Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

September 28, 2022, 08:41:37 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 33
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 21
Total: 21

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Salah Satu Pertanyaan Fisika Terbesar dalam Hidupku!!!

Dimulai oleh Karno Giyantono, November 14, 2009, 10:11:13 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Karno Giyantono

Kenapa?????
1. magnet bisa menarik besi atau magnet lain?
2. magnet bisa mendorong benda lain atau magnet lain?
3. gravitasi bisa menarik massa?

benarkah jawaban ku ini???

misalkan saya mendorong meja atau menarik meja pasti dengan sangat jelas dan nyata saya menyentuh meja itu, namun kenapa????? magnet dan gravitasi bisa menarik atau mendorong tanpa bersentuhan??????????? dan tenaga atau gaya yah tidak pernah habis-habis atau kekal?????

salah satunya jawaban yang nalar di pikiran ku adalah mungkinkah sebenernya ia bersentuhan tetapi karena sangat kecilnya tidak bisa di lihat atau tidak bisa terdeteksi? mungkin di alam ada partikel yang lebih kecil dari atom, elektron atau neutron dan proton ataupun "myu", tetapi bagaimana partikel sangat kecil ini bisa menarik atau mendorong benda lain yg lebih besar.

jawaban lainnya mungkin kah ilmu kita masih sangat kecil dibandingkan ilmu Tuhan yg maha kuasa?

ingin ku meneliti hal ini kelak suatu saat nanti, satu-satu dulu...
"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

[move]caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

Pi-One

.......

Pertanyaanku:
Apa Pak Karno ini memang benar-benar paham fisika?

Karno Giyantono

"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

[move]caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

Pi-One

Kutip dari: Karno Giyantono pada November 14, 2009, 10:42:32 AM
tau deh...

mungkin iya mungkin juga tidak...
Hm, sepertinya yang kedua.

Ok, I'm outta here. Gak ilmiah sih...

Karno Giyantono

aduhhh!!!

pi-one gmn bisa jawab gak??? secara ilmiah? jgn malah ngeledek donk.... oke???
"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

[move]caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

ksatriabajuhitam

bisa dimulai dari link-link berikut:
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.


long long story... yang akhirnya merangkum interaksi-interaksi di alam menjadi 4 interaksi fundamental,

Kutip dari: Karno Giyantono pada November 14, 2009, 10:11:13 AM
Kenapa?????
1. magnet bisa menarik besi atau magnet lain?
2. magnet bisa mendorong benda lain atau magnet lain?
...
--> interaksi electromagnetic

Kutip dari: Karno Giyantono pada November 14, 2009, 10:11:13 AM
...
3. gravitasi bisa menarik massa?
...
--> interaksi gravitation

Kutip dari: Karno Giyantono pada November 14, 2009, 10:11:13 AM
...
misalkan saya mendorong meja atau menarik meja pasti dengan sangat jelas dan nyata saya menyentuh meja itu, namun kenapa?????
...
--> interaksi electromagnetic

Kutip dari: Karno Giyantono pada November 14, 2009, 10:11:13 AM
...
magnet dan gravitasi bisa menarik atau mendorong tanpa bersentuhan???????????
...
interaksi fundamental "bersentuhan" menggunakan partikel mediator, silakan refer ke link di atas
(saya menangkap sepertinya "bersentuhan" yg Anda maksud hanyalah terminologi biologis manusia)

Kutip dari: Karno Giyantono pada November 14, 2009, 10:11:13 AM
...
dan tenaga atau gaya yah tidak pernah habis-habis atau kekal?????
...
ga ngerti maksudnya apa

Kutip dari: Karno Giyantono pada November 14, 2009, 10:11:13 AM
...
salah satunya jawaban yang nalar di pikiran ku adalah mungkinkah sebenernya ia bersentuhan tetapi karena sangat kecilnya tidak bisa di lihat atau tidak bisa terdeteksi? mungkin di alam ada partikel yang lebih kecil dari atom, elektron atau neutron dan proton ataupun "myu", tetapi bagaimana partikel sangat kecil ini bisa menarik atau mendorong benda lain yg lebih besar.
...
silakan refer ke link di atas, model yang digunakan saat ini memang menggunakan partikel mediator, walau belum semuanya berhasil dideteksi

[momod ON]
@TS: tolong konfirmasi apakah ini pembahasan interaksi fundamental? kalau iya, judulnya bisa diubah biar lebih relevan
[momod OFF]

lanjut, om...
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

ksatriabajuhitam

not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Karno Giyantono

#7
payah ah....

oke up to u men......... bos
"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

[move]caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

parmin

Kutip dari: Karno Giyantono pada November 14, 2009, 10:11:13 AM
Kenapa?????
1. magnet bisa menarik besi atau magnet lain?
2. magnet bisa mendorong benda lain atau magnet lain?
3. gravitasi bisa menarik massa?

benarkah jawaban ku ini???

misalkan saya mendorong meja atau menarik meja pasti dengan sangat jelas dan nyata saya menyentuh meja itu, namun kenapa????? magnet dan gravitasi bisa menarik atau mendorong tanpa bersentuhan??????????? dan tenaga atau gaya yah tidak pernah habis-habis atau kekal?????

salah satunya jawaban yang nalar di pikiran ku adalah mungkinkah sebenernya ia bersentuhan tetapi karena sangat kecilnya tidak bisa di lihat atau tidak bisa terdeteksi? mungkin di alam ada partikel yang lebih kecil dari atom, elektron atau neutron dan proton ataupun "myu", tetapi bagaimana partikel sangat kecil ini bisa menarik atau mendorong benda lain yg lebih besar.

jawaban lainnya mungkin kah ilmu kita masih sangat kecil dibandingkan ilmu Tuhan yg maha kuasa?

ingin ku meneliti hal ini kelak suatu saat nanti, satu-satu dulu...
pertanyaanku juga sama ama om karno ga pake rano,dan jawabannya secara ilmiah belum jelas,masih ngambang gitu deh sebatas teori.
[

Karno Giyantono

mantab ternyata ada juga toh yg mikir sama aku...

yuk kita pikirkan rame-rame kenapa ini yah?
"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

[move]caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

parmin

 ^
^ klo mikirnya rame rame khan jadi enteng hik hik hik
[

Karno Giyantono

yoi kira kira gimana yah, kalo kita kan secara nalar kalo cuma mendorong kan tak perlu mencengkram, tapi kalo menarik perlu mencengkram.

dan tenaga atau energi gravitasi untuk menarik benda yg bermassa kok gak habis-habis...

kalo kita kan menarik orang pasti lama-lama perlu di charge lagi kan, tapi kalo gravitasi mencharge juga kah??? bgm???
"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

[move]caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

sisca, chemistry

[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Karno Giyantono

medan magnet tuh apa yah?

materi atau gelombang?


waduh malah jd ada pertanyaan lg nh... mantaaabbbb

trus gelombang itu kok bisa berinteraksi dengan materi yah?

jadi di dunia ini ada dua hal yaitu materi dan non materi
"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

[move]caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

sisca, chemistry

gelombang kayaknya om..

gelombang menubruk materi yg kerapatannya lbh rapat mungkin om..?
hihihi~

serba kemungkinan...

iyah ga yach...?
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]