Forum > Fisika

Time Machine Theory

(1/11) > >>

Dr. Obscure:
Bukan seperti doraemon yang bisa melakukan parking Mesin Waktu di dalam laci meja belajar Nobita, seorang anak SD kelas 4 yang bersekolah di Tokyo, Japan. Mesin waktu merupakan sebuah penemuan lanjut yang dilandasi teori mengenai Warp Theory (Berpindah tempat menggunakan lompatan ruang dan waktu). Akan tetapi masih tetap tidak sama seperti jurus "Berpindah Tempat Dalam Sekejap" milik SonGoku di Dragon Ball.

Sekarang saya akan ajak anda sedikit berangan-angan dikarenakan memang mesin sejenis ini sedang dalam tahap pembuatan oleh pihak pihak kuat seperti NASA dan Science Research Team of Europe Union.

Gambarkan dalam benak anda, sebuah mesin teleportation yang menggunakan Warp Gate yang berupa sebuah pintu gerbang besar yang akan mengantarkan anda ke tempat tujuan hanya dalam waktu super singkat. Seperti pintu kemana saja doraemon?! Mgkn seperti khayalan, tapi hal ini lah yang sekarang sedang dipercobakan USA, juga sebagai pelengkap GIG system yang sedang mereka kembangkan dimulai pada tahun 2005 kemarin.

Mesin teleportation yang berupa Warp Gate itu tentu berbeda dengan yang namanya Time Machine. Anda akan berpindah dari sebuah tempat ke tempat lain dalam sekejap memang, akan tetapi waktu yang anda alami adalah sama.

Manusia hidup dalam dunia 4 Dimensi. Panjang, Lebar, Tinggi dan Waktu, yang sering juga disebut Ruang & Waktu. Dengan menggunakan Teleportation Machine, anda akan berpindah ruang, katakanlah dari Jakarta - Tokyo, benar adanya berbeda ruang bukan?! Akan tetapi waktu nya tetap sama. Katakanlah anda berangkat dari Jakarta tgl 22 April 2006 Pukul 17:00, anda akan sampai di Tokyo pada tgl 22 April 2006 Pukul 20:01.

Koq beda 3 jam? Katanya hanya melalui kompleks dimensi Ruang?
Weits!!! Perbedaan waktu belahan bumi Jakarta dan Tokyo adalah 3 jam pada bulan April. Sehingga sebenarnya anda hanya membutuhkan 1 menit saja untuk melakukan travelling dari Jakarta - Tokyo. Menarik bukan?!

Lalu apa hubungan Teleportation Machine itu dengan Time Machine?!

Nahh ..
Ini dia inti pembicaraan kita kali ini.
Bagi mereka yang sudah mempelajari fisika di bangku kelas 3 SMU (Saya tidak tahu dengan kurikulum baru Indonesia), mereka akan mempelajari mengenai Teori Einstein (Saya lupa namanya) yang mengemukakan bahwa manusia di luar angkasa akan mengalami perubahan waktu lebih lambat dibanding manusia yang ada di bumi. Sebab mereka bergerak dengan kecepatan tinggi (Pesawat luar angkasa kan bergerak terus). Dimana manusia yang dibumi hanya bergerak dengan kecepatan nyaris 0 (Bobo, makan, tidur, kan tidak bergerak gerak kan? - Mgkn kecuali yang sering tidur sambil lari2)

Sekarang masuk ke Inti permasalahan. Katakanlah d[R]eams pergi keluar angkasa dengan pesawat buatan Indonesia bernama "Gampang Meledak" ke planet pluto yang menurut perhitungan gw (kalau gak salah) sekitar 30 Tahun perjalanan (Pulang pergi katakanlah 60 tahun). Sedangkan Dr. Obscure di bumi melakukan aktifitas seperti biasa. Ditahun 2006 saat pesawat "Gampank Meledak" milik Indonesia itu terbang, d[R]eams dan Dr. Obscure masing masing memiliki 1 Warp Gate yang bisa menghubungkan tempat Dr. Obscure dan d[R]eams berada dan mereka bisa ter-teleport ketempat satu sama lain berada dengan melewati pintu tersebut.

