Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 21, 2021, 10:46:15 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 49
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 49
Total: 49

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Usulan Percobaan Pembuktian bahwa bumi berotasi  (Dibaca 69319 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Dr.F

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 25
  • IQ: -2
  • ForSa!
Re:Usulan Percobaan Pembuktian bahwa bumi berotasi
« Jawab #15 pada: Oktober 01, 2014, 10:12:58 PM »
eksperimen yang diusulkan akang sangat bagus, dan dalam ranah teori akan sulit (bahkan mustahil) dibantah. akan tetapi dalam ranah eksperimen real, hampir mustahil pula mewujudkan alat ukur waktu yang mutlak teliti. bisa saja eksperimen dapat terlaksana, tapi saya perkirakan nasib hasil dari eksperimen ini akan sama saja dengan nasib hasil percobaan bandul Foucault, yang dicurigai bahwa orientasi bandul tersebut berubah karena pengaruh yang lain, sementara tak ada alat atau cara yang bisa membuktikan kebenaran atau kesalahan kecurigaan tsb.
begitu pula dengan eksperimen yang akang usulkan, kecurigaan bahwa perbedaan alat pengukur waktu dipengaruhi oleh faktor lain, yang juga tidak ada alat atau cara untuk membuktikan bahwa kecurigaan tsb benar atau salah.

 ;D ;D ;D :(

Gitu ya ternyata eksperimen yang saya usulkan tidak bisa diterima semua pihak, apapun hasilnya nanti, masing-masing akan tetap dengan pahamnya yang dianut.

Saya sangat sepakat dengan mas Sandy tentang dunia tidak ada acuan mutlak dan semoga semua orang juga demikian, sehingga tidak ada yang menyalahkan suatu teori karena teori tersebut tidak bisa diaplikasikan.
Akhirnya semua kembali pada keyakinan masing2, karena ilmu pengetahuan yang diperoleh manusia terbatas.

Offline Sandy_dkk

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 186
  • IQ: 12
  • bung.sandy@outlook.com
Re:Usulan Percobaan Pembuktian bahwa bumi berotasi
« Jawab #16 pada: Oktober 02, 2014, 04:45:32 AM »
banyak orang yang salah kaprah dengan dunia sains. mereka menganggap, bahwa konklusi2 hasil logika sains merupakan kebenaran yang mutlak benar, sehingga menjadi patokan dalam hal aqidah agama. mereka menganggap, bahwa jika aqidah tidak sesuai engan sains maka aqidah tsb salah. jika aqidah sesuai engan sains maka aqidah tsb benar. cara beraqidah atau berkeyakinan yang sangat rapuh.

teori2 dalam sains adalah suatu permodelan dari piramida logika yang banyak memiliki premis dasar berupa asumsi2, tentu berbeda dengan aqidah yang kebenarannya mutlak. tidak bisa dicampur2 antara keduanya. masyarakat sains sudah mengerti akan hal ini, tapi sayangnya banyak orang2 diluar masyarakat sains yang tidak mengerti hakikat teori sains tapi berani masuk dan mencampuradukan sains dan ajaran agama dalam hal aqidah.

perdebatan tentang teori sains yang harusnya dalam suasana damai menjadi seperti perdebatan tentang aqidah yang panas, bahkan saling mengkafirkan satu sama lain. sama sekali tidak mencerminkan jiwa masyarakat sains yang sebenarnya.
ada juga masyarakat tertentu yang berusaha mencari2 dan mengutip teori sains yang sesuai dengan aqidahnya agar terkesan aqidahnya benar, ternyata teori sains yang ia kutip terbukti hoax (walaupun bukan hoax, seperti yang sudah saya katakan diatas bahwa teori sains tidak layak dijadikan dalil kebenaran sebuah aqidah). beberapa diantara hoax2 tsb saya kumpulkan disini: Hoax2 Islami (klik).



maka, jangan campuradukkan aqidah dengan sains. jangan dianggap, orang yang menggunakan suatu teori tertentu berarti orang tsb beraqidah sesuai teori yang digunakannya. jangan pula menganggap aqidah yang sesuai dengan sains berarti aqidah tsb benar.
dunia sains adalah dunia penuh asumsi, ada yang mengasumsikan bumi diam, ada yang mengasumsikan bumi bergerak mengelilingi matahari, keduanya dapat didamaikan dengan ilmu kalkulus. kenapa orang2 diluar justru mendebatkannya secara panas? kenapa orang2 diluar justru memposisikan dunia yang penuh asumsi ini sejajar dengan aqidah?

ada yang menjadi kafir karena ternyata agamanya tidak sesuai sains, ada yang menjadi beriman karena ternyata agamanya sesuai dengan sains. keduanya sama saja, sama2 beraqidah dengan landasan yang rapuh...

