Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 27, 2021, 03:33:44 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26729
  • Latest: Apblack
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 45
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 32
Total: 32

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Terikat ruang-waktu  (Dibaca 14501 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Terikat ruang-waktu
« pada: Mei 27, 2008, 02:44:44 AM »
Hal yang akan saya diskusikan disini mungkin terlalu abstrak dan hanya pemikiran saya saja.
Dalam pembahasan Teori Relativitas Einstein dibahas mengenai paduan ruang-waktu dalam dunia empat dimensi. Dalam aljabar linier mengenai Dimensi ruang ke-N (saya lupa nama sub babnya) dalam ruang N dimensi memungkinkan adanya ruang (N-1) dimensi, misalnya dalam ruang 3 dimensi kita dapat membuat (menggambar) 1 dimensi (garis) dan 2 dimensi (luasan) atau 3 dimensi (volum). tetapi jika ada makhluk yang hidup dalam ruang dua dimensi tidak akan pernah bisa membayangkan adanya dunia 3 dimensi atau empat dimensi.
 
Hal yang saya pikirkan adalah kita yang dari lahir hingga nanti menjelang kematian, sadar bahwa kita hidup dalam dunia 4 dimensi (ruang-waktu) tidak akan pernah bisa menyadari adanya dimensi ke-5 atau ke-6 dst. misal ada seekor kutu yang cerdas dari sejak menetas hidup diatas sehelai benang yang tipis. selama hidupnya yang dia tahu hanya maju atau mundur, tidak pernah dia mengalami belok ke kiri atau ke kanan, ke atas atau ke bawah. jika kutu tersebut dipindahkan ke atas sebuah bidang yang luas maka ia akan bingung karena selama hidupnya tidak ada konsep luas. kehadiran dimensi "baru" ini akan mengubah seluruh pola pikirnya tentang dunianya.
 
Alam semesta ini sangat luas, kita tidak akan pernah bisa mengetahui batasnya. mungkin saja sebenarnya ada dimensi lain di semesta ini yang tidak pernah kita sadari karena semua yang kita lihat, dengar, rasakan, semuanya terikat dengan dunia 4 dimensi yakni ruang (3 dimensi) dan waktu (1 dimensi). sebagai contoh (walau belum tentu benar), kita selama ini "menganggap" dimensi wakti hanya terdiri atas 1 dimensi (hanya bisa maju) karena hanya itulah yang bisa kita "rasakan" dan alami. maka semua keputusan dan pola pikir kita berdasarkan pengalaman kita itu. andaikan seorang manusia dipindahkan (seperti kasus kutu sebelumnya) dari dunia waktu 1 dimensi ke dunia waktu 2 dimensi, maka pasti manusia tersebut akan bingung karena apa yang ia alami saat itu sama sekali berbeda dengan pengalamannya seumur hidupnya.
 
Keputusan yang diambil oleh setiap makhluk semuanya berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang ia dapatkan selama hidupnya. Maka banyak orang berselisih pendapat mengenai suatu hal karena mereka memiliki pengalaman dan pengetahuan yang berbeda (seperti cerita tiga orang buta yang berselisih tentang bentuk gajah). Contohnya kehidupan setelah mati, ada orang yang percaya ada kehidupan setelah mati ada yang tidak percaya. hal ini analogi dengan ada orang yang percaya adanya dimensi lain selain 4 dimensi yang kita ketahui dan ada yang tidak percaya. perselisihan ini terjadi karena perbedaan pengalaman dan pengetahuan (bukan berarti ada yang pernah mati lalu hidup kembali lho). menurut saya kehidupan setelah mati analogi dengan kutu yang dipindahkan dari 1 dimensi ke 2 atau 3 dimensi atau bahkan ia dipindahkan ke dimensi yang sama sekali berbeda dengan yang sebelumnya. dengan kata lain saat makhluk hidup mati maka (menurut saya) ia tidak lagi terikat dengan dimensi ruang-waktu, tidak ada luas maupun sempit, tidak ada lama atau sebentar semuanya tergantung individu masing-masing. tiap individu akan memiliki dimensi mereka sendiri.

Offline ryoma

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 418
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
  • i am not lucky, just a hope, calm, and happy..!
    • Jurnal Milzam
Re: Terikat ruang-waktu
« Jawab #1 pada: Maret 11, 2009, 06:22:59 AM »
ada kaitannya sama teori relativitas einstein kk?
When there is a will there is a way..
قل حو الله الحد

Offline Faisal .A .B

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
Re: Terikat ruang-waktu
« Jawab #2 pada: Maret 11, 2009, 06:42:50 AM »
ada kaitannya ma alm enstein

Offline ryoma

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 418
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
  • i am not lucky, just a hope, calm, and happy..!
    • Jurnal Milzam
Re: Terikat ruang-waktu
« Jawab #3 pada: Maret 11, 2009, 10:35:53 AM »
ada kaitannya ma alm enstein

dimana titik jelasnya? tolong jelaskan......

masih keccil nih.......  ;D pnasaran doang...

