Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

November 29, 2021, 06:39:15 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 33
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 20
Total: 20

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Salah Satu Pertanyaan Fisika Terbesar dalam Hidupku!!!  (Dibaca 21468 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
Re: Salah Satu Pertanyaan Fisika Terbesar dalam Hidupku!!!
« Jawab #15 pada: November 15, 2009, 11:19:45 AM »
gelombang tidak memiliki massa dan wujud tetapi bisa berinteraksi dengan materi yang memiliki massa dan wujud....

pgn memikirkan segala kemungkinan yah nih.....
can u help me~~
"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Salah Satu Pertanyaan Fisika Terbesar dalam Hidupku!!!
« Jawab #16 pada: November 15, 2009, 11:34:42 AM »
gelombang....

kalo ga punya massa dan wujud..

gimana gelombang bisa mendorong dan menarik benda yach..?

~ You are what you eat ~

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
Re: Salah Satu Pertanyaan Fisika Terbesar dalam Hidupku!!!
« Jawab #17 pada: November 15, 2009, 12:08:55 PM »
iya yah gimana yah, pertanda dunia jin bisakah?

:)

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 823
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: Salah Satu Pertanyaan Fisika Terbesar dalam Hidupku!!!
« Jawab #18 pada: November 15, 2009, 12:29:29 PM »
coba Om Karno cari di Wiki tentang Magnetism dan Magnetic Field
Saya rasa jawabannya ada disitu
Visit My Site ! ! !
Download Soal Matematika SMA ZyuProject



Offline faiqhr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 264
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • gnothi se afton
    • faiqhr
Re: Salah Satu Pertanyaan Fisika Terbesar dalam Hidupku!!!
« Jawab #19 pada: November 15, 2009, 12:50:15 PM »
haduh koq dicampur2 ama cerita jin seh? :D

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: Salah Satu Pertanyaan Fisika Terbesar dalam Hidupku!!!
« Jawab #20 pada: November 16, 2009, 12:54:25 AM »
yoi kira kira gimana yah, kalo kita kan secara nalar kalo cuma mendorong kan tak perlu mencengkram, tapi kalo menarik perlu mencengkram.
...
dua-duanya sama aja

...
dan tenaga atau energi gravitasi untuk menarik benda yg bermassa kok gak habis-habis...
...
sistem matahari-bumi kehilangan energinya sebanyak 200 joules per second melalui gravitation wave
(pembahasan singkat di http://en.wikipedia.org/wiki/Gravitational_wave#Power_radiated_by_orbiting_bodies)
salah satu usaha untuk mendeteksi ini ialah proyek LIGO Detector kerjasama Caltech dan MIT
(dari website Caltech-nya http://www.ligo.caltech.edu/docs/P/P980007-00.pdf)

usaha pemahaman gravitasi memang selalu tersandung masalah rendahnya keterdeteksian mediator interaksinya
« Edit Terakhir: November 16, 2009, 12:56:50 AM oleh ksatriabajuhitam »
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
Re: Salah Satu Pertanyaan Fisika Terbesar dalam Hidupku!!!
« Jawab #21 pada: November 16, 2009, 12:22:48 PM »
maksudnya dua dua nya sama aja bgm?

itu energi apa yg hilang? kenapa bisa hilang?

hilang atau musnah atau dikonversi? jika dikonversi menjadi apa?

matematisnya aja atau sekedar teori!!!

gw gak percaya energi gravitasi bisa habis menjadi gelombang gravitasi... ada-ada aja kayak teori relativitas einstein tentang waktu, saya bisa jelaskan kenapa jam atom jika bergerak dengan kecepatan cepat menjadi lambat, selain karena dari distorsi distorsi lainnya

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Salah Satu Pertanyaan Fisika Terbesar dalam Hidupku!!!
« Jawab #22 pada: November 16, 2009, 11:25:32 PM »
itu energi apa yg hilang? kenapa bisa hilang?

hilang atau musnah atau dikonversi? jika dikonversi menjadi apa?
Hukum kekekalan energi...

Ups, ini teori bukannya 'sudah dipatahkan' Pak karno ya? Udah belum ya?  ::)

Offline si anak gajah

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 232
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
Re: Salah Satu Pertanyaan Fisika Terbesar dalam Hidupku!!!
« Jawab #23 pada: November 17, 2009, 02:52:33 AM »
saya jadi mulai berpikir, generator energi kekal yang diceritakan om Karno sebelumnya jangan-jangan semacam perpetual motion ya?
karena di thread itu juga, om karno ada ngasi contoh dengan gravitasi, saya pikir pendekatannya dari Fisika partikel atau kosmologi, tapi ternyata bukan ya...

tentang gelombang dan partikel, bukannya ada hipotesis(atau teori, gak tau nyebutnya apa) dari Planck dan De Broglie tentang dualisme partikel dan gelombang, gelombang bisa berlaku partikel dan sebaliknya...

