Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

November 29, 2021, 06:11:24 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 33
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 21
Total: 21

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Salah Satu Pertanyaan Fisika Terbesar dalam Hidupku!!!  (Dibaca 21464 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
Salah Satu Pertanyaan Fisika Terbesar dalam Hidupku!!!
« pada: November 15, 2009, 01:11:13 AM »
Kenapa?????
1. magnet bisa menarik besi atau magnet lain?
2. magnet bisa mendorong benda lain atau magnet lain?
3. gravitasi bisa menarik massa?

benarkah jawaban ku ini???

misalkan saya mendorong meja atau menarik meja pasti dengan sangat jelas dan nyata saya menyentuh meja itu, namun kenapa????? magnet dan gravitasi bisa menarik atau mendorong tanpa bersentuhan??????????? dan tenaga atau gaya yah tidak pernah habis-habis atau kekal?????

salah satunya jawaban yang nalar di pikiran ku adalah mungkinkah sebenernya ia bersentuhan tetapi karena sangat kecilnya tidak bisa di lihat atau tidak bisa terdeteksi? mungkin di alam ada partikel yang lebih kecil dari atom, elektron atau neutron dan proton ataupun "myu", tetapi bagaimana partikel sangat kecil ini bisa menarik atau mendorong benda lain yg lebih besar.

jawaban lainnya mungkin kah ilmu kita masih sangat kecil dibandingkan ilmu Tuhan yg maha kuasa?

ingin ku meneliti hal ini kelak suatu saat nanti, satu-satu dulu...
« Edit Terakhir: November 15, 2009, 01:12:52 AM oleh Karno Giyantono »
"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Salah Satu Pertanyaan Fisika Terbesar dalam Hidupku!!!
« Jawab #1 pada: November 15, 2009, 01:20:52 AM »
.......

Pertanyaanku:
Apa Pak Karno ini memang benar-benar paham fisika?

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
Re: Apa Pak Karno ini memang benar-benar paham fisika?
« Jawab #2 pada: November 15, 2009, 01:42:32 AM »
tau deh...

mungkin iya mungkin juga tidak...

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Salah Satu Pertanyaan Fisika Terbesar dalam Hidupku!!!
« Jawab #3 pada: November 15, 2009, 02:07:14 AM »
tau deh...

mungkin iya mungkin juga tidak...
Hm, sepertinya yang kedua.

Ok, I'm outta here. Gak ilmiah sih...

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
Re: Salah Satu Pertanyaan Fisika Terbesar dalam Hidupku!!!
« Jawab #4 pada: November 15, 2009, 02:15:40 AM »
aduhhh!!!

pi-one gmn bisa jawab gak??? secara ilmiah? jgn malah ngeledek donk.... oke???

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: Salah Satu Pertanyaan Fisika Terbesar dalam Hidupku!!!
« Jawab #5 pada: November 15, 2009, 06:41:24 AM »
bisa dimulai dari link-link berikut:
http://en.wikipedia.org/wiki/Fundamental_interaction
http://hyperphysics.phy-astr.gsu.edu/hbase/forces/funfor.html
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.


long long story... yang akhirnya merangkum interaksi-interaksi di alam menjadi 4 interaksi fundamental,

Kenapa?????
1. magnet bisa menarik besi atau magnet lain?
2. magnet bisa mendorong benda lain atau magnet lain?
...
--> interaksi electromagnetic

...
3. gravitasi bisa menarik massa?
...
--> interaksi gravitation

...
misalkan saya mendorong meja atau menarik meja pasti dengan sangat jelas dan nyata saya menyentuh meja itu, namun kenapa?????
...
--> interaksi electromagnetic

...
magnet dan gravitasi bisa menarik atau mendorong tanpa bersentuhan???????????
...
interaksi fundamental "bersentuhan" menggunakan partikel mediator, silakan refer ke link di atas
(saya menangkap sepertinya "bersentuhan" yg Anda maksud hanyalah terminologi biologis manusia)

...
dan tenaga atau gaya yah tidak pernah habis-habis atau kekal?????
...
ga ngerti maksudnya apa

...
salah satunya jawaban yang nalar di pikiran ku adalah mungkinkah sebenernya ia bersentuhan tetapi karena sangat kecilnya tidak bisa di lihat atau tidak bisa terdeteksi? mungkin di alam ada partikel yang lebih kecil dari atom, elektron atau neutron dan proton ataupun "myu", tetapi bagaimana partikel sangat kecil ini bisa menarik atau mendorong benda lain yg lebih besar.
...
silakan refer ke link di atas, model yang digunakan saat ini memang menggunakan partikel mediator, walau belum semuanya berhasil dideteksi

