Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Fisika => Topik dimulai oleh: Anton_Soepriyanto pada Agustus 04, 2011, 04:47:03 AM

Judul: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Anton_Soepriyanto pada Agustus 04, 2011, 04:47:03 AM
Kalau kita berdiri di atas cakram berputar, kita akan merasa terdorong keluar cakram kan? Lalu Kenapa tidak ada gaya radial menjauhi kutub untuk benda benda di daerah lingkar kutub akibat rotasi bumi? Untuk daerah di dekat khatulistiwa gaya ini akan "dinetralkan" oleh gravitasi mengingat arahnya yg tepat berlawanan. Tapi bagaimana dg daerah sekitar kutub?
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: 12 pada Agustus 06, 2011, 02:59:09 AM
ketika berdiri diatas cakram, gaya berat tegak lurus dengan torsi. ketika berdiri dikutub atau di belahan manapun, gaya berat tidak tegak lurus dengan torsi. ketika berdiri di bumi di belahan manapun juga kita mengalami gaya sentral yg sama dengan gaya sentrifugal.
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: rawWARus pada Agustus 06, 2011, 04:26:24 AM
Menurut saya gravitasi itu terbentuk karena adanya rotasi dan revolusi, dan gaya gravitasi dikutub itu juga sudah disesuaikan dengan ditandai adanya gerakan matahari yg terkadang sampai tepat diatas kepala kita
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Pi-One pada Agustus 06, 2011, 05:22:34 AM
Menurut saya gravitasi itu terbentuk karena adanya rotasi dan revolusi, dan gaya gravitasi dikutub itu juga sudah disesuaikan dengan ditandai adanya gerakan matahari yg terkadang sampai tepat diatas kepala kita
Apa korelasi gravitasi dengan rotasi dan revolusi?
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: rawWARus pada Agustus 06, 2011, 11:09:55 PM
cb menurut mu apa penyebab gravitasi ?baik secara makro dan mikro... :D
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Anton_Soepriyanto pada Agustus 07, 2011, 02:24:33 AM
sudah coba saya hitung di posting baru.... http://www.forumsains.com/fisika/di-cina-gravitasi-tidak-tepat-mengarah-vertikal-ke-bawah/
hasilnya kok aneh ya?
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: semut-ireng pada Agustus 07, 2011, 02:59:56 AM
Menurut saya gravitasi itu terbentuk karena adanya rotasi dan revolusi, dan gaya gravitasi dikutub itu juga sudah disesuaikan dengan ditandai adanya gerakan matahari yg terkadang sampai tepat diatas kepala kita

Saya pernah membayangkan seperti ide anda di atas,  gravitasi terbentuk karena adanya rotasi dan revolusi.   Baru sebatas ide,  masih menyisakan banyak pertanyaan ................. :)
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Pi-One pada Agustus 07, 2011, 04:35:55 AM
cb menurut mu apa penyebab gravitasi ?baik secara makro dan mikro... :D
Gravitasi itu terkait dengan massa. Mau bendanya berputar pada poros, berputar mengelilingi obyek lain, gak mempengaruhi gravitasinya. Lain soal jika anda bicara total gaya, dimana gravitasi menjadi salah satu variabel.
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: rawWARus pada Agustus 08, 2011, 07:52:52 AM
@Pi-1
massa terbentuk dari apa ?
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: ksatriabajuhitam pada Agustus 08, 2011, 12:24:45 PM
percepatan sentripetal di kutub paling kecil, di khatulistiwa paling besar
karena itu percepatan gravitasi efektif di khatulistiwa paling kecil (efeknya bumi jadi lonjong)
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Pi-One pada Agustus 09, 2011, 01:03:37 PM
percepatan sentripetal di kutub paling kecil, di khatulistiwa paling besar
karena itu percepatan gravitasi efektif di khatulistiwa paling kecil (efeknya bumi jadi lonjong)
Bumi jadi lonjong itu efek dari rotasi, dan itu yang menyebabkan percepatan gravitasi di khatulistiwa lebih kecil (jarak ke pusat/inti lebih besar). Bukan sebaliknya.
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: semut-ireng pada Agustus 11, 2011, 12:57:01 AM
Gravitasi itu terkait dengan massa. Mau bendanya berputar pada poros, berputar mengelilingi obyek lain, gak mempengaruhi gravitasinya. Lain soal jika anda bicara total gaya, dimana gravitasi menjadi salah satu variabel.

