Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Fisika => Topik dimulai oleh: muhmus88 pada April 12, 2009, 11:16:30 AM

Judul: Penyebab warna api???
Ditulis oleh: muhmus88 pada April 12, 2009, 11:16:30 AM
ada yang tau ga kenapa warna api ada yang merah, kuning, orange, hijau, biru, dll??

penyebabnya apa ya??
Judul: Re: Penyebab warna api???
Ditulis oleh: HyawehHoshikawa pada April 12, 2009, 11:27:56 AM
1. suhu (sifat fisika)
contoh bintang tu macem-macem warnanya ada yang biru dsb itu karena perbedaan suhu (emm...jarak pengaruh ga' ya, lupa gw)
2. bahan yang dibakar (sifat kimia)
kembang api(misal Mg itu warnanya putih terang, laena gw lupa), api kompor tu biru dsb


Judul: Re: Penyebab warna api???
Ditulis oleh: muhmus88 pada April 12, 2009, 11:35:01 AM
bukannya masalah bintang yang warna warni tu masalah dia sedang mendekat atau menjauh yah????
kalo awalnya warna merah dan kemudian menjadi warna hijau dya berarti mendekat bukan???
tu masalah panjang gelombang ja bukan kalo yang bintang???ga da masalah fisik..

ya ga??

salah ga ya??
Judul: Re: Penyebab warna api???
Ditulis oleh: utusan langit pada April 12, 2009, 11:42:40 AM
@muhmus88
kira-kira seperti itu,..

1. perbedaan suhu
hal ini terlihat pada warna api pada pembakaran biasa, dari bawah sampai atas umumnya berbeda karena derajat suhu yang berbeda
2. jenis subtrat yang di bakar!
pada logam golongan I dan II umumnya memiliki nyala warna yang berbeda!
3. gravitasi,
gravitasi juga memiliki pengaruh dalam perubahan warna nyala api
Judul: Re: Penyebab warna api???
Ditulis oleh: HyawehHoshikawa pada April 12, 2009, 11:46:01 AM
@muhmus
yang lu bilang tu nyangkutnya ke efek dopler, kalo' ada sumber mendekati pengamat maka frequensinya bakalan lebih tinggi, nah gel. EM itu kan perbedaan freq. ditunjukan oleh warnanya (untuk cahaya tampak)

Judul: Re: Penyebab warna api???
Ditulis oleh: muhmus88 pada April 12, 2009, 12:21:23 PM
@muhmus88
kira-kira seperti itu,..

1. perbedaan suhu
hal ini terlihat pada warna api pada pembakaran biasa, dari bawah sampai atas umumnya berbeda karena derajat suhu yang berbeda
2. jenis subtrat yang di bakar!
pada logam golongan I dan II umumnya memiliki nyala warna yang berbeda!
3. gravitasi,
gravitasi juga memiliki pengaruh dalam perubahan warna nyala api

buat mas yang tadi ngingetin saya thanks yah..

kalo menurut mas utusan langit,,,,kok bisa pengaruh gravitasi??gimana ceritanya???

pada logam golongan I dan II umumnya memiliki nyala warna yang berbeda!..gimana???bisa lebih dijabarin..
tertarik tuh..
Judul: Re: Penyebab warna api???
Ditulis oleh: utusan langit pada April 12, 2009, 12:37:04 PM
Li : Merah tua
K : Ungu
Ca :Jungga Merah
Na : Kuning
Ba : Hijau
Rb : Merah-biru
Sr : merah bata
Cs : Biru

unsur-unsur ini sering digunakan untuk pembuatan kembang api, dan itu yang membuat nyala kembang api bisa warna warni!

mengenai gravitasi, bahwa grafitasi juga mempengaruhi
ingat arah flame api bergantung pada gravitasi juga
seperti pada gambar dibawah ini bandingkan
(http://static2.orf.at/science/storyimg/storypart_228981.jpg)

beberapa garam juga mempunyai nyala warna yang unik!

Judul: Re: Penyebab warna api???
Ditulis oleh: HyawehHoshikawa pada April 12, 2009, 01:38:17 PM
intinya ketika cahaya melepaskan suatu bintang(katakanlah matahari)
sbagaimana energi cahaya dinyatakan oleh E=hf (h=konstanta ; f = frequensi)
energi cahaya slalu dikurangi oleh energi gravitasi dari bintang tsb,  sehingga freq-nya b'kurang

dan sebaliknya ketika mencapai(bumi) energi cahayanya ketambahan energi gravitasi yang mengakibatkan meningkatnya freq.

