Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Maret 09, 2021, 03:58:24 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26699
  • Latest: Rion
Stats
  • Total Tulisan: 139622
  • Total Topik: 10385
  • Online Today: 43
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 51
Total: 51

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Penyebab warna api???  (Dibaca 22101 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline muhmus88

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 123
  • IQ: 18
Re: Penyebab warna api???
« Jawab #15 pada: April 17, 2009, 04:43:05 AM »
terus kalopun ada atmosfer suplay oksigennya darimana???
Surga Itu bukan tentang tempat yang indah, Melaikan Tentang Rasa yang sempurna.

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: Penyebab warna api???
« Jawab #16 pada: April 17, 2009, 06:26:11 AM »
kan salah satu komponen atmosfer itu sekitar 20% adalah oksigen.

Offline muhmus88

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 123
  • IQ: 18
Re: Penyebab warna api???
« Jawab #17 pada: April 18, 2009, 05:31:26 AM »
oksigen tu disusun oleh salah satunya oksigen kan???

bukan oksigen terkumpul karena ada atmosfer???

ya ga bos???

jadi ada atau enggaknya atmosfer karena salah satunya oksigen kan??

bukan ada enggaknya oksigen karena atmosfer???

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: Penyebab warna api???
« Jawab #18 pada: April 18, 2009, 05:47:00 AM »
ya seperti ayam dan telur lha...

Offline muhmus88

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 123
  • IQ: 18
Re: Penyebab warna api???
« Jawab #19 pada: April 18, 2009, 06:03:48 AM »
kalo ada atmosfer udah pasti ada oksigen kan??

mank nya kalo ada oksigen dah pasti ada atmosfer po????

ga kayak ayam dan telur donk???

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: Penyebab warna api???
« Jawab #20 pada: April 18, 2009, 09:33:24 AM »
bayangin aja kalau Oksigen tidak ada gravitasi, dengan kadar 20% Oksigen yang menyebar ke seluruh atmosfer, maka api sulit menyala! untungnya ada grafitasi maka oksigen bisa mengumpul di dasar atmosfer kan, jadi mudah menemukan oksigen,

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
Re: Penyebab warna api???
« Jawab #21 pada: April 18, 2009, 09:36:49 AM »
umm...
sori numpang nanya, menurut muhmus definisi atmosfer tu apa yah?
kalo' untuk bintang, ada atmosfernya apa kagak?
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Offline muhmus88

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 123
  • IQ: 18
Re: Penyebab warna api???
« Jawab #22 pada: April 21, 2009, 11:51:43 AM »
yo mboh kalo ga salah atmosfer tu selubung yang menyelimuti planet seperti bumi yang tersusun dari unsur2 seperti oksigen, nitrogen, hidrogen, dll gt kan...
ya ga????

kalo diplanet laen yo mboh da pa ga...

Offline Sakuranboaoi

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 58
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
Re: Penyebab warna api???
« Jawab #23 pada: April 23, 2009, 02:27:03 PM »
Sdikit tmbhan sm0ga dpat m'bntu...


warna api sngt brgam.api dri kayu d prapian mnari dgn wrna kning,oranye,mrah,pth,n biru.wrna2 api t'gntung pda 2 hal:suhu api n bhn apa yg dbkar.

tuk mliat gmana wrna trgntung pda suhu,byangkan burner(spiral besi) d tngku lstrik.sblum dnyalakan,burner yg mlingkar ntu dingin n item.
Kini byangkan lw gi manasin sup.lw mnyalakan tungku itu.burner nya memanas n mule bersinar merah kusam.ktika b'tmbah pnas,wrna smakin merah.akhirnya,saat burner itu mncpai shu t'tinggi,spiral besinya menjadi oranye kmerahan terang.(kalo maw dcoba,monggo...)

