkndung dlam kayu ataw bhan lain yg dlemparkan k api.
Akhirnya,pnggabungan smua wrna dlam api ini akan mnghsilkan putih.

aru

kayanya pertanyaannya dah dijawab deh...
kan berdasarkan rumus E=hf dah keliatan..untuk membuat sesuatu zat / benda terbakar maka diperlukan energi untuk pembakaran itu...ketika diberikan energi dalam jumlah sekian, elektron pada suatu zat dapat tereksitasi menghasilkan cahaya, nah kalo ga salah nilai h itu konstan  jadi dengan energi tertentu akan menghasilkan frequensi tertentu...disini bukan masalah frequensi melainkan panjang gelombang...f=1/ lambda (panjang gelombang), jadi dengan f yang tertentu maka akan menghasilkan panjang gelombang tertentu dan tentunya dengan warna yang sesuai dengan panjang gelombang tersebut..

untuk zat atau senyawa yang menghasilkan warna yang berbeda hal itu disebabkan karena energi yang diperlukan buat memutuskan ikatan elektron dengan intinya juga berbeda- beda..sehingga panjang gelombang yang dihasilkan juga berbeda...

kalo mengenai masalah gravitasi gw kurang tahu apakah gravitasi itu bisa mempengaruhi energi yang dhasilkan dari proses pembakaran tersebut...

Sandy_dkk

trus kalo putih, lambda-nya berapa? kok bisa setelah kuning api jadi warna putih dulu trus biru?