Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 18, 2021, 02:41:37 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 135
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 32
Total: 32

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: sampah luar angkasa  (Dibaca 28335 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

maglev

  • Pengunjung
sampah luar angkasa
« pada: Maret 15, 2009, 05:41:05 AM »
WASHINGTON, KOMPAS.com - Tiga kosmonot yang berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional terpaksa berlindung di pesawat luar angkasa Soyuz setelah sebuah sampah luar angkasa hampir menghantam stasiun luar angkasa itu.

Sampah luar angkasa berukuran lebih kecil daripada ujung jari itu memaksa ketiga kosmonot Rusia segera meninggalkan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), Kamis (12/3) pagi. Ketiga kosmonot, yaitu Yury Lonchakov (Rusia), Michael Fincke, dan Sandra Magnus (AS), terlambat mengetahui keberadaan sampah kecil yang berbahaya itu. Sampah ini dilaporkan mendekati ISS dengan kecepatan tinggi dan berpotensi menabrak ISS.

Kosmonot Fincke selaku komandan misi, Magnus (teknisi pertama), dan Lonchakov (teknisi kedua) harus bergegas meninggalkan ISS dan masuk Soyuz sebagai tindakan berjaga-jaga apabila benar-benar terjadi tabrakan. Ketiga kru dilaporkan segera mengunci pintu Soyuz dan bersiap-siap jika terjadi tabrakan.

Mereka berada 10 menit dalam Soyuz hingga lampu tanda aman menyala. Menurut juru bicara di Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA), Laura Rochon, risiko tabrakan tadi amat rendah. Sampah itu sangat kecil dan berada 4,5 kilometer dari ISS seharga 100 miliar dollar AS itu.

”Sampah itu amat kecil, hanya sekitar sepertiga dari satu sentimeter. Sampah itu mungkin bagian dari mesin milik roket Delta atau milik pesawat luar angkasa,” kata Rochon.

800 satelit

Sampah di luar angkasa dianggap berbahaya, bukan saja bagi ISS, tetapi juga bagi 800 satelit komersial dan militer di orbit Bumi. Sejauh ini diketahui, ada sekitar 18.000 sampah luar angkasa.

Sekecil apa pun bentuknya, sampah ini tetap berbahaya karena kecepatan gerak sampah itu. Serpihan sekecil serpihan cat bisa bergerak hingga 27.360 kilometer per jam sehingga bisa merusak kaca-kaca satelit. Menurut hasil penelitian American University di Washington DC, bola sebesar kelereng punya daya rusak setara peti besi seberat 180 kilogram yang jatuh dari lantai 10.

Para ahli memperkirakan saat ini di luar angkasa terdapat lebih dari 300.000 obyek berukuran 1-10 sentimeter dan jutaan lagi berukuran lebih kecil. Januari 2007, China menguji senjata antisatelit atas satelit cuaca usang. Akibatnya, terbentuk ”awan sampah” terbesar sepanjang sejarah. (REUTERS/AFP/AP/LUK)


Sumber : Kompas Cetak

Offline Siapa_saya

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 97
  • IQ: 4
Re: sampah luar angkasa
« Jawab #1 pada: Juni 30, 2009, 02:17:48 AM »
Oh bumi punya 800 satelit buatan

sumpah baru tau

Offline alf

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 205
  • IQ: 34
  • Gender: Wanita
Re: sampah luar angkasa
« Jawab #2 pada: Agustus 09, 2009, 10:16:30 PM »
seandainya sampah luar angkasa terus bertambah dan memenuhi bumi, bumi jadi gimana ya? harus ada langkah pembersihan nih....

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: sampah luar angkasa
« Jawab #3 pada: Agustus 10, 2009, 09:12:36 AM »
Jadi ingat manga planetes. kisah tentang para pembersih debris di angkasa...

Offline Yanuar Akbar Anindita

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: -1
  • Gender: Pria
Re: sampah luar angkasa
« Jawab #4 pada: Agustus 10, 2009, 12:21:25 PM »
Kutip
Sekecil apa pun bentuknya, sampah ini tetap berbahaya karena kecepatan gerak sampah itu. Serpihan sekecil serpihan cat bisa bergerak hingga 27.360 kilometer per jam sehingga bisa merusak kaca-kaca satelit. Menurut hasil penelitian American University di Washington DC, bola sebesar kelereng punya daya rusak setara peti besi seberat 180 kilogram yang jatuh dari lantai 10.

