Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Agustus 06, 2021, 01:30:35 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26721
  • Latest: joseqgq
Stats
  • Total Tulisan: 139661
  • Total Topik: 10401
  • Online Today: 54
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 213
Total: 213

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: tak lebih dari sekedar energi yg begetar?  (Dibaca 10313 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline faiqhr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 264
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • gnothi se afton
    • faiqhr
tak lebih dari sekedar energi yg begetar?
« pada: September 04, 2009, 05:37:10 AM »
eh, denger2 nih yg namanya warna ungu itu kan gelombang cahaya yg bergetar dg panjang gelombang 380-420 nanometer, nah begitu juga warna2 lainnya yg ternyata merupakan realisasi otak kita terhadap rangsangan getaran cahaya tersebut... (pertama)

trus denger2 lagi semua materi kan tersusun atas atom, nah atom2 itu sendiri juga tersusun atas bagian yg lebih kecil lagi yg namany quark. klo dideteksi yg namany quark tuh cuman sebuah energi yg bergetar dan berputar... (kedua)

begitu juga dg materi2 lainnya kan juga ga' jauh beda, klo kita deteksi dr sudut subatomnya. apa itu berarti pada dasarnya semua materi, rangsangan, apapun itu di alam semesta ini tak lebih dari kumpulan energi yg bergetar? berarti pada dasarnya materi itu ga' ada dong?  ???
« Edit Terakhir: September 04, 2009, 05:46:07 AM oleh faiqhr »

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: tak lebih dari sekedar energi yg begetar?
« Jawab #1 pada: September 05, 2009, 10:27:35 PM »
pernah baca komik "Fisika Kuantum for Beginners", pernyataan yg sama yg diajukan oleh Erwin Schrodinger setelah berhasil memodelkan "sistem" dgn persamaan gelombang-nya.

di skala sub-atomik konsep ini memang "simpang-siur" keliatannya.
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline faiqhr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 264
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • gnothi se afton
    • faiqhr
Re: tak lebih dari sekedar energi yg begetar?
« Jawab #2 pada: September 06, 2009, 06:06:54 AM »
oh ya? belum pernah tuh, ntar coba cari ahh...

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
Re: tak lebih dari sekedar energi yg begetar?
« Jawab #3 pada: September 08, 2009, 12:18:36 AM »
sbentar energi yg bergetar, energi itu apa definisinya?

energi kinetik, energi kalor, atau energi potensial yg imaginer?
"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

Offline faiqhr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 264
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • gnothi se afton
    • faiqhr
Re: tak lebih dari sekedar energi yg begetar?
« Jawab #4 pada: September 09, 2009, 11:32:10 AM »
bergetar berarti kinetik kan?

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
Re: tak lebih dari sekedar energi yg begetar?
« Jawab #5 pada: September 09, 2009, 01:16:26 PM »
masih inget rumus energi kinetik?

ada massa yah ga? ada kecepatanyah gak?

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: tak lebih dari sekedar energi yg begetar?
« Jawab #6 pada: September 09, 2009, 01:22:24 PM »
pernah baca komik "Fisika Kuantum for Beginners", pernyataan yg sama yg diajukan oleh Erwin Schrodinger setelah berhasil memodelkan "sistem" dgn persamaan gelombang-nya.

di skala sub-atomik konsep ini memang "simpang-siur" keliatannya.
..oh, buku terbitan Mizan khan..aku tahu, aku punya versi lain...seperti "Feynman ahli fisika yang cool"...(dah lama bacanya apa masi ada dirumah ya???)
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline faiqhr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 264
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • gnothi se afton
    • faiqhr
Re: tak lebih dari sekedar energi yg begetar?
« Jawab #7 pada: September 10, 2009, 03:11:10 AM »
masih inget rumus energi kinetik?

ada massa yah ga? ada kecepatanyah gak?

mm, ya juga. E = 1/2mv2 harusnya ada massa materi yang bergetar dg kecepatan tertentu. trus massa yg bergetar itu apa?

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
Re: tak lebih dari sekedar energi yg begetar?
« Jawab #8 pada: September 10, 2009, 01:36:03 PM »
nah sekarang jadi berkaitan sama gravitasi

untuk mengetahui massa itu apa kita perlu mempelajari tentang sifatnya
salah satu sifatnya yaitu saling tarik menarik antar massa yg lain
atau gaya gravitasi, kenapa bisa hal ini, tunggu saat yah penelitian ku yang lain...
akan di publish, sy udah tau jawaban nya lengkap dengan analisis matematiknya dan kemungkinan cara membuat massa dari energi

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
Re: tak lebih dari sekedar energi yg begetar?
« Jawab #9 pada: September 10, 2009, 05:37:42 PM »
Masya Allah...
Sumpah kaget lagi gw...
bang...ente ga autis kan?
udah berapa kali dikomen tidak digubris...
sungguh saya tidak bermaksud merendahkan anda...
tapi dari sekian banyak teori yang anda keluarkan belum ada yang kelar(sebagian besar malah menurutq kacau...)...jangan membuat goncangan-goncangan di dunia persilatan fisika dong...(selesein satu dulu napa?)

