Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Fisika => Topik dimulai oleh: removebefore... pada Desember 14, 2010, 03:03:01 AM

Judul: [tanya] cara mengubah motor tamiya menjadi dinamo gimana ya???
Ditulis oleh: removebefore... pada Desember 14, 2010, 03:03:01 AM
masi newbie nihhh,, mohon bantuannya yaaa ???
Judul: Re: [tanya] cara mengubah motor tamiya menjadi dinamo gimana ya???
Ditulis oleh: removebefore... pada Desember 14, 2010, 12:28:41 PM
sundul ommmm
Judul: Re: [tanya] cara mengubah motor tamiya menjadi dinamo gimana ya???
Ditulis oleh: superstring39 pada Desember 14, 2010, 11:12:02 PM
lha motor di dalam Tamiya (mini 4WD) itu khan dinamo bro... tinggal dipreteli aza.
Judul: Re: [tanya] cara mengubah motor tamiya menjadi dinamo gimana ya???
Ditulis oleh: Terbaik pada Desember 25, 2010, 11:10:32 PM
mohon bedakan pengertian dinamo dan motor:
dinamo: mengubah energi gerak ke listrik (contoh: dinamo disepeda yang ada dideket roda buat nyalain lampu sepeda)
motor: mengubah energi listrik menjadi energi gerak (contoh: yang ada di tamiya.)

Jadi yang ada di tamiya itu motor, bukan dinamo. emang sekarang bayak salah kaprah soal pengertian dinamo dan motor.
Judul: Re: [tanya] cara mengubah motor tamiya menjadi dinamo gimana ya???
Ditulis oleh: topazo pada Desember 26, 2010, 12:05:59 PM
Orang awam saya numpang jawab,...
Kalo gak salah, kalau motor tamiya mau dijadiin dinamo, gak usah diapa2in deh... cuman, alih2 kabel yang menuju batere, diganti jadi menuju lampu/sejenisnya... terus dinamonya coba aja diputar manual... Kalau positif negatifnya bener, kayaknya lampunya bisa nyala deh...

(saya pernah nyoba kalo gak salah... tapi kalo cara saya ini salah, mohon yang ahli memberi pencerahan...)
Judul: Re:[tanya] cara mengubah motor tamiya menjadi dinamo gimana ya???
Ditulis oleh: RizqiAlamsyah pada Agustus 09, 2018, 03:44:45 AM
Perbedaan dinamo dan motor itu kan pada , fungsi dari benda itu, apa untuk menyerap listrik , atau menghasilkan listrik
Kalo untuk drivenya tamiya, kan dia berupa sbuah motor, krna mnyrp energi listrik dari baterai
Nah untuk jd dinamo ,krna mmmng sdh ada magnet permanen di motor nya ( motor dc ) jd bisa langsung tuh di konek ke beban nya msl lampu, kecualu kalo motor si tamiya bkn pake magnet, tp pake kumparan , jd butuh tegangan excitasi, buat bikin si kmparan jd punya medan magnet