Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Maret 07, 2021, 03:07:07 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26699
  • Latest: Rion
Stats
  • Total Tulisan: 139622
  • Total Topik: 10385
  • Online Today: 93
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 31
Total: 31

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Tanya tentang Nanothecnology  (Dibaca 229321 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Tanya tentang Nanothecnology
« pada: Juni 17, 2009, 01:44:51 PM »
Kuliah Nanothecnology prospeknya gimana?

Ada ga di Indonesia?

Klasifikasi ilmunya gimana (misal pecahan dari teknik Informatika atau gimana?)
Website Matematika Terapan => http://nabihbawazir.com

Offline ksatriabajuhitam

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: Tanya tentang Nanothecnology
« Jawab #1 pada: Juni 17, 2009, 01:52:33 PM »
nano technology lagi trend loh...
banyak beasiswa di luar buat riset di bidang nanotechnology

top 5 physics research in the world versi majalah Nature, hampir semua di bidang teknologi nano
(carbon nano tube (CNT), giant magneto resistant (GMR), apa lagi ya lupa...)

kalo di Indonesia... hm, perlu kerja keras,
(umumnya banyak yg "kabur" ke luar negri)
coba cari "The Mochtar Riady Center for Nanotechnology & Engineering"

overall top research: nanotechnology, energy conversion, robotics, (satu lagi tuh apa ya? lupa, computer science apa ya)
« Edit Terakhir: Juni 17, 2009, 01:55:46 PM oleh ksatriabajuhitam »
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: Tanya tentang Nanothecnology
« Jawab #2 pada: Juni 17, 2009, 02:04:05 PM »
PTS juga ga ada yang buka

biasanya kan ada PTS yang buat jurusan yang belum ada di PTN (setahu saya)

kata Manejemen Rumah sakit (rata2 kedengeran keren)
kok nanotech ga ada ya? kan bisa buat evaluasi PT yang lain, hahaha

jadi Inget apa kata guru SMP saya "Banyak orang indenosia jauh lebih hebat daripada Indonesia itu sendiri"

Offline cassle

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 89
  • IQ: 5
  • Gender: Wanita
Re: Tanya tentang Nanothecnology
« Jawab #3 pada: Juli 31, 2009, 08:53:44 AM »
Wah, tapi setahu saya, di bidang teknologi malah biasanya PTN membuat jurusan terlebih dahulu. Contohnya jurusan teknik kimia, saat ini di Jakarta baru ada UI yang membuat jurusan tersebut, padahal banyak PTS di sini..

Mengenai jurusan nanoteknologi, saya kira masih kecil kemungkinannya. Nanotek masih tergolong baru, jadi kemungkinan besar mereka yang berminat akan menempuh jalur otodidak terlebih dahulu.

Offline tonidanza

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 15
  • IQ: 0
Re: Tanya tentang Nanothecnology
« Jawab #4 pada: Oktober 16, 2009, 07:53:01 PM »
Salam kenal,

Sekedar pendapat pribadi, dari yang saya baca2 looch yaks, nanoteknologi ini bukan merupakan varian baru dari sebuah pohon ilmu tetapi lebih melihat lebih jauh dari ilmu yang ada sekarang.
Jadi, dari etimologisnya saja, teknologi nano: partikel dg ukuran 1*10-9, kan mustinya kecil2 yaks.
Kalo dari bidang elektronik, saat ini para ilmuan menjelajah apa yg mereka namakan nanoelektronik. Mereka, misalnya, mengkaji bagaimana elektron berpindah pada material semi konduktor. Saat ini mereka telah berhasil mensimulasikan tiap atom satu persatu, bukan lagi dalam bulk material. Ini yang kadang dikenal dengan sebutan nanocomputing. Silakan liat www.nanohub.org sebagai salah satu referensi.
Kalau dari bidang biologi, banyak grup riset yang menfokuskan ke biologi molekuler yang mengcover misalnya dna, virus, bakteri --> ini ukurannya 10-100 nm semua. Contohnya yang di mochtar riady riset senter itu.
Jadi kalo boleh saya simpulkan ditiap cabang ilmu, sekarang bergerak menuju ke bagian yg terkecil (nano scale) yang memang belum kita pahami sepenuhnya.

Salam dan semoga tidak berkesan menggurui.

