Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Januari 27, 2022, 08:32:07 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26744
  • Latest: JohnCC
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 41
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 12
Total: 12

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Pertanyaan tentang gravitasi dan fluida  (Dibaca 15308 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
Pertanyaan tentang gravitasi dan fluida
« pada: Agustus 04, 2011, 04:35:20 AM »
Bayangkan ada kolam cairan yang sangat sangat tinggi, dan asumsikan gravitasi bernilai konstan dg bertambahnya ketinggian. Apakah mungkin karena tekanan hidrostatik yg sedemikian hebat, di dasar kolam terbentuk padatan? Ataukah di dasar kolam si cairan masih berupa cairan?
No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect

Offline 12

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 10
Re: Pertanyaan tentang gravitasi dan fluida
« Jawab #1 pada: Agustus 04, 2011, 10:54:15 AM »
air dimasukkan kesebuah pompa tertutup rapat ditekan sekuat apapun (yg lain konstan) tidak akan membuat air memadat. air memadat jika suhunya 0 derajat celcius ::)
#12

Offline milkqwe

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 8
  • IQ: 1
Re: Pertanyaan tentang gravitasi dan fluida
« Jawab #2 pada: Agustus 04, 2011, 06:06:21 PM »
dilihat dari bentuk diagram fase air, jika pada suhu dimana air berbentuk liquid berapa besarpun tekanan dinaikkan pada suhu konstan, fasenya akan tetap liquid. CMIIW  :)

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Pertanyaan tentang gravitasi dan fluida
« Jawab #3 pada: Agustus 05, 2011, 12:19:10 AM »
air dimasukkan kesebuah pompa tertutup rapat ditekan sekuat apapun (yg lain konstan) tidak akan membuat air memadat. air memadat jika suhunya 0 derajat celcius ::)
Nope, seingatku tekanan akan mempengaruhi titik beku air, meski gak sampai drastis...

Offline 12

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 10
Re: Pertanyaan tentang gravitasi dan fluida
« Jawab #4 pada: Agustus 06, 2011, 02:36:29 AM »
Nope, seingatku tekanan akan mempengaruhi titik beku air, meski gak sampai drastis...
jika naiknya tekanan semata bisa menurunkan titik beku maka dengan tekanan yg sangat masif harusnya air (H2O) bisa membeku walaupun suhunya diatas 0o celcius
faktanya tidak ada air yg membeku tapi suhunya diatas 0o celcius

Bayangkan ada kolam cairan yang sangat sangat tinggi, dan asumsikan gravitasi bernilai konstan dg bertambahnya ketinggian. Apakah mungkin karena tekanan hidrostatik yg sedemikian hebat, di dasar kolam terbentuk padatan? Ataukah di dasar kolam si cairan masih berupa cairan?

lagian ini soalnya kebalik mestinya kolamnya bukan sangat tinggi tapi sangat dalam di perut bumi
« Edit Terakhir: Agustus 06, 2011, 02:41:05 AM oleh 12 »

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax

Offline nate river

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 149
  • IQ: 22
  • Gender: Wanita
  • I'm an alone lonely loner
Re: Pertanyaan tentang gravitasi dan fluida
« Jawab #6 pada: Agustus 06, 2011, 07:47:34 AM »
http://id.wikipedia.org/wiki/Sifat_koligatif_larutan


berarti kayak larutan garam yang bisa menyebabkan air tidak membeku di 0 derajat Celcius karena penurunan titik beku gitu?  ???
hidup itu seperti asimtot...
meski mustahil mencapai titik kesempurnaan, tapi kita akan selalu berusaha mendekati kesempurnaan....

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 553
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
Re: Pertanyaan tentang gravitasi dan fluida
« Jawab #7 pada: Agustus 06, 2011, 09:17:47 AM »
coba lihat di diagram pressure temperature air, pllrn kimia tntng koligatif...
dibukunya michael purba...

mmpngaruhi kok tekanannya,,,
alhasil brdsrkn diagramnya  air dalm fase padat di suhu 0 - 0,0097..
aku akan mengenalkan pendahulu ku lagi pada dunia dan akan mengikuti mereka.

Offline 12

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 10
Re: Pertanyaan tentang gravitasi dan fluida
« Jawab #8 pada: Agustus 06, 2011, 11:38:34 AM »
jika naiknya tekanan semata bisa menurunkan titik beku maka dengan tekanan yg sangat masif harusnya air (H2O) bisa membeku walaupun suhunya diatas 0o celcius
faktanya tidak ada air yg membeku tapi suhunya diatas 0o celcius
koreksi:
jika naiknya tekanan semata bisa meningkatkan titik beku...
idem     

http://id.wikipedia.org/wiki/Sifat_koligatif_larutan
koq ke sifat koligatif larutan yah?

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: Pertanyaan tentang gravitasi dan fluida
« Jawab #9 pada: Agustus 08, 2011, 12:04:52 PM »
diagram ini harusnya membantu:


tarik-tarik aja garisnya :D

Sumber: http://www.lsbu.ac.uk/water/phase.html
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 553
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
Re: Pertanyaan tentang gravitasi dan fluida
« Jawab #10 pada: Agustus 08, 2011, 12:49:33 PM »
wa yang ini malah sampai 200 K,  atau 17 celsius ya?
tpi tekanannya juga wah banget, smpai giga...
:D

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 553
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
Re: Pertanyaan tentang gravitasi dan fluida
« Jawab #11 pada: Agustus 08, 2011, 12:55:12 PM »

aje gile...
:D
sumber masih kaya diatas...

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
Re: Pertanyaan tentang gravitasi dan fluida
« Jawab #12 pada: Agustus 09, 2011, 01:02:44 AM »
Thx, cukup mencerahkan

Offline 12

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 10
Re: Pertanyaan tentang gravitasi dan fluida
« Jawab #13 pada: Agustus 09, 2011, 04:54:30 AM »
1. berarti ada salju/es batu yg suhunya 100o celcius ?
2. katakanlah tekanan hidrostatis itu membuat air didasar kolam membeku tapi kita tidak akan melihat es didasar kolam karena ketika tepat akan membeku es itu langsung bergerak naik ke permukaan kolam disebabkan massa jenis es lebih rendah dari massa jenis air.

Offline 12

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 10
Re: Pertanyaan tentang gravitasi dan fluida
« Jawab #14 pada: Agustus 09, 2011, 09:47:56 AM »
1. berarti ada salju/es batu yg suhunya 100o celcius ?
2. katakanlah tekanan hidrostatis itu membuat air didasar kolam membeku tapi kita tidak akan melihat es didasar kolam karena ketika tepat akan membeku es itu langsung bergerak naik ke permukaan kolam disebabkan massa jenis es lebih rendah dari massa jenis air.
3. pada kenyataanya dalam kolam itu mungkin tidak ada es karena begitu es itu melayang keatas dia kehilangan tekanan sehingga kembali menjadi air

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
3 Jawaban
4481 Dilihat
Tulisan terakhir April 19, 2009, 02:26:11 AM
oleh Rosyid
7 Jawaban
8769 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 19, 2011, 11:42:38 AM
oleh Muhammad Taufiqi
6 Jawaban
10454 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 13, 2011, 06:19:04 AM
oleh 12
68 Jawaban
44422 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 04, 2011, 08:55:22 AM
oleh Anton_Soepriyanto
4 Jawaban
6777 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 05, 2011, 12:40:58 PM
oleh Fachni Rosyadi