Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Oktober 06, 2022, 06:04:46 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,637
  • Total Topik: 10,394
  • Online today: 37
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 15
Total: 15

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

waktu di bumi dan luar angkasa

Dimulai oleh Mars, Februari 13, 2009, 07:08:54 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Mars

ini tentang teori relativitas nih.............
kenapa waktu di bumi dengan di luar angkasa itu beda ?????
seperti, kalo A tinggal di bumi dia sudah berumur 45 thn, tai B yang tinggal di luar angkasa masih berumur 30 thn. emang yang menyebabbkan terjadinya ini kenapa ?????  ???

utusan langit

karena perbedaan ukuran harinya, jika di bumi ukuran 1 hari = 24jam, maka diluar angkasa mungkin 100jam/hari atau mungkin lebih,...
tapi jika kita membawa jam, maka niscaya waktu masih sama!!!

ryoma

ikut nanya, apakah misalnya dari Bumi kita keluar angkasa, lalu balik lagi ke Bumi. Apakah dengan begitu waktu juga berubah? Atau tetap?
When there is a will there is a way..
قل حو الله الحد

utusan langit

tergantung pengertian waktu yang kita gunakan!!
jika kita menggunkan jam sebagai acuhan waktu, saya kira tidak berubah!
tapi jika kita gunakan acuhan hari, maka waktu akan berubah!!

ryoma

When there is a will there is a way..
قل حو الله الحد

utusan langit

umur kan dirujukkan pada tahun, jika hari berubah lama, bulan juga berubah lama, maka tahun juga berubah lama, oleh karena perbedaan umur dimungkinkan!!!

ksatriabajuhitam

#6
Kutip dari: Mars pada Februari 13, 2009, 07:08:54 PM
ini tentang teori relativitas nih.............
kenapa waktu di bumi dengan di luar angkasa itu beda ?????
seperti, kalo A tinggal di bumi dia sudah berumur 45 thn, tai B yang tinggal di luar angkasa masih berumur 30 thn. emang yang menyebabbkan terjadinya ini kenapa ?????  ???
bukan begitu,,
si A dan si B berumur sama, si A tinggal di bumi sementara si B pergi ke luar angkasa dengan pesawat berkecepatan mendekati kecepatan cahaya, ketika kembali umur si B lebih muda dari umur si A

menurut relativitas khusus, jika B telah menempuh waktu tB, maka menurut A terasa tA=tB/sqrt{1- {v_B}^2 / c^2}, artinya A merasakan waktu lebih lama dari B; maka ketika B kembali, A lebih tua dari B!

ini paradox kembar, karena gerak itu relatif, jika diambil sudut pandang dari B maka A bergerak, tB=tA/sqrt{1- {v_A}^2 / c^2}, maka A lebih muda dari B!

ternyata kasus ini tidak bisa diselesaikan dengan relativitas khusus, perlu relativitas umum.

mangga atuh bagi yang suka theoretical physics silahkan dibahas  :kribo:
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Pi-One

A dan B adalah saudara kembar. A tinggal di bumi, B saat usia dua puluh tahun melakukan perjalanan dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya. Saat B tiba di bumi kembali dalam perjalanan yang baginya hanya 6 bulan, A di bumi ternyata sudah menjalani masa 60 tahun dan berusia 80 tahun.

Dalam hal ini, B boleh dibilang sudah melakukan perjalanan waktu ke masa depan. Tapi berdasar teori ini, B tidak bisa kembali ke masa lalu.

superstring39

Kutip dari: Mars pada Februari 13, 2009, 07:08:54 PM
ini tentang teori relativitas nih.............
kenapa waktu di bumi dengan di luar angkasa itu beda ?????
seperti, kalo A tinggal di bumi dia sudah berumur 45 thn, tai B yang tinggal di luar angkasa masih berumur 30 thn. emang yang menyebabbkan terjadinya ini kenapa ?????  ???
wah mars jorok nich, kalo cuma tai-nya doang tinggal di luar angkasa enggak ngaruh donk sama usia si B  ;D ;D ;D (cuma bercanda koq)

Dalam konteks relativitas khusus bukan seperti itu konsepnya, enggak cuma tinggal di luar angkasa kemudian jadi awet muda. seperti yang dijelaskan oleh KBH, maka si B yang berkelana (artinya selalu bergerak) di luar angkasa dengan kecepatan yang sangat tinggiii sekali bisa dikatakan mendekati kecepatan cahaya, maka waktu baginya terasa lambat dibandingkan waktu di bumi (jika bumi dijadikan kerangka acuan yang diam) karena itu si A yang tinggal di bumi akan terasa lebih cepat tua.