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Tanya tentang Nanothecnology
« Jawab #5 pada: November 23, 2009, 11:46:41 PM »
Nano teknologi baru pada tingkat perangkat elektronika saja khan? yaitu teknologi untuk pembuatan alat elektronika mini. Seperti HP misalnya kalau menggunakan Transistor konvensional, tentu gede banget HPnya. Atau ada selain itu?. Maksudnya dalam disiplin keilmuan lain selain elektronika?.


adtre

  • Pengunjung
Re: Tanya tentang Nanothecnology
« Jawab #6 pada: Desember 24, 2009, 02:56:34 AM »
kuliah ilmu dan teknologi nano dapat ditemui pada bidang kimia,fisika,biologi,material,lingkungan bahkan etika.saat ini umumnya ilmu nano msh berada didalam lingkup bidang2 ilmu diatas walaupun sdh ada beberapa jurusan ilmu dan teknologi nano d luar negeri.utk indonesia,kita belum bs berharap negeri ini jadi yg terdepan. aplikasinya tdk hanya elektronik.berbagai produk nano sdh tersedia d pasar.

Offline constellation

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 11
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
Re: Tanya tentang Nanothecnology
« Jawab #7 pada: Januari 12, 2010, 01:25:05 AM »
Kuliah Nanothecnology prospeknya gimana?

Ada ga di Indonesia?

Klasifikasi ilmunya gimana (misal pecahan dari teknik Informatika atau gimana?)

kalau kuliahnya sudah ada, tapi cuma sekedar mata kuliah pilihan. Masih belum ada jurusan khusus yg membahasnya..
Nah, kalau alat2nya (alat2 lab) di perguruan tinggi indonesia, setau saya sampai tahun lalu blm ada yg punya..
"Nothing in life is to be feared. It is only to be understood."
- Marie Curie -

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Tanya tentang Nanothecnology
« Jawab #8 pada: Juni 09, 2010, 09:43:15 PM »
Angkat lagi ah thread ini. Thread bagus kok mandeg. Kasih tahu donk produk-produk hasil pengembangan teknologi nano?. Gimana mereka membuatnya? Kasih contoh alatnya kalo bisa? :D

Offline FauzanSuheri

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 0
Re: Tanya tentang Nanothecnology
« Jawab #9 pada: Juli 17, 2010, 01:50:26 PM »
Salam kenal,

Sekedar pendapat pribadi, dari yang saya baca2 looch yaks, nanoteknologi ini bukan merupakan varian baru dari sebuah pohon ilmu tetapi lebih melihat lebih jauh dari ilmu yang ada sekarang.
Jadi, dari etimologisnya saja, teknologi nano: partikel dg ukuran 1*10-9, kan mustinya kecil2 yaks.
Kalo dari bidang elektronik, saat ini para ilmuan menjelajah apa yg mereka namakan nanoelektronik. Mereka, misalnya, mengkaji bagaimana elektron berpindah pada material semi konduktor. Saat ini mereka telah berhasil mensimulasikan tiap atom satu persatu, bukan lagi dalam bulk material. Ini yang kadang dikenal dengan sebutan nanocomputing. Silakan liat www.nanohub.org sebagai salah satu referensi.
Kalau dari bidang biologi, banyak grup riset yang menfokuskan ke biologi molekuler yang mengcover misalnya dna, virus, bakteri --> ini ukurannya 10-100 nm semua. Contohnya yang di mochtar riady riset senter itu.
Jadi kalo boleh saya simpulkan ditiap cabang ilmu, sekarang bergerak menuju ke bagian yg terkecil (nano scale) yang memang belum kita pahami sepenuhnya.

Salam dan semoga tidak berkesan menggurui.


serba nano ya, mungkin ini salah satu ciri kalo teknologi yang di buat manusia sudah berkembang pesat... sangat sangat pesat....

Tapi semoga saja dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang sedemikian cepat tidak membuat manusia sombong dan mengabaikan kaedah-kaedah yang berlaku di masyarakat..

Save our Earth....

Offline FauzanSuheri

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 0
Re: Tanya tentang Nanothecnology
« Jawab #10 pada: Juli 17, 2010, 01:55:50 PM »
Kuliah Nanothecnology prospeknya gimana?

