Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 22, 2020, 05:55:39 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139605
  • Total Topik: 10376
  • Online Today: 173
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 27
Total: 27

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Time Machine Theory  (Dibaca 60263 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Dr. Obscure

  • Pengunjung
Time Machine Theory
« pada: Desember 17, 2006, 12:35:54 PM »
Bukan seperti doraemon yang bisa melakukan parking Mesin Waktu di dalam laci meja belajar Nobita, seorang anak SD kelas 4 yang bersekolah di Tokyo, Japan. Mesin waktu merupakan sebuah penemuan lanjut yang dilandasi teori mengenai Warp Theory (Berpindah tempat menggunakan lompatan ruang dan waktu). Akan tetapi masih tetap tidak sama seperti jurus "Berpindah Tempat Dalam Sekejap" milik SonGoku di Dragon Ball.

Sekarang saya akan ajak anda sedikit berangan-angan dikarenakan memang mesin sejenis ini sedang dalam tahap pembuatan oleh pihak pihak kuat seperti NASA dan Science Research Team of Europe Union.

Gambarkan dalam benak anda, sebuah mesin teleportation yang menggunakan Warp Gate yang berupa sebuah pintu gerbang besar yang akan mengantarkan anda ke tempat tujuan hanya dalam waktu super singkat. Seperti pintu kemana saja doraemon?! Mgkn seperti khayalan, tapi hal ini lah yang sekarang sedang dipercobakan USA, juga sebagai pelengkap GIG system yang sedang mereka kembangkan dimulai pada tahun 2005 kemarin.

Mesin teleportation yang berupa Warp Gate itu tentu berbeda dengan yang namanya Time Machine. Anda akan berpindah dari sebuah tempat ke tempat lain dalam sekejap memang, akan tetapi waktu yang anda alami adalah sama.

Manusia hidup dalam dunia 4 Dimensi. Panjang, Lebar, Tinggi dan Waktu, yang sering juga disebut Ruang & Waktu. Dengan menggunakan Teleportation Machine, anda akan berpindah ruang, katakanlah dari Jakarta - Tokyo, benar adanya berbeda ruang bukan?! Akan tetapi waktu nya tetap sama. Katakanlah anda berangkat dari Jakarta tgl 22 April 2006 Pukul 17:00, anda akan sampai di Tokyo pada tgl 22 April 2006 Pukul 20:01.

Koq beda 3 jam? Katanya hanya melalui kompleks dimensi Ruang?
Weits!!! Perbedaan waktu belahan bumi Jakarta dan Tokyo adalah 3 jam pada bulan April. Sehingga sebenarnya anda hanya membutuhkan 1 menit saja untuk melakukan travelling dari Jakarta - Tokyo. Menarik bukan?!

Lalu apa hubungan Teleportation Machine itu dengan Time Machine?!

Nahh ..
Ini dia inti pembicaraan kita kali ini.
Bagi mereka yang sudah mempelajari fisika di bangku kelas 3 SMU (Saya tidak tahu dengan kurikulum baru Indonesia), mereka akan mempelajari mengenai Teori Einstein (Saya lupa namanya) yang mengemukakan bahwa manusia di luar angkasa akan mengalami perubahan waktu lebih lambat dibanding manusia yang ada di bumi. Sebab mereka bergerak dengan kecepatan tinggi (Pesawat luar angkasa kan bergerak terus). Dimana manusia yang dibumi hanya bergerak dengan kecepatan nyaris 0 (Bobo, makan, tidur, kan tidak bergerak gerak kan? - Mgkn kecuali yang sering tidur sambil lari2)

Sekarang masuk ke Inti permasalahan. Katakanlah d[R]eams pergi keluar angkasa dengan pesawat buatan Indonesia bernama "Gampang Meledak" ke planet pluto yang menurut perhitungan gw (kalau gak salah) sekitar 30 Tahun perjalanan (Pulang pergi katakanlah 60 tahun). Sedangkan Dr. Obscure di bumi melakukan aktifitas seperti biasa. Ditahun 2006 saat pesawat "Gampank Meledak" milik Indonesia itu terbang, d[R]eams dan Dr. Obscure masing masing memiliki 1 Warp Gate yang bisa menghubungkan tempat Dr. Obscure dan d[R]eams berada dan mereka bisa ter-teleport ketempat satu sama lain berada dengan melewati pintu tersebut.