Offline Sandy_dkk

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 186
  • IQ: 12
  • bung.sandy@outlook.com
Re:Usulan Percobaan Pembuktian bahwa bumi berotasi
« Jawab #17 pada: Oktober 02, 2014, 05:08:42 AM »
tambahan

ada juga mereka yang berusaha mematahkan suatu teori sains karena teori tsb tidak sesuai dengan aqidahnya.
percuma, masyarakat sains tidak akan menanggapinya, kecuali hanya sebagai banyolan saja.

kasihan masyarakat luar yang tidak mengerti, hancur keyakinannya oleh orang2 seperti ini, mereka jadi terombang-ambing dalam kebingungan.

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:Usulan Percobaan Pembuktian bahwa bumi berotasi
« Jawab #18 pada: Oktober 02, 2014, 10:18:45 AM »
dulunya heliosentrist karena asal ngikut. Karena mungkin semakin kritis, saya berubah geosentrist sampai ada bukti yang tidak bisa terbantahkan lagi kalau bumi itu berotasi.

Oh, ya alhamdulillah deh kalau bukan karena taklid buta semata terhadap agama. Saya hargai pendapat Anda.  :)
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Offline ytridyrevsielixetuls

  • To Kick Out Fake Critical Thinkers!
  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 687
  • IQ: 219
  • Gender: Pria
  • ▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄
Re:Usulan Percobaan Pembuktian bahwa bumi berotasi
« Jawab #19 pada: Oktober 02, 2014, 11:11:44 AM »
Dr. F


Sikap anda sungguh tidak terpuji!!
Pertama, anda sudah menuduh orang lain. Anda bilang ke nʇǝʌ∀ bahwa dia adalah heliosentris tulen didikan sejak SD (ini cara anda melarikan diri dari argumen orang?). Ini namanya PERSONAL ATTACK. Memang salah memasukkan teori lain sebagai pembanding? Banyak kok member yang mengajukan klaim atau teori kemudian direspon dengan teori lain sebagai pembanding. Andanya aja yang merasa diserang. Anda sadar nggak sih kalau sikap anda itu kekanak-kanakan? Dan justru dengan sikap anda inilah : anda yang lebih pantas disebut bersikap subjektif.

Kedua, anda ngotot meyakini bahwa sikap kritis orang berpaham heliosentris pada eksperimen anda adalah sikap yang tidak objektif. Nggak merasa sombong kah anda?? Jadi hanya orang berpaham heliosentris saja yang tidak objektif sementara anda yang berpaham geosentris dianggap berpikiran kritis ?

Kalau kaum heliosentris mengkritisi geosentris dibilang subjektif,
Tapi kalau kaum geosentris mengkritisi heliosentris dibilang objektif,
Ini kah jalan pemikiran anda?

Ketiga, memang masalah buat anda kalau orang lain berpaham heliosentris? Memang pernah 3 member yg reply thread anda mempermasalahkan kepercayaan anda pada geosentris? Memang kenapa kalau orang mengkritisi geosentris? Anda merasa dianiaya? Merasa diserang? Padahal anda juga mengkritisi heliosentris! Anda lihat 2 member yang merupakan kaum heliosentris tidak merasa diserang dan dianiaya oleh anda. Tidak seperti anda yg merasa dianiaya dan diserang mereka.
Apakah cuma teori heliosentris aja yang boleh dikritisi? Lantas bedanya anda dengan teroris itu apa?

Keempat, Apakah argumen dari nʇǝʌ∀ dan Sandy_dkk itu dianggap menyerang teori geosentris? Anda sepertinya ogah menggunakan istilah BERPIKIR KRITIS kalau yang bicara adalah kaum heliosentris! Padahal anda sebagai kaum geosentris bisa bebas bicara mengkritisi heliosentris dan tetap pada klaim BERPIKIR KRITIS. Tidakkah anda melihat betapa piciknya cara berpikir anda nggak ubahnya seperti ekstrimis religious? (gimana rasanya jadi korban personal attack? Sakit kan? Padahal anda juga melakukan personal attack sebelumnya).

