Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Fisika => Topik dimulai oleh: BadutBingung pada November 27, 2011, 01:36:54 AM

Judul: Tantangan ! Seberapa dekat dan mengertikah Anda dengan FISIKA ?
Ditulis oleh: BadutBingung pada November 27, 2011, 01:36:54 AM
Coba Tuliskan Contoh² Pemakaian Konsep² Aerodinamis Dalam Kehidupan Sehari² !

Coba Tuliskan Contoh² Pemakaian Konsep² Relatifitas Dalam Kehidupan Sehari² !

Coba Tuliskan Contoh² Pemakaian Konsep² Dinamika Rotasi Dalam Kehidupan Sehari² !

Coba Tuliskan Contoh² Pemakaian Konsep² Kekekalan Energi Dalam Kehidupan Sehari² !
Judul: Re: Tantangan ! Seberapa dekat dan mengertikah Anda dengan FISIKA ?
Ditulis oleh: BadutBingung pada November 27, 2011, 01:39:17 AM
Kalau Merasa Kalo Konsep Fisika di Sekitar kita Mesti tulis neh yang Beginian ~
Kaya Apel yang Jatoh dan Dilihat Newton, Newton kan melihat hal itu di kehidupannya ~
kalo yang di atas apa aja hayooo cobaaa ???
Judul: Re:Tantangan ! Seberapa dekat dan mengertikah Anda dengan FISIKA ?
Ditulis oleh: semut-ireng pada November 28, 2011, 01:42:51 AM
Kalau Merasa Kalo Konsep Fisika di Sekitar kita Mesti tulis neh yang Beginian ~
Kaya Apel yang Jatoh dan Dilihat Newton, Newton kan melihat hal itu di kehidupannya ~
kalo yang di atas apa aja hayooo cobaaa ???

Perlu menyamakan persepsi dulu tentang apa yang dimaksud dengan  '  Konsep  '.     Menurut pendapat saya,   Konsep adalah suatu ide atau gagasan tentang  '  keapaan '  ( whatness ).   Suatu konsep mendahului lahirnya suatu hipotesa dan kemudian teori.   Contohnya,  adanya konsep atau ide / gagasan tentang  ' benda jatuh ke bawah '  ( melihat buah apel jatuh ) memberi inspirasi lahirnya hipotesa / teori gravitasi. :)
Judul: Re:Tantangan ! Seberapa dekat dan mengertikah Anda dengan FISIKA ?
Ditulis oleh: Farabi pada November 28, 2011, 02:04:22 AM
Aerodinami, mobil, pesawat terbang.
Relatifitas, gravitasi, massa, kecepatan.
Dinamika rotasi? maksudnya grafik 3D? ya buat muter2x object dong, cek di forum matematik.
Kekekalan energi? Contohnya ya matahari, sedot materi, hamburkan lagi, atau nuklir, atau pembangkit listrik
Judul: Re:Tantangan ! Seberapa dekat dan mengertikah Anda dengan FISIKA ?
Ditulis oleh: BadutBingung pada November 28, 2011, 07:25:00 AM
Kutip
Aerodinami, mobil, pesawat terbang.
Relatifitas, gravitasi, massa, kecepatan.
Dinamika rotasi? maksudnya grafik 3D? ya buat muter2x object dong, cek di forum matematik.
Kekekalan energi? Contohnya ya matahari, sedot materi, hamburkan lagi, atau nuklir, atau pembangkit listrik

apa anak sd tw tentang sedot materi, nuklir, dll ?
yang di butuh kan adalah yang bisa di lihat dalam sehari2 broo ~
gravitasi, massa, kecepatan ?
ud hebat sih, tp terlalu buku banget ~
mobil. pesawat ?
emank efek di mana nya ?
apa anak yang di papua bisa liat pesawat tiap hari ?
bisa amatin pesawat ?