gravitasi terkait dengan massa itu dengan asumsi bahwa ether ada.
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Pi-One pada Agustus 11, 2011, 10:35:35 AM
Seseorang, tolong sumpal mulut asbuner idiot di atas... ::)
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Balya pada Agustus 11, 2011, 11:25:33 AM
sudah coba saya hitung di posting baru.... http://www.forumsains.com/fisika/di-cina-gravitasi-tidak-tepat-mengarah-vertikal-ke-bawah/
hasilnya kok aneh ya?
ajarin dong.
:'(
 kok bisa ngitung2 kaya gitu...
:)
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: semut-ireng pada Agustus 12, 2011, 06:15:43 AM
Bicara gravitasi bukan suatu gaya,  itu berdasarkan teorinya siapa ?? 

Dan bicara gravitasi terkait dengan massa itu berdasarkan teorinya siapa ??
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Balya pada Agustus 12, 2011, 09:07:25 AM
Kutip
Dan bicara gravitasi terkait dengan massa itu berdasarkan teorinya siapa ??
berdasarkan bukunya vani sugiyono...

\[g=G\frac{M}{r^{2}}\]
dimana G itu nilainya = \[6,67\cdot 10^{-11}Nm^{2}/Kg^{2}\]

g = gravitasi,
m = massa
r= jari2 planet

smoga mnjawab..
^-^
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: semut-ireng pada Agustus 13, 2011, 07:40:25 AM
tanya teorinya siapa,  dikasih rumus,  duh,  gimana bisa belajar kalo caranya begini ? ;D
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Balya pada Agustus 13, 2011, 08:54:46 AM
nah itu yang saya ga tahu..
:D

tapi pastinya ada teori dong, kalau formula udah di bikin?
???
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Pi-One pada Agustus 13, 2011, 03:14:05 PM
http://www.mass-gravity.com/
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: semut-ireng pada Agustus 15, 2011, 12:21:42 PM
Kutip

Light Deviation

Every physicist is familiar with the observation of the light deflection by the sun made by Sir Arthur Eddington during a total solar eclipse in 1919. Here we simulate this phenomenon replacing spacetime elasticity by elasticity of an expanded polypropylene foam. A set of lines is drawn on the foam and a half-cylinder, acting as a closed volume, is placed under these lines.

As we see on this photo, lines are curved. We have exactly the same phenomenon in spacetime. Contrary to what we think, the light is not "attracted" by a mass, which is a nonsense, but follows convex geodesics of the spacetime curvature produced by closed volumes.


the authors show that no-one can seriously claim that light is really deflected by the Sun.

http://adsabs.harvard.edu/abs/1999PhyEs..12..162M 
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Balya pada Agustus 16, 2011, 12:54:52 AM
jadi yang mmbuat cahaya ter deflected apa?
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: semut-ireng pada Agustus 16, 2011, 01:19:40 AM
jadi yang mmbuat cahaya ter deflected apa?

Refraksi cahaya berdasarkan Hukum Snellius.  Penerapannya dalam Ilmu Bintang / Astronomi,  dikenal dengan istilah ' lengkungan sinar astronomis ' dan ' lengkungan sinar bumiawi ',  besarnya sudut kedua lengkungan itu tergantung pada lintang dan bujur pengamat,  waktu setempat, dan ketinggian pengamat.

Pembuktian yang dilakukan oleh Lord Eddington tidak bisa dibenarkan secara ilmiah,  karena mengabaikan faktor2 di atas.



Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: semut-ireng pada Agustus 18, 2011, 06:13:52 AM
Silakan perhatikan gambar dan penjelasan pembelokan cahaya di link dibawah ini :

http://www.einstein-website.de/z_kids/biographykids.html

Antara posisi sejati bintang ( True Position ) dengan posisi semu bintang ( Apparent Position ) membentuk suatu sudut,  dan hal itu dikatakan :  disebabkan karena cahaya dibelokkan oleh gravitasi matahari.