Kelima, anda merasa diserang cuma karena orang berpaham heliosentris mengkritisi geosentris lalu kenapa bukan anda berpikir bahwa anda juga bisa dianggap menyerang teori heliosentris, sehingga bukti dan argumen apapun yang diajukan oleh kaum heliosentris macam nʇǝʌ∀ dan Sandy_dkk tidak akan dipertimbangkan dan malah dianggap sebagai serangan?
Kalau anda tidak merasa menyerang heliosentris so sudahkah anda temukan kelemahan dari argumen nʇǝʌ∀ dan Sandy_dkk? Mana bukti bahwa argumen mereka salah, ketimbang hanya menuduh mereka saja?

Apakah komentar nʇǝʌ∀ dan Sandy_dkk mengesankan bahwa mereka ini percaya heliosentris karena mereka itu tidak kritis dan dicuci otaknya?

Keenam, seharusnya anda minta maaf pada nʇǝʌ∀ dan Sandy_dkk,
cuma karena mereka berpaham heliosentris, langsung anda TUDUH mereka menyerang geosentris dan mengambil kesimpulan subjektif. Lalu bagaimana dengan sikap anda yang melarikan diri dari argumen nʇǝʌ∀ dan Sandy_dkk ? mana sikap kritis anda? Sudahkah anda lihat bahwa mereka salah? anda koar-koar bahwa teori salah pun bisa diaplikasikan dengan teknologi, lalu apakah itu hanya berlaku pada heliosentris saja?
Menurut anda kalau tekonologinya berupa jam dan pendulum dan teori yang dibela adalah geosentris, lantas bisa dianggap benar? Jadi menurut anda hanya geosentris saja yang dianggap benar dengan aplikasi teknologi?

Ketujuh, tidak ada yang menganggap anda bodoh!! Tidak ada yang menyalahkan anda percaya pada geosentris!! Ingat itu! Bandingkan dengan anda yang menuduh kaum heliosentris menyerang anda dan bersikap subjektif.


« Edit Terakhir: Oktober 02, 2014, 11:15:22 AM oleh ytridyrevsielixetuls »
     -/"|           -/"|           -/"|
<(O)}D     <(O)}D     <(O)}D
     -\_|          -\_|           -\_|

Offline ytridyrevsielixetuls

  • To Kick Out Fake Critical Thinkers!
  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 687
  • IQ: 219
  • Gender: Pria
  • ▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄
Re:Usulan Percobaan Pembuktian bahwa bumi berotasi
« Jawab #20 pada: Oktober 02, 2014, 11:14:30 AM »
Dr. F


PERLU DIINGAT, sebelum anda melancarkan tuduhan-tuduhan baru, yang saya permasalahkan adalah sikap picik anda, BUKAN kepercayaan anda pada geosentris!!
Dan terimalah kenyataan, 2 member yang berpaham heliosentris yang reply thread anda juga pemikir kritis.
Anda sudah tau belum nʇǝʌ∀ itu free thinker? Lu pikir dia bertaklid buta pada doktrin2 pro-heliosentris sebagaimana orang relijius bertaklid buta pada ajaran agama ?
ngawur itu kalau anda berpikir demikian.
nʇǝʌ∀ tidak percaya begitu saja tanpa mengkritisinya! dan dia tidak melakukan one-sided judgement. dia kritisi SEMUA doktrin. tidak ada yang diistimewakan. jadi jangan sok tahu menganggap dia percaya heliosentris karena bertaklid buta karena didikan sejak SD!

asal anda tahu, ya. di FORSA, jangankan teori heliosentris dan geosentris, cerita Adam dan Hawa saja bisa dikritisi disini!! Ajaran2 semua agama juga bisa dikritisi!!
Ngak ada diskriminasi! bukan cuma bertaklid buta sambil ngomong : "eh itu kata kitab suci! udah tertulis disitu! ngga boleh dipertanyakan!"
kalau anda memang seorang pemikir kritis so anda juga mesti punya sikap itu, jangan standar ganda.