tolong dalam kehidupan sehari2 bos ~

Kutip
Perlu menyamakan persepsi dulu tentang apa yang dimaksud dengan  '  Konsep  '.     Menurut pendapat saya,   Konsep adalah suatu ide atau gagasan tentang  '  keapaan '  ( whatness ).   Suatu konsep mendahului lahirnya suatu hipotesa dan kemudian teori.   Contohnya,  adanya konsep atau ide / gagasan tentang  ' benda jatuh ke bawah '  ( melihat buah apel jatuh ) memberi inspirasi lahirnya hipotesa / teori gravitasi.

tq bro ud di benerin ~
tolong jawaban nya, makasi  :)
Judul: Re:Tantangan ! Seberapa dekat dan mengertikah Anda dengan FISIKA ?
Ditulis oleh: Farabi pada November 28, 2011, 09:03:27 AM
Definisi konsep?
Judul: Re:Tantangan ! Seberapa dekat dan mengertikah Anda dengan FISIKA ?
Ditulis oleh: Farabi pada November 28, 2011, 09:05:37 AM
Mana ahli fisikanya disini nih yang jago teori, ada yang nantang tuh, hadiahnya gelas. Saya mu beresin simulasi fisika aja dulu ah.
Judul: Re:Tantangan ! Seberapa dekat dan mengertikah Anda dengan FISIKA ?
Ditulis oleh: Farabi pada November 28, 2011, 09:09:24 AM
Aero-dinamika = Perubahan udara
Termo-dinamika = perubahan suhu.

Tapi di indonesia, kalo yang gampang ga dibuat susah, sampe banyak yang ngerti, kayaknya ada yang kurang ;D
Judul: Re:Tantangan ! Seberapa dekat dan mengertikah Anda dengan FISIKA ?
Ditulis oleh: Farabi pada November 28, 2011, 09:23:49 AM
Baru inget, mungkin ini para muslim yang ada di FB yang ngakunya sarjana teknik ITB bagian nuklir. Saya pernah bilang untuk membahas masalah agama disini saja, sekaligus membuktikan bahwa dia itu sarjana betulan, entah ini entah bukan. Saya serahkan kepada Pi-one dan yang lainnya saja.
Judul: Re:Tantangan ! Seberapa dekat dan mengertikah Anda dengan FISIKA ?
Ditulis oleh: BadutBingung pada November 28, 2011, 10:41:14 AM
ehh ~
koq ga nyambung ?
ahahahah ~
sory bang Farabi, saya bukan anak ITB~
Judul: Re:Tantangan ! Seberapa dekat dan mengertikah Anda dengan FISIKA ?
Ditulis oleh: nʇǝʌ∀ pada November 29, 2011, 09:46:14 AM
Nah kalo sepeda termasuk contoh aerodinamic kan ? :D

Relativitas... well, bayangkan saja lift :p

Dinamika rotasi.... loe bongkar jam dinding yg bisa keluar burung dan loe udah liat contohnya kan ? :) di dalem jam tersebut banyak roda-roda bergigi.

Kekekalan energi.... nothing is immortal :p selama 'ada' itu eksis maka energi itu eksis. energi takkan pernah eksis apabila semuanya tiada :p
Judul: Re:Tantangan ! Seberapa dekat dan mengertikah Anda dengan FISIKA ?
Ditulis oleh: namakuhiroko pada November 30, 2011, 01:35:04 AM
Coba Tuliskan Contoh² Pemakaian Konsep² Aerodinamis Dalam Kehidupan Sehari² !
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

Coba Tuliskan Contoh² Pemakaian Konsep² Relatifitas Dalam Kehidupan Sehari² !
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

Coba Tuliskan Contoh² Pemakaian Konsep² Dinamika Rotasi Dalam Kehidupan Sehari² !
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

Coba Tuliskan Contoh² Pemakaian Konsep² Kekekalan Energi Dalam Kehidupan Sehari² !
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
Judul: Re:Tantangan ! Seberapa dekat dan mengertikah Anda dengan FISIKA ?
Ditulis oleh: Pi-One pada November 30, 2011, 01:47:31 AM
Iseng jawab dua yang pertama
Coba Tuliskan Contoh² Pemakaian Konsep² Aerodinamis Dalam Kehidupan Sehari² !
Perenang yang dadanya kecil mengalami hambatan air yang relatif lebih kecil dari perenang yang dadanya besar.

