Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 02, 2021, 10:35:10 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 30
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 37
Total: 37

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Pembakaran Tanpa Oksigen  (Dibaca 20133 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: Pembakaran Tanpa Oksigen
« Jawab #15 pada: Agustus 14, 2009, 12:50:01 PM »
ouw.....
jadi panas sebenarnya cuma perpindahan energi dari satu atom ke atom yg lain ya?
apakah setiap atom yg bergerak itu menghasilkan panas?
atau bergetarnya atom hanya sebagai perantara perpindahan energi tersebut?
tolong pencerahannya all

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
Re: Pembakaran Tanpa Oksigen
« Jawab #16 pada: Agustus 14, 2009, 12:51:31 PM »
klo gak salah...
panas dihasilkan akibat adanya gerakan dan tumbukan atom...

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: Pembakaran Tanpa Oksigen
« Jawab #17 pada: Agustus 14, 2009, 12:57:09 PM »
wew.....
itu kalo reaksi fusi kaleee.....
kalo panas hasil pembakaran gemana donk?
apakah sama kyk yg dikatakan raisuien
klo gak salah...
panas dihasilkan akibat adanya gerakan dan tumbukan atom...

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: Pembakaran Tanpa Oksigen
« Jawab #18 pada: Agustus 14, 2009, 01:06:42 PM »
Kutip
Heat (physics), in physics, transfer of energy from one part of a substance to another, or from one body to another by virtue of a difference in temperature. Heat is energy in transit;
sumber: http://encarta.msn.com/encyclopedia_761575286/Heat_%28physics%29.html

Kutip
II Temperature

The sensation of warmth or coldness of a substance on contact is determined by the property known as temperature. Although it is easy to compare the relative temperatures of two substances by the sense of touch, it is impossible to evaluate the absolute magnitude of the temperatures by subjective reactions. Adding heat to a substance, however, not only raises its temperature, causing it to impart a more acute sensation of warmth, but also produces alterations in several physical properties, which may be measured with precision. As the temperature varies, a substance expands or contracts, its electrical resistivity (see Resistance) changes, and in the gaseous form, it exerts varying pressure. The variation in a standard property usually serves as a basis for an accurate numerical temperature scale (see below).

Temperature depends on the average kinetic energy of the molecules of a substance, and according to kinetic theory (see Gases; Thermodynamics), energy may exist in rotational, vibrational, and translational motions of the particles of a substance. Temperature, however, depends only on the translational molecular motion. Theoretically, the molecules of a substance would exhibit no activity at the temperature termed absolute zero. See Molecule.
sumber: http://encarta.msn.com/encyclopedia_761575286/Heat_%28physics%29.html

tuh yang ditebelin

pokoknya semua panas, apapun sumbernya
panas --> transfer energi, transfernya bisa melalui radiasi, konduksi, konveksi
tetapi yang dirasakan tubuh ialah "getaran", liat bagian II Temperature
maka bisa dimengerti mengapa inframerah lebih "panas" dari cahaya biru, padahal energinya lebih kecil (tetapi yang berhasil ditransfer lebih banyak)
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
Re: Pembakaran Tanpa Oksigen
« Jawab #19 pada: Agustus 14, 2009, 01:09:06 PM »
@loser
sorry...
salah y...

@ksatriabajuhitam
thanx buat infonya...

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: Pembakaran Tanpa Oksigen
« Jawab #20 pada: Agustus 14, 2009, 01:11:23 PM »
klo gak salah...
panas dihasilkan akibat adanya gerakan dan tumbukan atom...
bukannya emang bener kayak gini

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
Re: Pembakaran Tanpa Oksigen
« Jawab #21 pada: Agustus 14, 2009, 01:13:27 PM »
owh... dah bener y?
gak taw jg deh...
wkwkwkwkwkwk....

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: Pembakaran Tanpa Oksigen
« Jawab #22 pada: Agustus 14, 2009, 01:17:38 PM »
siapa yg bilang salah cuyy.......
gua gak expert di bidang ini, gua lebi suka ke astronomy and cosmology.
tapi ini suka juga seh.

Offline hendri hidayat

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 1
Re: Pembakaran Tanpa Oksigen
« Jawab #23 pada: Agustus 14, 2009, 06:29:19 PM »
Makasih semuanya, sebenarnya saya anak bahasa tetapi senang saint. Oh ya mengenai reaksi fusi, apakah sama dengan konsep lava, atau inti bumi yang berbentuk cairan panas(maaf saya tidak tau istilahnya). Permasalahannya, saya pernah baca bahwa setiap udara/gas akan dipengaruhi oleh grafitasi dan ketinggian. Bisa saja di pusat ini bumi tidak ada 02 sehingga terjadi reaksi fusi, benarkah pernyataan saya ini?? ;D

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: Pembakaran Tanpa Oksigen
« Jawab #24 pada: Agustus 15, 2009, 06:14:41 AM »
kalo lava itu kan bebatuan panas yg cair, akibat adanya gesekan antar batuan.

kalo ttg pusat bumi gua gak tau deh, soalnya gua bukan anak kebumian.

Offline Sky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 473
  • IQ: 36
  • Gender: Pria
Re: Pembakaran Tanpa Oksigen
« Jawab #25 pada: Agustus 16, 2009, 03:02:13 AM »
Hmm... suhu inti bumi kurang kuat untuk menjalani reaksi fusi.
Selain itu, inti bumi adalah besi cair, sedangkan unsur besi adalah unsur yang paling stabil susunan inti atomnya (maksudnya susah menjalani reaksi radioaktif, seperti fusi dan fisi)
Kalo lava atau magma itu hanya logam cair saja karena suhu di dalam kerak bumi cukup panas, sehingga material di sana dapat mencair.

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: Pembakaran Tanpa Oksigen
« Jawab #26 pada: Agustus 16, 2009, 07:50:31 AM »
wew.....
logam cair cuyy....
baru tau setau gua kalo membeku juga jadi batu deh...
wahh...
pecaya aja deh, gua bukan ahlinya seh.
sky anak kebumian ya?

Offline frans3q

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 153
  • IQ: 22
Re: Pembakaran Tanpa Oksigen
« Jawab #27 pada: Agustus 17, 2009, 04:07:55 PM »
jadi kesimpulannya, mustahil ya ngbuat reaksi pembakaran tanpa pake O2?
Terimakasih banyak buat tmn2 yg uda nambah IQ saya... :D

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: Pembakaran Tanpa Oksigen
« Jawab #28 pada: Agustus 27, 2009, 01:36:32 PM »
jadi kesimpulannya, mustahil ya ngbuat reaksi pembakaran tanpa pake O2?
ya, secara definisinya emang begitu

S: (n) combustion, burning (a process in which a substance reacts with oxygen to give heat and light)
http://wordnetweb.princeton.edu/perl/webwn?s=combustion

tapi kalo sekedar menghasilkan energi, ngga harus perlu oksigen.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Tumbuhan penghasil oksigen?

Dimulai oleh lotta « 1 2 » Bimbel Biologi

22 Jawaban
51904 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 23, 2011, 03:33:24 AM
oleh adisae
oksigen di atmosfer bumi

Dimulai oleh nandaz « 1 2 » Kimia

19 Jawaban
18878 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 02, 2009, 06:49:57 AM
oleh Muztank
5 Jawaban
9548 Dilihat
Tulisan terakhir September 11, 2009, 10:49:23 AM
oleh raisuien
8 Jawaban
7925 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 18, 2012, 09:11:06 AM
oleh syx
0 Jawaban
19319 Dilihat
Tulisan terakhir September 08, 2019, 09:52:19 AM
oleh ihza14