Judul: Re: Penyebab warna api???
Ditulis oleh: manusiarender pada April 12, 2009, 01:49:04 PM
owh gitu yak... ::)

kalo dulu bapak gwe pernah bilang kalo api paling panas tih warnanya putih, bukan biru,,,
apa bener?
Judul: Re: Penyebab warna api???
Ditulis oleh: muhmus88 pada April 14, 2009, 12:12:32 AM
terus kalo ga da gravitasi api ga bisa nyala donk???
Judul: Re: Penyebab warna api???
Ditulis oleh: superstring39 pada April 14, 2009, 02:42:45 AM
ada yang tau ga kenapa warna api ada yang merah, kuning, orange, hijau, biru, dll??

penyebabnya apa ya??
gampangnya gini aja. berdasarkan teori atom bohr bahwa elektron beredar di sekitar inti memiliki level energi tertentu. elektron bisa berpindah dari satu level energi satu ke level energi yang lain atau gampangnya pindah lintasan, dengan menyerap atau melepaskan energi. saat elektron berpindah dari lintasan terluar ke lintasan terdalam maka dilepaskan energi dalam bentuk radiasi elektromagnetik jika frekuensi E.M sesuai dengan cahaya tampak maka kita dapat melihat cahaya dengan warna tertentu. nah setiap unsur memiliki level-level energi yang khas. seperti deret yang dimasukkan oleh UL, unsur-unsur tersebut akan memancarkan warna yang khas karena memiliki level-level energi yang bersesuaian dengan warna cahaya tampak yang mereka pancarkan.

NB: secara sederhana level-level energi bisa disebut sebagai orbit elektron (walau sebenarnya kurang tepat).

Judul: Re: Penyebab warna api???
Ditulis oleh: utusan langit pada April 15, 2009, 11:56:44 AM
terus kalo ga da gravitasi api ga bisa nyala donk???

Api kan cuma butuh Oksigen dan sesuatu yang dibakar!
Judul: Re: Penyebab warna api???
Ditulis oleh: superstring39 pada April 15, 2009, 10:15:15 PM
Api kan cuma butuh Oksigen dan sesuatu yang dibakar!
kalo enggak ada gravitasi juga oksigen enggak bisa ngumpul.
Judul: Re: Penyebab warna api???
Ditulis oleh: muhmus88 pada April 17, 2009, 04:23:24 AM
kalo enggak ada gravitasi juga oksigen enggak bisa ngumpul.

dibulan ada gravitasi bukan2 knapa ga ada oksigen???

terus di black hole banyak oksigennya donk???
Judul: Re: Penyebab warna api???
Ditulis oleh: superstring39 pada April 17, 2009, 04:38:45 AM
dibulan ada gravitasi bukan2 knapa ga ada oksigen???

terus di black hole banyak oksigennya donk???
kalo gravitasinya doank tapi enggak ada oksigennya sama aja boong. dibulan enggak ada oksigen karena enggak ada atmosfernya.
Judul: Re: Penyebab warna api???
Ditulis oleh: muhmus88 pada April 17, 2009, 04:43:05 AM
terus kalopun ada atmosfer suplay oksigennya darimana???
Judul: Re: Penyebab warna api???
Ditulis oleh: superstring39 pada April 17, 2009, 06:26:11 AM
kan salah satu komponen atmosfer itu sekitar 20% adalah oksigen.
Judul: Re: Penyebab warna api???
Ditulis oleh: muhmus88 pada April 18, 2009, 05:31:26 AM
oksigen tu disusun oleh salah satunya oksigen kan???

bukan oksigen terkumpul karena ada atmosfer???

ya ga bos???

jadi ada atau enggaknya atmosfer karena salah satunya oksigen kan??

bukan ada enggaknya oksigen karena atmosfer???
Judul: Re: Penyebab warna api???
Ditulis oleh: superstring39 pada April 18, 2009, 05:47:00 AM
ya seperti ayam dan telur lha...
Judul: Re: Penyebab warna api???
Ditulis oleh: muhmus88 pada April 18, 2009, 06:03:48 AM
kalo ada atmosfer udah pasti ada oksigen kan??

mank nya kalo ada oksigen dah pasti ada atmosfer po????

ga kayak ayam dan telur donk???
Judul: Re: Penyebab warna api???
Ditulis oleh: utusan langit pada April 18, 2009, 09:33:24 AM
bayangin aja kalau Oksigen tidak ada gravitasi, dengan kadar 20% Oksigen yang menyebar ke seluruh atmosfer, maka api sulit menyala! untungnya ada grafitasi maka oksigen bisa mengumpul di dasar atmosfer kan, jadi mudah menemukan oksigen,
Judul: Re: Penyebab warna api???
Ditulis oleh: HyawehHoshikawa pada April 18, 2009, 09:36:49 AM
umm...
sori numpang nanya, menurut muhmus definisi atmosfer tu apa yah?
kalo' untuk bintang, ada atmosfernya apa kagak?
Judul: Re: Penyebab warna api???
Ditulis oleh: muhmus88 pada April 21, 2009, 11:51:43 AM
yo mboh kalo ga salah atmosfer tu selubung yang menyelimuti planet seperti bumi yang tersusun dari unsur2 seperti oksigen, nitrogen, hidrogen, dll gt kan...
ya ga????