Katakanlah 50 Tahun berlalu (Waktu bumi). d[R]eams belom sampe bumi nih. Akhirnya Dr. Obscure dan d[R]eams menyalakan Warp gate tersebut untuk bisa saling bercakap cakap dan melihat 1 dengan yang lain (Kek star wars bgt yeh?!) Disaat pesawat pergi di tahun 2006 Usia Dr. Obscure adalah 19 tahun, begitu juga dengan d[R]eams. Karena 50 tahun sudah berlalu, disaat menerima transmission Warp Gate, Dr. Obscure di bumi berusia 69 Tahun (Dan tahun di bumi adalah 2056). Bagaimana dengan d[R]eams?! Dia mengalami perlambatan waktu. Katakanlah dia masih sedikit lebih muda, berusia 30 tahun. Jadi tahun yang sekarang sedang dia jalani adalah tahun 2017.

Keterangan:
Code:
Kutip
Dr. Obscure - 69 Tahun - Bumi - Tahun 2056
d[R]eams - 30 Tahun - Pesawat "Gampank Meledak" - Tahun 2017

Coba dilihat statistika keterangan diatas.
Bayangkan apabila Dr. Obscure, melangkah ke tempat d[R]eams berada. Dalam konteks ini, maka Dr. Obscure akan berada di pesawat "Gampank Meledak" tahun 2017, dimana dia mundur ke masa lalu sebanyakan 39 tahun. Dan sebaliknya, apabila d[R]eams yang melangkah langsung kebumi, maka dia akan berada di tahun 2056 (Dimana dia melakukan pergerakan ke masa depan sebanyak 39 tahun).

Logis?

Frequently Asked Questions:
1. Sering ada yang ngomong, "Gw gak percaya mesin waktu itu ada, karena gw gak isa liat anak cucu gw sekarang" ..

Pertanyaan ini terjawab seketika begitu anda selesai membaca bagian akhir tadi. Teori mesin waktu ini tidak mengijinkan seorang pengguna mundur ke waktu yang lebih tua daripada waktu pembuata mesin Warp Gate nya. Katakanlah Warp Gate diketemukan tahun 2015 nanti (Rencana USA), maka waktu TERLAMBAT yang bisa orang datangi dengan mesin waktu adalah 2015 lewat beberapa bulan dari penyelesaian mesin.

2. Ini melawan Tuhan dong?! Kita bisa jadi kembali muda
Pada dasarnya Teori ini tidak melakukan supporting pendapat mengenai si Dr. Obscure akan kembali muda apabila pergi ke tempat d[R]eams berada. Maka ini sama sekali tidak melawan hukum alam TUA.

3. Manusia bisa dong merubah sejarah dengan adanya mesin waktu?! Dosa dong?!
Waktu bukan merupakan perpanjangan. Jangan bayangkan waktu sebagai sebuah penggaris, dimana anda ada di tengah, masa depan di kanan dan masa lalu di kiri. Tiap detik, tiap vektor dan tiap kejadian yang ada di dunia ini merupakan lembaran kertas (bayangkan seperti itu), maka ada imajinasi manusia yang mengatakan mengenai dunia pararel. Anda tidak akan merubah sejarah sebuah dunia pararel tertentu dengan kembali ke masa lalu, sebab yang anda lakukan adalah pergi ke waktu tujuan tapi pada dimensi dunia pararel berbeda. (Cabang gtuh deh)

Is there any question so far?!

mr.zero

  • Pengunjung
Re: Time Machine Theory
« Jawab #1 pada: Januari 26, 2007, 11:31:28 AM »
lo kok da kayak sci fi novel yang sering gw baca
sorry bro

goz

  • Pengunjung
Re: Time Machine Theory
« Jawab #2 pada: Januari 26, 2007, 04:06:40 PM »
apa bedanya antara warp-gate dengan teleportation? apa warp-gate menggunakan metode teleport/quantum teleport atau metode lain?

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Time Machine Theory
« Jawab #3 pada: Januari 27, 2007, 11:25:40 AM »
Konsep time travel adalah konsep yang sangat menarik banyak orang. Konsep ini udah berabad-abad ada di otak manusia dan semakin hangat saat teori relativitas Einstein juga memungkinkan konsep time travel. Twin Paradox adalah contoh paling populer yang menggambarkan dilasi waktu  sebagai salah satu konsekuensi dari  teori relativitas.

Seperti contoh yang diberikan Dr. Obscure, jika saya travelling dengan kecepatan hampir menyamai kecepatan cahaya, maka waktu yang saya alami jauh lebih lambat dibandingkan waktu pada Bumi. Dengan demikian, saya dapat menjelajah ke masa depan.

Bagaimana cara menjelalah ke masa lalu? Persamaan relativitas umum memiliki banyak solusi yang masing2 merepresentasikan ruang-waktu yang berbeda. Salah satunya adalah closed timelike curves. Seorang dapat bergerak melalui loop tersebut dan kembali ke masa lalu..

Walau hingga saat ini masih belum ada berhasil membuat time machine, belum ada juga yang dapat mengatakan ini tidak mungkin. Selain time machine, yang menarik juga adalah blackhole dan wormholes.

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
Re: Time Machine Theory
« Jawab #4 pada: Januari 19, 2008, 01:11:56 PM »
nice topic dr...
menurut saya mulai dari waktu itu sendiri...waktu menurut saya berasal dari proses rotasi dan revolusi, lalu kenapa kita tidak menyamai saja dg kecepatan itu knp hrs kecepatan cahaya?
trus kemungkinan jk kita punya alat untuk menyamai kecepatan itu mungkin itu yg disebut mesin waktu..
dan ingat jg lonceng kehidupan mahluk hidup tidak seiring dengan kecepatan yg mempengaruhi waktu...krena itu akan membuat mahluk hidup menjadi kekal mutlak yg hanya dimiliki oleh Allah swt,dan mahluk hidup hanya menjadi kekal nisbi...dmn kekal nisbi itu jika seseorang meloncat dari satu waktu kewaktu lain mk di hanya kekal thd mahluk hidup yg dibawah kecepatannya saja atau gambarannya dia akan lebih lama hidup dgn kecepatan yg dimilikinya dari pada mahluk lain yg memiliki kecepatan dibawah orang itu...tapi lonceng biologis seperti denyut jantung dan lainnya didalam orang itu akan konstan atau tetap maka diapun tetap akan mati...dan itu membenarkan ayat Al quran yg menyebutkan demi masa sesungguhnya manusia dalam keadaan merugi kecuali orang2 yg bertakwa dan melakukan kebaikan ...dmn kita tak akan menjadi muda lagi...
dari dasar bahwa waktu dipengaruhi oleh kecepatan dan waktu akan melambat jk kita mengalami kecepatan tertentu...maka misal kita pergi dgn kecepatan x km/jm tyt kita ada pada waktu yg berbeda dgn waktu sebenarnya dibumi yg memiliki kecepatan y km/jam maka jk kita menemui seseorang yg ada dibumi dgn kecepatan yg dimilikinya maka kita jg harus menyesuaikan atau mempertahankan beda kecepatan kita agar waktu terus berbeda...maka jika tak dipertahankan maka kita akan kembali kewaktu normal bumi...
coba klo bs baca buku MISTERI LOBANG HITAM oleh Yusman Wiyatmo Msi dosen UNY bagus jg deh...
jadi seseorang yg berkunjung kewaktu yg lain akan terkena halangan horison peristiwa dgn kecepatan yg berbeda dgn dunia yg dikunjunginya...
maka dia tak akan bisa menyentuh apa yg ada didunia lain itu karena terhalang beda kecepatan/horison peristiwa itu...
ttg dunia paralel saya setuju karena kita hidup akibat sebab akibat...dimana akibat itu bermacam2 tergantung sebabnya
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

astronomsableng

  • Pengunjung
Re: Time Machine Theory
« Jawab #5 pada: Januari 29, 2008, 10:15:24 AM »
nice topic dr...
menurut saya mulai dari waktu itu sendiri...waktu menurut saya berasal dari proses rotasi dan revolusi, lalu kenapa kita tidak menyamai saja dg kecepatan itu knp hrs kecepatan cahaya?

Rotasi dan revolusi apa? Bumi? Waktu yang didasarkan pada rotasi dan revolusi Bumi (1 hari, 1 tahun) itu hanyalah definisi berdasarkan konvensi umat manusia. Aliran waktu tetap berjalan meskipun definisi itu kita ganti2.

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
Re: Time Machine Theory
« Jawab #6 pada: Januari 30, 2008, 12:39:49 PM »
gini lo mas ast.sambleng...
menurutku selama ini kita melakukan penelitian kan berdasarkan waktu dibumi dimana kita tinggal...dan yg jadi pembanding jg waktu  dibumi ini...dan saya yakin waktu  yg  ada diluar lintasan bumi jg berbeda jauh dari waktu bumi sendiri karena kecepatannya jg beda...jadi tiap lapisan langit punya patokan waktu yg berbeda2 atau punya waktu sendiri2...jadi y mungkin klo kita bisa melebihi kecepatan bumi berotasi atau berevolusi y mungkin saja akan melakukan perjalanan ruang waktu...jika kita lakukan masih didalam bumi jg...jadi intinya terjadi perbedaan kecepatan antara kecepatan kita(kita melebihi kecepatan bumi berputar) dan kecepatan bumi...gitu ...gimana pendapatmu...?

astronomsableng

  • Pengunjung
Re: Time Machine Theory
« Jawab #7 pada: Februari 01, 2008, 01:14:16 AM »
gini lo mas ast.sambleng...
menurutku selama ini kita melakukan penelitian kan berdasarkan waktu dibumi dimana kita tinggal...dan yg jadi pembanding jg waktu  dibumi ini...dan saya yakin waktu  yg  ada diluar lintasan bumi jg berbeda jauh dari waktu bumi sendiri karena kecepatannya jg beda...jadi tiap lapisan langit punya patokan waktu yg berbeda2 atau punya waktu sendiri2...jadi y mungkin klo kita bisa melebihi kecepatan bumi berotasi atau berevolusi y mungkin saja akan melakukan perjalanan ruang waktu...jika kita lakukan masih didalam bumi jg...jadi intinya terjadi perbedaan kecepatan antara kecepatan kita(kita melebihi kecepatan bumi berputar) dan kecepatan bumi...gitu ...gimana pendapatmu...?

Menurutmu berapa kecepatan rotasi Bumi, misalnya di Khatulistiwa?

Lalu coba bandingkan kecepatan tersebut dengan kecepatan objek paling cepat yang pernah dibuat manusia, misalnya pesawat jet F-16...

Apakah terjadi perjalanan waktu?

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
Re: Time Machine Theory
« Jawab #8 pada: Februari 01, 2008, 12:42:34 PM »
 ;D
makanya aku tanya...brp kec rotasi dan revolusi bumi berapa (klo bs y dlm km/jam?)
trs kec f-16 mgkn yg berapa x kec suara y?mmg brp kec?biar mudah membandingkannya...lgi mls ngitung nh...hehehe ;D

Offline manusiarender

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 59
  • IQ: 7
  • Gender: Pria
  • seperti biasa, sedang mencoba menguasai dunia
Re: Time Machine Theory
« Jawab #9 pada: Februari 17, 2008, 03:34:54 AM »
gmana bisa bikinmesin waktu kalo waktu itu sendiri ga ada???

teorinya einstein emang mangijinkan terjadinya time travel... tapi kata hawking, mesin waktu ga akan bisa dibuat mengingat adanya paradoks...
will.i.believe.the.sun

Offline dopamine

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 29
  • IQ: 29
Re: Time Machine Theory
« Jawab #10 pada: April 11, 2008, 04:53:02 PM »
kalian tahu, melihat bulan adalah 1,3 detik lebih lambat waktunya, atau melihat matahari lebih lambat 8 menit waktunya. jadi, Anda melihat matahari lebih telat 8 menit dari waktu aslinya. mungkin itu relativitas Einstein. meskipun begitu, saya tetap skeptis keberadaan mesin waktu.

artikel lengkap ada di : http://school.discoveryeducation.com/schooladventures/universe/itsawesome/lightyears/

Offline insan sains

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Insan Sains
Re: Time Machine Theory
« Jawab #11 pada: April 12, 2008, 06:32:17 AM »
Seru euy...!!!

Menurut eyang Einstein, Time Travel itu memungkinkan JIKA :
"Kita bisa menciptakan mesin yang lebih cepat dari kecepatan cahaya"

Yang pernah lihat acara Discovery Channel pada topic The World's First Time Machine
oleh Dr Ronald Mallett mungkin lebih faham. Nih... saya kasih link youtube-nya saja

http://youtube.com/watch?v=V7vpw4AH8QQ&feature=related

Time Travel: Einstein's big idea (Theory of Relativity)
[youtube=425,350]http://youtube.com/watch?v=V7vpw4AH8QQ[/youtube]
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

Offline humaam dz.

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 128
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
Re: Time Machine Theory
« Jawab #12 pada: Mei 02, 2008, 08:04:39 AM »
klo memang mesin waktu sedang di kembangkan oleh USA, apakah teori yang mereka gunakan berhubungan dengan teori relativitas yang di kemukakan einstein? kalo waktu itu paralel, seperti yg dikatakan dalam tulisan diatas, bagaimana cara kita kembali ke waktu semula? dan dengan teori mesin waktu yg anda kemukakan dalam tulisan diatas, bisakah kita melepaskan diri dari ruang dan waktu?
akan ada pengorbanan di setiap mimpi yang kita perjuangkan.

Offline izumi

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 57
  • IQ: 6
  • Gender: Wanita
Re: Time Machine Theory
« Jawab #13 pada: Juli 09, 2008, 04:25:03 AM »
waDuhhhhhhh
asik nih klo memang mesin waktu ada,,,,,,,,,,,
jadi pengen liat ntar masa depanku gimana yahhhhhhhhhhhhhhhhh

Offline lovianettesherry_gonz

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 68
  • IQ: 6
  • Gender: Wanita
  • see the future,be the future
Re: Time Machine Theory
« Jawab #14 pada: Juli 10, 2008, 11:00:54 AM »
yah aku juga senang ngomongin hal kayak gini..secara teori relativitas umum tuh butuh ngayal yang susah tapi menarik...emang Einstein membenarkan konsep time machine..tapi menurut Stephen Hawking,kalo kita buat time machine dengan cara membengkokkan ruang waktu....ruang waktu akan sangat tidak stabil dan waktu kita nyoba perjalanannya,kita udah keburu ancur duluan...

tapi menurut Einstein juga,lebih dari kecepatan cahaya adalah mustahil tuh...coba deh sekali-kali jangan ngebahas black hole,udah keseringa..wormhole atau white hole gituu

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
69 Jawaban
202063 Dilihat
Tulisan terakhir September 20, 2016, 01:50:13 AM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
3501 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 09, 2009, 02:22:29 PM
oleh skuler
0 Jawaban
3269 Dilihat
Tulisan terakhir November 17, 2010, 07:59:24 AM
oleh qarrobin
String Theory

Dimulai oleh gema Fisika

2 Jawaban
4076 Dilihat
Tulisan terakhir September 07, 2011, 02:37:14 AM
oleh superstring39
1 Jawaban
2865 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 16, 2019, 09:10:38 AM
oleh Pi-One