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: Terikat ruang-waktu
« Jawab #4 pada: Maret 11, 2009, 09:29:01 PM »
Untuk pelajaran SMA tentang teori relativitas einstein sih emang enggak keliatan hubungannya. namun untuk advance physics terutama tentang quantum relativistik (yang menggunakan string theory), pembahasan tentang ruang berdimensi banyak sangat bermanfaat. gampangnya gini aja, secara teori objek-objek yang berukuran keciiiiil sekali dengan kecepatan yang besaaaar sekali memiliki dimensi yang lebih banyak yang kita ketahui selama ini. dimensi apakah itu? ya enggak tau, wong itu cuma secara matematis doank belum ada penjelasan fisisnya.

Dimensi banyak ini sangat abstrak dan saya yakin tidak ada yang bisa memvisualisasikannya secara tepat. coba bayangkan jika ada ruang 3 dimensi dimana kita menggunakan diagram kartesian untuk menggambarkannya. ada sumbu-x, sumbu-y dan sumbu-z yang semuanya saling tegak lurus satu sama lain. coba bayangkan munculnya dimensi ke-empat dimana sumbu dimensi baru ini tegak lurus terhadap ketiga sumbu sebelumnya. bagi kita yang terbiasa dengan ruang 3 dimensi sangat sulit membayangkan kehadiran dimensi baru ini. namun bagi makhluk yang tinggal di ruang 4 atau lebih dimensi tidak akan mengalami kesulitan dalam menggambarkannya.

maglev

  • Pengunjung
Re: Terikat ruang-waktu
« Jawab #5 pada: Maret 13, 2009, 03:35:04 AM »
kita selama ini "menganggap" dimensi wakti hanya terdiri atas 1 dimensi (hanya bisa maju) karena hanya itulah yang bisa kita "rasakan" dan alami. maka semua keputusan dan pola pikir kita berdasarkan pengalaman kita itu. andaikan seorang manusia dipindahkan (seperti kasus kutu sebelumnya) dari dunia waktu 1 dimensi ke dunia waktu 2 dimensi, maka pasti manusia tersebut akan bingung karena apa yang ia alami saat itu sama sekali berbeda dengan pengalamannya seumur hidupnya.


menurut buku yg q baca (mistisisme dan fisika abru, terj.), waktu g linear lho........ cz kalo linear, nti jk ad "mesin waktu" lalu sseorang prgi k masa lalu n mmbunuh kakeknya, dy gbs k duniany lg dnk.......... waktu tu brcabang-cabang....... seolah dunia kt tu ada d dlm sbuah kotak, yg isinya adl banyak sekali cabang2........ dan itu merupakan percabangan dr waktu........... jd wktu g linear........ kalau waktu g linear, kemungkinan dimensi kt g cuma 4, tp lebih dr 4. dan q jg prnh bc sbuah artikel, yg mnyatakan dimensi kt lbh dr 4........ mgkn belasan, tp q g bc alasanny sch......

Offline ryoma

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 418
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
  • i am not lucky, just a hope, calm, and happy..!
    • Jurnal Milzam
Re: Terikat ruang-waktu
« Jawab #6 pada: Maret 13, 2009, 05:38:16 AM »
ada sumbu-x, sumbu-y dan sumbu-z yang semuanya saling tegak lurus satu sama lain. coba bayangkan munculnya dimensi ke-empat dimana sumbu dimensi baru ini tegak lurus terhadap ketiga sumbu sebelumnya. bagi kita yang terbiasa dengan ruang 3 dimensi sangat sulit membayangkan kehadiran dimensi baru ini. namun bagi makhluk yang tinggal di ruang 4 atau lebih dimensi tidak akan mengalami kesulitan dalam menggambarkannya.

maksud tegak lurusnya gimana sih kk? bingung ne..  :-\  :-\

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: Terikat ruang-waktu
« Jawab #7 pada: Maret 13, 2009, 05:44:19 AM »
maksud tegak lurusnya gimana sih kk? bingung ne..  :-\  :-\
untuk visualisasinya....
saya juga bingung gimana ngegambarinnya

Offline ryoma

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 418
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
  • i am not lucky, just a hope, calm, and happy..!
    • Jurnal Milzam
Re: Terikat ruang-waktu
« Jawab #8 pada: Maret 17, 2009, 10:18:14 PM »
emmh, gimana misalnya sebuah garis kertas (satu dimensi). Trus jika kita menumpuk2 dengan banyak lagi garis itu nantinya menjadi selembar persegi panjang (dua dimensi). Selembar persegi panjang kita tumpuk2 banyak menjadi sebuah ruang (3 dimensi).

