Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Maret 29, 2024, 01:02:50 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 191
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 191
Total: 191

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

analisis ekonomi tentang kemacetan

Dimulai oleh candlelane, Februari 04, 2010, 03:57:17 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

candlelane

haloo smua,, mw nanya dunk. ada yang tw ga gimana analisis ekonomi terhadap kemacetan?
jadi,kayak regulasi ekonominya dalam mengatasi kemacetan. thanks b4  ;D

alvin pratama

Maksudnya kemacetan ekonomi ?? atau kemacetan yang lain ??
[move]"Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasih

Dhantez

Aku dulu sptnya pernah baca deh.. tp lupa di buku ato koran..

cuma.. regulasi ekonomi utk mengatasi kemacetan??

kalo kebijakan fiskal masih mungkin, spt peningkatan pembiayaan pembangunan infrastruktur.. krn kemacetan adl akibat dari lemahnya infrastruktur di suatu wilayah.. Pertumbuhan kebutuhan akan transportasi tdk sebanding dgn pertumbuhan transportasi umum yg memadai dan/atau pertumbuhan ruas jalan umum..
Oba-chan ga itte ita: Ore wa ten no michi wo iki, subete wo tsukasadoru otoko

Bernando

Kalo menurut aku sih kemacetan itu ditimbulkan oleh "kejar setoran" untuk meningkatkan daya beli supir2 metromini dan angkutan kota yang lain....:D
just kidding...tapi mungkin ada hubungan kaleeee.....:D
Be the sustainable learner, because life is learning...

Lunaris

Kendalikan Populasi. Macet itu pertanda populasi sudah melewati kemampuan infrastruktur untuk mendukung.

zxcvb

***ilmu ekonomi = demand & supply***
macet berarti 'demand' melebihi 'supply'. maksudnya orang yang membutuhkan jalan jumlahnya jauh lebih banyak daripada kapasitas jalan itu sendiri.
maka cara mengatasinya:
1. kurangi 'demand', harus dipikirkan apa motovasi orang sehingga mereka lewat jalan ini. Hal-hal yang memotivasi orang ini kemudian di kurangi atau dipindahkan ketempat lain sehingga orang akan menggunakan jalan yang lain.
2. tingkatkan 'supply', misalnya dibikin jalan layang, dilarang menggunakan kendaraan pribadi, dsb, sehingga kapasitas jalan bertambah atau penggunaannya menjadi semakin optimal.

laZr

dari segi efisiensi energi, kemacetan merupakan kegiatan yang sangat tidak efisien dan menghasilkan banyak sekali kerugian. perkirakan saja seberapa banyak energi yang terbuang habis saat mesin-mesin mobil menyala, tapi dalam keadaan idle dalam waktu yang lama..
terus, kerugian waktu juga.
misalkan seorang pekerja, secara efisien dapat menjadi produktif dengan menghasilkan uang dalam nilai tetap x/jam rupiah misalnya...
selama kemacetan, berapa lama waktu yang akan dihabiskan untuk kegiatan tidak produktif?
(ini sudah termasuk kegiatan distribusi barang, kegiatan jasa transportasi, dll)

lalu perlunya peningkatan anggaran biaya kesehatan untuk orang yang sering terjebak kemacetan, macet dan polusinya, juga keadaan mental saat macet mempengaruhi kesehatan, dan secara tidak langsung meningkatkan anggaran kebutuhan akan kesehatan...
kira-kira gitu sih, masih banyak losses lain yang bisa diperhitungkan kok...
dulunya 'bledug' sekarang udah jadi laZr ya...