Gambar seperti di atas itu,  tanpa ada gambar bulatan mataharinya,  di ilmu astronomi  biasa digunakan untuk menjelaskan,  bahwa bintang2 di langit yang kita lihat sehari-hari pada waktu malam hari,  adalah posisi semu alias bukan posisi sebenarnya.   Baik kita melihatnya dengan mata telanjang,  maupun kita melihatnya menggunakan teleskop,  yang kita lihat adalah posisi semu bintang ( apparent position ).   Untuk mengetahui posisi sejatinya  ( true position ),  diperlukan perhitungan astronomis dengan menggunakan argumen2 :  Lintang dan Bujur pengamat,  Waktu setempat,  dan Ketinggian pengamat dari permukaan laut.

Saya sampaikan di posting sebelumnya,  bahwa pembuktian yang dilakukan oleh Arthur Eddington tidak bisa dibenarkan secara ilmiah,  alasannya  :

1.  Eddington memotret bintang dari lokasi yang berbeda Lintang dan Bujurnya,  pertama memotret dari kota Oxford di Inggris,  dan ke dua  memotret dari pulau Principe di sebelah Barat Afrika. 

2.  Ada beda waktu yang lama / beberapa bulan antara potret pertama yang lalu dibandingkan dengan potret kedua.

Berdasarkan keilmuan astronomi,  cara yang dilakukan oleh Eddington,  dan cara itu yang disarankan oleh Einstein ( ? ),  tidak bisa dibenarkan.   Semua benda2 angkasa di langit,  dalam peredaran hariannya,  setiap saat berubah kedudukannya.   Perubahan kedudukannya diamati dari posisi yang satu dibandingkan posisi lainnya,  akan berbeda walaupun diamati pada waktu / saat yang sama.  Berbeda pula bila diamati dari dua posisi yang ketinggiannya berbeda.   Lebih2 bila diamati dari dua posisi dengan selang waktu yang berbeda ..................

Semoga penjelasan tambahan ini bisa membantu.
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Sky pada Agustus 23, 2011, 03:07:41 AM
@semut-ireng
loh ko kita jadi melenceng topiknya.

Btw, Hukum gravitasi yang digunakan Balya (Hukum Gravitasi Klasik Newton), khusus digunakan untuk mekanika klasik (dimana benda yang diamati memiliki kecepatan yang tidak mendekati kecepatan cahaya).
Yang berarti, bisa digunakan untuk menghitung gravitasi bumi.

Sebenarnya, berbeda dengan cakram yang gepeng/pipih, bumi memiliki dimensi bola (lonjong). gaya gravitasinya juga beda jauh, dan perhitungan gaya (semu) sentrifugalnya juga berbeda (gaya sentrifugal di bumi biasa disebut gaya Coriolis).

Sedangkan tentang masalah yang di kutub, kita bisa bandingkan seperti:
Cakram yang kita putar (atau mungkin semacam Merry-go-round) memiliki kecepatan angular (asumsi saja):
1 putaran per 30 detik
Sedangkan bumi memiliki kecepatan angular (asumsikan saja) 1 putaran per 24 jam.
Dari sini saja ketahuan siapa yang lebih cepat, yaitu Cakram.

Sementara itu, besar gaya Coriolis sebanding dengan kuadrat kecepatan angular dan jarak benda tersebut ke sumbu rotasi.
Misal kita berdiri di atas merry-go-round yang berputar dengan frekuensi 30 detik dan kita berjarak 1 m dari pusat rotasi.
Misalkan lagi kita berdiri di atas bumi di khatulistiwa yang jaraknya kira-kira 6000 km dari pusat rotasi.

Selanjutnya, tinggal dibandingkan hasil kuadrat-kecepatan-angular dikali dengan jarak dari rotasi untuk melihat gaya coriolis mana yang lebih kuat. Tentu saja jika kita bandingkan dengan di kutub yang jaraknya lebih dekat dengan sumbu rotasi, maka gaya coriolis cakram akan "lebih terasa".
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Balya pada Agustus 23, 2011, 01:35:37 PM
gaya coriolis itu apa yah om sky?
minta bahan bacaannya dong..
kalau ada yang indo..
;D
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: ksatriabajuhitam pada Agustus 23, 2011, 08:24:41 PM
Kalau kita berdiri di atas cakram berputar, kita akan merasa terdorong keluar cakram kan?
itu gaya fiktif, yang "dimunculkan" agar hukum newton tetap berlaku di kerangka non-inersial (e.g. nongkrong di benda yang berotasi aka memiliki percepatan)

Lalu Kenapa tidak ada gaya radial menjauhi kutub untuk benda benda di daerah lingkar kutub akibat rotasi bumi?
ada, seperti kasus pertama di atas, itu berlaku juga.