kalo diplanet laen yo mboh da pa ga...
Judul: Re: Penyebab warna api???
Ditulis oleh: Sakuranboaoi pada April 23, 2009, 02:27:03 PM
Sdikit tmbhan sm0ga dpat m'bntu...


warna api sngt brgam.api dri kayu d prapian mnari dgn wrna kning,oranye,mrah,pth,n biru.wrna2 api t'gntung pda 2 hal:suhu api n bhn apa yg dbkar.

tuk mliat gmana wrna trgntung pda suhu,byangkan burner(spiral besi) d tngku lstrik.sblum dnyalakan,burner yg mlingkar ntu dingin n item.
Kini byangkan lw gi manasin sup.lw mnyalakan tungku itu.burner nya memanas n mule bersinar merah kusam.ktika b'tmbah pnas,wrna smakin merah.akhirnya,saat burner itu mncpai shu t'tinggi,spiral besinya menjadi oranye kmerahan terang.(kalo maw dcoba,monggo...)

tentu aja,burner itu tdk bnar2 trbkar.hanya menjadi sngat pnas.jika bsa lbih pnas lgi,wrnanya akan brubah lbih dramatis.bukannya brhenti pda oranye merah,itu akan mnjdi kuning,lalu putih,n kmudian biru.biru brarti itu trpanas dri yg panas.

nah,ssuatu hal yg menarik serupa trjadi dalam api.mis,api lilin nih.api lilin berkedip dlam beberapa wrna berbeda saat smbunya trbkar spanjang lilin yg meleleh.
Api memerlukan O2(jika lw mletakkan stoples d atas lilin,apinya bkal padam).coba dperhatikan ktika lilin trbakar,bgian tngah api,dkat dasarnya,tdak mendpatkan bnyak O2.jdi tmpak lbih gelap.
Tapi bagian luar n puncak api mendapatkan bnyak udara.d sana,api menyala terang.saat smbu t'bakar,n lilin meleleh,serpihan kcil karbon-srpihan lilin yg trbkar hngus-beterbngan.serpihan kecil karbon ini bgitu pnas,shingga mreka menyala sperti burner.kenyataannya,itu lbih panas dri pada burner.

dan lebih menarik lagi di perapian ataw api unggun,qta mngkin bkal meliat lbih bnyak wrna lagi.api kayu trbakar pda suhu yg lbih rndah dri pda lilin.jadi biasanya lbih oranye dri pda kuning.
Wrna2 lain di api dtang dri brbgai unsur kimia d kayu yg trbkar.mungkin aja ada sodium di api misalnya.ktika sodium dpanaskan,ia mengeluarkan wrna kuning crah.n mungkin juga ada kalsium maka akan ada chaya merah tua.ataw jika ada fosfor maka akan trlihat wrna kehijauan.smua unsur ni dpat trkndung dlam kayu ataw bhan lain yg dlemparkan k api.
Akhirnya,pnggabungan smua wrna dlam api ini akan mnghsilkan putih.
Judul: Re: Penyebab warna api???
Ditulis oleh: aru pada Mei 04, 2009, 02:00:26 PM
kayanya pertanyaannya dah dijawab deh...
kan berdasarkan rumus E=hf dah keliatan..untuk membuat sesuatu zat / benda terbakar maka diperlukan energi untuk pembakaran itu...ketika diberikan energi dalam jumlah sekian, elektron pada suatu zat dapat tereksitasi menghasilkan cahaya, nah kalo ga salah nilai h itu konstan  jadi dengan energi tertentu akan menghasilkan frequensi tertentu...disini bukan masalah frequensi melainkan panjang gelombang...f=1/ lambda (panjang gelombang), jadi dengan f yang tertentu maka akan menghasilkan panjang gelombang tertentu dan tentunya dengan warna yang sesuai dengan panjang gelombang tersebut..

untuk zat atau senyawa yang menghasilkan warna yang berbeda hal itu disebabkan karena energi yang diperlukan buat memutuskan ikatan elektron dengan intinya juga berbeda- beda..sehingga panjang gelombang yang dihasilkan juga berbeda...

kalo mengenai masalah gravitasi gw kurang tahu apakah gravitasi itu bisa mempengaruhi energi yang dhasilkan dari proses pembakaran tersebut...
Judul: Re:Penyebab warna api???
Ditulis oleh: Sandy_dkk pada Maret 01, 2014, 01:16:07 AM
trus kalo putih, lambda-nya berapa? kok bisa setelah kuning api jadi warna putih dulu trus biru?