Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Mei 16, 2021, 04:38:14 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139631
  • Total Topik: 10391
  • Online Today: 85
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 41
Total: 41

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Reaktor Nuklir untuk Tenaga Listrik  (Dibaca 47844 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.809
  • IQ: 11
Re: Reaktor Nuklir untuk Tenaga Listrik
« Jawab #75 pada: Juli 15, 2010, 11:17:18 PM »
siap pak THL !  mohon penjelasannya AP 1000,  kayaknya menarik sekali ...........

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.585
  • IQ: 59
  • Gender: Pria
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re: Reaktor Nuklir untuk Tenaga Listrik
« Jawab #76 pada: Juli 16, 2010, 10:09:23 PM »
siap pak THL !  mohon penjelasannya AP 1000,  kayaknya menarik sekali ...........

A new reactor has already been designed by Westinghouse, called the AP1000. This new reactor is cooled by air flow around the containment vessel allowing warm air to rise, thus cooling the reactor vessel. Also, cooling the reactor requires less effort from operators because the containment vessel has the ability to be examined from the outside, making any corrosion easily visible.

The AP1000 is the type of plant Westinghouse plans to build in Georgia, since they're building a plant just like it in China. Areva, a French public multinational industrial conglomerate known for nuclear power, on the other hand, prefers to alter traditional light water reactors with a European Pressurized Reactor, which uses pressurized water to move the heat from the reactor vessel to the steam generator. This design can be seen in the U.S. and Western Europe.
HouwLiong

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Reaktor Nuklir untuk Tenaga Listrik
« Jawab #77 pada: Juli 18, 2010, 04:12:06 PM »
siap pak THL !  mohon penjelasannya AP 1000,  kayaknya menarik sekali ...........

A new reactor has already been designed by Westinghouse, called the AP1000. This new reactor is cooled by air flow around the containment vessel allowing warm air to rise, thus cooling the reactor vessel. Also, cooling the reactor requires less effort from operators because the containment vessel has the ability to be examined from the outside, making any corrosion easily visible.

The AP1000 is the type of plant Westinghouse plans to build in Georgia, since they're building a plant just like it in China. Areva, a French public multinational industrial conglomerate known for nuclear power, on the other hand, prefers to alter traditional light water reactors with a European Pressurized Reactor, which uses pressurized water to move the heat from the reactor vessel to the steam generator. This design can be seen in the U.S. and Western Europe.

Lingnya sekalian pak THL. Jadi pengen tahu nih.

Offline ir_lupy

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 1
  • Gender: Wanita
Re: Reaktor Nuklir untuk Tenaga Listrik
« Jawab #78 pada: Juli 19, 2010, 02:04:07 PM »
bakal makin seru nih !

ayo mas lupy dilanjut aja penjelasannya,  kalo limbah bisa diolah menjadi bahan bakar lagi ........pengolahan limbahnya bisa dikerja-samakan dengan negara tetangga terdekat,  bangun PLTN-nya di perbatasan .....

aduuhh saya bukan mas mas!!hehehee

ya yg pernah saya baca dan seinget saya, ad yg namany daur bahan bakar nuklir (uranium)
jadi ketika uranium yg mengandung U235 dan U238 ditembakkan dengan neutron dan mengalami reaksi fisi maka untuk U238 akan menghasilkan Pu239.
Pu239 ini memiliki persamaan dengan U235 yang merupakan bahan fisil yg mampu membelah, sehingga bisa digunakan kembali sebagai bahan bakar nuklir.
Dengan demikian, bahan bakar bekas tidak sepenuhnya merupakan limbah radioaktif, melainkan masih mengandung bahan yang dapat dimanfaatkan kembali menjadi bahan bakar nuklir melalui proses pengolahan ulang (reprocessing).
Dalam hal ini dikenal dua metode dalam penggunaan bahan bakar nuklir secara siklus. Yaitu siklus/daur terbuka dan tertutup,,

so, limbahny aman kaann??:)