Coba Tuliskan Contoh² Pemakaian Konsep² Relatifitas Dalam Kehidupan Sehari² !
Saat janji bertemu, kita merasa cuma telat sebentar, tapi pacar merasa kita amat sangat terlambat.
Judul: Re:Tantangan ! Seberapa dekat dan mengertikah Anda dengan FISIKA ?
Ditulis oleh: mhyworld pada November 30, 2011, 02:49:50 AM
Iseng jawab dua yang pertamaPerenang yang dadanya kecil mengalami hambatan air yang relatif lebih kecil dari perenang yang dadanya besar.
Saat janji bertemu, kita merasa cuma telat sebentar, tapi pacar merasa kita amat sangat terlambat.
bukannya hydrodynamic?

Pada kecepatan yang jauh di bawah kecepatan cahaya, teori relativitas sangat mendekati teori klasik/Newtonian.
Judul: Re:Tantangan ! Seberapa dekat dan mengertikah Anda dengan FISIKA ?
Ditulis oleh: mhyworld pada November 30, 2011, 02:56:51 AM
contoh aerodinamis : layang-layang, kipas angin, bendera.
contoh dinamika rotasi : sepeda. Kalau berhenti gak bisa seimbang. kalau jalan seimbang.
contoh kekekalan energi : benda jatuh. Energi potensial menjadi kinetik, kemudian menjadi bunyi dan panas setelah nabrak lantai/tanah.
Judul: Re:Tantangan ! Seberapa dekat dan mengertikah Anda dengan FISIKA ?
Ditulis oleh: joko finlan pada November 30, 2011, 03:35:28 AM
Aerodinamis = kaca mobil dibuat miring ke belakang untuk mengurangi tekanan udara.
Judul: Re:Tantangan ! Seberapa dekat dan mengertikah Anda dengan FISIKA ?
Ditulis oleh: BadutBingung pada November 30, 2011, 08:23:10 AM
Kutip
Nah kalo sepeda termasuk contoh aerodinamic kan ?

Relativitas... well, bayangkan saja lift :p

Dinamika rotasi.... loe bongkar jam dinding yg bisa keluar burung dan loe udah liat contohnya kan ?  di dalem jam tersebut banyak roda-roda bergigi.

Kekekalan energi.... nothing is immortal :p selama 'ada' itu eksis maka energi itu eksis. energi takkan pernah eksis apabila semuanya tiada :p

itu sepeda sama lift nya di jelasin coba secara mendetail ~
kalo buat yang jam dinding dibuka, di pedalaman kan ga pake jam dinding om ~
yang lebih mudah di dapat ~
yang kekekalan energi agak ga masuk kak ~ :p


Kutip
Saat janji bertemu, kita merasa cuma telat sebentar, tapi pacar merasa kita amat sangat terlambat.
diterimaaa ~
sep cari yang laen kak ~

Kutip
Pada kecepatan yang jauh di bawah kecepatan cahaya, teori relativitas sangat mendekati teori klasik/Newtonian.
ga boleh di contohin pake bahasa buku om ~
coba baca post sebelum nya ~

Kutip
contoh dinamika rotasi : sepeda. Kalau berhenti gak bisa seimbang. kalau jalan seimbang.
apa hubungan nya coba di jelasin lebih lanjut bos ~

