Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juni 30, 2022, 09:00:59 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 91
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 63
Total: 63

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Pertanyaan Simpel Yang Mengganjal Hatikoe

Dimulai oleh Jang Bagitu, Juli 09, 2009, 09:18:54 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Jang Bagitu

1. Mengapa gaya lorentz harus mematuhi kaidah tangan kanan??
2. Bagaimana hubungan gaya magnet dengan harga suseptibilitas bahan dapat menghasilkan gaya tarik magnet??


tolong jelaskan kepadaku teman2  ???

thanks sblmnya,maaf saya ga pinter basa basi

cignus

judulnya njinjii, aku coba jawab deh
1 kaidah tangan kanan itu dibuat agar kita mudah menentukan arah gaya aja, jadi gak ada keharusan ato makna filosofis dibalik aturan ini, ibaratnya klo kita nanya arah nih mesti orang yg ngasi tau nunjuk sesuatu tempat yg mudah diinget ato mencolok (gini masz dari kiri nanti ada mesjid dari situ nanti belok kanan nah tuh tempatnya)

2 ini belum terlalu dimengerti tapi teorinya klo misalnya besi kan atom2nya mudah bergerak/ padat/ rapat ato ya itulah pokoknya jadi mudah memiliki gaya magnet sedangkan kayu atom2nya acak/gak padat sehingga gak bisa dibentuk menjadi satu arah yg kemudian menghasilkan gaya magnet. seingetku gitu

Sky

Nomor 1, aku stuju dengan om cignus.

Nomor 2, aku mau nambahin.

Jadi, suseptibilitas bahan itu berbeda-beda untuk setiap bahan.
Sifat Suseptibilitas ini adalah sifat yang mempengaruhi medan magnet.
Sedangkan medan magnet itu yang mempengaruhi gaya magnet.
Jadi, hubungannya seperti itu.

Tentang yang dibahas om cignus, itu teori magnet elementer.
Jadi, untuk bahan selain diamagnetik, bahan tersebut memiliki magnet-magnet kecil di atomnya yang susunannya acak. Medan magnet luar dapat mempengaruhi medan magnet elementer ini menjadi searah kutubnya.
Selanjutnya, akibat susunan magnet elementer yang teratur ini, bahan tersebut menjadi bersifat magnet dan menguatkan medan magnet tadi.

Kalau kayu tidak bisa ditarik magnet karena sifatnya diamagnetik.

Sifat kemagnetan bisa dilihat dari konfigurasi elektron valensi atom penyusun bahan tersebut.

Jang Bagitu

khusus pertanyaan nmr 1
iya betul memang kaidah tangan kanan agar kita lebih mudah menentukan arah.
tapi menurut gw , pasti ada penjelasannya. spt kalo jika kita melihat benda jatuh kebawah, krna ada gaya ke bawah yg bersumber dari pusat massa bumi.

mksud gw, klo 2 magnet sekutub tolak menolak, lain kutub tarik menarik.nah apakah gaya lorentz jg muncul/terjadi akibat dari gaya tarik/tolak magnet?
lalu bagaiamana medan magnet dan kawat berarus ini dapat menghasilkan gaya yang ketiga2nya tegak lurus(kondisi ideal)?

@pertanyaan no 2

yang bikin saya bingung . saya pernah mencari perumusan mengenai gaya magnet, misal saya punya magnet permanen 200mT(mili tesla) terus ada besi dengan harga suseptibilitas x(misal).bagaimana saya menentukan besarnya gaya tarik magnet tsb??

sedangkan suseptibilitas (besi) inikan selalu harganya diperoleh dari proses induksi magnet.lalu ada kaitannya ga dengan efek gaya tarik magnet yg dihasilkannya?

sya dah nanya ke beberapa dosen di kampus dan di luar kmpus sya.mrk jg ga bgt paham

Idad

@Jang Bagitu
  Klo kaidah tangan kanan.., (klo gasalah) wktu itu pernah tau hal itu terjadi demikian karena perkalian vektor silang (CrossProduct) dari komponen komponen vektornya.,. Yang menggunakan konsep seperti ini banyak, salah satu contoh yang paling mudah ialah Torsi. Coba ktia sama-sama perhatikan, Torsi didapat dari hasil Coross Product dari dua komponen vektor Gaya dan Vektor r sebagai jari-jari.

Demikian halnya dengan gaya Lorentz yagn merupakan perkalian silang (CrossProduct) antara Vektor Medan Magnet (B) dengan Vektor Kecepatan (v) untuk rumus F=qvB sin \alpha[tex]<br />dan perkalian antara Vektor Medan Magnet (B) dengan Vektor Kuat Arus (i) untuk rumus F=Bil sin \alpha [/tex]

Yang perlu kita perhatikan disini, Perkalian Silang antara dua komponen Vektor akan menghasilkan resultan yang arahnya tegak lurus kedua komponen vektor tersebut. Ok..,

Klo untuk No 2 jujur saya ga tau.., (hehe., maklum bukan orang Fisika.,)

Karno Giyantono

iya juga yah kenapa ia gak bergerak ke punggung tangan? tapi malah ke muka telapak tangan.

wah coba aku pikir2 nih..., mantap juga nih pertanyaan yah...
seperti kenapa gravitasi bisa menarik massa atau magnet bisa bisa menarik magnet lain atau besi atau seperti kenapa proton dan elektron tarik menarik dan elektron dan elektron tolak menolak,

mari pikirkan bersama teka-teki ini...
"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

[move]caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

Idad

Kutip dari: Karno Giyantono pada Juli 22, 2009, 03:20:15 PM
iya juga yah kenapa ia gak bergerak ke punggung tangan? tapi malah ke muka telapak tangan.

wah coba aku pikir2 nih..., mantap juga nih pertanyaan yah...
seperti kenapa gravitasi bisa menarik massa atau magnet bisa bisa menarik magnet lain atau besi atau seperti kenapa proton dan elektron tarik menarik dan elektron dan elektron tolak menolak,

mari pikirkan bersama teka-teki ini...
yaitu.., karena terpengaruh dengan prinsip CrossProduct pada perkalian vektor.,.

enfahmi

Salam kenal dulu ...

Ikutan jawab nomor satu ah. Setahu saya bukan gaya Lorentz nya yang ngikutin kaidah tangan kanan. Tapi, dari hasil perhitungan, gaya Lorentz mempunyai sifat yang khas. Dan untuk mempermudah kita mengingat kelakuan gaya Lorentz, kita tinggal lihat telapak tangan kanan kita, seperti itulah kira2 kelakuan gaya Lorentz.

Jadi, bukan kaidah tangan kanan dulu yang muncul, tapi perumusan gaya Lorentznya.

Salam

irul_platinum

ummh,, iya..
jadi, kaidah tangan kanan itu seperti menganalogikan saja, untuk mepermudah bagi kita dalam pemahaman dan dalam pengejaan soal2 yang berkaitan dengan gaya lorentz..
[move]NOT JUST WIN, BUT DESTROY YOUR ENEMY...!!![/move]

superstring39

kalo buat orang kidal mungkin lebih mudah dengan menggunakan aturan tangan kiri ;D
atau bagi yang gak punya tangan bisa menggunakan aturan kaki kanan :P