Offline MuchlisDaud

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
Re: Reaktor Nuklir untuk Tenaga Listrik
« Jawab #79 pada: Juli 19, 2010, 02:12:19 PM »
jadi ketika uranium yg mengandung U235 dan U238 ditembakkan dengan neutron dan mengalami reaksi fisi maka untuk U238 akan menghasilkan Pu239.
Pu239 ini memiliki persamaan dengan U235 yang merupakan bahan fisil yg mampu membelah, sehingga bisa digunakan kembali sebagai bahan bakar nuklir.
Dengan demikian, bahan bakar bekas tidak sepenuhnya merupakan limbah radioaktif, melainkan masih mengandung bahan yang dapat dimanfaatkan kembali menjadi bahan bakar nuklir melalui proses pengolahan ulang (reprocessing).
Dalam hal ini dikenal dua metode dalam penggunaan bahan bakar nuklir secara siklus. Yaitu siklus/daur terbuka dan tertutup,,

iya,,saya stuju dgn sista ir_lupy
meski saya ga bljar di nuklir,, tapi mnurut pacar sya yg konsen bljar dsni,,sya jg bnyak tau
mngenai limbah nuklir yg msih bs dilakukan pemnfaatan lebih,,
mlalui proses yg persis djelaskan sista ir_lupy :)
"...Be Active and Creative..."

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Reaktor Nuklir untuk Tenaga Listrik
« Jawab #80 pada: Juli 19, 2010, 10:27:52 PM »
U238->Pu239

Lalu Pu239->?

Bisa tolong jelaskan? Termasuk pemanfaatan sampah dari sisa reaksi fisi Pu239 ini

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.585
  • IQ: 59
  • Gender: Pria
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re: Reaktor Nuklir untuk Tenaga Listrik
« Jawab #81 pada: Juli 19, 2010, 11:31:29 PM »
siap pak THL !  mohon penjelasannya AP 1000,  kayaknya menarik sekali ...........

A new reactor has already been designed by Westinghouse, called the AP1000. This new reactor is cooled by air flow around the containment vessel allowing warm air to rise, thus cooling the reactor vessel. Also, cooling the reactor requires less effort from operators because the containment vessel has the ability to be examined from the outside, making any corrosion easily visible.

The AP1000 is the type of plant Westinghouse plans to build in Georgia, since they're building a plant just like it in China. Areva, a French public multinational industrial conglomerate known for nuclear power, on the other hand, prefers to alter traditional light water reactors with a European Pressurized Reactor, which uses pressurized water to move the heat from the reactor vessel to the steam generator. This design can be seen in the U.S. and Western Europe.

Lingnya sekalian pak THL. Jadi pengen tahu nih.

http://www.ap1000.westinghousenuclear.com/ap1000_glance.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Generation_III_reactor
« Edit Terakhir: Juli 19, 2010, 11:47:33 PM oleh The Houw Liong »

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Reaktor Nuklir untuk Tenaga Listrik
« Jawab #82 pada: Juli 22, 2010, 06:45:42 PM »
Ya udah Phi, kalau ente cerdas, proyek apa yg sedang dibangun, atau setidaknya udah ada gambara. Tapi jangan pembangkit energy yg melawan hukum termodinamika yah :D. Asli, kesian otak Anda, beneran. :D.


Goblok kok dipiara... kapan juga aku bikin pembangkit listrik yangmelawan hukum termodinamika? Tambah parah lagi. Tempo hari nuduh melawan hukum kekekalan energi, sekarnag melawan hukum termodinamika. Aku bahkan ragu apa anda tahu soal hukum termodinamika.

Waktu aku bicara konsep pembangkit listrik yang menghasilkan energi listrik dengan memanfaatkan gravitasi dan dinamo, itu bukan bicara konsep buatanku. tapi satu konsepyang sudah pernah diwujudkan pihak lain. Dan itu gak melanggar hukum alam manapun.

Upgrade dulu deh otak anda...

(baru nyadar ada postingan ini) Kamu yang goblok Phi-one. Hukum kekekalan energi tuh hukum I Termodinamika. Goblok banget ente kalau gak tahu itu.

