Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Mei 16, 2021, 06:40:26 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139631
  • Total Topik: 10391
  • Online Today: 50
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 37
Total: 37

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Reaktor Nuklir untuk Tenaga Listrik  (Dibaca 47822 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Reaktor Nuklir untuk Tenaga Listrik
« Jawab #90 pada: Juli 24, 2010, 02:09:37 AM »
Kok berhubungan? Kata MD, Hk. Kekekalan Energi = Hk. Termodinamika I, bukan Hk. Kekekalan energi berhubungan dengan Hk. Termodinamika I jika dilihat dari post:
Kasarnya Hukum I termodinamika adalah hukum kekekalan energi dalam suatu sistem termodinamika tertutup

Offline cakpredi

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 45
  • IQ: 0
Re: Reaktor Nuklir untuk Tenaga Listrik
« Jawab #91 pada: Februari 24, 2011, 04:52:31 AM »

Takut meledak?. Rasanya jauh untuk meledak dan mengenai masyarakat. Karena ledakannya tidak akan sebesar bom Hirosima dan Nagasaki serta Chernobil. Karena kita tidak memerlukan reactor nuklir yang besar untuk seperti yang dimiliki negara maju. Tapi kita butuh reactor nuklir yang kecil-kecil yang tersebar merata diseluruh negeri. Hingga manfaatnya dapat dirasakan secara merata pula dalam waktu yang cukup lama.
yg meleduk bukan bahan bakar uraniumnya kan ?? tp setau saya ketel uapnya (yg di chernobyl) jd itukan mslh konstruksi saja....Go Nuclear go

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: Reaktor Nuklir untuk Tenaga Listrik
« Jawab #92 pada: Februari 25, 2011, 09:27:51 PM »
Kalo memang benar2x aman sih silahkan saja.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • (belum ada isinya)
Re: Reaktor Nuklir untuk Tenaga Listrik
« Jawab #93 pada: Februari 26, 2011, 03:16:25 PM »
Eh, ngomong2 saya mau nanya nih, kalo agak OOT maaf... Sebetulnya PLTN itu mirip sama PLTU kan? bedanya manasin air sampe jadi uapnya pake panas dari reaksi fisi, bukan dari batubara seperti di PLTU...
Gitu bukan sih?...

Kalo memang gitu, kenapa susah2 nuklir... Kayaknya geothermal lebih murah deh masangnya, tersedia banyak banget lagi di Indonesia, potensinya sampai 27 Gigawatt lo...
BSJS...
« Edit Terakhir: Februari 26, 2011, 03:29:51 PM oleh topazo »
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Reaktor Nuklir untuk Tenaga Listrik
« Jawab #94 pada: Februari 27, 2011, 07:15:46 AM »
Kalo memang gitu, kenapa susah2 nuklir... Kayaknya geothermal lebih murah deh masangnya, tersedia banyak banget lagi di Indonesia, potensinya sampai 27 Gigawatt lo...
BSJS...
Bisa ngasih data, daerah mana saja yang menyediakan energi geotermal di Indonesia? Apa tersebar di seluruh wilayah? Misal Kalimantan, areamana yang punya persediaan?

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • (belum ada isinya)
Re: Reaktor Nuklir untuk Tenaga Listrik
« Jawab #95 pada: Februari 27, 2011, 08:48:58 AM »
Nanti jadi OOT... Tapi gak apa2lah... saya dapat data jadul (2004an)...
Kalo mau bahas2 geothermal, mending kita buat thread baru...
(Tapi jujur, saya juga bukan ahlinya...)


Kalo diliat, Kalimantan n Papua memang dikit potensinya, tapi kalau sistem penyaluran dan manajemen listrik kita baik, ini bukanlah masalah... Yang penting, 2 pulau utama Indonesia (Jawa-Sumatra) kelimpahannya banyak banget... (Solusi instan, karena kebutuhan listrik Jawa-Sumatra kan salah dua yang terbesar...)

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • (belum ada isinya)
Re: Reaktor Nuklir untuk Tenaga Listrik
« Jawab #96 pada: Maret 03, 2011, 02:36:34 AM »
Ngomong2, saya jadi penasaran, PLTN selain memanfaatkan fisi nuklir untuk membuat uap air dan menggerakan turbin, Nuklir bisa diubah menjadi listrik dengan cara apa lagi ya? soalnya "kalau" Fusi dingin ditemukan, kan gak bisa lagi manasin ketel pake nuklir, jadi listriknya dari mana donk...

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Reaktor Nuklir untuk Tenaga Listrik
« Jawab #97 pada: Maret 03, 2011, 09:39:52 AM »
Hm, lalu kira-kira nilai investasi untuk pembangkit tenaga panas bumi ini berapa perbandingannya dengan pembangkit listrik lain? Kalau mengabaikan nilai investasi, sekalian aja pakai PLTS...

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • (belum ada isinya)
Re: Reaktor Nuklir untuk Tenaga Listrik
« Jawab #98 pada: Maret 03, 2011, 01:48:26 PM »
Kalau saya nebak sih, nuklir bakal gede investasi di awalnya, tapi santai ke belakangnya...

Geothermal investasinya lebih rendah dari nuklir untuk awal, tapi nanti maintenencenya agak repot, dan juga energi yang dihasilkan jauh lebih kecil dari nuklir...

PLTS kalo gak salah investasi awalnya lebih tinggi dari panas bumi, dan juga ternyata Indonesia katanya paparan mataharinya kurang optimal kecuali di daerah selatan-timur (Nusa Tenggara dkk...)
BSJS...

Mungkin ada baiknya dibuat thread baru tentang perbandingan pembangkit listrik dan mana yang paling cocok di Indonesia... Saya belum mau buat karena belum berani (belum mendalami masalah ginian), tapi kalo ada yang tertarik silakan...

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: Reaktor Nuklir untuk Tenaga Listrik
« Jawab #99 pada: Maret 07, 2011, 12:54:01 AM »
Saya pernah ke dieng, disana ada pembangkit geothermal.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
6 Jawaban
10914 Dilihat
Tulisan terakhir September 17, 2011, 01:35:29 PM
oleh Izat_Faraday
57 Jawaban
32251 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 25, 2011, 02:55:18 AM
oleh topazo
2 Jawaban
3927 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 22, 2011, 08:08:18 AM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
3915 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 26, 2011, 11:28:08 PM
oleh rawWARus
5 Jawaban
5768 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 16, 2012, 07:10:35 AM
oleh exile_rstd