Untuk daerah di dekat khatulistiwa gaya ini akan "dinetralkan" oleh gravitasi mengingat arahnya yg tepat berlawanan. Tapi bagaimana dg daerah sekitar kutub?
mungkin saya mengusulkan sebuah percobaan (sederhana) untuk memahami peristiwa ini.
ambil sebuat magnet, beri poros bermotor, sehingga magnet bisa berputar: ini menganalogikan bumi yang berputar dengan magnet sebagai pengganti gaya gravitasi.
tempelkan besi di sisi luar magnet. pastikan magnet cukup kuat menarik besi sehingga kita bisa mengabaikan efek berat besi (karena gravitasi real bumi).
nyalakan motor sehingga magnet berputar. mulai dari laju putaran kecil hingga besar.
perhatikan bahwa ketika laju putaran ditambah, pada laju tertentu besi akan melenceng lepas ke luar!

(kondisi ini mengindikasikan percepatan akibat gravitasi (dianalogikan oleh gaya magnet) tidak cukup untuk membuat benda berkecepatan tangensial tertentu untuk membentuk kurva lingkaran. atau dari sudut pandang benda di permukaan bumi (dianalogikan oleh besi yang menempel di magnet), gaya sentrifugal (gaya fiktif) terlalu besar untuk melawan gaya gravitasi, ada percepatan netto ke luar)
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: gema pada Agustus 25, 2011, 09:57:44 PM
Kutip
berdasarkan bukunya vani sugiyono...

\[g=G\frac{M}{r^{2}}\]
dimana G itu nilainya = \[6,67\cdot 10^{-11}Nm^{2}/Kg^{2}\]

g = gravitasi,
m = massa
r= jari2 planet


Itukan Hukum Gravitasi Universal Newton.
Rotasi Bumi bukan penyebab dari Gravitasi.2 Ilmuwan besar berdebat mengenai Gravitasi -- Newton dan Einstein.Newton berpendapat;Gravitasi ada karena interaksi benda bermassa.
Einstein berpendapat ;Gravitasi ada karena kelengkungan ruang dan waktu (geodesi) yg diciptakan benda bermassa.
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: ksatriabajuhitam pada Agustus 26, 2011, 08:50:47 PM
intermezzo:

(http://imgs.xkcd.com/comics/teaching_physics.png)

Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: semut-ireng pada Agustus 26, 2011, 09:04:08 PM
Itukan Hukum Gravitasi Universal Newton.
Rotasi Bumi bukan penyebab dari Gravitasi.2 Ilmuwan besar berdebat mengenai Gravitasi -- Newton dan Einstein.Newton berpendapat;Gravitasi ada karena interaksi benda bermassa.
Einstein berpendapat ;Gravitasi ada karena kelengkungan ruang dan waktu (geodesi) yg diciptakan benda bermassa.

contoh analogi yang tidak sesuai,  barangkali ;  gravitasi ada karena kelengkungan ruang-waktu yang diciptakan benda bermassa.

kelengkungan ruang-waktu,  jika ada,  itupun juga interaksi benda2 bermassa ( Newton ).

Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Balya pada Agustus 27, 2011, 12:41:06 AM
:D
mantep gambarnya...

tapi bener juga tuh..
:D

jadi gravitasi yang sebenarnya adalah..
???
*bingung...
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Pi-One pada Agustus 27, 2011, 02:23:05 AM
Bakal makin kacau, jika ada asbuner yang sok bantah teori ilmiah modal omong kosong...
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: semut-ireng pada Agustus 27, 2011, 10:23:46 AM
bakal makin kacau ? :D

sekarang ini sudah kacau  : :D :D

Kutip

 The Chaos of Modern Astronomy

            While immersed in a sea of astronomical data, modern astronomy is sinking into a mythological confusion that is comparable to the days of Galileo. Astronomers are certain that our universe was created as a singularity of infinite density and infinitesimal size, which exploded in a Big Bang 13.7 billion years ago. They claim to have proven that our universe contains a multitude of Black Holes, which are massive stars that have collapsed into singularities of infinitesimal size. A Black Hole is theoretically surrounded by an event horizon sphere from which light cannot escape, and all of the matter of the Black Hole is compressed into an infinitely dense singularity at the center of this sphere. Astronomers believe they have proven that our universe is filled with non-physical Dark Energy and Dark Matter, which contradict known physical laws.