« Edit Terakhir: Oktober 02, 2014, 11:20:27 AM oleh ytridyrevsielixetuls »

Offline ytridyrevsielixetuls

  • To Kick Out Fake Critical Thinkers!
  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 687
  • IQ: 219
  • Gender: Pria
  • ▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄
Re:Usulan Percobaan Pembuktian bahwa bumi berotasi
« Jawab #21 pada: Oktober 02, 2014, 11:34:36 AM »
SUMMARY jadi kaya gini ya?


nʇǝʌ∀ dan Sandy_dkk adalah penyerang teori geosentris dan tidak objektif, karena mereka adalah penganut paham heliosentris dan mengkritisi geosentris.

Dr. F selaku TS adalah pemikir kritis dan objektif, karena dia adalah penganut paham geosentris dan mengkritisi heliosentris.


jadi kesimpulannya, mereka yang pro-heliosentris itu tidak objektif apapun argumen mereka. meskipun sejauh ini tidak ada bantahan oleh Dr. F pada argumen nʇǝʌ∀ dan Sandy_dkk, bahkan menjawab penyebab siang dan malam saja susahnya minta ampun. tapi anda menuduh kaum heliosentris tidak akan terima argumen/bukti anda, dan itulah yang dijadikan alasan anda tidak mau membantah??....

....atau anda ini sebenarnya tidak sanggup membantah argumen mereka karena anda bisa melihat bahwa argumen mereka benar ??

« Edit Terakhir: Oktober 02, 2014, 11:36:11 AM oleh ytridyrevsielixetuls »

Offline Dr.F

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 25
  • IQ: -2
  • ForSa!
Re:Usulan Percobaan Pembuktian bahwa bumi berotasi
« Jawab #22 pada: Oktober 02, 2014, 09:45:53 PM »
Untuk ytridyrevsielixetuls

Maaf mas ini thread ilmu alam-fisika, bukan thread psikologi-sosiologi, Sebaiknya mas membuat thread khusus, kalaupun saya dianggap demikian, saya kira tidak ada masalah, personal yang ada di forum ini hanya nickname, alias orangnya tidak jelas. seseorang bisa memiliki banyak nickname. Personal attack saya kira relatif, mas bilang sendiri tadi member2 yang juga komentar disini tidak merasa dianiaya. apakah ada definisi yang baku tentang personal attack?
atau ada contoh2 personal attack sesuai dengan kesepakatan antar member di forum ini?

Seorang freethinker akhirnya akan menyadari keterbatasannya.

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re:Usulan Percobaan Pembuktian bahwa bumi berotasi
« Jawab #23 pada: Oktober 05, 2014, 10:40:37 AM »
Bagaimana cara membuktikannya dengan menggunakan satelit yang diorbitkan diluar jangkauan gravitasi bumi? Jadi waktu bumi berputar satelit itu tidak ikut berputar, dan dengan membuat beberapa stasiun penerima di beberapa negara, kita bisa melihat secara langsung dengan menggunakan kamera apakah benar bumi ini berputar atau tidak.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Offline Dr.F

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 25
  • IQ: -2
  • ForSa!
Re:Usulan Percobaan Pembuktian bahwa bumi berotasi
« Jawab #24 pada: Oktober 05, 2014, 10:04:34 PM »
Bagaimana cara membuktikannya dengan menggunakan satelit yang diorbitkan diluar jangkauan gravitasi bumi? Jadi waktu bumi berputar satelit itu tidak ikut berputar, dan dengan membuat beberapa stasiun penerima di beberapa negara, kita bisa melihat secara langsung dengan menggunakan kamera apakah benar bumi ini berputar atau tidak.

menentukan satelit tersebut berputar atau tidak itu yang menjadi masalah mas, sudah dijelaskan oleh mas sandy_dkk, tidak ada diam mutlak atau bergerak mutlak, semuanya relatif.
usulan eksperimen saya diatas jika hasilnya negatif, maka kesimpulannya masih ada dua kemungkinan, yang pertama relativitas einstein tentang waktu salah dan bumi berotasi, yang kedua bumi diam dan relativitas einstein tentang waktu benar.