Katakanlah 50 Tahun berlalu (Waktu bumi). d[R]eams belom sampe bumi nih. Akhirnya Dr. Obscure dan d[R]eams menyalakan Warp gate tersebut untuk bisa saling bercakap cakap dan melihat 1 dengan yang lain (Kek star wars bgt yeh?!) Disaat pesawat pergi di tahun 2006 Usia Dr. Obscure adalah 19 tahun, begitu juga dengan d[R]eams. Karena 50 tahun sudah berlalu, disaat menerima transmission Warp Gate, Dr. Obscure di bumi berusia 69 Tahun (Dan tahun di bumi adalah 2056). Bagaimana dengan d[R]eams?! Dia mengalami perlambatan waktu. Katakanlah dia masih sedikit lebih muda, berusia 30 tahun. Jadi tahun yang sekarang sedang dia jalani adalah tahun 2017.

Keterangan:
Code:

--- Kutip ---Dr. Obscure - 69 Tahun - Bumi - Tahun 2056
d[R]eams - 30 Tahun - Pesawat "Gampank Meledak" - Tahun 2017
--- Akhir Kutipan ---

Coba dilihat statistika keterangan diatas.
Bayangkan apabila Dr. Obscure, melangkah ke tempat d[R]eams berada. Dalam konteks ini, maka Dr. Obscure akan berada di pesawat "Gampank Meledak" tahun 2017, dimana dia mundur ke masa lalu sebanyakan 39 tahun. Dan sebaliknya, apabila d[R]eams yang melangkah langsung kebumi, maka dia akan berada di tahun 2056 (Dimana dia melakukan pergerakan ke masa depan sebanyak 39 tahun).

Logis?

Frequently Asked Questions:
1. Sering ada yang ngomong, "Gw gak percaya mesin waktu itu ada, karena gw gak isa liat anak cucu gw sekarang" ..
Pertanyaan ini terjawab seketika begitu anda selesai membaca bagian akhir tadi. Teori mesin waktu ini tidak mengijinkan seorang pengguna mundur ke waktu yang lebih tua daripada waktu pembuata mesin Warp Gate nya. Katakanlah Warp Gate diketemukan tahun 2015 nanti (Rencana USA), maka waktu TERLAMBAT yang bisa orang datangi dengan mesin waktu adalah 2015 lewat beberapa bulan dari penyelesaian mesin.

2. Ini melawan Tuhan dong?! Kita bisa jadi kembali muda
Pada dasarnya Teori ini tidak melakukan supporting pendapat mengenai si Dr. Obscure akan kembali muda apabila pergi ke tempat d[R]eams berada. Maka ini sama sekali tidak melawan hukum alam TUA.

3. Manusia bisa dong merubah sejarah dengan adanya mesin waktu?! Dosa dong?!
Waktu bukan merupakan perpanjangan. Jangan bayangkan waktu sebagai sebuah penggaris, dimana anda ada di tengah, masa depan di kanan dan masa lalu di kiri. Tiap detik, tiap vektor dan tiap kejadian yang ada di dunia ini merupakan lembaran kertas (bayangkan seperti itu), maka ada imajinasi manusia yang mengatakan mengenai dunia pararel. Anda tidak akan merubah sejarah sebuah dunia pararel tertentu dengan kembali ke masa lalu, sebab yang anda lakukan adalah pergi ke waktu tujuan tapi pada dimensi dunia pararel berbeda. (Cabang gtuh deh)

Is there any question so far?!

mr.zero:
lo kok da kayak sci fi novel yang sering gw baca
sorry bro

goz:
apa bedanya antara warp-gate dengan teleportation? apa warp-gate menggunakan metode teleport/quantum teleport atau metode lain?

reborn:
Konsep time travel adalah konsep yang sangat menarik banyak orang. Konsep ini udah berabad-abad ada di otak manusia dan semakin hangat saat teori relativitas Einstein juga memungkinkan konsep time travel. Twin Paradox adalah contoh paling populer yang menggambarkan dilasi waktu  sebagai salah satu konsekuensi dari  teori relativitas.