            Astronomers use the Einstein General theory of Relativity as the scientific basis for these science-fiction  concepts.  :'(   However, Einstein absolutely rejected Big Bang and Black Hole singularities throughout his lifetime. He insisted that observational facts must be the foundation of any physical theory, including his General theory of Relativity. His scientific philosophy was absolutely opposed to non-physical concepts like Black Holes and Dark Energy. Scientists proclaiming this modern picture of the universe insist that they are following in Einstein’s footsteps, but they are actually attacking the scientific principles on which his life was based.


dan kalau ingin tahu betapa masih banyaknya problem yang belum terpecahkan di fisika modern,  baik problem teoritikal mapun eksperimental,  silakan tanya tante wiki :  List of unsolved problems in physics.
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Pi-One pada Agustus 27, 2011, 01:36:22 PM
Sumber si asbuner dari situs yang bahkan belum kelar, www.olduniverse.com ? ::)
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: semut-ireng pada Agustus 27, 2011, 09:30:34 PM
This is a list of some of the major unsolved problems in physics. Some of these problems are theoretical, meaning that existing theories seem incapable of explaining a certain observed phenomenon or experimental result. The others are experimental, meaning that there is a difficulty in creating an experiment to test a proposed theory or investigate a phenomenon in greater detail.

1 Theoretical problems

1.1 Quantum gravity, cosmology, and general relativity
1.2 High energy physics/Particle physics
1.3 Nuclear physics
1.4 Other problems

2 Empirical phenomena lacking clear scientific explanation
2.1 Cosmology
2.2 High energy physics/Particle physics
2.3 Astronomy and astrophysics
2.4 Condensed matter physics
2.5 Biological physics


http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_unsolved_problems_in_physics


General Relativity ??  Hukum Kosmik Kesinambungan Ruang-Waktu ??  Lord Arthur Eddington ?? Big Bang,  Black Hole,  Dark Matter,  Dark Energy,  Graviton,  Higgs partikel,  LHC  ??   :'( :'( :'( :'(

Astronomers use the Einstein General theory of Relativity as the scientific basis for these science-fiction  concepts................:'(
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Pi-One pada Agustus 28, 2011, 01:24:26 AM
Ada perbedaan antara belum terpecahkan dan fiksi.
Tapi yang namanya asbuner idiot emang gak tahu bedanya ::)
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Balya pada Agustus 28, 2011, 05:50:35 AM
1. mas p -one? gimana caranya membedakan antara situs yang udah sama yang belum kelar?

2. om semut, jadi fisika ini masih banyak yang belum 'kelar' ya?
jadi klau menentukan gejala alam kita harus ngikut fisika yang mana nih?
*dalam pemikiran saya gini.
dulu ada fisika klasik, sekarang ada fiska modern, nah dalam bayang saya, saya kira fisika klasik itu sudah tidak berlaku lagi jika ada gejala alam yang bisa dijelasakan oleh fisika modern..

jadi bingung nih, kalau mslkn kita ngeliat fenomena alam x, kita bkl ngrujuk teorinya siapa?
atau sudah ada pmbagiannya?
mislkn, astronmi dkk djlskn fis.mdern, gerak/kalor dkk dijlskn fisika klasik?
gitu ya?

Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Pi-One pada Agustus 28, 2011, 07:34:52 AM
1. mas p -one? gimana caranya membedakan antara situs yang udah sama yang belum kelar?
Lha, situs yang belum kelar mayoritas menu gak tersedia atau gak bisa diakses dan referensinya gak dikasih.

Saat ada perkembangan sains, bukan berarti sains lama diabaikan. Lihat konteksnya juga. Misal, bisa saja kita masih bisa menggunakan temuan klasik yang masih relevan. Tapi kalau bicara soal evolusi, kita bicara soal sintesa modern, bukan teori klasik Darwin.