Kutip
Aerodinamis = kaca mobil dibuat miring ke belakang untuk mengurangi tekanan udara.
di desa jarang mobik kak, apa lagi di pedalaman papua ~
coba yang lebih sederhana kak ~

ditunggu ide² kreatif nya ~
Judul: Re:Tantangan ! Seberapa dekat dan mengertikah Anda dengan FISIKA ?
Ditulis oleh: mhyworld pada November 30, 2011, 10:03:49 AM
OK deh, sorry. Saya kan tidak tahu kalau di desa anda belum ada sepeda dan buku teori relativitas. ;D
susah jelasinnya kalau belum pernah lihat barangnya.

kalau benda jatuh sudah ada kan?
Judul: Re:Tantangan ! Seberapa dekat dan mengertikah Anda dengan FISIKA ?
Ditulis oleh: BadutBingung pada Desember 02, 2011, 01:39:07 PM
benda jatuh sih gampang ~
bisa ituw ~
yang lain donk ~
itu di buku2 udh banyak banget yang contoh nya itu ~
Judul: Re:Tantangan ! Seberapa dekat dan mengertikah Anda dengan FISIKA ?
Ditulis oleh: Alan adhityo pada Desember 19, 2011, 12:41:43 AM
pernah naik dan melihat roller coaster? kalau belum apa lagi anak yang di panua atau desa suruh liat youtube aja (keep simple)..
dipandang dari aspek dinamika rotasi, pada lintasan 360 derajat atau berbentuk lingkaran, terjadi gaya sentrifugal (gaya yang dirasakan penumpangke arah luar pusat lintasan). silahkan terapkan persamaan gerak melingkar disini.
dipandang dari aspek kekekalan energi, asumsi lintasan licin dari titik manapun (dengan lintasan lingkaran) maka energi sistem akan selalu sama besar. silahkan terapkan hk. kekekalan energi.
dipandang dari aspek relativitas, kecepatan penumpang dengan pengamat berjarak 10 meter akan berbeda. penumpang akan merasakan kecepatan roller coaster lebih cepat dibanding dengan pengamat tadi. silahkahkan terapkan persamaan relativitas atau gerak relatif.
dipandang dari aspek aero dinamis, luas penampang yang tegak lurus dengan arah udara dan sudut kemiringan bidang dari depan bagian roller coaster akan mempengaruhi gesekan udara dan perlambatan akibat gesekan udara. semakin luas maka semakin besar gesekan udara yang dirasakan. silahkan gunakan persamaan gerak newtonian untuk gerak aerodinamika.

semoga membantu,, dalam fisika jadikan simple, yang penting anak mengerti maksud dari konsep tersebut dengan beberapa kejadian yang real. :)
CMIWW
Judul: Re:Tantangan ! Seberapa dekat dan mengertikah Anda dengan FISIKA ?
Ditulis oleh: mhyworld pada Desember 27, 2011, 02:50:26 PM
pernah naik dan melihat roller coaster? kalau belum apa lagi anak yang di panua atau desa suruh liat youtube aja (keep simple)..
dipandang dari aspek dinamika rotasi, pada lintasan 360 derajat atau berbentuk lingkaran, terjadi gaya sentrifugal (gaya yang dirasakan penumpangke arah luar pusat lintasan). silahkan terapkan persamaan gerak melingkar disini.
dipandang dari aspek kekekalan energi, asumsi lintasan licin dari titik manapun (dengan lintasan lingkaran) maka energi sistem akan selalu sama besar. silahkan terapkan hk. kekekalan energi.
dipandang dari aspek relativitas, kecepatan penumpang dengan pengamat berjarak 10 meter akan berbeda. penumpang akan merasakan kecepatan roller coaster lebih cepat dibanding dengan pengamat tadi. silahkahkan terapkan persamaan relativitas atau gerak relatif.
dipandang dari aspek aero dinamis, luas penampang yang tegak lurus dengan arah udara dan sudut kemiringan bidang dari depan bagian roller coaster akan mempengaruhi gesekan udara dan perlambatan akibat gesekan udara. semakin luas maka semakin besar gesekan udara yang dirasakan. silahkan gunakan persamaan gerak newtonian untuk gerak aerodinamika.