ralat:
setidaknya kalo' emang bener ide itu udah ada tunjukin dong...(ga usah sama hasil prakteknya juga okelah...(at least...))
JANGAN CUMAN BISA NGOMONG, nanti yah kalo' yang lain udah kelar...
padahal yang lainnya ga ada bates deadlinenya....
« Edit Terakhir: September 10, 2009, 05:42:04 PM oleh HyawehHoshikawa »
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Offline faiqhr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 264
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • gnothi se afton
    • faiqhr
Re: tak lebih dari sekedar energi yg begetar?
« Jawab #10 pada: September 11, 2009, 04:56:09 AM »
Kutip
untuk mengetahui massa itu apa kita perlu mempelajari tentang sifatnya
salah satu sifatnya yaitu saling tarik menarik antar massa yg lain
atau gaya gravitasi, kenapa bisa hal ini, tunggu saat yah penelitian ku yang lain...
akan di publish, sy udah tau jawaban nya lengkap dengan analisis matematiknya dan kemungkinan cara membuat massa dari energi

ya ya okelah, saya tunggu bung, terimakasih,

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: tak lebih dari sekedar energi yg begetar?
« Jawab #11 pada: September 12, 2009, 12:32:54 AM »
eh, denger2 nih yg namanya warna ungu itu kan gelombang cahaya yg bergetar dg panjang gelombang 380-420 ...
seperti yang banyak saya amati tentang pemahaman orang tentang cahaya kebanyakan membayang hal yang kurang sesuai dengan teorinya. pertama kali siswa smu yang baru memahami tentang dualisme cahaya yakni bersifat sebagai gelombng dan sebagai partikel, maka mereka membayangkannya seperti ini: saat cahaya bersifat seperti gelombang maka seperti tali yang solid menjalar seperi gelombang, bersifat sebagai partikel maka mereka membayangkan cahaya seperti bola billiard yang solid. bahkan ada yang menggabungkannya bahwa cahaya seperti bola billiard yang menempel pada tali kemudian bola tersebut berosilasi mengikuti gerakan tali. ini merupakan miskonsepsi tentang cahaya.

mungkin penggabaran diatas sangat mudah disampaikan saat awal penjelasan tentang sifat cahaya, namun untuk tingkat lebih lanjut bayangan ini harus diubah jika tidak miskonsepsi akan terus berlangsung.

pertama "tidak objek ada yang bergetar pada cahaya" walaupun ada yang berosilasi jangan bayangkan bahwa ada yang "bergerak" seperti pada gelombang tali. cahaya terdiri atas medan magnet dan medan listrik yang termodulasi yang besarnya kedua medan magnet tersebutlah yang berubah-ubah berdasarkan posisi dan waktu. medan adalah besaran vektor yang memiliki arah, nah arahnya perubahan besar kedua medan magnet itu saling tegak lurus satu sama lain dan memiliki fase yang sama namun amplitudonya jauh berbeda dengan perbandingannya adalah c (nilai dari kecepatan cahaya).

quark tuh cuman sebuah energi yg bergetar dan berputar...
energi adalah sesuatu yang bisa melakukan usaha, merupakan besaran skalar yang tidak memiliki arah berbeda dengan medan yang merupakan besaran vektor. energi bukanlah suatu besaran yang dapat bergetar atau berosilasi, karena seperti yang kita tau dalam osilasi ada besaran yang berubah besarnya dan arahnya karena itu haruslah besaran vektor seperti jarak dan kelajuan. kita bisa memperbesar dan memperkecil suatu energi namun arahnya tidak ada maka tidak dapat disebut bergetar atau berosilasi.

jangan bayangkan bahwa energi adalah seperti uap panas yang terperangkap dalam bola solid kemudian bola tersebut bergetar dan berputar sehingga uap panar yang berada didalamnya ikut bergetar dan berputar kemudian dikatakan bahwa energinya ikut berputar dan bergetar...

Offline faiqhr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 264
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • gnothi se afton
    • faiqhr
Re: tak lebih dari sekedar energi yg begetar?
« Jawab #12 pada: September 12, 2009, 09:58:40 PM »
wah wah, ternyata saya kudu banyak belajar,

tapi saya belum mengerti, koq bisa perbandingan amplitudonya jadi konstanta kecepatan cahaya?
« Edit Terakhir: September 12, 2009, 10:04:01 PM oleh faiqhr »

Offline Sky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 473
  • IQ: 36
  • Gender: Pria
Re: tak lebih dari sekedar energi yg begetar?
« Jawab #13 pada: September 15, 2009, 02:58:05 PM »
Mungkin maksud om superstring, perbandingan amplitudo dari gelombang Listrik dan Magnet.
E=c.B

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: tak lebih dari sekedar energi yg begetar?
« Jawab #14 pada: September 15, 2009, 09:06:56 PM »
Mungkin maksud om superstring, perbandingan amplitudo dari gelombang Listrik dan Magnet.
E=c.B
lebih tepatnya amplitudo dari medan listrik dan medan magnet, saya belum terlalu yakin kalau "medan" disini bisa juga dikatakan sebagai "gelombang".

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
6 Jawaban
12185 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 11, 2010, 12:27:20 PM
oleh cakpredi
22 Jawaban
27088 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 12, 2010, 08:52:15 AM
oleh given
49 Jawaban
36897 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 04, 2016, 09:33:53 AM
oleh fnukennedy
7 Jawaban
32682 Dilihat
Tulisan terakhir September 22, 2012, 07:51:24 AM
oleh nʇǝʌ∀
6 Jawaban
3702 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 10, 2015, 12:25:52 AM
oleh embrio11s