Ada ga di Indonesia?

Klasifikasi ilmunya gimana (misal pecahan dari teknik Informatika atau gimana?)

kalau kuliahnya sudah ada, tapi cuma sekedar mata kuliah pilihan. Masih belum ada jurusan khusus yg membahasnya..
Nah, kalau alat2nya (alat2 lab) di perguruan tinggi indonesia, setau saya sampai tahun lalu blm ada yg punya..

emmm, kayaknya memang bener2 mesti belajar scara otodidak ato belajar keluar negeri... oo ya... ane juga pernah denger kalo kendala menghadirikan nanotech di Indonesia masih terkendala oleh masalah dana.... cckckckkk....

Offline physicsfighter

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 45
  • IQ: 3
Re: Tanya tentang Nanothecnology
« Jawab #11 pada: September 16, 2010, 12:30:28 PM »
menarik nih,.
menjadi seorang ahli nanoteknologi adalah impian saya waktu SMA.. (sedikit cerita)

Benar kata yang lain.. saat ini nanoteknologi lagi trend di indonesia..
kalau di UI sendiri ada peminatan di departemen fisika, namanya condensed matter..
nah kalo anak material membicarakan secara makro, kalo yang inu membahas mikronya..

saat ini ada kelompok yang namanya Masyarakat Nano Teknologi Indonesia (cari aja di Fb, ada kok..)
coba tanya2 dan diskusi dengan mereka..

Mungkin, banyak orang mengira bahwa nanoteknologi hanya di bidang elektronika saja.. tapi ternyata tidak.. banyak bidang2 yang memerlukan teknologi ini..

Dan mengapa harus nano??
karena pada ukuran nano ini sifat suatu materi ditentukan..
Seperti intan dan arang. keduanya sama2 terbuat dari karbon, tetapi, mengapa berbeda, apalagi harganya..
Nah.. itu dia,, ternyata yang berbeda adalah susunan karbonnya..
dan itu terjadi dalam ukuran nano..

Jadi dengan nanoteknologi, kita bisa merekayasa dan membuat suatu yang baru, yang lebih bermanfaat dan bernilai tinggi..

Offline neoarm23

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 77
  • IQ: 2
Re: Tanya tentang Nanothecnology
« Jawab #12 pada: September 16, 2010, 12:42:27 PM »
kalau yang saya amati, di beberapa perguruan tinggi di Indonesia. silabus untuk mahasiswa yang berminat dalam bidang nanotechnology lebih diarahkan untuk aplikasi nanotehcnology di bidang elektronika. Padahal cakupannya lebih dari sekedar material elektronik.

Offline physicsfighter

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 45
  • IQ: 3
Re: Tanya tentang Nanothecnology
« Jawab #13 pada: September 19, 2010, 12:50:07 PM »
mungkin di jurusan selain teknik atau fisika, nanotechnology itu masih sebagai suatu penelitian saja.. Yang kemudian di bahas sekilas dalam perkuliahan..
belum masuk ke mata kuliah...

Offline tonidanza

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 15
  • IQ: 0
Re: Tanya tentang Nanothecnology
« Jawab #14 pada: Januari 15, 2011, 01:00:24 PM »
di bidang kedokteran dan life science yang sebenernya sudah duluan...
utamanya untuk studi lanjut tentang dna, protein, cell dan kawan2. yang jelas2 ukurannya dah nano2.
dengan berkembangnya studi ini, mendorong ke teknologi pembuatan peralatan: material, mekanisasi dan elektrisnya (sensor misalnya) untuk 'melihat' zat2 nano tadi.
kalo yang di pasaran, menurut hemat saya masih berada di mini ato micro technology (ukuran masi mm).
salam belajar dan semoga bermanfaat.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
10 Jawaban
19326 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 10, 2008, 11:21:24 AM
oleh lovianettesherry_gonz
10 Jawaban
19800 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 26, 2009, 02:46:06 AM
oleh ade_sugi
3 Jawaban
5375 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 11, 2009, 05:53:19 AM
oleh Sky
0 Jawaban
1957 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 19, 2009, 07:09:33 AM
oleh Nabih
9 Jawaban
170101 Dilihat
Tulisan terakhir November 24, 2012, 02:49:59 PM
oleh skuler