Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juni 25, 2022, 08:58:05 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,632
  • Total Topik: 10,389
  • Online today: 91
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 58
Total: 58

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

waktu sebagai dimensi ke empat

Dimulai oleh Maniax Code, Januari 30, 2011, 04:31:30 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Maniax Code

saya pernah membaca buku tentang teori relativitas einstein, dalam suatu pembahasan dijelaskan bahwa waktu masuk ke dalam dimensi ke empat. nah saya masih belum faham tentang masalah ini, tolong sedikit pencerahan !!

12

#1
saya juga kurang paham sich, tapi mungkin gampangnya gini misalnya anda sekarang sedang duduk didepan komputer. nah biasanya kan kita hanya berfikir bahwa kita sedang berada di suatu tempat atau posisi geometri ruang tertentu tanpa memperhatikan dimensi waktu. kita tidak sadar bahwa sebenarnya selain menempati dimensi ruang kita juga secara simultan menempati dimensi waktu.
dimensi waktu anda yg sedang duduk terdiam didepan komputer mungkin berbeda dengan dimensi waktu dari teman anda yg sedang berjalan datang menghampiri anda.

jadi ruang dan waktu adalah satu kesatuan.

saat ini telah berkembang teori2 baru yg mensinyalir bahwa sebenarnya materi tidak hanya menempati 4 dimensi melainkan 11 atau bahkan lebih!
#12

khenstein

hem benar sekali itu yang dinamakan kerangka acuan bergerak dan diam.
saat diam dan bergerak kerangka ruang dan waktu berbeda lo.....
mungkin untuk kecepatan yang jauh dari kecepatan cahaya bisa diabaikan. karena jika ntar dimasukkan ke persamaan nya juga sangat kecil... tapi pernah gak teman janjian ama seseorang, dan kalian menunggu nya, pasti kita yang menunggu merasa lebih lama dari orang yang ditunggu. itu contoh nya....
karena ntar jika kita membahas fisika modern seperti ini akan ada dimana pendapat para ilmuwan2 bahwa kesadaran juga berperan dalam interaksi-interaksi dunia ini.

dimensi ke empat itu dapat dimisalkan dimensi ruang x,y,z itu sebagai suatu bidang 2 dimensi. terus waktu menjadi dimensi 3 nya.. kayak kain yang ditekan, maka akan membentuk sebuah lengkungan. nah itulah ruang dan waktu 4 dimensi...
hampa itu isi dan isi itu hampa