Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Oktober 01, 2022, 11:56:29 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 50
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 33
Total: 33

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

[tanya] tentang fisika teori...

Dimulai oleh caca, Februari 05, 2008, 12:34:13 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

caca

apa sih yang dimaksud fisika teori...?
lalu fisika terapan apa juga...??
apa juga yang membedakan fisika teori dan fisika fisika lainnya...

terima kasih... :)

astronomsableng

fisika teori adalah perang ide. Seorang teoris mengajukan ide untuk menjelaskan fenomena2 alam yang diamati, memformulasikan idenya dalam bentuk teori2 yang dapat digunakan untuk memprediksikan fenomena2 yang akan terjadi/dapat diamati. Kalau fenomena2 itu terjadi/dapat diamati, maka kredibilitas teori yang diajukannya akan meningkat dan dapat diadopsi.

Banyak teori2 yang sukses menjelaskan fenomena2 alam. Gravitasi, Relativitas (khusus dan umum), Elektrodinamika, Kuantum, Big Bang, dll...

Di lain pihak banyak juga teori2 yang gagal atau usang karena 1) tidak mampu menjelaskan sebuah fenomena secara memuaskan, atau 2) awalnya berhasil namun pengamatan/eksperimen baru gagal dijelaskan oleh teori tersebut. Misalnya alam semesta keadaan tunak (steady state). Teori kosmologi ini dulu bersaing dengan teori big bang, namun pengamatan2 baru gagal dijelaskan oleh teori ini, akhirnya teori steady state enggak dipakai lagi.

Fisika terapan adalah usaha untuk menciptakan teknologi dari hukum2 fisika yang sudah diketahui. Jadi lebih lekat dengan keinsinyuran ketimbangan usaha untuk memahami cara kerja alam.

Apa bedanya ya fisika teori dengan fisika2 lainnya... barangkali fisika teori lebih banyak menggunakan pensil/kertas dan spidol/kapur/papan kali ya...hehehehe... :D


aoko

setahuku, fisika teori itu baru berupa gagasan-gagasan yang dicetuskan oleh ilmuwan-ilmuwan fisika yang belom mampu dibuktikan... khususny untuk hal2 abstrak seperti relativitas

ngomong2, fisika kuantum itu masuk fisika teori nggak sih?

caca

tanya lagi... lalu, bagaimana memisahkan antara fisika yang menjelaskan dengan rumus dan tanpa rumus... misalkan kita buka buku fisika, ada hal hal yang bisa dijelaskan hanya dengan kalimat tapi ada juga hal hal yang harus dijelaskan dengan angka (rumus rumus)...

misal tentang kenapa balon udara dapat terbang...
kenapa apel jatuh...
kenapa lilin jika dimasukan kedalam botol tertutup akan mati...
dan kenapa kenapa lainnya...

tapi ada juga yang hanya bisa dijelaskan dengan rumus...

apakah hal seperti itu termasuk fisika terapan...??

Btw, fisika terapan apakah berarti fisika yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari...?

:D

reborn

Kutip dari: caca pada Februari 05, 2008, 12:34:13 PM
apa sih yang dimaksud fisika teori...?
lalu fisika terapan apa juga...??
apa juga yang membedakan fisika teori dan fisika fisika lainnya...

terima kasih... :)

Seperti udah dijelasin astronomsableng, fisika teori itu bisa dibilang gedanken physics. Kalo di lab lain dipenuhi alat2 yang keren2 dan buanyaaak macemnya, di lab fisika teori hanya ada rak buku, buku, kertas dan pensil ;D
Jadi inget dulu ada dosen yang bilang : sejuta bukti yang mendukung suatu teori tidak pernah menjadikannya benar, tapi cukup satu bukti yang menyanggah teori tersebut mampu membuatnya salah.

Kutip dari: aoko pada Februari 07, 2008, 02:49:20 PM
setahuku, fisika teori itu baru berupa gagasan-gagasan yang dicetuskan oleh ilmuwan-ilmuwan fisika yang belom mampu dibuktikan... khususny untuk hal2 abstrak seperti relativitas

ngomong2, fisika kuantum itu masuk fisika teori nggak sih?

masa sih belum dibuktikan? Coba liat thread quantum gravity :

KutipTeori gravitasi kuantum (quantum gravity) adalah sebuah nama untuk teori yang sampai sekarang belum terwujud, yang seyogyanya mengawinkan teori kuantum dengan teori relativitas (yaitu teori tentang ruang-waktu dan gravitasi) dalam satu framework : one unified theory, atau theory of everything, atau terserah anda sebut apa namanya. Kedua teori ini adalah pilar utama fisika modern, dan keduanya berhasil dalam domainnya masing-masing dan telah teruji dengan berbagai eksperimen : fisika kuantum berhasil dalam menjelaskan atom, partikel elementer, dan fenomena mikro lainnya; sedangkan fisika relativitas berhasil menjelaskan gravitasi, kosmologi, dan fenomena makro lainnya.

Sekalian ngejawab, iya fisika kuantum termasuk fisika teori.

Kutip dari: caca pada Februari 11, 2008, 03:43:07 PM
tanya lagi... lalu, bagaimana memisahkan antara fisika yang menjelaskan dengan rumus dan tanpa rumus... misalkan kita buka buku fisika, ada hal hal yang bisa dijelaskan hanya dengan kalimat tapi ada juga hal hal yang harus dijelaskan dengan angka (rumus rumus)...

misal tentang kenapa balon udara dapat terbang...
kenapa apel jatuh...
kenapa lilin jika dimasukan kedalam botol tertutup akan mati...
dan kenapa kenapa lainnya...

tapi ada juga yang hanya bisa dijelaskan dengan rumus...

apakah hal seperti itu termasuk fisika terapan...??

Btw, fisika terapan apakah berarti fisika yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari...?

:D


Penjelasan dengan rumus bukan fisika terapan. Penjelasan dengan rumus adalah penjelasan matematis yang sebenernya ga terlalu berarti tanpa interpretasi fisis. Artinya, dari rumus tersebut secara fisis apa yang sesungguhnya terjadi (ini yang terpenting, bukan hapalin rumusnya  ;D)

Bisa dibilang begitu. Fisika terapan adalah ilmu fisika yang diterapkan pada bidang2 tertentu. Atau ya seperti kata astronom, bedanya pake pensil/kertas atau ngga haha...

aoko

ummm... soalny juga dari dulu q masih rancu soal fisika teori. makasih penjelasanny ^^

Arcsanctus

Kutip dari: aokosetahuku, fisika teori itu baru berupa gagasan-gagasan yang dicetuskan oleh ilmuwan-ilmuwan fisika yang belom mampu dibuktikan... khususny untuk hal2 abstrak seperti relativitas

ngomong2, fisika kuantum itu masuk fisika teori nggak sih?

Relativitas itu udah di buktikan koq!

Avatar

bedanya : teori merupakan proses perumusan kalo terapan ?! ;)

Terbaik

gampangnya sih, teori itu isinya semua hal-hal atau ilmu yang sudah ditemuin perumusannya atau penjelasannya.
kalo terapan cuma ilmu yang sebatas yang udah dipake di dunia
gak semua teori itu terapan
tapi semua terapan itu teori

caca

wah... jadi makin jelas neh... :D:D:D

lovianettesherry_gonz

gampangnya fisika teori,terutama fisika modern yang relativitas umum gitu adalah fisika yang perlu daya imajinasi yang tinggi..hehehe