semoga membantu,, dalam fisika jadikan simple, yang penting anak mengerti maksud dari konsep tersebut dengan beberapa kejadian yang real. :)
CMIWW
Persamaan relativitas yang dimaksud di sini Relativitas Galilean, Relativitas khusus, atau Relativitas umum?
Menurut ketiganya, kelajuan pengamat menurut penumpang sama dengan kelajuan penumpang menurut pengamat.
Menurut teori relativitas khusus, panjang roller coaster menurut pengamat yang diam lebih pendek daripada panjangnya menurut penumpang, disebut efek pengerutan panjang. Efek lain adalah pemuaian waktu dan massa. Namun untuk kecepatan yang jauh di bawah kecepatan cahaya seperti dalam kasus roller coaster, efeknya sangat kecil sehingga bisa diabaikan.
Correct Me If I'm Wrong (CMIIW).
Judul: Re:Tantangan ! Seberapa dekat dan mengertikah Anda dengan FISIKA ?
Ditulis oleh: Alan adhityo pada Desember 29, 2011, 01:33:50 AM
Setidaknya itu salah satu fenomena relativitas lah yaa.. hehehe :)
sip makasih pelengkapnya :D
Judul: Re:Tantangan ! Seberapa dekat dan mengertikah Anda dengan FISIKA ?
Ditulis oleh: superstring39 pada Januari 02, 2012, 02:38:39 AM
Coba Tuliskan Contoh² Pemakaian Konsep² Aerodinamis Dalam Kehidupan Sehari² !

Coba Tuliskan Contoh² Pemakaian Konsep² Relatifitas Dalam Kehidupan Sehari² !

Coba Tuliskan Contoh² Pemakaian Konsep² Dinamika Rotasi Dalam Kehidupan Sehari² !

Coba Tuliskan Contoh² Pemakaian Konsep² Kekekalan Energi Dalam Kehidupan Sehari² !
Enggak perlu jauh-jauh semua konsep fisika itu ada di dalam tubuh kita dan kita selalu bawa2 kemana-mana. Contoh aerodinamika/ dinamika fluida ada saat kita menghirup udara, proses yang terjadi dalam rongga hidung kita dst. Relativitas; saat kita bergerak, beraktivitas dlsb. Dinamika rotasi; setiap ayunan tangan, kaki dan sendi2 pada tubuh kita. Kekekalan energi; saat kita makan, beraktivitas, ekskresi dll. Begitu juga konsep fisika yang lain seperti termodinamika, optik, fisika nuklir bahkan sampai fisika kuantum terjadi dalam tubuh kita dengan segala aktivitasnya, jika kita mau mengkaji lebih jauh.
Judul: Re:Tantangan ! Seberapa dekat dan mengertikah Anda dengan FISIKA ?
Ditulis oleh: lukuz pada Januari 05, 2012, 05:56:42 PM
---iseng2 jawab yakk ( CMIIW2 yah gan)---

MAEN BOLA (SEPAK BOLA)
PAPUA kan ada banyak tuh atlet2 bola.

*Aero: Pemain Bola berlari menuju atau menggiring bola.
Perbedaan ketika mengenakan pakaian/kostum bola atau bertelanjang dada.
Berpakaian - faktor angin/arah angin mempengaruhi tingkat aero pada pemain, mempengaruhi ruang gerak pemain (kelincahan).
Tidak berpakaian - ruang gerak (kelincahan) pemain 'total' tapi keringat lebih maksimal.

*Relatifitas: Operan/tendangan bola lambung
Pengaruh gravitasi, parabolik, arah bola dapat 'ditebak' penjaga gawang.

*Dinamika Rotasi: Tendangan2 bola (free kick dan sebagainya)
Ada tendangan pisang, bola terpuntir, tujuannya agar arah bola jadi melengkung dan tidak mudah di'tebak' oleh penjaga gawang.