[momod ON]
@TS: tolong konfirmasi apakah ini pembahasan interaksi fundamental? kalau iya, judulnya bisa diubah biar lebih relevan
[momod OFF]

lanjut, om...
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: Salah Satu Pertanyaan Fisika Terbesar dalam Hidupku!!!
« Jawab #6 pada: November 15, 2009, 06:53:16 AM »

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
Re: Salah Satu Pertanyaan Fisika Terbesar dalam Hidupku!!!
« Jawab #7 pada: November 15, 2009, 08:47:27 AM »
payah ah....

oke up to u men......... bos
« Edit Terakhir: November 15, 2009, 08:56:42 AM oleh Karno Giyantono »

Offline parmin

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 99
  • IQ: 3
Re: Salah Satu Pertanyaan Fisika Terbesar dalam Hidupku!!!
« Jawab #8 pada: November 15, 2009, 09:04:03 AM »
Kenapa?????
1. magnet bisa menarik besi atau magnet lain?
2. magnet bisa mendorong benda lain atau magnet lain?
3. gravitasi bisa menarik massa?

benarkah jawaban ku ini???

misalkan saya mendorong meja atau menarik meja pasti dengan sangat jelas dan nyata saya menyentuh meja itu, namun kenapa????? magnet dan gravitasi bisa menarik atau mendorong tanpa bersentuhan??????????? dan tenaga atau gaya yah tidak pernah habis-habis atau kekal?????

salah satunya jawaban yang nalar di pikiran ku adalah mungkinkah sebenernya ia bersentuhan tetapi karena sangat kecilnya tidak bisa di lihat atau tidak bisa terdeteksi? mungkin di alam ada partikel yang lebih kecil dari atom, elektron atau neutron dan proton ataupun "myu", tetapi bagaimana partikel sangat kecil ini bisa menarik atau mendorong benda lain yg lebih besar.

jawaban lainnya mungkin kah ilmu kita masih sangat kecil dibandingkan ilmu Tuhan yg maha kuasa?

ingin ku meneliti hal ini kelak suatu saat nanti, satu-satu dulu...
         pertanyaanku juga sama ama om karno ga pake rano,dan jawabannya secara ilmiah belum jelas,masih ngambang gitu deh sebatas teori.
[

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
Re: Salah Satu Pertanyaan Fisika Terbesar dalam Hidupku!!!
« Jawab #9 pada: November 15, 2009, 09:24:45 AM »
mantab ternyata ada juga toh yg mikir sama aku...

yuk kita pikirkan rame-rame kenapa ini yah?

Offline parmin

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 99
  • IQ: 3
Re: Salah Satu Pertanyaan Fisika Terbesar dalam Hidupku!!!
« Jawab #10 pada: November 15, 2009, 09:40:08 AM »
 ^
 ^ klo mikirnya rame rame khan jadi enteng hik hik hik

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
Re: Salah Satu Pertanyaan Fisika Terbesar dalam Hidupku!!!
« Jawab #11 pada: November 15, 2009, 10:04:10 AM »
yoi kira kira gimana yah, kalo kita kan secara nalar kalo cuma mendorong kan tak perlu mencengkram, tapi kalo menarik perlu mencengkram.

dan tenaga atau energi gravitasi untuk menarik benda yg bermassa kok gak habis-habis...

kalo kita kan menarik orang pasti lama-lama perlu di charge lagi kan, tapi kalo gravitasi mencharge juga kah??? bgm???

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Salah Satu Pertanyaan Fisika Terbesar dalam Hidupku!!!
« Jawab #12 pada: November 15, 2009, 10:32:16 AM »
karena ada medan magnet om...?
;D
~ You are what you eat ~

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
Re: Salah Satu Pertanyaan Fisika Terbesar dalam Hidupku!!!
« Jawab #13 pada: November 15, 2009, 10:58:29 AM »
medan magnet tuh apa yah?

materi atau gelombang?


waduh malah jd ada pertanyaan lg nh... mantaaabbbb

trus gelombang itu kok bisa berinteraksi dengan materi yah?

jadi di dunia ini ada dua hal yaitu materi dan non materi

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Salah Satu Pertanyaan Fisika Terbesar dalam Hidupku!!!
« Jawab #14 pada: November 15, 2009, 11:09:12 AM »
gelombang kayaknya om..

gelombang menubruk materi yg kerapatannya lbh rapat mungkin om..?
hihihi~

serba kemungkinan...

iyah ga yach...?

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
2 Jawaban
8946 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 21, 2013, 12:20:58 AM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
2890 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 15, 2009, 01:39:32 AM
oleh alvin pratama
5 Jawaban
6096 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 18, 2010, 02:25:32 AM
oleh Bernando
1 Jawaban
37831 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 14, 2011, 06:37:22 AM
oleh ksatriabajuhitam
32 Jawaban
16206 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 20, 2011, 03:45:21 AM
oleh sisca, chemistry