tentu aja,burner itu tdk bnar2 trbkar.hanya menjadi sngat pnas.jika bsa lbih pnas lgi,wrnanya akan brubah lbih dramatis.bukannya brhenti pda oranye merah,itu akan mnjdi kuning,lalu putih,n kmudian biru.biru brarti itu trpanas dri yg panas.

nah,ssuatu hal yg menarik serupa trjadi dalam api.mis,api lilin nih.api lilin berkedip dlam beberapa wrna berbeda saat smbunya trbkar spanjang lilin yg meleleh.
Api memerlukan O2(jika lw mletakkan stoples d atas lilin,apinya bkal padam).coba dperhatikan ktika lilin trbakar,bgian tngah api,dkat dasarnya,tdak mendpatkan bnyak O2.jdi tmpak lbih gelap.
Tapi bagian luar n puncak api mendapatkan bnyak udara.d sana,api menyala terang.saat smbu t'bakar,n lilin meleleh,serpihan kcil karbon-srpihan lilin yg trbkar hngus-beterbngan.serpihan kecil karbon ini bgitu pnas,shingga mreka menyala sperti burner.kenyataannya,itu lbih panas dri pada burner.

dan lebih menarik lagi di perapian ataw api unggun,qta mngkin bkal meliat lbih bnyak wrna lagi.api kayu trbakar pda suhu yg lbih rndah dri pda lilin.jadi biasanya lbih oranye dri pda kuning.
Wrna2 lain di api dtang dri brbgai unsur kimia d kayu yg trbkar.mungkin aja ada sodium di api misalnya.ktika sodium dpanaskan,ia mengeluarkan wrna kuning crah.n mungkin juga ada kalsium maka akan ada chaya merah tua.ataw jika ada fosfor maka akan trlihat wrna kehijauan.smua unsur ni dpat trkndung dlam kayu ataw bhan lain yg dlemparkan k api.
Akhirnya,pnggabungan smua wrna dlam api ini akan mnghsilkan putih.

Offline aru

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 8
  • IQ: 1
Re: Penyebab warna api???
« Jawab #24 pada: Mei 04, 2009, 02:00:26 PM »
kayanya pertanyaannya dah dijawab deh...
kan berdasarkan rumus E=hf dah keliatan..untuk membuat sesuatu zat / benda terbakar maka diperlukan energi untuk pembakaran itu...ketika diberikan energi dalam jumlah sekian, elektron pada suatu zat dapat tereksitasi menghasilkan cahaya, nah kalo ga salah nilai h itu konstan  jadi dengan energi tertentu akan menghasilkan frequensi tertentu...disini bukan masalah frequensi melainkan panjang gelombang...f=1/ lambda (panjang gelombang), jadi dengan f yang tertentu maka akan menghasilkan panjang gelombang tertentu dan tentunya dengan warna yang sesuai dengan panjang gelombang tersebut..

untuk zat atau senyawa yang menghasilkan warna yang berbeda hal itu disebabkan karena energi yang diperlukan buat memutuskan ikatan elektron dengan intinya juga berbeda- beda..sehingga panjang gelombang yang dihasilkan juga berbeda...

kalo mengenai masalah gravitasi gw kurang tahu apakah gravitasi itu bisa mempengaruhi energi yang dhasilkan dari proses pembakaran tersebut...

Offline Sandy_dkk

Re:Penyebab warna api???
« Jawab #25 pada: Maret 01, 2014, 01:16:07 AM »
trus kalo putih, lambda-nya berapa? kok bisa setelah kuning api jadi warna putih dulu trus biru?

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
32 Jawaban
24228 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 27, 2016, 01:50:36 AM
oleh Monox D. I-Fly
5 Jawaban
3813 Dilihat
Tulisan terakhir November 09, 2010, 11:07:45 AM
oleh sayang
9 Jawaban
6957 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 10, 2014, 12:18:43 PM
oleh Emerald_Eyes
3 Jawaban
3558 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 30, 2014, 02:42:05 PM
oleh reborn
4 Jawaban
3832 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 03, 2015, 01:47:35 PM
oleh Farabi