Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Fisika => Topik dimulai oleh: xSaVioRx pada Maret 20, 2010, 11:14:04 AM

Judul: Semut Tidak Mati Dalam Microwave
Ditulis oleh: xSaVioRx pada Maret 20, 2010, 11:14:04 AM
Oven microwave memancarkan gelombang elektromagnetik. Gelombang tersebut tidak diserap oleh plastik atau kaca, tetapi mudah diserap oleh lemak, gula, dan air yang terdapat pada makanan. Penyerapan gelombang ini membuat makanan menjadi hangat.  Semut termasuk hewan kering karena mempunyai sedikit air di tubuhnya, sehingga ia tidak menyerap banyak gelombang elektromagnetik tersebut. Itu sebabnya ia tidak mati terkena gelombang ini. Kemungkinan alasan lain adalah ukuran semut yang lebih kecil dari panjang gelombang dari gelombang elektromagnetik yang berukuran beberapa cm (gelombang umumnya tidak berpengaruh pada benda-benda yang lebih kecil dari panjang gelombangnya).
Judul: Re: Semut Tidak Mati Dalam Microwave
Ditulis oleh: semut-ireng pada Maret 21, 2010, 06:07:13 AM
Baru dengar ini,  semut sakti barangkali ya ..... ;D
Judul: Re: Semut Tidak Mati Dalam Microwave
Ditulis oleh: insan sains pada Maret 21, 2010, 07:09:05 AM
pengen nyobain..  :)
Judul: Re: Semut Tidak Mati Dalam Microwave
Ditulis oleh: arydhamayanti pada Maret 21, 2010, 07:57:53 AM
wah, menarik sekali
Judul: Re: Semut Tidak Mati Dalam Microwave
Ditulis oleh: xSaVioRx pada Maret 21, 2010, 12:11:59 PM
semut-ireng sakti jg ne kyny.. ;D
Judul: Re: Semut Tidak Mati Dalam Microwave
Ditulis oleh: ksatriabajuhitam pada Maret 22, 2010, 12:41:25 AM
wah, thanks xSaVioRx untuk info nya.
jadi penasaran (ayo siapa yg mau jadi psychopath)

iseng2 ng-google, biasa lah bakal nyasar ke wiki, yah lumayan lah wiki-wiki juga buat introduction:

tadinya saya kira memang karena resonansi, tp ada yg bilang begini
Kutip
Microwave heating is more efficient on liquid water than on fats and sugars (which have a smaller molecular dipole moment), and also more efficient than on frozen water (where the molecules are not free to rotate).[6]  Microwave heating is sometimes explained as a resonance  of water molecules, but this is incorrect: such resonance only occurs in water vapor at much higher frequencies, at about 20 GHz.[7] 
http://en.wikipedia.org/wiki/Microwave_oven#Principles
katanya bukan resonansi (seperti halnya kenapa infrared yg berfrekuensi lebih rendah dari cahaya biru, tapi lebih bisa memanaskan kulit), tapi karena dielectric heating.
Kutip
Molecular rotation  occurs in materials containing polar molecules having an electrical dipole moment, which will align themselves in an electromagnetic field. If the field is oscillating, as in an electomagnetic wave, these molecules rotate to continuously align with it. This is called dipole rotation. As the field alternates, the molecules reverse direction. Rotating molecules push, pull, and collide with other molecules (through electrical forces), distributing the energy to adjacent molecules and atoms in the material. Temperature is the average kinetic energy (energy of motion) of the atoms or molecules in a material, so agitating the molecules in this way by definition increases the temperature of the material. Thus, dipole rotation is a mechanism by which energy in the form of electromagnetic radiation is converted to heat energy in matter.
http://en.wikipedia.org/wiki/Dielectric_heating#Mechanism