Misal, mekanika klasik Newton masih bsia dipakai dalam konteks sehari-hari.
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Balya pada Agustus 28, 2011, 10:25:21 AM
Kutip
Misal, mekanika klasik Newton masih bsia dipakai dalam konteks sehari-hari.
nah ini dia yang sering saya lihat...
;D

terus gimana caranya membandingkan kalau ini musti makai fisika ini dan itu musti makai fisika itu?
*apa saya yang kurang ilmu ya mengenai ini, sehingga masih bingung dalam memahami fenomena alam...

kadang saya mikir gini juga...
"fisika klasik ini sesuai banget dengan yang ada dimata, semntara fisika modern, sepertinya cumaperlu imajinasi untuk memahaminya"
soalnya sampai sekarang saya belum bsa fhm sama fis modern sii..
;D
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

back to ROTASI...
:)
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: semut-ireng pada Agustus 28, 2011, 11:44:07 AM
Bakal makin kacau,  jika ada tukang klaim kosong yang sok saintis bawa-bawa sintesa modern,  ngerti gak dia '  metode ilmiah '  yang dikerjakan Eddington berkaitan dengan hipotesanya Einstein.   Bantah juga tidak.  Jelaskan juga tidak.  Yang dipersoalkan cuma soal istilah dan soal site,  tidak menyentuh substansi yang dikritisi.  :D

@Balya,  teori dengan dukungan eksperimen imajiner memang perlu imajinasi untuk memahaminya ..........
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Pi-One pada Agustus 28, 2011, 02:47:13 PM
nah ini dia yang sering saya lihat...
;D

terus gimana caranya membandingkan kalau ini musti makai fisika ini dan itu musti makai fisika itu?
*apa saya yang kurang ilmu ya mengenai ini, sehingga masih bingung dalam memahami fenomena alam...

kadang saya mikir gini juga...
"fisika klasik ini sesuai banget dengan yang ada dimata, semntara fisika modern, sepertinya cumaperlu imajinasi untuk memahaminya"
soalnya sampai sekarang saya belum bsa fhm sama fis modern sii..
;D
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

back to ROTASI...
:)
Gak papa kalau bingung, itu justru nunjukin kalau anda masih punya sisi kritis, yang justru diperlukan dalam sains. Pengalaman dan pemahaman diperlukan, sampai satu saat anda akan lebih paham, dan tentunya jangan ragu mencari informasi lebih dari 1 untuk perbandingan.

Plus, jangan sampai terhasut oleh asbuner :)

Misal, untuk kasus benda di sekitar kita, dengan kecepatan jauh dibandingkan kecepatan cahaya, banyak variabel yang bisa diabaikan karena nilainya terlalu kecil dan gak signifikan, sehingga mekanika klasik sudah cukup untuk itu.

Dan pembuktian relativitas khusus Einstein:
http://www.time.com/time/magazine/article/0,9171,828570-1,00.html
http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-1223853/Nasa-Fermi-telescope-uncovers-proof-Einsteins-space-time-theory.html
http://www.npr.org/2011/05/06/136057344/proof-that-einstein-got-it-right
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: semut-ireng pada Agustus 29, 2011, 12:28:14 PM
yang khusus dan dikatakan modern belakangan baru disadari oleh penemunya,  bahwa itu kesandung '  batu kuat klasik ',  maka dia menciptakan yang umum sebagai tandingan terhadap ' batu kuat klasik ' tersebut. ::)

tapi sayangnya,  yang umum itupun ternyata kesandung batu si kecil mungil kuantum ( si kuantum ini sama2 modeereen, loh,  hehehe ...)  ........keduanya,  khusus & umum menjadi blunder,  salah satu sumber dari masalah2 yang belum terpecahkan .................. ::) (  termasuk penyebab rotasi bumi ! ).

The First Test That Proves General Theory of Relativity Wrong

http://news.softpedia.com/news/The-First-Test-That-Proves-General-Theory-of-Relativity-Wrong-20259.shtml

kalo penerawangan saya cuma ke batas pembuktian yang dilakukan pada tahun 1919,  terang benderang kelirunya pembuktian itu...... :D

Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Pi-One pada Agustus 29, 2011, 12:47:50 PM
Dan bisakah si asbuner menjelaskan poin mana dari teorinya yang salah? Atau mau mengklaim keseluruhan teori relativitas umum salah?

Takkan ada ilmuwan yang akan mengklaim teori relativitas umum atau khusus mutlak benar, karena sains tak kenal kebenaran mutlak.
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: semut-ireng pada Agustus 29, 2011, 01:06:32 PM
yang saya ketahui salah cuma dua saja,  mungkin ada yang lain saya belum tahu :

- kecepatan cahaya konstan ( TRK ).  ..............pelajari percobaan Sagnac / 1914.   