Seperti contoh yang diberikan Dr. Obscure, jika saya travelling dengan kecepatan hampir menyamai kecepatan cahaya, maka waktu yang saya alami jauh lebih lambat dibandingkan waktu pada Bumi. Dengan demikian, saya dapat menjelajah ke masa depan.

Bagaimana cara menjelalah ke masa lalu? Persamaan relativitas umum memiliki banyak solusi yang masing2 merepresentasikan ruang-waktu yang berbeda. Salah satunya adalah closed timelike curves. Seorang dapat bergerak melalui loop tersebut dan kembali ke masa lalu..

Walau hingga saat ini masih belum ada berhasil membuat time machine, belum ada juga yang dapat mengatakan ini tidak mungkin. Selain time machine, yang menarik juga adalah blackhole dan wormholes.

rawWARus:
nice topic dr...
menurut saya mulai dari waktu itu sendiri...waktu menurut saya berasal dari proses rotasi dan revolusi, lalu kenapa kita tidak menyamai saja dg kecepatan itu knp hrs kecepatan cahaya?
trus kemungkinan jk kita punya alat untuk menyamai kecepatan itu mungkin itu yg disebut mesin waktu..
dan ingat jg lonceng kehidupan mahluk hidup tidak seiring dengan kecepatan yg mempengaruhi waktu...krena itu akan membuat mahluk hidup menjadi kekal mutlak yg hanya dimiliki oleh Allah swt,dan mahluk hidup hanya menjadi kekal nisbi...dmn kekal nisbi itu jika seseorang meloncat dari satu waktu kewaktu lain mk di hanya kekal thd mahluk hidup yg dibawah kecepatannya saja atau gambarannya dia akan lebih lama hidup dgn kecepatan yg dimilikinya dari pada mahluk lain yg memiliki kecepatan dibawah orang itu...tapi lonceng biologis seperti denyut jantung dan lainnya didalam orang itu akan konstan atau tetap maka diapun tetap akan mati...dan itu membenarkan ayat Al quran yg menyebutkan demi masa sesungguhnya manusia dalam keadaan merugi kecuali orang2 yg bertakwa dan melakukan kebaikan ...dmn kita tak akan menjadi muda lagi...
dari dasar bahwa waktu dipengaruhi oleh kecepatan dan waktu akan melambat jk kita mengalami kecepatan tertentu...maka misal kita pergi dgn kecepatan x km/jm tyt kita ada pada waktu yg berbeda dgn waktu sebenarnya dibumi yg memiliki kecepatan y km/jam maka jk kita menemui seseorang yg ada dibumi dgn kecepatan yg dimilikinya maka kita jg harus menyesuaikan atau mempertahankan beda kecepatan kita agar waktu terus berbeda...maka jika tak dipertahankan maka kita akan kembali kewaktu normal bumi...
coba klo bs baca buku MISTERI LOBANG HITAM oleh Yusman Wiyatmo Msi dosen UNY bagus jg deh...
jadi seseorang yg berkunjung kewaktu yg lain akan terkena halangan horison peristiwa dgn kecepatan yg berbeda dgn dunia yg dikunjunginya...
maka dia tak akan bisa menyentuh apa yg ada didunia lain itu karena terhalang beda kecepatan/horison peristiwa itu...
ttg dunia paralel saya setuju karena kita hidup akibat sebab akibat...dimana akibat itu bermacam2 tergantung sebabnya

Navigasi

[0] Indeks Pesan

[#] Halaman berikutnya

Ke versi lengkap