Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Agustus 02, 2021, 02:29:11 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26721
  • Latest: joseqgq
Stats
  • Total Tulisan: 139661
  • Total Topik: 10401
  • Online Today: 324
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 258
Total: 258

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Semut Tidak Mati Dalam Microwave  (Dibaca 9735 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline xSaVioRx

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 169
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
Semut Tidak Mati Dalam Microwave
« pada: Maret 20, 2010, 11:14:04 AM »
Oven microwave memancarkan gelombang elektromagnetik. Gelombang tersebut tidak diserap oleh plastik atau kaca, tetapi mudah diserap oleh lemak, gula, dan air yang terdapat pada makanan. Penyerapan gelombang ini membuat makanan menjadi hangat.  Semut termasuk hewan kering karena mempunyai sedikit air di tubuhnya, sehingga ia tidak menyerap banyak gelombang elektromagnetik tersebut. Itu sebabnya ia tidak mati terkena gelombang ini. Kemungkinan alasan lain adalah ukuran semut yang lebih kecil dari panjang gelombang dari gelombang elektromagnetik yang berukuran beberapa cm (gelombang umumnya tidak berpengaruh pada benda-benda yang lebih kecil dari panjang gelombangnya).
If someone feels that they had never made a mistake in their life,then it means that they had never tried a new thing in their life ~ Einstein

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.809
  • IQ: 11
Re: Semut Tidak Mati Dalam Microwave
« Jawab #1 pada: Maret 21, 2010, 06:07:13 AM »
Baru dengar ini,  semut sakti barangkali ya ..... ;D

Offline insan sains

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Insan Sains
Re: Semut Tidak Mati Dalam Microwave
« Jawab #2 pada: Maret 21, 2010, 07:09:05 AM »
pengen nyobain..  :)
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

Offline arydhamayanti

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 309
  • IQ: 13
  • Gender: Wanita
  • syubidubida!!
Re: Semut Tidak Mati Dalam Microwave
« Jawab #3 pada: Maret 21, 2010, 07:57:53 AM »
wah, menarik sekali
jadi begitu yaa... hmm...

Offline xSaVioRx

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 169
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
Re: Semut Tidak Mati Dalam Microwave
« Jawab #4 pada: Maret 21, 2010, 12:11:59 PM »
semut-ireng sakti jg ne kyny.. ;D

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: Semut Tidak Mati Dalam Microwave
« Jawab #5 pada: Maret 22, 2010, 12:41:25 AM »
wah, thanks xSaVioRx untuk info nya.
jadi penasaran (ayo siapa yg mau jadi psychopath)

iseng2 ng-google, biasa lah bakal nyasar ke wiki, yah lumayan lah wiki-wiki juga buat introduction:

tadinya saya kira memang karena resonansi, tp ada yg bilang begini
Kutip
Microwave heating is more efficient on liquid water than on fats and sugars (which have a smaller molecular dipole moment), and also more efficient than on frozen water (where the molecules are not free to rotate).[6]  Microwave heating is sometimes explained as a resonance  of water molecules, but this is incorrect: such resonance only occurs in water vapor at much higher frequencies, at about 20 GHz.[7] 
http://en.wikipedia.org/wiki/Microwave_oven#Principles
katanya bukan resonansi (seperti halnya kenapa infrared yg berfrekuensi lebih rendah dari cahaya biru, tapi lebih bisa memanaskan kulit), tapi karena dielectric heating.
Kutip
Molecular rotation  occurs in materials containing polar molecules having an electrical dipole moment, which will align themselves in an electromagnetic field. If the field is oscillating, as in an electomagnetic wave, these molecules rotate to continuously align with it. This is called dipole rotation. As the field alternates, the molecules reverse direction. Rotating molecules push, pull, and collide with other molecules (through electrical forces), distributing the energy to adjacent molecules and atoms in the material. Temperature is the average kinetic energy (energy of motion) of the atoms or molecules in a material, so agitating the molecules in this way by definition increases the temperature of the material. Thus, dipole rotation is a mechanism by which energy in the form of electromagnetic radiation is converted to heat energy in matter.
http://en.wikipedia.org/wiki/Dielectric_heating#Mechanism

dari penjelasan di sumber ke-2 bisa dipahami mengapa semut (yg kandungan air-nya lebih sedikit) lebih tahan di oven microwave.
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline ngajakmikir