Kutip
gw gak percaya energi gravitasi bisa habis menjadi gelombang gravitasi... ada-ada aja kayak teori relativitas einstein tentang waktu, saya bisa jelaskan kenapa jam atom jika bergerak dengan kecepatan cepat menjadi lambat, selain karena dari distorsi distorsi lainnya
bisa dijelasin om? biarpun saya baru setahun lulus sma, saya bukan anak sma lagi, jadi om gak bisa bilang "malas jawab pertanyaan anak sma". kalau memang benar relativitas umum Einstein juga om patahkan, saya yakin om orang yang sangat luar biasa...
Keep Moving Forward!!!

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Salah Satu Pertanyaan Fisika Terbesar dalam Hidupku!!!
« Jawab #24 pada: November 17, 2009, 02:59:42 AM »
Pikir-pikir, memangnya ada ya energi gravitasi? kalau energi potensial gravitasi (yang nantinya dikonversi menjadi energi kinetis) memang ada...

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Salah Satu Pertanyaan Fisika Terbesar dalam Hidupku!!!
« Jawab #25 pada: November 17, 2009, 12:11:58 PM »
tentang gelombang dan partikel, bukannya ada hipotesis(atau teori, gak tau nyebutnya apa) dari Planck dan De Broglie tentang dualisme partikel dan gelombang, gelombang bisa berlaku partikel dan sebaliknya...

menurut de broglie tuch...
gelombang dapat berperilaku seperti partikel dan partikel dapat menunjukkan sifat gelombang...

Offline Alan adhityo

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 275
  • IQ: 37
  • Gender: Pria
    • Alseven - Physics and Technology
Re: Salah Satu Pertanyaan Fisika Terbesar dalam Hidupku!!!
« Jawab #26 pada: November 17, 2009, 12:23:55 PM »
Setuju dah m sisca . :D
kunjungi MIL education (bandung) http://mileducation.wordpress.com

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Salah Satu Pertanyaan Fisika Terbesar dalam Hidupku!!!
« Jawab #27 pada: November 17, 2009, 12:46:59 PM »
seeep...
emang harus setuju.. karena itu aq kan baca dari buku..
hohohoho~
tapi ngomong2 apa hubungannya sama pertanyaannya..?

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: Salah Satu Pertanyaan Fisika Terbesar dalam Hidupku!!!
« Jawab #28 pada: November 17, 2009, 06:33:34 PM »
maksudnya dua dua nya sama aja bgm?
...
masalah mencengkram itu kan sekedar 'menjaga' benda agar tidak lepas.


...
itu energi apa yg hilang? kenapa bisa hilang?

hilang atau musnah atau dikonversi? jika dikonversi menjadi apa?

matematisnya aja atau sekedar teori!!!

gw gak percaya energi gravitasi bisa habis menjadi gelombang gravitasi...
...
masalah energi yang dipancarkan menjadi gravitation wave, itu hasil prediksi General Relativity; ibarat muatan atau magnetik yang dipercepatn akan memancarkan gelombang elektromagnetik, perubahan quadrupole massa akan mengakibatkan terpancarnya gravitation wave.
untuk sistem matahari-bumi, nilainya relatif jauh lebih kecil dari radiasi elektromagnetik matahari (200 Joule per second dibandingkan dengan 3.86 × 10^26 Joule per second).

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
Re: Salah Satu Pertanyaan Fisika Terbesar dalam Hidupku!!!
« Jawab #29 pada: November 19, 2009, 01:21:36 AM »
tapi kalo untuk mendorong mencengkram atau menangkap atau memegang benda seperti layaknya kita menarik.

seperti contoh ada dua cincin
untuk mendorong maka cincin ini tidak perlu bergabung atau terkait sudah mampu mendorong cincin lainnya
untuk menarik maka jika tak akan bisa menarik cincin lainnya kecuali cincin itu bergabung seperti rantai.

do you understand???

contoh gerak perpentual yg sangat nyata di dunia ini lihatlah pada alam.
gerak rotasi dan revolusi planet, terciptanya sistem tatasurya baru, atau planet baru.
« Edit Terakhir: November 19, 2009, 01:25:12 AM oleh Karno Giyantono »

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
2 Jawaban
8946 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 21, 2013, 12:20:58 AM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
2890 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 15, 2009, 01:39:32 AM
oleh alvin pratama
5 Jawaban
6096 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 18, 2010, 02:25:32 AM
oleh Bernando
1 Jawaban
37831 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 14, 2011, 06:37:22 AM
oleh ksatriabajuhitam
32 Jawaban
16206 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 20, 2011, 03:45:21 AM
oleh sisca, chemistry