Nah, penggambaran ke 4 dimensi dan seterusnya kita sulit menggambarkan karena selama ini kita melihat benda hanya 3 dimensi . Apakah begitu?

saya baca perumpamaan ini dari suatu buku..
« Edit Terakhir: Maret 17, 2009, 10:19:45 PM oleh ryoma »

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
Re: Terikat ruang-waktu
« Jawab #9 pada: Maret 18, 2009, 01:23:57 PM »
klo q sih optimis aja, krn semua hal ttg keduniawian adalah mungkin, apalagi manusia diberi akal dan kemampuan lainnya yg terus berkembang, dan saya jg lbh percaya dgn paralel univers atau dunia yg paralel yg disebabkan oleh sebab dan akibat yg sesuai dgn apa yg kita lakukan, karena itu kita bisa membayangkan dan mengingat masa lalu namun sgt susah melihat / mengingat masa depan krn terlalu byk variabel...
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: Terikat ruang-waktu
« Jawab #10 pada: Maret 27, 2009, 08:46:57 AM »
selama ini kita masih berkutat pada bumi kecil ini, kadang-kadang sih seperti keppler ber-Expedisi keluar angkasa, namun itu masih dalam jangkauan galaxi bima sakti.

kita tidak tahu apa yang ada diluar sana, masih banyak yang perlu dipelajari!!

Offline Sky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 473
  • IQ: 36
  • Gender: Pria
Re: Terikat ruang-waktu
« Jawab #11 pada: September 09, 2010, 05:29:23 AM »
maksud tegak lurusnya gimana sih kk? bingung ne..  :-\  :-\

Maksudnya kira-kira gini,
sumbu-sumbu itu digunakan untuk mengukur dalam arah dimensinya.
Dalam satu dimensi saja, kita mengukur dengan penggaris.
Anggaplah penggaris itu kita letakkan di sumbu x, maka jadilah kerangka satu dimensi.
Jika ingin melihat kerangka dua dimensi, tambahkan penggaris lagi di tempat yang tegak lurus dengan sumbu x.
Jadilah sumbu y, dan jadilah kerangka dua dimensi.
Jika ingin menambah dimensi lagi, tambahkan penggaris untuk mengukur di tempat yang tegak lurus sumbu x dan sumbu y.
Jadilah sumbu z, dan jadilah kerangka 3 dimensi.

Jika masih ingin menambah dimensi lagi, tambahkan penggaris untuk mengukur di tempat yang tegak lurus sumbu-sumbu sebelumnya.

Nah tentu saja di atas dimensi 3 kita sangat sulit membayangkannya.

Offline Sky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 473
  • IQ: 36
  • Gender: Pria
Re: Terikat ruang-waktu
« Jawab #12 pada: September 09, 2010, 05:34:35 AM »
Ada lagi cara lain untuk menggambarkan dimensi.

Gambarlah titik-titik yang berjarak sama dari suatu titik, maka jadilah bidang lingkaran (2 Dimensi).
Gambarlah permukaan yang berjarak sama dari suatu titik, maka jadilah bangun bola (3 Dimensi).
Gambarlah suatu ruang yang berjarak sama dari suatu titik, maka jadilah bola empat Dimensi, begitu seterusnya.

Offline Blue_Rain

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 104
  • IQ: 1
Re: Terikat ruang-waktu
« Jawab #13 pada: September 09, 2010, 06:55:41 AM »
Nah tentu saja di atas dimensi 3 kita sangat sulit membayangkannya.

Apakah sampai sekarang belum ada bidang kartesius 4 dimensi...??

 ??? ???
The Rain Always Blue...

Offline M51

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 24
  • IQ: 5
Re: Terikat ruang-waktu
« Jawab #14 pada: September 16, 2010, 11:05:35 PM »
mungkin video ini bisa membantu
http://www.youtube.com/watch?v=JkxieS-6WuA&feature=fvw
bagus videonya dibahas masalah pita pobius, time travel, dimensi waktu sampai dimensi ke 10, juga dibahas masalah semut yg hidup dalam dua dimensi kemudian pindah ke tiga dimensi dst, spt yg dijelaskan om string. penggambaranya mudah dimengerti kok
« Edit Terakhir: September 16, 2010, 11:13:29 PM oleh M51 »

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
232 Jawaban
102334 Dilihat
Tulisan terakhir September 15, 2011, 03:18:38 PM
oleh reborn
1 Jawaban
7234 Dilihat
Tulisan terakhir September 08, 2010, 01:24:53 AM
oleh superstring39
21 Jawaban
25059 Dilihat
Tulisan terakhir November 25, 2015, 02:25:51 AM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
4171 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 26, 2011, 05:06:07 AM
oleh ngajakmikir
1 Jawaban
4944 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 21, 2012, 04:22:23 AM
oleh Anton_Soepriyanto