*Kekal Energi: Operan/tendangan bola langsung (long shot)
Faktor momentum, kadar energi dalam diri pemain, arah angin, posisi bola.
Energi bertumpu dari tanah, disalurkan ke bola melalui kaki pemain yg bergantung kepada kadar kuat/lemah tendangan serta titik tolak/aksi yg dikenakan ke bola agar terpental/terpelanting ke arah yg diinginkan penendang bola.

---inget CMIIW2---
Judul: Re:Tantangan ! Seberapa dekat dan mengertikah Anda dengan FISIKA ?
Ditulis oleh: ytridyrevsielixetuls pada Januari 16, 2012, 12:06:58 PM
Coba Tuliskan Contoh² Pemakaian Konsep² Aerodinamis Dalam Kehidupan Sehari² !

Coba Tuliskan Contoh² Pemakaian Konsep² Relatifitas Dalam Kehidupan Sehari² !

Coba Tuliskan Contoh² Pemakaian Konsep² Dinamika Rotasi Dalam Kehidupan Sehari² !

Coba Tuliskan Contoh² Pemakaian Konsep² Kekekalan Energi Dalam Kehidupan Sehari² !

Aerodinamis = mobil, motor, sepeda, pesawat terbang, dsb

Relatifitas = 2 lift naik ke lantai yg sama dng kecepatan yg berbeda dan di lantai atas pintu keduanya terbuka secara bersamaan. artinya lift yg sampai duluan tidak membuka pintu sebelum lift satunya sampai, penumpang di dalam lift yg duluan nyampe merasa lebih lama di dlm lift

Dinamika = gasing, bumerang, dsb

Kekekalan energi = maksudnya apaan ya? setahu sy mah dlm penggunaan energi dlm kehidupan sehari-hari dikonversi bentuk energinya maka disebut kekal, setidaknya sebelum kiamat lol. contohnya orang yg nyalain lampu merupakan konversi dari energi lisrik menjadi energi panas dan energi cahaya.
Judul: Re:Tantangan ! Seberapa dekat dan mengertikah Anda dengan FISIKA ?
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Agustus 08, 2014, 12:59:41 PM
Hmmm... Kayaknya menarik nih... Sebutkan contoh-contoh pemakaian konsep aerodinamis, relativitas, dinamika rotasi, dan kekekalan energi dengan handicap harus ada di Papua ya... Coba ah...

Aerodinamis: Bulu burung yang terletak di pangkal anak panah agar bisa menancap dengan seimbang.
Relativitas: Orang luar bilang telusuri hutan sejauh 2 km itu jauh, tapi penduduk lokal Papua bilang itu dekat.
Dinamika rotasi: Bumerang yang bisa muter balik.
Kekekalan energi: Kamu makan lele, terus BAB, fesesmu dimakan lele, dan kamu makan lele yang makan fesesmu dari makan lele sebelumnya. *yodawg*
Judul: Re:Tantangan ! Seberapa dekat dan mengertikah Anda dengan FISIKA ?
Ditulis oleh: Blaise pada Agustus 10, 2014, 11:35:40 AM
Coba Tuliskan Contoh² Pemakaian Konsep² Aerodinamis Dalam Kehidupan Sehari² !

Coba Tuliskan Contoh² Pemakaian Konsep² Relatifitas Dalam Kehidupan Sehari² !

Coba Tuliskan Contoh² Pemakaian Konsep² Dinamika Rotasi Dalam Kehidupan Sehari² !

Coba Tuliskan Contoh² Pemakaian Konsep² Kekekalan Energi Dalam Kehidupan Sehari² !


aerodinamis : angin darat angin laut

relativitas : org yg jalan kaki lebih cepat waktu yg ditempuhnya jdi pendek, dan sebaliknya

dinamika rotasi : org yg nimba air di sumur

kekekalan energi : es yg dipanaskan sampai jdi uap air