- pembelokan cahaya melewati medan gravitasi benda masif ( TRU ).
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Pi-One pada Agustus 29, 2011, 01:15:26 PM
yang saya ketahui salah cuma dua saja,  mungkin ada yang lain saya belum tahu :

- kecepatan cahaya konstan ( TRK ).  ..............pelajari percobaan Sagnac / 1914.   

- pembelokan cahaya melewati medan gravitasi benda masif ( TRU ).
Bah, sudah bawa link artikel baru, ternyata yang dibahas malah kaset soak. Sudah dikaish link pembuktian yang lebih baru, masih modal artikel antik satu abad silam...
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: semut-ireng pada Agustus 29, 2011, 01:34:40 PM
gak salah Stephen Hawking bilang,  teori relativitas itu teori klasik ............. ::) :D
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Farabi pada Agustus 29, 2011, 10:35:02 PM
Yang jelas gravitasi bukan medan magnet. Jadi ini ada keajaiban lainnya yang kita belum paham?
Dari buku yang saya tahu katanya sih akibat dari inti bumi, yang mengeluarkan lahar, tapi katanya sih. Saya coba cari tahu lagi.
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Pi-One pada Agustus 30, 2011, 01:19:00 AM
Sekali lagi, gravitasi itu tekait dengan massa, bukan dengan lahar atau apalah. Sejatinya misal kamu punya dua pulpen di atas meja, itu juga masing-masing memiliki gravitasi sendiri. Lalu kenapa keduanya gak saling lengket ala magnet? Karena gaya yang mereka hasilkan gak sebanding dengan gaya gravitasi bumi.
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Pi-One pada Agustus 30, 2011, 01:19:41 AM
gak salah Stephen Hawking bilang,  teori relativitas itu teori klasik ............. ::) :D
Gak salah. Dan gak salah juga bilang teori Newton itu teori antik :)
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: semut-ireng pada Agustus 30, 2011, 05:46:13 AM
Dan gak salah Stephen Hawking bilang juga,  teori relativitas umum harus diganti dengan teori yang lebih lengkap,  karena teori itu tidak memperhitungkan struktur materi berskala kecil, yang diatur oleh teori kuantum.  ::) :D

Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Balya pada Agustus 30, 2011, 08:58:28 AM
tapi mungkin perlu waktu yang lama untuk mengganti teorinya...
???
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: semut-ireng pada Agustus 30, 2011, 01:49:50 PM

tapi mungkin perlu waktu yang lama untuk mengganti teorinya...
???


mengganti teori gravitasi terkait dengan massa,  sesuai yang dimaksud dalam posting :


http://www.mass-gravity.com/


 :D
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Balya pada Agustus 30, 2011, 11:37:02 PM
eh?
tapi om semut...

bukannya newton juga menteorikan klo gravitasi tarik mnrik antra dua benda yng memilki massa...

tpi berdasarkan yang situs diatas si,,,
ada tmbhn juga, mengenai ruang waktu yng ngsih tekanan ke bnda ber volume trtutup..

???
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Pi-One pada Agustus 31, 2011, 02:36:12 AM
Gak ada yang salah dengan mengganti satu teori dengan teori yang lebih lengkap. Karena itulah cara kerja sains. Sains gak dogmatis, sains inamis.

Tapi jika ada yang koar-koar satu teori salah tapi gak tahu salahnya di mana, itu sama saja minta pantatnya ditendang...
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: semut-ireng pada September 02, 2011, 02:12:15 AM
Kesinambungan ruang-waktu ?? ???  Kayaknya bakal kembali ke konsepnya Newton ....... :o

http://www.scientificamerican.com/article.cfm?id=splitting-time-from-space
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Pi-One pada September 04, 2011, 03:43:39 AM
Kesinambungan ruang-waktu ?? ???  Kayaknya bakal kembali ke konsepnya Newton ....... :o

http://www.scientificamerican.com/article.cfm?id=splitting-time-from-space
Maybe yes, maybe no.

And it has nothing to do with gravity nor earth rotation...
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: semut-ireng pada September 12, 2011, 12:06:12 AM
Nature and nature's laws lay hid in night;
God said "Let Newton be" and all was light.