Sok pake nyela aku gak tahu hukum Termodinamika lagi. Dasar goblok sok ngaku pinter loh.
« Edit Terakhir: Juli 22, 2010, 07:28:14 PM oleh Mat Dillom »

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.809
  • IQ: 11
Re: Reaktor Nuklir untuk Tenaga Listrik
« Jawab #83 pada: Juli 22, 2010, 08:45:33 PM »
saya melihatnya sih ngelesologi-nya yang sudah dalem banget ...............kelihatan juga kok dari cara penalarannya yang muter,  melompat,  muter lagi,  melompat lagi ...........persis kayak katak gitu loh ! :D

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Reaktor Nuklir untuk Tenaga Listrik
« Jawab #84 pada: Juli 23, 2010, 03:11:46 AM »
Goblok kok dipiara... kapan juga aku bikin pembangkit listrik yang melawan hukum termodinamika?

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Reaktor Nuklir untuk Tenaga Listrik
« Jawab #85 pada: Juli 23, 2010, 03:51:19 AM »
Goblok kok dipiara... kapan juga aku bikin pembangkit listrik yang melawan hukum termodinamika?

Ente udah ketahuan tolol gak tahu hukum kekekalan energi itu Hukum Termodinamika I. Malu yah?.

Offline andrielek

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 27
  • IQ: 5
  • Gender: Pria
Re: Reaktor Nuklir untuk Tenaga Listrik
« Jawab #86 pada: Juli 23, 2010, 07:30:10 AM »
Mohon maaf saya orang baru ni.......
tp dr tadi kok ada yang saling menyerang ya.......
bagaimana kalau kita kembali ke pokok pembahasannya.....
masalah PLTN, saya juga sangat tertarik. karena dengan bahan yang sedikit mampu membangkitkan energi yang besar. pada kajian PLTN ini, tdk bisa hanya dikaji masalah banyaknya bahan, teknologi dan SDMnya saja. tapi ada sisi lain yang harus dikaji. Di Indonesia, banyak sekali jalur gempa dan itu juga harus dipertimbangkan. untuk di jepang dan korea, mereka telah membuat bangunan untuk reaktor nuklir yang mampu meredam gempa.

untuk pengolahan limbah niklir, kemaren batan baru saja mengadakan workshop. tapi kuotanya terbatas. mungkin ada yang ikut dan bisa berbagi dengan yang lain.

terimakasih.

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Reaktor Nuklir untuk Tenaga Listrik
« Jawab #87 pada: Juli 23, 2010, 08:24:48 AM »
...gak tahu hukum kekekalan energi itu Hukum Termodinamika I.
Eh? Masa sih? Bukannya Hukum Termodinamika I itu yang Q=W + (delta)U?
Bisa dijelasin kok bisa jadi hukum kekekalan energi?
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Reaktor Nuklir untuk Tenaga Listrik
« Jawab #88 pada: Juli 23, 2010, 10:30:38 AM »
Eh? Masa sih? Bukannya Hukum Termodinamika I itu yang Q=W + (delta)U?
Bisa dijelasin kok bisa jadi hukum kekekalan energi?
Hukum 1 trmodinamika memang berhubungan dengan hukum kekekalan energi, khususnya energi kalor.

@andrielek
Si matt asbun bin semut_asbun sepertinya punya 'dendam' sama aku, sampai-sampai nuduh (atau aku mesti bilangn fitnah?) bahwa aku membantah hukum kekekalan energi, atau aku bikin pembangkit listrik yang membantah hukum kekekalan energi. Padahal dulu jelas-jelas aku membantah si karno gendengtono yang sok membantah hukum kekekalan energi tadi...

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Reaktor Nuklir untuk Tenaga Listrik
« Jawab #89 pada: Juli 24, 2010, 01:01:12 AM »
Hukum 1 trmodinamika memang berhubungan dengan hukum kekekalan energi, khususnya energi kalor.
Kok berhubungan? Kata MD, Hk. Kekekalan Energi = Hk. Termodinamika I, bukan Hk. Kekekalan energi berhubungan dengan Hk. Termodinamika I jika dilihat dari post:
...hukum kekekalan energi itu Hukum Termodinamika I...

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
6 Jawaban
10915 Dilihat
Tulisan terakhir September 17, 2011, 01:35:29 PM
oleh Izat_Faraday
57 Jawaban
32252 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 25, 2011, 02:55:18 AM
oleh topazo
2 Jawaban
3928 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 22, 2011, 08:08:18 AM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
3915 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 26, 2011, 11:28:08 PM
oleh rawWARus
5 Jawaban
5769 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 16, 2012, 07:10:35 AM
oleh exile_rstd