dari penjelasan di sumber ke-2 bisa dipahami mengapa semut (yg kandungan air-nya lebih sedikit) lebih tahan di oven microwave.
Judul: Re: Semut Tidak Mati Dalam Microwave
Ditulis oleh: ngajakmikir pada Maret 22, 2010, 06:28:50 AM
ho.. gitu ya. berarti binatang yang lebih kecil dari semut ga mati dalam microwave?
bagaimana kalau binatang yang lebih kecil dari semut tapi kandungan airnya banyak? seperti kuman atau bakteri gitu?
Judul: Re: Semut Tidak Mati Dalam Microwave
Ditulis oleh: xSaVioRx pada Maret 22, 2010, 09:29:34 AM
kuman/bakteri kt golongkan sbg uniseluler..semut sbg multiseluler..
pastinya yg multiseluler memiliki kandungan air lbh byk drpd uniseluler..
brarti kalo mw mknn bebas bakteri mesti pke kompor y,ga bs pk microwave..haha..
Judul: Re: Semut Tidak Mati Dalam Microwave
Ditulis oleh: ngajakmikir pada Maret 22, 2010, 10:38:28 AM
hm.. sebenarnya ukuran itu mempengaruhi ga sih? apakah kalau kita memasukkan segelas air dalam microwave, maka air itu akan menjadi panas. Sedangkan kalau kita memasukkan setetes air, maka air itu tidak akan panas ??
bagaimana dengan air yang ada dalam makanan. Bukankah air dalam makanan itu juga seperti setetes air yang tersebar dalam jaringan ??
Judul: Re: Semut Tidak Mati Dalam Microwave
Ditulis oleh: xSaVioRx pada Maret 22, 2010, 01:19:41 PM
menurut sy luas permukaan objek berpengaruh..
tp msh hrs cari tau dl ni,apakah pemancar gelombangnya itu bergerak atau tidak..
kl pemancarnya bergerak dengan asumsi penyebaran merata,maka objek apapun akan menjadi panas..
tp ada yg tau ga?,pemancarnya bergerak apa ga?
Judul: Re: Semut Tidak Mati Dalam Microwave
Ditulis oleh: ngajakmikir pada Maret 23, 2010, 07:10:53 AM
kayaknya sih pemancarnya ga bergerak. tapi alasnya yang bergerak.
nih saya nemu link vidoe2 tentang benda2 yang jangan dimasukan kedalam microwave:
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3585935

kalau dari video itu benda yang ga ada airnya pun bisa meledak dalam microwave.
gimana tuh bisa dijelaskan teori dari video2 tersebut?
Judul: Re: Semut Tidak Mati Dalam Microwave
Ditulis oleh: Scorpion pada Maret 24, 2010, 08:56:09 AM
kayaknya sih pemancarnya ga bergerak. tapi alasnya yang bergerak.
nih saya nemu link vidoe2 tentang benda2 yang jangan dimasukan kedalam microwave:
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3585935

kalau dari video itu benda yang ga ada airnya pun bisa meledak dalam microwave.
gimana tuh bisa dijelaskan teori dari video2 tersebut?
paling didalam airnya dah dipasangin mercon kali :D
Judul: Re: Semut Tidak Mati Dalam Microwave
Ditulis oleh: ngajakmikir pada Maret 24, 2010, 11:19:08 AM
ayo dong jelaskan kenapa bisa begitu? penasaran nih..
kenapa anggur bisa meledak?
kenapa lampu bohlam, cd, kembang api bisa menyala/meledak padahal tidak ada unsur air disitu. kalapun ada pasti kadarnya sedikit sekali.
Judul: Re: Semut Tidak Mati Dalam Microwave
Ditulis oleh: xSaVioRx pada Maret 24, 2010, 12:46:55 PM
wah sori ne,lg sibuk uan,ga sempet nyari" bhn..hehe..
Judul: Re: Semut Tidak Mati Dalam Microwave
Ditulis oleh: ngajakmikir pada Maret 24, 2010, 09:32:22 PM
wah lagi pada sibuk uan ya..
selamat belajar deh kalau begitu..
Judul: Re: Semut Tidak Mati Dalam Microwave
Ditulis oleh: Scorpion pada Maret 25, 2010, 11:40:04 AM
aku uan aku uan aku uan
Judul: Re: Semut Tidak Mati Dalam Microwave
Ditulis oleh: ngajakmikir pada Maret 25, 2010, 12:14:51 PM
hoo.. banyak juga yang uan. adik saya juga uan.
selamat belajar ya.. jangan internetan terus.. ;D