Keep Moving Forward!!

laZr

regulasi ekonomi dapat menggunakan statistik...
misalnya, untuk memperhitungkan penyebab mana yang paling krusial bisa menggunakan analisis satu per satu event dengan jumlah data tertentu. saat menganalisis satu event, dianggap efek lainnya berpengaruh normal atau kalau bisa dianggap tetap (ceteris paribus)...

misalnya dilihat pengaruh dari jumlah kendaraan roda 2, atau kendaraan roda 4, faktor lain seperti lebar jalan, psikologis pengemudi dianggap normal...
lalu saat menganalisis faktor lebar jalan, jumlah kendaraan dan jenis kendaraan dianggap tetap, sederhananya seperti itu...

intinya sih, kalau analisis ekonomi, back to statistics...
dulunya 'bledug' sekarang udah jadi laZr ya...

Keep Moving Forward!!

Ahazveroz

Mati aja orang 5 juta di Jakarta. Macet teratasi :D

laZr

gak segampang itu juga...
itu cuma solusi sementara.
andaipun begitu, dalam beberapa tahun lagi juga jumlah penduduk Jakarta akan bertambah banyak lagi, selama masih ada growth...

lagian anda mau anda sendiri atau keluarga anda yang masuk daftar 5 juta orang itu?
dulunya 'bledug' sekarang udah jadi laZr ya...

Keep Moving Forward!!

cronny

cara ngatasin kemacetan sebenar nya mudah sih..
1. Kenakan pajak bbm.. bukan di subsidi
2. biaya parkir di naikan 10x jadi 20rb per jam

Cuma yah transportasi umum di benerin dulu keamanan dan kenyamanan nya, harga nya juga di turunkan.
God made me an atheist. Who are you to question his wisdom?

bencong

dapat kata2 dr internet, mengatasi kemacetan dengan pembangunan infrastruktur jalan seperti halnya mengatasi kegemukan dengan memakai baju yang lebih besar... haha, keren juga kata2nya, jadi mendingan kita diet maksudnya.
pokoknya gimana caranya kita bisa menguasai ilmu transporter.
[move]
kenapa harus berlari, kan gunung ga kemana-mana....
[/move]

Dhantez

Kabarnya sih regulasi pemerintah itu dpt tekanan dari perusahaan2 otomotif besar Jepang dan Korea.. shg kebijakan yg dibikin harus pro penjualan kendaraan pribadi.

Itu cuma satu benang masalah aja dari ruwetnya masalah kemacetan. Pemerintahan yg hanya memikirkan jangka pendek (apa yg bisa didapat selama masih berkuasa) - shg jarang ada kebijakan yg sustainable/berketerusan, hal ini berimbas pada buruknya tata kota (yg mestinya memiliki master plan utk jangka panjang), dan berimbas lg pada pertumbuhan jalan yg lambat..

Ambil contoh bencana merapi baru2 ini.. Mestinya, jika pertumbuhan jalan itu baik, maka jalan2 menuju lokasi rawan bencana spt itu akan terbangun dengan baik dan memiliki lebar yg cukup utk memperlancar proses evakuasi.

Selain itu, master plan yg buruk jg berimbas pada buruknya kualitas transportasi umum. Komplet kan masalahnya?? ;D
Oba-chan ga itte ita: Ore wa ten no michi wo iki, subete wo tsukasadoru otoko

Monox D. I-Fly

Kutip dari: Bernando pada Februari 05, 2010, 10:28:09 PM
Kalo menurut aku sih kemacetan itu ditimbulkan oleh "kejar setoran" untuk meningkatkan daya beli supir2 metromini dan angkutan kota yang lain....:D

Ah, kejar setoran... Saya jadi ingat dulu waktu pulang kerja dengan angkutan umum yang di daerah saya biasa disebut dengan kol (colt) dan di daerah situ disebut dengan gredek... Waktu kol yang saya tumpangi berjalan, di depan sana tampak ada beberapa penumpang, tapi kemudian ada bus yang juga bisa digunakan para calon penumpang tersebut... Tak ada yang mau mengalah, keduanya balapan yang ironisnya malah justru melewati rombongan calong penumpang tadi, alias sama-sama nggak ada yang dapet penumpang baru...
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.