Namun sekali lagi ini adalah paradoks. dalam relativitas semua gerak adalah relatif tergantung kerangka acuannya atau pengamat. nah sekarang bagai mana jika pesawat yang ditumpangi B kita jadikan kerangka acuan yang diam? maka bumi-lah yang bergerak menjauhi pesawat dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya, konsekuensinya waktu dibumi akan terasa lebih lambat dibandingkan dengan pesawat dan orang yang tinggal di bumi akan lebih awet muda dibandingkan si B.

Jadi mana yang benar? apakah pesawat yang bergerak menjauhi bumi atau bumi yang bergerak menjauhi pesawat? dalam kerangka acuan inersial (dimana relativitas khusus berlaku) keduanya benar: pesawat menjauhi bumi dan saat yang sama bumi menjauhi pesawat. Jadi siapa yang lebih awet muda dibandingkan yang lain? kita tidak akan pernah tau sampai si B pulang dari pengembaraannya diluar angkasa dan bertemu kembali dengan si A. itulah yang dinamakan paradoks kembar.

The Houw Liong

Menurut teori relativitas Einstein, waktu adalah relatif terhadap pengamat, namun dalam skala sistem surya perbedaan waktu tsb sangat kecil. Relativitas waktu baru berarti jika kita berbicara mengenai waktu pada galaksi Bima Sakti relatif terhadap waktu pada galaksi lain.
HouwLiong

nandaz

rasanya agak mirip dengan threadnya "Teori waktu"...yang dimulai oleh zonsopgang
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

superstring39

Kutip dari: nandaz pada Februari 18, 2009, 05:42:07 PM
rasanya agak mirip dengan threadnya "Teori waktu"...yang dimulai oleh zonsopgang
memang sama-sama membahas tentang waktu, tapi "Teori waktu" membahas tentang apa itu waktu, sedangkan disini membahas tentang bagaimana waktu bekerja atau berjalan pada acuan yang berbeda.

nandaz

hmm begitu...aku ikut nanya deh, kalo rotasi bumi misal acuannya menjadi 20 jam sehari apa manusia lebih pendek umurnya dari manusia dengan acuan 24 jam..?anggap rata2 manusia bumi dengan acuan 24 jam berumur 80 tahun... rata2 manusia dengan acuan 20 jam=?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

biobio

Kutip dari: nandaz pada Februari 19, 2009, 01:05:13 PM
hmm begitu...aku ikut nanya deh, kalo rotasi bumi misal acuannya menjadi 20 jam sehari apa manusia lebih pendek umurnya dari manusia dengan acuan 24 jam..?anggap rata2 manusia bumi dengan acuan 24 jam berumur 80 tahun... rata2 manusia dengan acuan 20 jam=?
tidak ada hubungannya antara penghiungan waktu yang digunakan dan usia. mungkin bisa umurnya jadi ribuan tahun kalo satu tahun disana cuma seminggu, dan bisa juga hanya ultah 1000 tahun sekali kalau setahun disana = 1000 tahun di bumi, masalah acuan aja.
"The pen is mightier than the sword"

nandaz

he..he.. ini seperti masuk ke matematika deh...tentu ada prubahan umurnya antara dua acuan yang berbeda...acuan pertamanya satu hari 20 jam, karena masih menggunakan kata bumi anggap satu tahun ada 256 hari...20 jam *256 hari dalam setahun hasilnya sama dengan 5120 jam... kalo acuan kedua rata2 80 tahun maka acuan pertama menggunakan metode perbandingan berapa=?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl