Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juli 01, 2022, 06:03:47 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 76
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 54
Total: 54

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Tantangan ! Seberapa dekat dan mengertikah Anda dengan FISIKA ?

Dimulai oleh BadutBingung, November 26, 2011, 10:36:54 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

BadutBingung

Coba Tuliskan Contoh² Pemakaian Konsep² Aerodinamis Dalam Kehidupan Sehari² !

Coba Tuliskan Contoh² Pemakaian Konsep² Relatifitas Dalam Kehidupan Sehari² !

Coba Tuliskan Contoh² Pemakaian Konsep² Dinamika Rotasi Dalam Kehidupan Sehari² !

Coba Tuliskan Contoh² Pemakaian Konsep² Kekekalan Energi Dalam Kehidupan Sehari² !

BadutBingung

Kalau Merasa Kalo Konsep Fisika di Sekitar kita Mesti tulis neh yang Beginian ~
Kaya Apel yang Jatoh dan Dilihat Newton, Newton kan melihat hal itu di kehidupannya ~
kalo yang di atas apa aja hayooo cobaaa ???

semut-ireng

Kutip dari: BadutBingung pada November 26, 2011, 10:39:17 AM
Kalau Merasa Kalo Konsep Fisika di Sekitar kita Mesti tulis neh yang Beginian ~
Kaya Apel yang Jatoh dan Dilihat Newton, Newton kan melihat hal itu di kehidupannya ~
kalo yang di atas apa aja hayooo cobaaa ???

Perlu menyamakan persepsi dulu tentang apa yang dimaksud dengan  '  Konsep  '.     Menurut pendapat saya,   Konsep adalah suatu ide atau gagasan tentang  '  keapaan '  ( whatness ).   Suatu konsep mendahului lahirnya suatu hipotesa dan kemudian teori.   Contohnya,  adanya konsep atau ide / gagasan tentang  ' benda jatuh ke bawah '  ( melihat buah apel jatuh ) memberi inspirasi lahirnya hipotesa / teori gravitasi. :)

Farabi

Aerodinami, mobil, pesawat terbang.
Relatifitas, gravitasi, massa, kecepatan.
Dinamika rotasi? maksudnya grafik 3D? ya buat muter2x object dong, cek di forum matematik.
Kekekalan energi? Contohnya ya matahari, sedot materi, hamburkan lagi, atau nuklir, atau pembangkit listrik
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

BadutBingung

KutipAerodinami, mobil, pesawat terbang.
Relatifitas, gravitasi, massa, kecepatan.
Dinamika rotasi? maksudnya grafik 3D? ya buat muter2x object dong, cek di forum matematik.
Kekekalan energi? Contohnya ya matahari, sedot materi, hamburkan lagi, atau nuklir, atau pembangkit listrik

apa anak sd tw tentang sedot materi, nuklir, dll ?
yang di butuh kan adalah yang bisa di lihat dalam sehari2 broo ~
gravitasi, massa, kecepatan ?
ud hebat sih, tp terlalu buku banget ~
mobil. pesawat ?
emank efek di mana nya ?
apa anak yang di papua bisa liat pesawat tiap hari ?
bisa amatin pesawat ?

tolong dalam kehidupan sehari2 bos ~

KutipPerlu menyamakan persepsi dulu tentang apa yang dimaksud dengan  '  Konsep  '.     Menurut pendapat saya,   Konsep adalah suatu ide atau gagasan tentang  '  keapaan '  ( whatness ).   Suatu konsep mendahului lahirnya suatu hipotesa dan kemudian teori.   Contohnya,  adanya konsep atau ide / gagasan tentang  ' benda jatuh ke bawah '  ( melihat buah apel jatuh ) memberi inspirasi lahirnya hipotesa / teori gravitasi.

tq bro ud di benerin ~
tolong jawaban nya, makasi  :)

Farabi

Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Farabi

Mana ahli fisikanya disini nih yang jago teori, ada yang nantang tuh, hadiahnya gelas. Saya mu beresin simulasi fisika aja dulu ah.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Farabi

Aero-dinamika = Perubahan udara
Termo-dinamika = perubahan suhu.