Ternyata sampah diluar angkasa lebih bahaya dari sampah sampah di bumi sendiri ya hmm  :o

Offline sith lord

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 194
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: sampah luar angkasa
« Jawab #5 pada: Agustus 17, 2009, 09:53:38 AM »
Serpihan sekecil serpihan cat bisa bergerak hingga 27.360 kilometer per jam sehingga bisa merusak kaca-kaca satelit.
Sumber : Kompas Cetak

kecepatannya ga ketinggian tuh..parah. ~=9% kec. cahaya kan?

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
Re: sampah luar angkasa
« Jawab #6 pada: Agustus 17, 2009, 10:01:20 AM »
itu per jam om,
kec. cahaya itu per detik.
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Offline sith lord

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 194
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: sampah luar angkasa
« Jawab #7 pada: Agustus 17, 2009, 10:09:19 AM »
itu per jam om,
kec. cahaya itu per detik.

oh.
pantes gw ngerasa ad yg aneh
thx dah ngingetin P

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: sampah luar angkasa
« Jawab #8 pada: Agustus 17, 2009, 02:06:42 PM »
nih ada kisah lain, satelit tabrakan sama satelit rongsokan :D

Tabrakan satelit US dan Russia

10 Februari 2009, 16:56 GMT, 776 km di atas Semenanjung Taymyr, Siberia; Iridium 33 dan Kosmos-2251 bertabrakan pada kecepatan sekitar 11.6 km/s dan menghancurkan kedua satelit tersebut.

Iridium 33 dimiliki oleh Iridium Satellite LLC dan Kosmos-2251 dimiliki oleh Russian Space Force. Iridium masih beroperasi sampai terjadinya tabrakan, sedangkan Kosmos-2251 tidak beroperasi sejak beberapa tahun. Juru bicara Russia menolak berkomentar apakah satelitnya lepas kendali saat terjadinya tabrakan.

NASA melaporkan sejumlah besar debris (sampah angkasa) dihasilkan dari tabrakan tersebut. NASA mengatakan kepada International Space Station bahwa debris beresiko kecil bagi orbit sekitar 430 km di bawah tabrakan. Bagaimanapun ilmuwan China mengatakan bahwa debris mengancam satelit China di orbit Sun-syncronous. Pada tahun 1996, satelit Cerise bertabrakan dengan debris.



Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/2009_satellite_collision
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.585
  • IQ: 59
  • Gender: Pria
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
HouwLiong

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: sampah luar angkasa
« Jawab #10 pada: Agustus 26, 2009, 10:07:08 PM »
muantap neh thread....
baru tau gua, hahaha......

Offline M101A

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 238
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • Let's do iT
Re: sampah luar angkasa
« Jawab #11 pada: Agustus 27, 2009, 09:56:11 PM »
Wah, ternyata mengerikan juga ya angkasa luar sana. kira2 bisa dibersihkan ga ya??
terus, yang bikin sampah itu siapa..??

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: sampah luar angkasa
« Jawab #12 pada: Agustus 28, 2009, 12:09:46 AM »
Debris angkasa bisa saja dari alam (pecahan meteor atau debu/batu kecil), bisa juga sampah dari pecahan satelit. Membersihkan secara keseluruhan mungkin sulit. Mungkin saja di masa depan ada petugas khusus pembersih sampah, yang membersihkan debris dengan cara mendorongnya ke atmosfer bumi misalnya (agar terbakar).

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: sampah luar angkasa
« Jawab #13 pada: Agustus 28, 2009, 11:42:11 AM »
wow....
kerenn.......
anda cerdas...

Offline M101A

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 238
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • Let's do iT
Re: sampah luar angkasa
« Jawab #14 pada: Agustus 28, 2009, 02:15:39 PM »
kalo terbakar berarti menghasilkan zat baru <dan biasanya itu adalah Carbon> yang cukup merepotkan.. berarti ntarnya bumi menjadi tempat pengolahan sampah universal.. mantap banget tuch..
sampah sedikit aj masih ribet.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
18 Jawaban
12604 Dilihat
Tulisan terakhir November 27, 2014, 01:22:22 AM
oleh DeityRuhm
1 Jawaban
3994 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 16, 2011, 02:11:46 PM
oleh ksatriabajuhitam
2 Jawaban
2868 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 04, 2011, 05:40:05 AM
oleh anarchy_99
15 Jawaban
10214 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 28, 2012, 08:26:47 AM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
2572 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 08, 2012, 02:42:56 PM
oleh randall