( Alexander Pope )
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Pi-Man pada September 12, 2011, 01:23:24 AM
Human always claim that God says this, God says that, even when God say nothing...
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Balya pada September 21, 2011, 10:54:07 AM
but unfortunately god always say something with HIS mighty which human can not predict this
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Pi-Man pada September 22, 2011, 03:44:42 PM
but unfortunately god always say something with HIS mighty which human can not predict this
Unfortunately, there's no proof that God said something, human is the one who claimed that...
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada September 23, 2011, 06:54:08 AM
Sekali lagi, gravitasi itu tekait dengan massa, bukan dengan lahar atau apalah. Sejatinya misal kamu punya dua pulpen di atas meja, itu juga masing-masing memiliki gravitasi sendiri. Lalu kenapa keduanya gak saling lengket ala magnet? Karena gaya yang mereka hasilkan gak sebanding dengan gaya gravitasi bumi.

Ng? Brarti artinya tiap benda punya gaya tarik? Tapi koq aq belum pernah liat yg selain magnet, atau yg berhubungan dg listrik ya? Atau semacem kalo' kita misahin lembaran2 kertas yg rasanya agak lengket gitu? Itu juga gravitasi kah?

*OOT dikit... Pi-One sama Pi-Man ini apakah orang yg sama? Koq gaya ngomongnya sama...  ???
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Pi-One pada September 23, 2011, 07:09:53 AM
Ng? Brarti artinya tiap benda punya gaya tarik? Tapi koq aq belum pernah liat yg selain magnet, atau yg berhubungan dg listrik ya? Atau semacem kalo' kita misahin lembaran2 kertas yg rasanya agak lengket gitu? Itu juga gravitasi kah?
Ya, tiap benda punya 'daya tarik'. Tapi karena umumnya massa tiap benda relatif kecil, jadi hampir tak terasa. Apalagi jika dibandingkan dengan gaya tarik bumi.
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Balya pada September 25, 2011, 12:01:31 AM
Unfortunately, there's no proof that God said something, human is the one who claimed that...
with HIS mighty,  i said.
:)
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Pi-One pada September 25, 2011, 01:40:21 AM
with HIS mighty,  i said.
:)
Just another calim...
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Balya pada September 29, 2011, 06:17:53 AM
Just another calim...
untuk orang yang tidak pernah merasakan bahwa tuhan itu selalu berkata ini dan itu (mnnjukan kkuasaNYA) dari segala pengalaman hidupnya...
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Pi-One pada September 29, 2011, 07:29:18 AM
untuk orang yang tidak pernah merasakan bahwa tuhan itu selalu berkata ini dan itu (mnnjukan kkuasaNYA) dari segala pengalaman hidupnya...
Dan anda kira ini bisa menjadi pembenaran atas klaim anda?

Cukup sudah pembicaraan banteng sialannya, tolong balik ke topik...
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Balya pada Oktober 01, 2011, 11:35:55 AM
okeee...
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: rafek pada Oktober 01, 2011, 01:19:31 PM
Kalau ga salah, gaya gravitasi sangat kecil nilainya jika dibandingkan dengan gaya listrik(gaya coulomb). Yang ingin saya tanyakan, apakah benar bahwa kita tidak merasakan gravitasi dalam keseharian kita, selain gerak jatuh bebas? Dan untuk contohnya, yg kita rasakan ketika kaki kita menyentuh lantai adalah gaya listrik (referensi, Buku kartun fisika, Art Huffman & Larry Gonnick)




Btw, sori oot, jadi ikutan penasaran, apa hubungan Pi-One dan Pi-Man?
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Balya pada Oktober 03, 2011, 09:09:47 AM
maksudnya gaya listrik...

yang saya tahu kalau kaki nyentuh tanah dan kita diam yang berperan itu = gravitasi, aksi-reaksi, gesek-gaya semu....
Judul: Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
Ditulis oleh: Anton_Soepriyanto pada Oktober 04, 2011, 08:55:22 AM
maksudnya gaya listrik...

yang saya tahu kalau kaki nyentuh tanah dan kita diam yang berperan itu = gravitasi, aksi-reaksi, gesek-gaya semu....

Katanya gaya gesek itu pada dasarnya gaya elektromagnet dari elektron2  permukaan yg kontak