Offline __________

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 155
  • IQ: 110
  • Which Witch Switches Switched Witch ?
Re:Usulan Percobaan Pembuktian bahwa bumi berotasi
« Jawab #25 pada: November 02, 2014, 06:21:18 AM »
Bagaimana cara membuktikannya dengan menggunakan satelit yang diorbitkan diluar jangkauan gravitasi bumi? Jadi waktu bumi berputar satelit itu tidak ikut berputar, dan dengan membuat beberapa stasiun penerima di beberapa negara, kita bisa melihat secara langsung dengan menggunakan kamera apakah benar bumi ini berputar atau tidak.

masalahnya ada orang yang masih anti teknologi. jangan kan satelit. telepon genggam saja dianggap teknologi yang nggak bisa dipercaya padahal digunakan hampir semua orang. (padahal komputer internet sudah digunakan)

---

BTW
hingga sekarang, adakah alasan ilmiah membantah argumen heliosentris tentang penyebab siang dan malam? atau mungkin kita akan mendengar jawaban nggak nyambung?
« Edit Terakhir: November 02, 2014, 06:22:58 AM oleh __________ »

Offline Goen

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 99
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • geosentrisme.blogspot.com
Re:Usulan Percobaan Pembuktian bahwa bumi berotasi
« Jawab #26 pada: November 05, 2014, 06:40:16 AM »
Maaf, saya orang baru di sini. Mau ikutan nimbrung.  :)

masalahnya ada orang yang masih anti teknologi. jangan kan satelit. telepon genggam saja dianggap teknologi yang nggak bisa dipercaya padahal digunakan hampir semua orang. (padahal komputer internet sudah digunakan)

---

BTW
hingga sekarang, adakah alasan ilmiah membantah argumen heliosentris tentang penyebab siang dan malam? atau mungkin kita akan mendengar jawaban nggak nyambung?
Kalau penyebab bergantinya siang dan malam itu karena perputaran matahari memangnya kenapa?

Offline Sandy_dkk

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 186
  • IQ: 12
  • bung.sandy@outlook.com
Re:Usulan Percobaan Pembuktian bahwa bumi berotasi
« Jawab #27 pada: November 05, 2014, 08:33:58 AM »
masalahnya ada orang yang masih anti teknologi. jangan kan satelit. telepon genggam saja dianggap teknologi yang nggak bisa dipercaya padahal digunakan hampir semua orang. (padahal komputer internet sudah digunakan)

masalahnya, jika kita berhasil melepaskan satelit dari pengaruh gravitasi bumi, apa yang menjadi jaminan bahwa satelit tsb benar2 diam?

masalah lainnya, jika telah terbukti salah satu teori benar, apa manfaatnya?
baik geosentris maupun heliosentris, keduanya sama2 dapat digunakan untuk penyusunan kalender astronomis secara akurat. cukup dengan kalkulus, benda apapun yang dijadikan acuan diam hasilnya sama saja.
jadi manfaat apa yang bisa didapat dari mempersoalkan tentang dua teori ini?
« Edit Terakhir: November 05, 2014, 08:35:31 AM oleh Sandy_dkk »

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re:Usulan Percobaan Pembuktian bahwa bumi berotasi
« Jawab #28 pada: November 05, 2014, 12:24:58 PM »
Dr F itu memangnya secara literat percaya matahari mengelilingi bumi atau hanya sedang menguji saja?

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re:Usulan Percobaan Pembuktian bahwa bumi berotasi
« Jawab #29 pada: November 05, 2014, 01:27:48 PM »
Memang dalam fisika modern kita akan bicara soal realitas bergantung model.
Dengan cara ini, mau bilang bumi mengelilingi matahari atau matahari yang dikelilingi bumi sah-sah saja.

Tapi perlu disadari, dengan dua model berbeda, sering kali akan dituntut dua set hukum yang bekerja pula, masing-masing untuk tiap model. Artinya jika mau memakai model geosentris, kita perlu set hukum ilmiah yang sesuai pula. Karena kemungkinan hukum ilmiah dari model bumi mengelilingi matahari gak bisa dipakai di model geosentris.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
29 Jawaban
51007 Dilihat
Tulisan terakhir November 15, 2015, 12:32:57 AM
oleh Monox D. I-Fly
Pembuktian Hal Dasar

Dimulai oleh biobio « 1 2 3 » Matematika

36 Jawaban
25043 Dilihat
Tulisan terakhir November 15, 2015, 12:45:15 AM
oleh Monox D. I-Fly
3 Jawaban
16956 Dilihat
Tulisan terakhir September 29, 2014, 09:31:08 AM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
5391 Dilihat
Tulisan terakhir November 08, 2011, 06:27:08 AM
oleh Apikkondang
1 Jawaban
3537 Dilihat
Tulisan terakhir November 28, 2011, 01:58:29 AM
oleh mhyworld