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 263
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
    • Ngajak Mikir
Re: Semut Tidak Mati Dalam Microwave
« Jawab #6 pada: Maret 22, 2010, 06:28:50 AM »
ho.. gitu ya. berarti binatang yang lebih kecil dari semut ga mati dalam microwave?
bagaimana kalau binatang yang lebih kecil dari semut tapi kandungan airnya banyak? seperti kuman atau bakteri gitu?
Aku adalah sesuatu yang tersembunyi. Aku berkehendak untuk dikenal, maka Aku ciptakan makhluk agar mereka mengenalKu

Offline xSaVioRx

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 169
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
Re: Semut Tidak Mati Dalam Microwave
« Jawab #7 pada: Maret 22, 2010, 09:29:34 AM »
kuman/bakteri kt golongkan sbg uniseluler..semut sbg multiseluler..
pastinya yg multiseluler memiliki kandungan air lbh byk drpd uniseluler..
brarti kalo mw mknn bebas bakteri mesti pke kompor y,ga bs pk microwave..haha..

Offline ngajakmikir

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 263
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
    • Ngajak Mikir
Re: Semut Tidak Mati Dalam Microwave
« Jawab #8 pada: Maret 22, 2010, 10:38:28 AM »
hm.. sebenarnya ukuran itu mempengaruhi ga sih? apakah kalau kita memasukkan segelas air dalam microwave, maka air itu akan menjadi panas. Sedangkan kalau kita memasukkan setetes air, maka air itu tidak akan panas ??
bagaimana dengan air yang ada dalam makanan. Bukankah air dalam makanan itu juga seperti setetes air yang tersebar dalam jaringan ??

Offline xSaVioRx

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 169
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
Re: Semut Tidak Mati Dalam Microwave
« Jawab #9 pada: Maret 22, 2010, 01:19:41 PM »
menurut sy luas permukaan objek berpengaruh..
tp msh hrs cari tau dl ni,apakah pemancar gelombangnya itu bergerak atau tidak..
kl pemancarnya bergerak dengan asumsi penyebaran merata,maka objek apapun akan menjadi panas..
tp ada yg tau ga?,pemancarnya bergerak apa ga?

Offline ngajakmikir

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 263
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
    • Ngajak Mikir
Re: Semut Tidak Mati Dalam Microwave
« Jawab #10 pada: Maret 23, 2010, 07:10:53 AM »
kayaknya sih pemancarnya ga bergerak. tapi alasnya yang bergerak.
nih saya nemu link vidoe2 tentang benda2 yang jangan dimasukan kedalam microwave:
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3585935

kalau dari video itu benda yang ga ada airnya pun bisa meledak dalam microwave.
gimana tuh bisa dijelaskan teori dari video2 tersebut?

Offline Scorpion

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 125
  • IQ: 1
Re: Semut Tidak Mati Dalam Microwave
« Jawab #11 pada: Maret 24, 2010, 08:56:09 AM »
kayaknya sih pemancarnya ga bergerak. tapi alasnya yang bergerak.
nih saya nemu link vidoe2 tentang benda2 yang jangan dimasukan kedalam microwave:
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3585935

kalau dari video itu benda yang ga ada airnya pun bisa meledak dalam microwave.
gimana tuh bisa dijelaskan teori dari video2 tersebut?
paling didalam airnya dah dipasangin mercon kali :D

Offline ngajakmikir

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 263
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
    • Ngajak Mikir
Re: Semut Tidak Mati Dalam Microwave
« Jawab #12 pada: Maret 24, 2010, 11:19:08 AM »
ayo dong jelaskan kenapa bisa begitu? penasaran nih..
kenapa anggur bisa meledak?
kenapa lampu bohlam, cd, kembang api bisa menyala/meledak padahal tidak ada unsur air disitu. kalapun ada pasti kadarnya sedikit sekali.

Offline xSaVioRx

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 169
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
Re: Semut Tidak Mati Dalam Microwave
« Jawab #13 pada: Maret 24, 2010, 12:46:55 PM »
wah sori ne,lg sibuk uan,ga sempet nyari" bhn..hehe..

Offline ngajakmikir

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 263
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
    • Ngajak Mikir
Re: Semut Tidak Mati Dalam Microwave
« Jawab #14 pada: Maret 24, 2010, 09:32:22 PM »
wah lagi pada sibuk uan ya..
selamat belajar deh kalau begitu..

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
16 Jawaban
54162 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 08, 2010, 09:31:55 AM
oleh heru.htl
3 Jawaban
2752 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 21, 2009, 05:41:45 AM
oleh reborn
26 Jawaban
31810 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 15, 2010, 03:57:53 AM
oleh idiotique_hebb
7 Jawaban
8635 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 03, 2011, 10:55:30 PM
oleh Shuez
0 Jawaban
1863 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 15, 2013, 12:31:39 AM
oleh mchgforum