Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juni 26, 2022, 10:03:15 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 78
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 53
Total: 53

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

terkecil dan terbesar

Dimulai oleh MonDay, September 26, 2009, 06:54:16 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

MonDay

hi

maw minta pendapat ni
penemuan kita menunjukkan

sel ada bagian terkecil mahluk hidup
di dalam sel tersusun atas beberapa atom
di mana ada yang lebih kecil dari atom
itu elektron proton dan neutron
trs di dalam elektron ada quarknya
dalam quark msh diteliti
dan quark ada arah atas dan ke bawah
nah bisa ga yang terkecil adalah ketiadaan dalam bentuk energi?

kita
indonesia
di bumi
dalam tata surya
tepatnya di bimasakti
jagat raya
nah bisa ga yang terbesar dan penyusun segalanya adalah energi?

cmiiw
thanks

loser1942

hmmm.........
setau gua yang punya quark itu proton atau neutron dah, entah dua2nya atau salah satu, yang pasti kalo gak salah elektron tak ber-quark deh.

CMIIW

raisuien

klo gag salah inget...
quark merupakan komponen dasar dari proton dan neutron

Alan adhityo

Kl ga salah dimensi satuan energi kan satuan turunan? Jd tanpa 1 dimensi satuannya tdk akan terbentuk energi. :D

si anak gajah

mungkin aja bentuk terkecil berupa energi, karena massa punya kesetaraan dengan energi dalam persamaan einstein yang paling terkenal  E = mc^2 . kalau mau baca tentang quark, cari aja refernsi tentang Standard Model, ada list dari partikel-partikel elementer, quark itu temasuk dalam Fermion. Yang temasuk Fermion itu ada quark (6 type), dan lepton(elektron, muon, tauon dan pasangan neutrinonya)
lagipula dalam proses fotoelektrik, foton terbentuk karena perpindahan tingkat energi, berarti partikel foton dibentuk oleh energi kan?
kalau ada yang salah dikomen ya...
Masalah penyusun segalanya memang selalu jadi topik yang menarik ya, udah ribuan tahun sejak filsuf-filsuf Yunani mulai memikirkannya...
[move]Keep Moving Forward!!![/move]

MonDay

Kutip dari: si anak gajah pada September 28, 2009, 01:09:45 PM
lagipula dalam proses fotoelektrik, foton terbentuk karena perpindahan tingkat energi, berarti partikel foton dibentuk oleh energi kan?

boleh minta bahan referensi ga?
saya sedang menelaah ini bahwa energi dapat memberntuk masa
http://www.forumsains.com/fisika/energi/
dan dari tulisan anda energi membentuk partikel itu sedikit membantu :)

si anak gajah

maaf, ralat: bukan dalam fotoelektrik. tetapi perpindahan elektron antar tingkat energi. Saya tidak punya referensi buku tertentu. tapi ambil logikanya saja, elektron dalam suatu atom akan mempunyai tingkat energi tertentu. saat elektron tersebut berpindah dari tingkat lebih tinggi,akan melepas energi dalam bentuk foton (partikel). karena itu saya punya pandangan, energi tersebut membentuk foton. maaf kalau memang pandangan saya tersebut salah. mohon koreksi.
maaf kalau jawaban saya mengecewakan anda. mohon maklum, saya masih tahun pertama universitas  :-[

tapi saya bisa beri sedikit bantuan untuk topik anda, buka
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

ada tertulis "The earliest phases of the Big Bang are subject to much speculation. In the most common models, the Universe was filled homogeneously and isotropically with an incredibly high energy density, huge temperatures and pressures, and was very rapidly expanding and cooling."

berarti pada fase awal pembentukan alam semesta, yang terdapat adalah rapatan energi yang sangat besar, yang kemudian terjadi inflasi yang menyebabkan terbentuknya partikel elementer.
kalau ada salah lagi, mohon diberi komentar...
[move]Keep Moving Forward!!![/move]