Tapi di indonesia, kalo yang gampang ga dibuat susah, sampe banyak yang ngerti, kayaknya ada yang kurang ;D
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Farabi

Baru inget, mungkin ini para muslim yang ada di FB yang ngakunya sarjana teknik ITB bagian nuklir. Saya pernah bilang untuk membahas masalah agama disini saja, sekaligus membuktikan bahwa dia itu sarjana betulan, entah ini entah bukan. Saya serahkan kepada Pi-one dan yang lainnya saja.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

BadutBingung

ehh ~
koq ga nyambung ?
ahahahah ~
sory bang Farabi, saya bukan anak ITB~

nʇǝʌ∀

Nah kalo sepeda termasuk contoh aerodinamic kan ? :D

Relativitas... well, bayangkan saja lift :p

Dinamika rotasi.... loe bongkar jam dinding yg bisa keluar burung dan loe udah liat contohnya kan ? :) di dalem jam tersebut banyak roda-roda bergigi.

Kekekalan energi.... nothing is immortal :p selama 'ada' itu eksis maka energi itu eksis. energi takkan pernah eksis apabila semuanya tiada :p

                |'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''|
       __/""|"|--------nʇǝʌ∀ inc.------|
> (|__|_|!!|__________________|
      (o)!""""""(o)(o)!"""""""""""(o)(o)!

namakuhiroko

Kutip dari: BadutBingung pada November 26, 2011, 10:36:54 AM
Coba Tuliskan Contoh² Pemakaian Konsep² Aerodinamis Dalam Kehidupan Sehari² !
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

Coba Tuliskan Contoh² Pemakaian Konsep² Relatifitas Dalam Kehidupan Sehari² !
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

Coba Tuliskan Contoh² Pemakaian Konsep² Dinamika Rotasi Dalam Kehidupan Sehari² !
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

Coba Tuliskan Contoh² Pemakaian Konsep² Kekekalan Energi Dalam Kehidupan Sehari² !
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

Pi-One

Iseng jawab dua yang pertama
Kutip dari: BadutBingung pada November 26, 2011, 10:36:54 AM
Coba Tuliskan Contoh² Pemakaian Konsep² Aerodinamis Dalam Kehidupan Sehari² !
Perenang yang dadanya kecil mengalami hambatan air yang relatif lebih kecil dari perenang yang dadanya besar.

Kutip dari: BadutBingung pada November 26, 2011, 10:36:54 AMCoba Tuliskan Contoh² Pemakaian Konsep² Relatifitas Dalam Kehidupan Sehari² !
Saat janji bertemu, kita merasa cuma telat sebentar, tapi pacar merasa kita amat sangat terlambat.

mhyworld

Kutip dari: Pi-One pada November 29, 2011, 10:47:31 AM
Iseng jawab dua yang pertamaPerenang yang dadanya kecil mengalami hambatan air yang relatif lebih kecil dari perenang yang dadanya besar.
Saat janji bertemu, kita merasa cuma telat sebentar, tapi pacar merasa kita amat sangat terlambat.
bukannya hydrodynamic?

Pada kecepatan yang jauh di bawah kecepatan cahaya, teori relativitas sangat mendekati teori klasik/Newtonian.
once we have eternity, everything else can wait

mhyworld

contoh aerodinamis : layang-layang, kipas angin, bendera.
contoh dinamika rotasi : sepeda. Kalau berhenti gak bisa seimbang. kalau jalan seimbang.
contoh kekekalan energi : benda jatuh. Energi potensial menjadi kinetik, kemudian menjadi bunyi dan panas setelah nabrak lantai/tanah.
once we have eternity, everything else can wait